10 Peluang Bisnis Bulan Februari dengan Modal Kecil dan Untung Besar

Membuka bisnis kecil kecilan merupakan pilihan tepat untuk kamu yang sedang mencoba dunia enterpreneur. Apalagi di bulan Februari ini, ada begitu banyak peluang usaha yang bisa dicoba. Masih dalam suasana tahun baru, semangat baru, tentunya motivasi untuk berbisnis juga masih baru. Penasaran ide bisnis seperti apa yang akan ukmsumut tawarkan? Simak pembahasannya dibawah ini.

Salah satu faktor tertundanya memulai bisnis adalah ketakutan terhadap kerugian. Dalam memulai bisnis tentunya kita harus siap terhadap segala resiko yang mungkin terjadi. Oleh karena itu yang bisa kita lakukan melakukan perencanaan secara matang untuk meminimalisir resiko kerugian di kemudian hari

bisnis bulan februari

Banyak pebisnis pemula yang langsung terjun ke dunia usaha, tanpa mempertimbangkan aspek pasar dan permintaan konsumen. Selain itu, penting juga untuk memahami karakteristik bisnis yang akan dikelola serta kompetitor yang sudah ada.

Tentu saja tidak hanya bisnis di bulan Februari semua bisnis pada dasarnya membutuhkan pelayanan yang mumpuni, sehingga menciptakan kepuasan konsumen yang nantinya menjadi salah satu strategi self marketing ala konsumen itu sendiri.

Berbicara di bulan Februari ini tentunya sangat identik dengan bulan asmara atau Valentine. Momen ini banyak sekali diperingati oleh millenials dan bisa menjadi salah satu kesempatan bisnis yang prospektif apabila dimanfaatkan dengan maksimal

Bulan kedua di penanggalan masehi ini, biasanya juga bertepatan dengan perayaan seperti tahun baru Cina atau Imlek, dan berbagai perayaan keagamaan lainnya yang apabila bertepatan dengan bulan Februari.

Baca juga : 12 Ide Bisnis Sampingan Buat Karyawan dengan Untung Gede

Tentu saja kamu harus pintar-pintar untuk melihat jadwal di kalender, sehingga kamu bisa mempersiapkan bisnis kecil-kecilan seperti apa yang akan dibuat nantinya.

Jadi disini bisnis yang sudah ada pun bisa dibuat fleksibel untuk menyambut beberapa momen yang mungkin ada di bulan Februari. Misalnya ketika kamu memiliki bisnis kuliner kamu bisa mendesain dekorasi tempat makananmu menjadi ala ala valentine yang romantis, untuk menarik para muda mudi mencoba tempat kuliner mu, dsb.

 

Ide Bisnis Februari

1. Bisnis Kado Hadiah Valentine

Semua orang tahu bahwa setiap tanggal 14 Februari diperingati dengan momen valentine, dimana setiap orang memberikan kado istimewa kepada pasangannya, baik berupa cokelat, boneka, bunga atau apa pun yang dianggap romantis dan unik. Nah disini sobat ukmsúmut bisa menggali berbagai ide bisnis spesiap valentine ini

Bisa saja membuat kerajinan unik seperti dari kotak kayu yang dibuat gambar pasangan di pasang kotak musik, atau gambar sketsa dari ukiran kayu, cokelat dengan varian rasa baru, boneka dari biji alpukat, kerajinan dari tempurung kelapa dan sebagainya. Lihat saja di internet ide bisnis kerajinan aksesoris unik.

 

2. Jasa Travelling Bulan Madu

Banyak sekali orang yang merayakan pernikahan di bulan februari dan bertepatan dengan momen valentine tentunya. Kemudian menggelar bulan madu ke berbagai destinasi wisata di tanah air. Buat kamu yang memiliki pengalaman dibidang travelling, bisa membuat jasa paket wisata khusus bulan madu buat pasangan yang baru menikah

Kemudian menyediakan segala akomodasi mulai dari makan, hotel dan tempat wisata lainnya. Selain itu jasa tour guide juga dibutuhkan apabila memang berlibur ke luar negeri. Teman ukmsumut bisa menawarkan jasa ini melalui media sosial, website landing page dan promosi offline.

 

3. Jasa Tim Event Lamaran

Hampir berkaitan dengan pernikahan dan momen valentine, bisnis ini sebenarnya boleh dikatakan cukup baru dan memiliki konsumen yang tertarget. Biasanya beberapa tim akan membantu orang yang ingin mengadakan acara lamaran dadakan kepada pasangannya di suatu momen khusus.

Pernah lihat acara lamaran di televisi? Nah seperti itu kira kira konsepnya. Jadi kamu bisa menyediakan jasa membantu lamaran baik itu sebagai tim yang menari, membantu dalam hal teknis dan sebagainya.

Baca juga : 28 Ide Bisnis Jualan Online Shop Terlaris Tahun Ini, harus Coba!

 

4. Jasa Wedding Organizer dan Tunangan

Masih dalam momen valentine, banyak orang yang mengadakan acara pernikahan dan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk ini adalah jasa WO. Kamu bisa memberikan paket pernikahan dengan harga kompetitif, sehingga bisa bersaing dengan jasa sejenis di kota mu

Sobat ukmsumút bisa membuat konsep pernikahan yang unik dan kreatif. Kamu dan tim bisa membuat jasa event organizer atau wedding organizer yang diminati oleh orang-orang. Maksimalkan promosi mau lewat media sosial, serta jangan lupa untuk memberikan testimoni di website kalian.

 

5. Konsultan Sosial Media

Zaman sekarang, perkembangan informasi sudah semakin canggih, khususnya media sosial yang tidak hanya digunakan sebagai media hiburan, tetapi juga sudah dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Media sosial juga bisa menjadi aset dan prestise seorang artis.

Sehingga banyak yang membutuhkan pengelolaan akun media sosial-nya. Untuk jadi social media manager, modal yang sobat perlukan tidak butuh besar, hanya keahlian analisis data dan waktu yang cukup dalam mengatur media sosial klien. Biasanya ini menjadi kontrak dengan rentang waktu tertentu, misalnya hingga follower mencapai 100k.

Apa saja tugas seorang konsultan dan manajer media sosial? Biasanya kamu akan secara rutin menghasilkan konten, menjawab komentar, dan membuat hitungan jumlah followers. Oleh karena itu menyediakan jasa ini harus memiliki ide kreatif, untuk menarik minat banyak orang.

 

6. Dropship Antar MarketPlace

Saat ini siapa sih yang tidak kenal dengan mrketplace? Situs belanja online besar yang ada di tanah air sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk dripship silang. Apa itu dropship silang? Dropship silang adalah kamu memanfaatkan penjual di Ecommerce A kemudian menjual barangnya di Ecommerce B.

Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal sepersen pun. Sobat ukmsumtu juga tidak perlu repot merancang website kamu sendiri dari nol dan juga susah susah mengajak orang lain untuk mengunjungi website bisnismu. Cukup dengan memanfaatkan marketplace dengan brand yang sudah ada.

 

7. Bisnis Salon Anak

Usaha jasa salon anak semakin prospektif di perkotaan dan semakin marak di temukan. Ada banyak orangtua milenial yang lebih menyukai jasa salon profeional untuk buah hatinya demi mendapatkan hasil yang maksimal dan dengan pelayanan yang mumpuni.

Nah usaha ini tentunya membutuhkan keahlian dalam memotong rambut dan bisa menangani anak kecil dengan baik. Oleh karena itu tarif salon anak biasanya akan lebih mahal, karena memang dituntut untuk bisa menangani psikologis anak yang rewel ketika dipangkas. Bisnis ini bisa menjadi prospektif dan juga menjadi pengalaman baru buat kalian yang belum pernah mencobanya.

Baca juga : 25 Ide Jualan yang Cocok di Pasar Tradisional dan Modern

 

8. Bisnis Cold Storage Mobile (Penyimpanan Berpendingin)

Bisnis cold storage mobile merupakan jasa penyediaan lemari berpendingin yang dapat dibawa menggunakan alat transportasi seperti motor atau mobil. Dengan kemudahan dan fleksibilitasnya ini, maka cold storage mobile dapat dimanfaatkan dalam proses pendistribusian aneka jenis makanan supaya awet dan tahan lama.

Cold storage mobile pada awalnya ditujukan untuk menyimpan produk pertanian dan perikanan supaya lebih tahan lama. Namun saat ini sudah banyak jenis makanan olahan yang membutuhkan penanganan khusus, seperti nugget, olahan buah, dan sebagainya untuk menjaga kualitasnya sampai kepada konsumen akhir.

 

9. Bisnis Berjualan Barang SecondHand

Kamub bisa memanfaatkan barang barang disekitar yang tidak dipakai lagi, untuk dijual kembali melalui berbagai media sosial atau marketplace khusus menjual barang preloved. Sobat ukmsùmut bisa mengerjakan bisnis ini di rumah, secara sampingan.

Barang bekas seperti buku, baju, sepeda, pakaian anak dan sebagianya yang masih memiliki nilai ekonomis dan dibutuhkan oleh banyak orang, kenapa tidak dijual saja? Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan barang bekas tersebut. Sobat bisa mengapload foto barang bekas tersebut ke marketplace dan menawarkannya dengan harga yang lebih murah dibanding harga baru.

 

10. Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis terakhir dibulan februari ini adalah peluang bisnis membuat kerajinan tangan dari berbagai bahan dasar, bahkan ada yang membuat kerajinan dari bahan limbah. Apabila sobat ukmsumtu memiliki skill dalam membuat kerajinan tangan yang unik, kreatif dan disukai banyak orang, maka hal ini menjadi potensi yang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sobat bisa memasarkan hasil kerajinan tangan ini melalui pemasaran offline, yaitu membuka toko di depan rumah, atau justru memasarkan lewat online menggunakan media sosial, aplikasi chatting dan juga endorsment di berbagai influencer di media sosial.

Baca juga : 12 Peluang Bisnis StartUp Terbaru yang Bisa Dicoba

 

Kesimpulan

Tiba kita di penghujung artikel. Bagi teman-teman ukmsumut sekalian, yang masih enggan untuk memulai bisnis tentu saja itu merupakan hal lumrah karena semuanya butuh persiapan. Hanya saja , jangan terlalu fokus terhadap hal-hal teknis dan seperti meminjam tagline dari salah satu e-commerce di Indonesia, “Mulai Aja Dulu” admin rasa cukup untuk mewakili motivasi bisnis kali ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi kalian yang ingin memulai bisnis di bulan Februari kali ini. Jangan lupa untuk tekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial kalian.