Peluang Bisnis Bulan Desember Akhir Tahun yang Bisa Kamu Coba

Memulai bisnis di awal bulan Desember adalah hal yang tepat. Kebetulan bulan ini momen akhir tahun, sehingga banyak usaha prospektif yang harus kamu coba. Sebagai seorang dengan jiwa wirausahawan yang kuat, kamu butuh ide dan konsep bisnis yang terbaik, dan ukmsumut akan memberikannya kepada kalian sesaat lagi.

Seperti apa ide bisnis yang paling cocok di bulan Desember kali ini? Sebenarnya apapun bisnisnya bisa kamu lakukan pada setiap bulan. Namun khusus di bulan Desember kita berfokus kepada bisnis di bidang wisata, kuliner dan juga hiburan.

bisnis bulan desember

Karena apa? Bulan Desember atau bulan ke 12 dari penanggalan masehi ini identik dengan akhir tahun yang banyak para pelancong atau wisatawan yang mengadakan travelling dan berlibur ke berbagai spot wisata terkenal baik itu yang berasal dari dalam negeri atau luar negeri.

Sebenarnya kamu juga bisa membuka berbagai jenis bisnis yang dengen modal minim yaitu menjual jasa atau menjadi freelance. Ada banyak sekali peluang untuk sukses dan memulai bisnis dari nol, memilih usaha yang sesuai dengan passion mu, supaya kamu bisa menikmati berbisnis nantinya

Baca juga : 25 Ide Jualan yang Cocok di Pasar Tradisional dan Modern

Dan jangan lupa untuk membuat perencanaan terlebih dahulu, mengenai konsep bisnis, business plan seperti apa, skala bisnis, target konsumen, tempat usaha, teknik marketing dan sebagainya. Dengan persiapan yang matang, maka bisnis mu akan lebih mudah berkembang dan meminimalisir terjadinya kerugian.

 

Peluang Bisnis Bulan Desember

Ketika kamu sudah mulai bingung hendak memulai bisnis apa kamu bisa melihat beberapa rekomendasi ide bisnis yang akan ukmsúmut berikan dibawah ini :

 

Menjadi Agent dan Guide Travell

Saat ini orang melakukan travelling tidak ingin repot-repot dan hanya ingin membeli satu paket liburan sekali bayar saja. Ini saatnya sobat ukmsumut membuat jasa travel dan menawarkan berbagai paket wisata dengan harga yang kompetitif dan mempromosikannya lewat media sosial

Selain itu kamu juga bisa menjual tiket pesawat dan berbagai kebutuhan wisata lainnya. kamu juga bisa memilih apakah membuka jasa ini secara offline atau online. Apabila kamu memiliki keterampilan bahasa asing, sobat ukmsumut juga bisa membuka jasa tour guide untuk para turis asing.

 

Menjual Kuliner Oleh Oleh Khas

Peluang bisnis menjual kuliner oleh oleh yang menjanjikan ini sangat cocok untuk sobat ukmsumút yang menyukai dunia makanan. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis kuliner, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Oleh-oleh yang berasal dari tempat kamu tinggal bisa juga dikreasikan dengan berbagai inovasi rasa yang berbeda sehingga dapat menarik para wisatawan. Apabila di luar musim liburan sobat ukmsumut juga bisa menjual lewat media sosial membuka toko online atau membuka toko secara offline dan menjual kuliner khas buatanmu sendiri.

 

Menjual Aksesoris Kerajinan Kreatif

Bisnis kerajinan berbagai aksesoris memang sangat prospektif apabila memiliki pangsa pasar yang tertarget. ketika kamu tinggal di tempat wisata kamu bisa memanfaatkan kreativitas yang kamu miliki untuk membuat kerajinan dari berbagai bahan kemudian menjualnya untuk turis dengan harga yang kompetitif

Kerajinan dari berbagai bahan ini bisa kamu pasarkan di media sosial milikmu dengan harga yang bervariasi. Sementara kebanyakan dari kita akan membuang bahan bahan bekas tanpa berpikir dua kali, namun sobat ukmsumut bisa menghasilkan duit dari bisnis kerajinan bahan bekas ini

 

Menjual Terompet, Kembang Api dan Perlengkapan Tahun Baru

Sebagai persiapan untuk perayaan malam tahun baru banyak sekali orang yang membeli perlengkapan seperti terompet, topi, kembang api, petasan dan berbagai aksesoris tahun baru lainnya. Nah sobat ukmsumut bisa menjual aksesoris tersebut dan memilih untuk membuka lapak di pinggir jalan

Jangan lupa juga untuk menawarkan aksesoris perayaan malam tahun baru secara online baik itu di media sosial atau aplikasi chatting. Karena bisnis ini ini bersifat musiman dan sekali ada sifatnya menjamur, maka saran admin ukmsumut, sobat harus membuat produk aksesoris tersebut memiliki nilai lebih dan bisa ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif

 

Menjual Perlengkapan Natal

Bulan Desember merupakan bulan yang sangat spesial untuk umat Kristiani seluruh dunia karena pada bulan ini, perayaan natal digelar. Nah apabila sobat ukmsumut jeli melihat peluang kamu bisa menjual berbagai perlengkapan Natal seperti misalnya pohon natal, aksesoris natal, pakaian sinterklause, kuliner dan berbagai hal yang terkait

Untuk pemasaran kamu bisa membuat satu toko yang strategis kemudian buatlah akun media sosial dan perkenalkan produk mu ke teman teman. Apabila dirasa perlu kamu juga bisa membuat toko online atau situs landing page, supaya bisnismu terlihat profesional

Baca juga : Kata Bijak Bisnis Memotivasi untuk Caption dan Status

 

Menjual Perlengkapan Travelling

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bulan ini menjadi momen yang tepat untuk melakukan travelling. Bagi sobat ukmsumut yang suka dengan travelling, kenapa tidak membuka toko nya saja. Oleh karena itu bisnis perlengkapan luar ruangan menjadi semakin potensial di tahun ini.

Sobat ukmsumut dapat membuka toko penyewaan yang menyajikan perlengkapan dan peralatan outdoor seperti pendaki gunung, peralatan camping, memancing, dan sebagainya. Pastikan anda mematok tarif peralatan tersebut dengan harga yang kompetitif dan pelayanan maksimal

 

Menjadi Agen Asuransi

Asuransi menjadi salah satu produk yang banyak dipakai oleh orang ketika hendak bepergian. Kamu bisa menawarkan jenis asuransi temporal seperti asuransi kendaraan. Seperti yang sobat ukmsùmut ketahui produk Asuransi banyak ditawarkan oleh pekerja yang bernama agen asuransi kepada calon nasabah.

Nah kamu bisa belajar menjadi agen asuransi yang dapat mendatangkan nasabaha. Bisnis ini juga cukup prospektif apabila kamu bisa menggaet nasabah baru. Namun banyak pula para agen asuransi pemula kesulitan mendapatkan nasabah, mungkin diakibatkan karena minimnya pengalaman untuk mempengaruhi calon nasabah atau juga ketidakmampuan untuk menjelaskan produk.

 

Jasa Pertukaran Mata Uang

Kamu juga bisa berbisnis jasa pertukaran uang. Misalnya kamu berada di tempat wisata yang banyak turis nya kamu bisa membuat suatu tempat dan membuka jasa pertukaran uang atau money exchange.

Tentu saja kamu bisa mengambil untung dari margin pertukaran misalnya harga 1 Dolar saat ini adalah Rp14.000, maka kamu bisa memberikan 1 dolar ar seharga Rp12.000 atau Rp13.000. Kalikan apabila jumlah nya mencapai 100 dollar atau 1000 dollar, lumayan bukan?

 

Jasa Editing Video dan Photo

Jasa editing dan desain dapat dikatakan sebuah bisnis yang menggunakan keterampilan, pikiran, tenaga manusia, dan juga kreativitas. Bisnis ini biasa disebut sebagai jasa editing konten. Modal untuk membuat bisnis ini diantaranya adalah komputer yang memiliki spek tinggi, printer, scanner, kamera dan perlengkapan lain seperti meja dan kursi untuk bekerja.

Terlebih apabila kamu membuka usaha ini di tempat wisata akan ada banyak sekali orang yang membutuhkan Jasamu untuk dokumentasi mereka selama liburan. tidak hanya Itu saja, sobat ùkmsumut juga bisa membuka jasa ini untuk event tertentu seperti pernikahan atau peresmian

 

Jualan Frozen Food

Bisnis kuliner tetap tidak ada matinya. Salah satu yang sedang digandrungi adalah frozen food atau makanan beku. Banyak sekali masyarakat yang menyukai makanan yang serba instan contohnya seperti sozis atau nugget yang disimpan di kulkas dan apabila perlu dimakan tinggal di masak atau digoreng.

Kelebihan dari frozen food ini adalah tahan lama apabila disimpan dalam kulkas dan tidak perlu lagi belanja repot ke pasar.

Baca juga : 28 Ide Usaha Jualan Online Shop Terlaris Tahun Ini

 

Kesimpulan

Sebagai ide bisnis yang ada di atas Sebenarnya masih banyak lagi yang belum disampaikan. Hanya saja kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan di lingkunganmu, bisnis apa yang sebenarnya paling prospektif dan tepat untuk kamu mulai. Karena percuma saja ukmsumut memberikan banyak rekomendasi bisnis, Namun ternyata tidak bisa diterapkan di tempatmu karena berbagai faktor.

Oleh karena itu bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitarmu dan juga bisnis yang dimulai saat ini juga. Mungkin apabila kalian ada rekomendasi bisnis lain bisa menghubungi Mimin atau memberikan komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk share artikel ini dan berikan like.