Peluang Bisnis Awal Tahun di Bulan Januari yang Harus Anda Coba

Memulai usaha di awal tahun seperti bulan Januari ini menjadi salah satu momen yang pas. Banyak orang yang menikmati suasana awal tahun untuk liburan, menghabiskan budget dan bersenang-senang. Bagi yang mengerti akan siklus perputaran uang, awal tahun sangat prospektif untuk memulai bisnis

bisnis bulan januari

Namun terkadang sobat ukmsumut sering merasa kebingungan hendak memulai dari mana. Dalam memilih jenis bisnis yang akan ditekuni harus melalui perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan kondisi di sekitar. Misalnya, tanyakan pada diri sendiri, bisnis apa yang cocok di lingkungan sekitar ? Apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis?

Memang tidak gampang untuk membuat bisnis besar dan sukses karena dibutuhkan proses yang tidak instan. Selain mempersiapkan segala sesuatu dengan matang tentunya kamu juga harus mendapatkan referensi ide bisnis yang sesuai dengan pasar saat ini.

Apalagi sekarang adalah awal tahun dimana setiap transaksi ekonomi serta laporan keuangan dimulai dari awal. Semangat berbisnis juga harus dimulai dari awal, sehingga kita bisa menggerakan bisnis dan mengatur bisnis plan yang matang.

Baca juga : Peluang Bisnis Akhir Tahun di Bulan Desember yang Bisa Kamu Coba

Dalam menjadi seorang pebisnis harus bisa berpikir out of the box, kreatif dalam menciptakan sesuatu produk yang nantinya akan menjadi nilai lebih dari bisnis mu. Kemampuan dalam marketing dengan memanfaatkan teknik pemasaran offline dan online juga harus kamu kuasai sehingga, harga apa yang didapatkan nantinya adalah suatu keuntungan yang maksimal.

Beberapa tips sebelum memulai bisnis di bulan Januari ini diantaranya :

 

1. Set niat, motivasi dan kepercayaan diri
2. Susun model bisnis yang akan dijalankan
3. Menciptakan sesuatu yang unik, dan berpikir “Out of The Box”
4. Menyusun visi misi dan tujuan bisnis mu
5. Manajemen bisnis yang matang

 

Oke langsung saja ukmsúmut akan membahas mengenai beberapa ide bisnis yang bisa Kamu geluti di bulan Januari sebagai salah satu momen tahun-tahun yang prospektif. Perlu diketahui beberapa Ide ini memang disusun berdasarkan pemilihan pribadi admin sendiri

Jadi tidak ada kaitannya dengan bisnis mana yang paling menguntungkan, karena semua bisnis tergantung lagi kepada pelakunya sebagai penggerak dan faktor utama berhasil atau tidaknya suatu bisnis.

 

Peluang Bisnis Januari

Seperti apa peluang bisnis yang bisa kamu terapkan dibulan ini? Berikut beberapa yang bisa dijadikan referensi dan ide usaha

Bisnis Perlengkapan Sekolah

Pada awal tahun Kebanyakan orang tua itu berbelanja perlengkapan sekolah untuk anak-anaknya. Mungkin ada juga yang bertepatan dengan penerimaan siswa baru atau semester baru.

Ini momen ini sangat prospektif untuk menjual segala perlengkapan sekolah baik itu dari alat tulis, buku, seragam, sepatu dan barang barang lain yang diperlukan ketika bersekolah. Kamu bisa memulai menjual perlengkapan sekolah dengan membuat tokoh atau menjual lewat online

 

Menjual Aneka Gorenang, Kripik atau Kue

Yang namanya bisnis kuliner atau makanan memang tiada habisnya. Apabila kamu menyukai masak-memasak dan ingin berbisnis kuliner maka mulailah dengan membuat aneka gorengan keripik atau kue yang khas kemudian berikan brand yang unik serta mudah diingat.

Kamu bisa memilih menjual menggunakan gerobak atau permanen di toko. Kemudian berikan juga pemasaran online dengan memperkenalkan makananmu melalui media sosial dan aplikasi chatting seperti whatsapp bisnis.

 

Coffe Shop dan Tempat Nongkrong

Anak muda atau kaum milenial menjadi target yang empuk dalam berbisnis di tahun ini. Apalagi tempatmu berada di sekitaran kampus atau sekolah menengah atas, yang menjadi pangsa pasar untuk kaum milenial.

Dan salah satu bisnis yang bisa kamu coba adalah a coffee shop atau tempat nongkrong yang menyediakan WiFi dan memberikan menu kekinian. Sobat ukmsumut harus bisa menawarkan berbagai sentuhan gaya cafe yang berbeda dan instal instagramable untuk tempat foto foto.

 

Bisnis Barbershop

Apabila kamu memiliki kelebihan di bidang pangkas memangkas, kamu bisa membuka jasa Barbershop yang terjangkau untuk mahasiswa atau kalangan tertentu. Di sini lebih ditargetkan ke kaum milenial. Buatlah suasana barbershop senyaman mungkin dengan servis yang maksimal

Kelebihan dari bisnis barbershop ini yaitu target konsumennya yang menyasar pria tidak hanya untuk kalangan premium, tetapi kamu juga bisa menyasar kaum milenial di perkotaan. Bila dulu laki laki harus ke salon untuk memotong rambut, maka sekarang mereka bisa memotong rambut di barbershop dengan harga yang sangat terjangkau dan tentunya sesuai dengan keinginan mereka.

Baca juga : 15 Peluang Bisnis Anti-Mainstrem di Tahun Ini yang Bisa Anda Coba

 

Bisnis Gym dan Praktisi Senam

Semakin tahun masyarakat semakin sadar akan menjaga kesehatan dan salah satunya adalah dengan semakin maraknya tempat gym atau senam di beberapa daerah. Apabila kamu memiliki pengalaman dibidang ini kamu bisa membuka usaha penyewaan peralatan gym dan sekaligus menjadi praktisi senam atau kesehatan.

Untuk target pasar sangat luas bisa mencakup wanita ataupun pria. Sobat ukmsumut bisa memulai dengan menyewa ruko yang terletak strategis kemudian mendatangkan beberapa peralatan Gym serta membuka paket Gym dengan instruktur langsung Yang berpengalaman.

 

Membuka Rumah Kecantikan

Bagi kaum hawa menjaga kecantikan nama merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu di tahun ini kamu bisa membuka rumah kecantikan di mana mencakup keseluruhan jasa untuk kaum perempuan seperti potong rambut, hair creambath, facial wajah, SPA and relaxation, dan masih banyak lagi.

Pastikan kamu sudah memiliki pengalaman serta keahlian yang mumpuni. Buatlah perencanaan bisnis yang matang termasuk pemilihan tempat yang strategis untuk rumah kecantikan, mendapatkan partner bisnis yang kompetensi serta memasarkan jasa rumah kecantikanmu melalui media sosial dan aplikasi chatting

 

Bisnis Daur Ulang Limbah dan Sampah

Pastinya masalah sampah dan limbah merupakan problematika klasik yang juga terjadi pada tahun ini. Sebagai seorang yang mencintai lingkungan kamu bisa memulai bisnis daur ulang limbah dan sampah menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Selain menjadi produk kerajinan kamu bisa mendaur ulang sampah plastik misalnya untuk dijual kembali dalam bentuk potongan kecil yang sudah dibersihkan. Potongan limbah plastik ini bisa dijual ke pabrik untuk didaur ulang kembali.

 

Jualan Fashion Anak

Anak merupakan buah hati orang tua. Oleh karena itu kebutuhan anak sering kali menjadi prioritas bagi orangtua yang harus memilihkan fashion kepada si kecil. Apalagi anak pertama yang baru lahir, tentunya memiliki kebutuhan perlengkapan bayi seperti baju, celana, popok, lapisan baju tambahan, tempat tidur khusus dan berbagai jenis lainnya

Oleh karena itu sobat úkmsumut bisa membuka toko khusus yang menjual barang perlengkapan  bayi dan si kecil. Bisnis ini bisa juga menggunakan marketing online lewat media sosial dan online shop yang bisa sobat buat sendiri menggunakan platform blogspot atau wordpress.

 

Jualan Kado Kelulusan Wisuda

Wisuda merupakan hari kelulusan  untuk mahasiswa di perguruan tinggi yang merupakan momen spesial dan tidak bisa dilupakan begitu saja. Oleh karena itu banyak dari orang terdekat memberikan kado berupa hadiah kepada teman atau kenalan mereka yang sedang wisuda.

Pada bulan januari beberapa perguruan tinggi bisa melakukan prosesi wisuda. Sehingga sobat bisa menjual beberapa kado spesial seperit bunga dari kain flanel, boneka atau ucapan selamat yang unik dan kreatif. Kamu bisa menjual produk tersebut melalui online. Pastinya ada banyak yang menyukai produk mu apabila memang kreatif dan inovatif.

 

Jualan Sayur dan Bumbu Dapur Siap Masak

Sobat ukmsumut harus bisa membaca peluang bisnis saat ini dengan menjual paket sayuran siap atau bumbu dapur masak. Tentunya target pasar mu adalah ibu ibu yang sibuk dan tidak sempat mempersiapkan kebutuhan dapurnya. Konsumen mu cukup membeli dan langsung memasak sayur tanpa harus repot  membuang bagian yang rusak atau mempersiapkan bumbunya dari awal.

Para ibu milenial saat ini juga sangat melek teknologi, oleh karena itu sobat ukmsumút dapat melakukan marketing produk secara online melalui sosial media seperti WhatsApp dan Facebook dan menawarkannya juga dari dari mulut ke mulut seperti pada acara arisan.

Baca juga : Sudah Tua Namun Pengen Berbisnis? Why Not? Ini Alasannya

 

Kesimpulan

Semoga dengan apa yang menjadi inspirasi bisnis di atas bisa membantu kalian dalam memulai usaha sekecil apapun itu di awal tahun ini. Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis di luar sana yang tidak mungkin di tuliskan satu persatu dalam postingan ukmsumut kali ini. Jadi kalian harus peka dan melakukan riset kecil-kecilan mengenai bisnis apa yang sebenarnya cocok untuk tempat tinggal kalian.

Terima kasih sudah membaca artikel dari UKM Sumut kali ini jangan lupa untuk tekan tombol share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian.