12 Bisnis Sampingan Karyawan dan Pegawai Kantoran Super Sibuk

Apakah kamu sedang mencari mitra usaha sampingan karyawan? Berikut ini ukmsumut akan membahas mengenai peluang bisnis sampingan bagi karyawan kantoran yang memiliki waktu kerja super sibuk dan jarang untuk bisa fokus pada bisnis lainnya.

bisnis sampingan karyawan

Seperti yang kita ketahui, banyak usaha sampingan yang bisa kamu tekuni, namun tidak semuanya cocok dengan karyawan atau pegawai. Terdapat peluang usaha yang prospektif. Dengan beberapa contoh usaha sampingan untuk karyawan dibawah ini, semoga kalian terinspirasi dan tergerak hatinya untuk menambah passive income.

Adapun macam-macam usaha sampingan tersebut ada yang minim modal atau tanpa modal sama sekali, dan juga banyak dilakukan secara online menggunakan fasilitas jaringan internet. Karena memang perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat kita lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

Baca juga : Cobain Peluang Bisnis untuk Kaum Hawa Disini

Belajar dari krisis moneter di Indonesia pada zaman dahulu, di mana para pekerja kantoran Justru harus dituntut untuk memiliki bisnis sampingan sebagai back up, atau cadangan pendapatan sehingga tidak bergantung sepenuhnya dengan kondisi perusahaan tempat dia bekerja.

Namun jangan salah apabila bisnis sampingan ini dilakukan secara serius, bukan tidak mungkin menghasilkan income yang besar, bahkan lebih menjanjikan daripada gaji tetap yang didapatkan dari perusahaan

Baiklah langsung saja kita akan membahas beberapa bisnis yang cocok untuk dilakukan oleh para pekerja kantoran yang memiliki waktu terbatas dalam mengembangkan bisnis

bisnis sampingan karyawan

 

Bisnis Alat Tulis Kantor

Sebagai salah satu karyawan atau pegawai kantoran tentunya kamu membutuhkan yang namanya alat tulis dan perlengkapan kantor.

Oleh karena itu kamu bisa membuka bisnis penjualan alat tulis kantor yang bisa kamu jual ke rekan rekan kerja atau justru bisa bekerjasama dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

 

Jasa laundry pakaian dan doorsmer kendaraan

Sebagai salah satu pekerjaan yang paling menyibukkan, karyawan kantoran selalu tidak punya waktu untuk mencuci pakaian serta kendaraan miliknya. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis

Kamu cukup menyewa atau mempekerjakan beberapa orang dan menawarkan kepada rekan-rekan kerjamu untuk laundry pakaian atau mencuci kendaraan milik mereka yang tidak sempat dilakukan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor

 

Jasa service smartphone dan komputer

Pekerja kantoran selalu menggunakan perangkat keras seperti smartphone dan komputer untuk mendukung pekerjaannya. Namun terkadang perangkat tersebut tidak bekerja dan membutuhkan yang namanya ahli untuk memperbaikinya.

Di sini kamu bisa memanfaatkan jasa perbaikan smartphone atau komputer dengan mempekerjakan ahli, atau berperan sebagai makelar atau penghubung antara klien dengan tukang service.

Baca juga : Coba Bisnis Unik khas Mama Rumah Tangga Ini

 

Bisnis Desain Grafis

Desain grafis dapat dikatakan sebuah bisnis yang menggunakan keterampilan, pikiran, tenaga manusia, dan juga kreativitas. Bisnis desain grafis biasa disebut sebagai jasa grafis. Modal untuk membuat bisnis ini diantaranya adalah komputer yang memiliki spek tinggi, printer, scanner dan mungkin meja dan kursi untuk bekerja

Dengan membuka jasa ini, sangat besar penghasilannya. Akan tetapi cukup menguras waktu dan pikiran. Misalnya Jika mendapat 2 klien yang meminta membuat logo dan membuat desain poster. Untuk tarif dapat sesuaikan dari tingkat kesulitan.

Penghasilan dari jasa ini dapat berubah sewaktu-waktu. Belum lagi jika custumer memintamu membuatnya menjadi beberapa desain yang berbeda, menangani keluhan dan memberikan jaminan revisi untuk desain yang dirasa kurang sesuai.

 

Bisnis Isi Ulang Air Minum

Bagi para karyawan yang ingin memulai bisnis sepertinya membuka bisnis galon air minum sangatlah cocok. Dengan bermodalkan 3 – 4 juta saja anda dapat membuka bisnis ini.

Saat Mencoba Membuka Bisnis Sampingan dengan Bisnis Galon, perlu meningkatkan kualitas pelayanan air isi ulangnya agar pelanggan tidak berpindah ke tempat lainnya. Untuk dari segi penghasilan, bisnis galon ini tergantung dari jangkauan penjualan dan seberapa banyak konsumen rumahan yang menjadi target penjualan.

 

Membuka Bisnis Toko Online

Seperti pada artikel yang ukmsumut bahas sebelumnya. Toko online saat ini memang tengah menjamur di seluruh indonesia. Dimulai dari menjual barang lewat toko online, lewat marketplace profesional atau lewat media sosial. Jenis bisnis ini sangat cocok untuk para karyawan yang mencari penghasilan sampingan.

Baca juga : Coba Bisnis Internet Nyaris Tanpa Modal Berikut Ini

Apabila kamu ingin memulai membangun sebuah toko online sebagai bisnis sampingan. Ketahuilah beberapa jenis bisnis online terlebih dahulu. Untuk memastikan, dimana pilihan terbaik dan tepat untuk kamu jika ingin membukanya. Bukan hanya untuk sementara, siapa tau toko online-mu justru dapat mengalahkan gaji yang telah kamu peroleh selama bekerja di kantor.

 

Menjadi content creator

Sebagai pekerja kantoran dengan rutinitas, dan interaksi dengan komputer bisa membuat kamu menjadi seorang konten kreator sebagai salah satu profesi sampingan. Content Creator di sini bisa menjadi seorang blogger atau youtuber, yang memberikan konten artikel atau video seputar solusi untuk permasalahan pekerjaan karyawan kantor

Nantinya apabila brand dari blok atau channel YouTube milikmu sudah besar, Apakah kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan atau endorsement.

 

Mengikuti bisnis afiliasi online

Bisnis afiliasi memang sangat cocok untuk para pekerja kantoran yang memiliki rekan atau jaringan pertemanan yang luas sehingga akan mudah mencari downliner atau konsumen untuk produk yang dijual.

Pilihlah produk yang banyak disukai dan dibutuhkan oleh rekan kantor, kemudian perkenalkan dan jadikan mereka sebagai member-mu.

 

Menjadi investor domain

Salah satu investasi yang tidak membutuhkan biaya yang cukup besar adalah menjadi investor domain. Kamu tinggal memilih domain dengan nama unik atau yang sudah lama kemudian menjualnya kembali untuk pihak yang membutuhkan dan bisa membeli dengan harga tinggi

 

Menjadi translator online

Di sela-sela waktu pekerjaan kantoran yang kamu lakukan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi penerjemah online.

Baca juga : Coba Bisnis Unik dan Anti Mainstream Ini

Tentunya ini akan bekerja apabila kamu menguasai satu atau beberapa bahasa asing dengan baik. Kamu bisa menawarkan jasa mu di berbagai platform seperti situs freelance atau langsung lewat media sosial dan teman teman sekantor.

 

Bisnis Photografi

Apabila kamu menyukai dunia fotografi, kamu bisa membuka jasa fotografi, sewa kamera (action cam, drone, dsb), jasa editing gambar, atau justru menjual foto-foto hasil jepretan mu ke situs yang membayar karya seorang fotografer.

Namun tentunya kamu juga harus menyukainya, dan menganggap Hal ini sebagai hobi atau passion. Di sela-sela waktu seperti weekend atau tanggal merah kamu bisa hunting foto

 

Berinvestasi

Untuk jenis investasi ada banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki. Karena seorang pekerja kantoran yang memiliki waktu padat, harus bisa menabung dan menyisihkan penghasilannya untuk diinvestasikan kembali supaya dana tersebut berkembang dan tidak mengalami inflasi

Adapun jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah trading forex, beli emas, sertifikat saham, properti seperti rumah atau tanah, reksa dana dan deposito.

 

Baca juga : Bisnis Modren vs Bisnis Tradisional, Siapa yang Bakal Menang?

Setelah mengetahui beberapa bisnis dan usaha yang cocok untuk kamu para pekerja kantoran, Semoga bisa memilih satu atau beberapa bisnis diatas untuk memberdayakan dana yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk tekan tombol share dibawah dan bagikan artikel dari ukmsumut ini, supaya teman-teman sekantor mu yang lain ikut membaca dan tergerak hatinya untuk membuka bisnis sampingan demi mendapatkan passive income