31 Usaha Sampingan Karyawan Kantor yang Sibuk

Apakah kamu sedang mencari ide usaha sampingan buat karyawan?  Seperti yang kita ketahui, banyak usaha sampingan yang bisa kamu tekuni, namun tidak semuanya cocok dengan karyawan atau pegawai. Terdapat peluang usaha yang prospektif. Dengan beberapa contoh usaha sampingan untuk karyawan dibawah ini, semoga kalian terinspirasi dan tergerak hatinya untuk menambah passive income, dan bahkan bukan tidak mungkin kalian bisa dapat omset lebih gede dibanding gaji pokok sebagai karyawan di suatu perusahaan.

Berikut ini ukmsumut akan membahas mengenai peluang bisnis sampingan bagi karyawan kantoran yang memiliki waktu kerja super sibuk dan jarang untuk bisa fokus pada bisnis lainnya. Adapun macam-macam usaha sampingan tersebut ada yang minim modal atau tanpa modal sama sekali, dan juga banyak dilakukan secara online menggunakan fasilitas jaringan internet. Karena memang perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat kita lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

Belajar dari krisis moneter di Indonesia pada zaman dahulu, di mana para pekerja kantoran Justru harus dituntut untuk memiliki bisnis sampingan sebagai back up, atau cadangan pendapatan sehingga tidak bergantung sepenuhnya dengan kondisi perusahaan tempat dia bekerja.

Namun jangan salah apabila bisnis sampingan ini dilakukan secara serius, bukan tidak mungkin menghasilkan income yang besar, bahkan lebih menjanjikan daripada gaji tetap yang didapatkan dari perusahaan

 

Usaha Sampingan Karyawan

bisnis sampingan karyawan

Baiklah langsung saja kali ini, ukmsumut akan membahas beberapa usaha sampingan karyawan yang cocok untuk dilakukan oleh para pekerja kantoran yang memiliki waktu terbatas dalam mengembangkan bisnis. Kamu bisa melakukan beberapa atau salah satu diataranya, tapi sembari fokus bekerja, tidak menutup kemungkinan nanti kamu bakal dapat omset lebih besar dibandingkan gaji pokok mu bekerja :

 

Ternak Burung

Kalau kamu menyukai burung kicau seperti kacer, murai batu, kenari, lovebird dan burung burung lainnya, kenapa tidak mencoba untuk menangkar kannya?

Hal ini selain membantu burung burung tersebut dari kepunahan, juga bisa dijadikan sebagai pemasukan tambahan. Kamu cukup menyediakan tempat dan burung yang sudah berjodoh, dan apabila bertelur dan menetas, maka kamu bisa merawatnya dan menjual burung tersebut sambil tetap bekerja

Baca juga : Peluang Bisnis untuk Kaum Perempuan

 

Sewa Drone dan Kamera

Saat ini apabila kamu ingin mencari bisnis yang tidak merepotkan, pilihlah jenis bisnis penyewaan barang, sehingga kamu tidak perlu melakukan apa pun, kecuali menyiapkan barang tersebut. Salah satu yang sedang tren saat ini adalah penggunaan drone dan kamera untuk mengabadikan momen tertentu

Karena harganya yang relatif mahal, orang lebih memilih untuk menyewa barang tersebut untuk keperluan sekali pakai saja. Untuk mengamankan barang barang tesebut, kamu harus memberikan syarat yang cukup ketat, seperti pemberian kartu identitas seperti KTP, SIM atau Surat Keluarga

 

Sewa Tenda

Banyak orang yang menggunakan usaha penyewaan tenda ini. Biasanya masyarakat yang mengadakan pesta tertentu,  seperti event perkawinan, khitanan, hiburan di tengah masyarakat dan sebagainya. Bisnis sampingan ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya membeli berbagai set perlengkapan tenda untuk kemudian disewakan.

Apabila kamu mengembangkan bisnis ini dengan serius, bukan tidak mungkin akan menjadi usaha besar, dan menjadi langganan penyelenggaraan event tertentu. Bekerja sama lah dengan event organizer kalau diperlukan

 

Sewa Sound Sytem

Apakah kamu menyukai musik? Kamu bisa membuka bisnis sewa sound system dan merentalkan berbagai peralatan sekaligus dengan pemain dan penyanyinya. Bisnis sampingan penyewaan sound system ini juga biasanya hanya terjadi pada hari libur atau hari tertentu saja

Oleh karena itu, kamu tidak terlalu banyak menyita waktu pekerjaan utama mu sebagai karyawan kantor. Untuk modalnya sendiri, selain perlengkapan musik, perlengkapan event tertentu, kabel dan peralatan pendukung lainnya yang harus kamu belikan

 

Membangun Kost Kostan

Bisnis apa yang tetap menghasilkan uang walaupun kamu tidur? Ya salah satunya adalah properti, yaitu tepatnya menyewakan kost kostan bagi pekerja, pelajar atau mahasiswa. Apabila lokasi mu dekat dengan kampus atau perkantoran, maka kamu dapat memanfaatkan ruang atau kamar yang kosong untuk disewakan kepada mahasiswa yang sedang kuliah atau para pekerja yang sedang bekerja di kantor.

Namun disini Kamu harus mengeluarkan modal yang sangat besar untuk membeli properti disekitaran tempat yang strategis tersebut. Sehingga tidak dapat lagi dikatakan sebagai usaha sampingan dengan modal kecil bagi karyawan dan pegawai yang kurang memiliki dana.

 

Bisnis Alat Tulis Kantor

Sebagai salah satu karyawan atau pegawai kantoran tentunya kamu membutuhkan yang namanya alat tulis dan perlengkapan kantor.

Oleh karena itu kamu bisa membuka bisnis penjualan alat tulis kantor yang bisa kamu jual ke rekan rekan kerja atau justru bisa bekerjasama dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

 

Laundry pakaian

Sebagai salah satu pekerjaan yang paling menyibukkan, karyawan kantoran selalu tidak punya waktu untuk mencuci pakaian serta kendaraan miliknya. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis

Kamu cukup menyewa atau mempekerjakan beberapa orang dan menawarkan kepada rekan-rekan kerjamu untuk laundry pakaian mereka, seperti kemeja, kaos dan celana. Biasanya laundry ini menggunakan sistem kiloan untuk perhitungan jasanya.

 

Doorsmer kendaraan

Banyak orang yang tidak sempat untuk mencuci kendaraan milik merek karena terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Oleh karena itu kamu bisa membuka jasa pencucian kendaraan bermotor seperti motor roda dua, hingga mobil. Buatlah palyanan maksimal seperti cuci salju, menggunakan karyawan yang cekatan dan penggunaan sistem kupon untuk diskon

 

 

Service smartphone dan komputer

Pekerja kantoran selalu menggunakan perangkat keras seperti smartphone dan komputer untuk mendukung pekerjaannya. Namun terkadang perangkat tersebut tidak bekerja dan membutuhkan yang namanya ahli untuk memperbaikinya.

Di sini kamu bisa memanfaatkan jasa perbaikan smartphone atau komputer dengan mempekerjakan ahli, atau berperan sebagai makelar atau penghubung antara klien dengan tukang service.

Baca juga : Coba Bisnis Unik khas Mama Rumah Tangga Ini

 

Bisnis Desain Grafis

Desain grafis dapat dikatakan sebuah bisnis yang menggunakan keterampilan, pikiran, tenaga manusia, dan juga kreativitas. Bisnis desain grafis biasa disebut sebagai jasa grafis. Modal untuk membuat bisnis ini diantaranya adalah komputer yang memiliki spek tinggi, printer, scanner dan mungkin meja dan kursi untuk bekerja

Dengan membuka jasa ini, sangat besar penghasilannya. Akan tetapi cukup menguras waktu dan pikiran. Misalnya Jika mendapat 2 klien yang meminta membuat logo dan membuat desain poster. Untuk tarif dapat sesuaikan dari tingkat kesulitan.

Penghasilan dari jasa ini dapat berubah sewaktu-waktu. Belum lagi jika custumer memintamu membuatnya menjadi beberapa desain yang berbeda, menangani keluhan dan memberikan jaminan revisi untuk desain yang dirasa kurang sesuai.

 

Bisnis Isi Ulang Air Minum

Bagi para karyawan yang ingin memulai bisnis sepertinya membuka bisnis galon air minum sangatlah cocok. Dengan bermodalkan 3 – 4 juta saja anda dapat membuka bisnis ini.

Saat Mencoba Membuka Bisnis Sampingan dengan Bisnis Galon, perlu meningkatkan kualitas pelayanan air isi ulangnya agar pelanggan tidak berpindah ke tempat lainnya. Untuk dari segi penghasilan, bisnis galon ini tergantung dari jangkauan penjualan dan seberapa banyak konsumen rumahan yang menjadi target penjualan.

 

Membuka Bisnis Toko Online

Seperti pada artikel yang ukmsumut bahas sebelumnya. Toko online saat ini memang tengah menjamur di seluruh indonesia. Dimulai dari menjual barang lewat toko online, lewat marketplace profesional atau lewat media sosial. Jenis bisnis ini sangat cocok untuk para karyawan yang mencari penghasilan sampingan.

Apabila kamu ingin memulai membangun sebuah toko online sebagai bisnis sampingan. Ketahuilah beberapa jenis bisnis online terlebih dahulu. Untuk memastikan, dimana pilihan terbaik dan tepat untuk kamu jika ingin membukanya. Bukan hanya untuk sementara, siapa tau toko online-mu justru dapat mengalahkan gaji yang telah kamu peroleh selama bekerja di kantor.

Baca juga : Coba Bisnis Internet Nyaris Tanpa Modal Berikut Ini

 

Menjadi content creator

Sebagai pekerja kantoran dengan rutinitas, dan interaksi dengan komputer bisa membuat kamu menjadi seorang konten kreator sebagai salah satu profesi sampingan. Content Creator di sini bisa menjadi seorang blogger atau youtuber, yang memberikan konten artikel atau video seputar solusi untuk permasalahan pekerjaan karyawan kantor

Nantinya apabila brand dari blok atau channel YouTube milikmu sudah besar, Apakah kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan atau endorsement.

 

Bisnis afiliasi online

Bisnis afiliasi memang sangat cocok untuk para pekerja kantoran yang memiliki rekan atau jaringan pertemanan yang luas sehingga akan mudah mencari downliner atau konsumen untuk produk yang dijual.

Pilihlah produk yang banyak disukai dan dibutuhkan oleh rekan kantor, kemudian perkenalkan dan jadikan mereka sebagai member-mu.

 

Investor domain

Salah satu investasi yang tidak membutuhkan biaya yang cukup besar adalah menjadi investor domain. Kamu tinggal memilih domain dengan nama unik atau yang sudah lama kemudian menjualnya kembali untuk pihak yang membutuhkan dan bisa membeli dengan harga tinggi

 

Translator online

Di sela-sela waktu pekerjaan kantoran yang kamu lakukan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi penerjemah online.

Tentunya ini akan bekerja apabila kamu menguasai satu atau beberapa bahasa asing dengan baik. Kamu bisa menawarkan jasa mu di berbagai platform seperti situs freelance atau langsung lewat media sosial dan teman teman sekantor.

Baca juga : Coba Bisnis Unik dan Anti Mainstream Ini

 

Bisnis Photografi

Apabila kamu menyukai dunia fotografi, kamu bisa membuka jasa fotografi, sewa kamera (action cam, drone, dsb), jasa editing gambar, atau justru menjual foto-foto hasil jepretan mu ke situs yang membayar karya seorang fotografer.

Namun tentunya kamu juga harus menyukainya, dan menganggap Hal ini sebagai hobi atau passion. Di sela-sela waktu seperti weekend atau tanggal merah kamu bisa hunting foto

 

Jualan Tagihan Online

Apa itu jasa pembayaran tagihan? jasa dimana kamu menyediakan pembayaran untuk berbagai jenis pembayaran online, seperti pulsa hp, token listrik, pdam dan berbagai tagihan lainnya. Kamu cukup deposit pada berbagai jenis aplikasi yang saat ini sudah banyak menawarkan berbagai promo.

Kemudian bukalah toko atau kedai di depan rumah dengan embel embel menyediakan pembayaran online. Bisnis sampingan tergolong cukup mudah untuk dimulai, tanpa membutuhkan biaya besar, dan waktunya relatif fleksibel. Modal awal dalam memulai bisnis ini relatif kecil, yaitu berkisar mulai dari 50 ribu sampai 1 jutaan saja

 

Jual Beli HP Bekas

Handphone berjenis smartphone sangat banyak peminatnya. Apabila kamu menyukai mengoatak atik HP bekas untuk dijual kembali dengan sedikit perbaikan, maka kamu bisa membuka jasa ini. Kamu bisa menjual berbagai jenis merek smarpthone di forum forum online, seperti grup Facebook dan website jual beli.

 

Jual beli Kendaraan bekas

Hampir sama dengan jual beli hp bekas, apabila kamu menyukai dunia otomotif, kamu bisa buka jasa jual beli ini dan membuka showrom mobil atau motor bekas mu sendiri.

Ketika kamu memulai bisnis dengan menjadi makelar atau tukang catut, kamu tidak membutuhkan lagi modal sama sekali, cukup mengumpulkan berabgai informasi yang cukup dan juga kamu pintar berbicara, dapat dipercaya, maka kamu sudah dapat melaksanakan bisnis sampingan untuk menjual motor atau mobil bagi mereka yang membutuhkannya

Baca juga : Cara Jualan Makanan Basah via Online

 

Agen Tiket Pesawat/Kereta

Walaupun banyak aplikasi online yang sudah menyediakan jasa penjualan tiket pesawat dan kereta api, namun banyak juga lho orang orang yang membutuhkan loket penjualan tiket ini. Mereka lebih memilih agen yang memiliki tempat fisik dengan alasan tertentu.

Kamu juga harus mendaftar terlebih dahulu kepada provider penyedia tiket masing masing, melakukan deposit untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai modal awal pembelian tiket pesawat dan kereta api. Jasa ini bisa dilakukan secara offline dan juga online

 

Katering Khusus Karyawan

Pernah mendengar istilah sistem katering? ya sistem pemberian makanan kepada pihak tertentu secara berkala dengan pembayaran per bulan atau perminggu. Jadi kamu bisa menyasar orang orang yang bekerja sebagai karyawan yang masih single, dan tidak sempat untuk menyiapkan makananya sendiri. Dengan demikian, menu yang kamu tawarkan juga harus bervariasi dan menyesuaikan dengan selera mareka

 

Bisnis Afiliasi

Kamu memiliki jaringan luas di kantor? Punya pertemanan yang banyak? kenapa tidak memanfaatkannya untuk memulai bisnis afiliasi? Kamu tahu apa itu afiliasi?

Sistem affiliate ini merupakan bentuk komisi dimana kamu akan menampilkan tautan produk yang dijual dalam blog atau sosial media mu, selanjutnya apabila ada yang mengklik tautan atau link dari kamu mengenai suatu produk dan terjadi penjualan, maka kamu akan mendapatkan komisi beberapa persen

 

Jadi Driver Ojek Online

Apakah kamu tipe yang tidak suka bekerja di kantor? apabila terlanjur dan tetap ingin bekerja di luar, maka kamu bisa memilih untuk nyambi sambil bekerja di kantor dengan berprofesi sebagai driver di Gojek atau Grab.

Kamu bisa pakai motor atau mobil. Waktunya yang fleksibel dan tidak mengikat, bisa dilakukan setelah pulang kerja sebagai karyawan. Kamu juga bisa jadi ojek online ketika akhir pekan tiba

 

Jadi Freelancer

Kamu tahu apa itu Freelancer? Bisa disebut juga sebagai pekerja lepas, saat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu sambil kerja di kantor. Kamu cukup membawa laptop, tentunya dengan sedikit keterampilan sudah bisa mendapat penghasilan. Berikut situs terpercaya yang bisa kamu coba Freelancer, Upwork, Sribulancer, Guru

Baca juga : Peluang Bisnis di Desa yang Paling Sukses

 

Jual Aplikasi Kantor

Teknologi semakin canggih, jadi kegiatan perkantoran juga membutuhkan yang namanya software yang biasa disebut juga sebagai perangkat lunak. Tool ini diinstal di perangkat seperti komputer dan laptop karyawan untuk membantu pekerjaan lebih mudah. Dan kamu bisa menjualnya kepada perusahaan yang membutuhkannya. Juga bisa membuka jasa pelatihan untuk menggunakan software tersebut, seperti Zahir, Myob, SPSS, dan lainnya

 

Jasa Mengetik

Bagi kamu yang tinggal di daerah kampus, tempat perkantoran atau sekolah, bisa membuka jasa pengetikan ini. Jasa ini menjadi jasa yang paling diminati, apalagi bagi mereka yang malas untuk mengetik karena tugas. Untuk langkah awal, siapkan saja satu buah unit komputer dan printer. Apabila sudah mulai ramai, kamu bisa menambah unit komputer dan mempekerjakan beberapa orang karyawan tentunya

 

Jasa Play Group

Tempat PlayGroup atau taman bermain yang khusus dimanfaatkan untuk anak-anak dibawah 5 tahun yang memiliki orang tua yang super sibuk dan tidak sempat untuk mengurus mereka. Kamu bisa mengubah halaman depan rumahmu dengan taman bermain dan menerima berbagai anak untuk membuka jasa penitipan anak ini. Pekerjakan beberapa guru yang menemani anak anak tersebut

 

Distributor LPG

Kamu bisa memilih untuk berjualan LPG di depan rumah mu lho. Saat ini memang ketersediaan bahan bakar ini sudah merata di seluruh daerah di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan zaman dulu masyarakat masih menggunakan minyak tanah dan kayu bakar. Saat ini masyarakat lebih memilih untuk menggunakan gas dalam memasak. Dan kamu bisa menjadi salah satu agen gas lpg yang menjual gas di tempat mu berada

 

Menjadi Pengepul

Tahukah sobat ukmsumut apa itu istilah pengepul? Pengepul atau bisa juga disebut sebagai toke ini adalah orang yang berprofesi sebagai yang mengumpulkan dan membeli barang dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan barang lain yang nantinya akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Pengepul ini secara lebih ringkas adalah sebagai perantara atau distributor antara pihak produsen dengan konsumen

 

Investasi Umum

Untuk jenis investasi ada banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki. Karena seorang pekerja kantoran yang memiliki waktu padat, harus bisa menabung dan menyisihkan penghasilannya untuk diinvestasikan kembali supaya dana tersebut berkembang dan tidak mengalami inflasi

Adapun jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah trading forex, beli emas, sertifikat saham, properti seperti rumah atau tanah, reksa dana dan deposito.

bisnis sampingan karyawan

Baca juga : Bisnis Modren vs Bisnis Tradisional, Siapa yang Menang?

 

Kata Penutup

Setelah mengetahui beberapa bisnis dan usaha yang cocok untuk kamu para pekerja kantoran, Semoga bisa memilih satu atau beberapa bisnis diatas untuk memberdayakan dana yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk tekan tombol share dibawah dan bagikan artikel dari ukmsumut ini, supaya teman-teman sekantor mu yang lain ikut membaca dan tergerak hatinya untuk membuka bisnis sampingan demi mendapatkan passive income

Share on: