Home » Bisnis » 15 Peluang Usaha untuk Orang Malas dan Santai

15 Peluang Usaha untuk Orang Malas dan Santai

Malas kerja, pengen usaha? Mungkin beberapa ide bisnis dibawah ini bisa kamu coba. Pengusaha muda memang semakin banyak akhir akhir ini. Ada banyak sekali tipe bisnis yang ditekuni oleh pengusaha, Bisnis yang dapat diawali menurut hobi atau peluang dari masalah yang ada. Namun bagi mereka yang malas, hal ini seolah tidak memungkinkan untuk memulai bisnis.

Padahal ada juga lho pekerjaan yang cocok sekali bagi orang yang malas, misalnya mager keluar rumah atau tidak betah melakukan pekerjaan yang rutin atau berat.  Apabila kamu memiliki dana yang mencukupi dan mau mengawali usaha, tidak ada salahnya untuk menjadi pengusaha.

Saat ini mencoba terjun dan memilih konsep bisnis yang berbeda bisa jadi pilihan. Seandainya kamu mengamati Bill Gates atau Mark Zuckenberg, pasti kamu tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa bukan?

Tetapi sadarkah sobat ukmsumut sekalian, bahwa mereka juga mengawali semuanya dari usaha kecil yang awalnya dianggap remeh oleh banyak orang. Dan tidak satupun dari mereka yang mengira bakal mencetak keberhasilan seperti kini dan menjadi milyerder

Perusahaan pemula yang berubah menjadi perusahaan berhasil bernilai miliaran malah triliunan, dalam dunia bisnis tidak bedanya dengan juara lotere. Meletakkan seluruh uang kamu dan berkeinginan menerima jackpot, kamu justru bakalan terperosok.

Setiap orang pasti mau mempunyai bisnis sendiri – khususnya lagi kamu yang masih muda dan cerdas serta berjiwa mandiri. Tetapi bagaimana mewujudkannya? Sebagai anak muda yang masih memiliki tenaga dan pikiran yang fresh,  kau pasti mempunyai harapan untuk merintis bisnis sendiri.

Usaha untuk Orang Malas

bisnis orang malas

Tetapi terkadang sobat ukmsumut juga tidak mempunyai keberanian untuk mengeksekusi kemauannya.  Sesekali dikala keberanian dan perencanaan telah ada, rasa ragu muncul tiba tiba dan membuat seluruh keberanian dan perencanaan sirna

Kemauan menjadi pengusaha memang patut disertai dengan pandangan bisnis yang kuat serta perhitungan yang matang. Untuk memberikan kalian ide dan inovasi bisnis, dan menumbuhkan motivasi entrepreneur, berikut ukmsumut akan menyajikan beberapa pekerjaan yang sedang populer di kalangan orang malas :

Baca juga : Peluang Usaha buat Karyawan Kantoran

1. Online shop

Bisnis online adalah salah satu solusi buat kamu yang malas beraktifitas di luar rumah. Ide ini bisa menjadi opsi pertama yang biasanya dipilih dan dilakukan oleh anak muda dan kaum milenial Melewati ini seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih.

Bisnis online amat pantas dikerjakan untuk orang malas seperti kamu, karena biasanya kaum muda dan para generasi millenial gemar akan teknologi dan juga tidak terlalu menyukai kegiatan di luar rumah untuk hal yang bersifat belanja terlalu lama. Ada banyak sekali jenis bisnis online, dan salah satunya kamu bisa mencoba menjual berbagai produk fashion secara online melalui media sosial dan menumpang lapak di e commerce besar di Indonesia.

2. Bisnis otomotif

Bisnis yang cocok bagi kaum milenial berikutnya adalah bidang otomotif. Karena apa? Profit  yang dihasilkan cukup menggiurkan seperti menjual sparepart, membuka bengkel motor atau mobil dan sebagainya ini juga tidak memerlukan ruang yang cukup luas.

Para anak muda cukup memiliki keahlian dibidang otomotif atau perbengkelan, sehingga bisnis ini akan terus ada karena yang namanya transportasi pribadi selalu dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sobat ukmsumtu juga bisa bertemunya dengan para pecinta dan hobi otomotif lainnya.

Membuka usaha bengkel secara kecil kecilan, reparasi dan modifikasi motor balap, jasa mengecat body dan airbrush, pernak pernik untuk motor atau kendaraan beroda empat merupakan teladan tipe usaha yang dapat kamu tekuni dalam jenis bisnis ini.

3. Jasa Endorsement

Bisnis baru ini termasuk unik. Maraknya pemakaian sosial media –seperti  Instagram – menjadi media yang empuk sebagai permulaan bisnis ini. Seorang endorser, influencer atau selebragm yang memiliki follower banyak, dapat menerima pemasukan besar dari konten yang menarik dengan jangkauan ribuan pelanggan atau konsumen untuk membeli produk yang di endorse oleh mereka

Namun untuk mengembangkan akun media sosial seperti youtube, instagram, atau facebook yang massif dibutuhkan kerja keras dan motivasi kuat, keuletan dan kreatif tinggi untuk mengupdate konten sosial media mu. Jadi sebenarnya orang malas yang dimaksud disini adalah kalian yang sukanya bermain media sosial, kenapa tidak memanfaatkannya untuk bisnis?

4. Software developer

Industri teknologi khususnya dibidang perangkat lunak, masih akan terus berkembang di masa depan, hal ini yang menghasilkan banyak para pengembang aplikasi seperti game atau tool yang terjun dan aktif memaksimalkan layanan software developer ini, bahkan kamu bisa mendirikan startup atau perusahaan rintisan

Salah satu bisnis developer yang cukup berhasil seperti game flappy bird, permainan simpel buatan pemuda vietnam ini sukses menghasilkan miliaran rupiah untuk developer.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang telah dihasilkan para developer lokal di negeri ini, seperti Go-Jek, PicMix, Kabar Gambar, BaBe – Baca , Catfiz Messenger, jadi pastikan apabila kamu punya keahlian dibidang programing dan malas bekerja kantoran atau keluar rumah, cukup bekerja di dalam rumah secara freelance.

5. Freelancer

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas cukup banyak diminati bagi mereka yang menyukai jam kerja fleksibel. Banyak orang di luar sana yang telah sukses menjadi seorang freelancer dan bahkan bisa menghasilkan ratusan dolar perbulan.

Hanya dengan berdiam diri di rumah, tentunya dengan sedikit keterampilan. Apabila sobat ukmsumut memiliki keterampilan khusus dan menguasai satu bidang, kamu bisa mendaftarkan diri ke situs freelance untuk mendapatkan pekerjaan

Berikut situs terpercaya yang bisa kamu coba :

  • Freelancer
  • Fiverr
  • Upwork
  • Sribulancer
  • Guru

6. Content Creator

Apa yang kamu pikirkan kalau berbicara mengenai content creator? Ya, pekerjaan ini sebenarnya cocok buat kamu yang pemalas. Cukup membuat konten dari dalam rumah pakai gadget masing masing.

Apa yang kamu hasilkan dari seorang content creator adalah uang yang berasal dari kerjasam dengan para jaringan bisnis, misalnya google adsense atau pihak yang memberikan kerjasama endorsement.

Kamu seorang blogger atau youtuber, bisa bekerja hanya dari dalam rumah, dengan menghasilkan konten berupa video atau artikel yang nanti kamu publish di channel youtube atau website.

7. Kuis Hunter

Kalau kamu suka dengan kuis, lomba dan segala jenis perlombaan, bisa menjadi kuis hunter, atau pemburu kuis dan give away. Biasanya ada banyak akun sosial media yang menyediakan perlombaan, give away atau kuis yang menyediakan hadiah cukup besar. Kalau kamu tekun dan telaten, bisa memenangkan 50% dari total perlombaan yang kamu ikuti saja kamu sudah banyak untung.

8. Sewa Rumah Kost

Menghasilkan uang tanpa melakukan apa tidak begitu sulit, asal kamu punya modal yang besar. Misalnya kamu  memiliki rumah, apartemen, atau toko. Jadi sobat ukmsumut bisa memulai dan menjalankan bisnis sewa tanpa mengeluarkan uang sepeser pun dan menggerakkan otot.

Biasanya biaya nya dihitung per bulan, setengah tahun atau per tahun. Kamu cukup mengeluarkan uang pajak dan biaya perawatan. Sewa rumah tempat tinggal ini bisa jadi pilihan karena tidak butuh effort lebih.

9. Rental Kendaraan

Dengan semakin banyak orang yang bepergian ke suatu tempat tapi mereka tidak punya mobil, motor atau sepeda, maka kamu bisa memanfaatkan kendaraan yang kamu miliki untuk dirental atau disewakan. Ada 2 pilihan, apakah kamu lepas kunci atau menyediakan supir juga dalam paketan rentalan tersebut.

Sewa barang elektronik juga bisa dipakai, misal sewa iphone, kamera profesional, drone dan sebagainya. Bisnis ini telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir dan orang-orang lebih suka menyewa barang yang jarang dia pakai daripada membelinya. Kamu akan mendapatkan penghasilan pasif yang bagus setiap bulannya hanya dengan tiduran saja di rumah.

10. Laundry Coin

Bisnis cuci pakaian di perkotaan menjadi usaha yang cocok untuk kamu yang malas. Tapi buat usaha laundry coin dan laundry sendiri. Bisnis laundry hanya membutuhkan investasi untuk persiapannya.

Kalau diluar negeri disebut bisnis Laundromat, yang semuanya serba otomatis. Kamu juga bisa menggunakan software khusus laundry untuk membantu dalam mengelola bisnis dan meningkatkan pendapatan, seperti melakukan pemasaran, menghitung laporan akuntansi dan pelaporan, pembuatan faktur, pembayaran digital, penjemputan di rumah, dan layanan pengiriman serba online.

Adapun jenis bisnis lain yang mungkin cocok untuk kamu yang malas dan santai, antara lain sebagia berikut :

11. Dividen Saham Bluechip

Mendapatkan dividen atau bagi hasil dari kegiatan investasi di saham bluechip mungkin cocok dengan mu yang malas berusaha. Karena kamu cukup menginvestasikan uang mu ke beberapa portofolio saham. Tunggu biasanya sekali atau dua kali setahun kamu akan dapat bagi hasil dari kepemilikan mu di saham tersebut.

Mengapa harus saham Blue Chip? Karena jenis saham ini cenderung lebih stabil dan kurang berisiko. Cari juga saham yang sudah terkenal membagikan dividen yang Konsisten setiap tahunnya, jadi cocok untuk investasi jangka panjang.

12. Karya Seni NFT

Walau sudah tidak se hype dulu lagi, tapi menurut kami karya seni NFT masih bisa jadi potensi untuk dicoba, apalagi buat kamu yang kaum rebahan atau mageran. NFT atau non-fungible token adalah salah satu alternatif buat para seniman untuk dapat memonetisasi karya seni digitalnya.

Investor mulai melirik NFT sebagai peluang investasi. Seperti lukisan yang nilainya setelah beberapa lama, membeli karya seni yang dijamin oleh NFT juga diharapkan dapat memberikan keuntungan pada investor.

13. Jasa Undangan Digital (website dan video)

Peluang usaha seperti jasa pembuatan undangan digital online berbagai acara bisa jadi pilihan. Karena tidak butuh effort lebih untuk mencetak. Semua itu memungkinkan, karena sekarang memang serba digital.

Termasuk menyebarkan undangan pernikahan, hajatan, syukuran dan sebagainya. Tapi kamu harus belajar cara desain untuk pembuatan video, dan memilih template undangan untuk website (pakai plugin dan wordpress).

14. Buka Thrift Shop

Buka usaha thrift shop bukan hanya untuk kegiatan amal, tapi sebagai bisnis seperti toko komersil lainnya. Umumnya kamu bisa menyasar kelompok milenial dan kaum gen Z. Ata misalnya yang punya kepedulian terhadap lingkungan, atau yang ingin gaya hidup lebih hemat. Selain meminimalkan limbah, toko thrirt ini juga membawa keuntungan yang cukup menjanjikan bagi pemiliknya lho.

15. Konter Pulsa, Token, Tiket, PPOB

Membuka konter di depan rumah dekat pinggir jalan adalah aset bagi orang yang malas. Karena hanya cukup duduk dan diam saja menunggu konsumen. Payment Point Online Bank atau jasa transfer bank, isi pulsa, paket internet, bayar token listrik, tagihan PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api dan sebagainya bisa kamu tawarkan dalam 1 tempat saja.

Kesimpulan

Orang malas dan terlalu santai pun bahkan bisa membuka bisnis dan menghasilkan duit tambahan. Bagaimana dengan sobat ukmsumut? Apakah masih rebahan dan tidak ingin menjadi pengusaha kecil kecilan? Ayo bergerak dan jadikan waktu luang mu untuk mengelola bisnis, siapa tahu nantinya bisnis mu berkembang dan menjadi besar?

Demikian Bisnis Populer dan Favorit untuk orang yang malas dan santai kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat yang ingin segera mencoba berbisnis dan berusaha di mana pun kamu berada. Bila ingin memberikan pertanyaan atau saran, kirimkan melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung di blog ini ya, jangan lupa share dan bagikan artikelnya.

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya

Share on: