bisnis berlian medan
bisnis berlian medan

Peluang Bisnis Berlian di Medan Sumatera utara

Diposting pada

Bisnis Berlian Medan – Anda warga kota medan dan provinsi sumut yang menyukai Cincin berlian, anting berlian, kalung berlian, ataupun gelang berlian mungkin patut untuk mencoba bisnis berlian yang satu ini. Karena memang bisnis ini tidak ada matinya. selalu ada pasar untuk pelanggan kelas atas. Karena barang ini termasuk mewah, maka memulai bisnis nya juga tidak bisa sembarangan.

Berlian memang harganya mahal. Rasa kurang cocok dibahas untuk prospek bisnis UMKM. Tapi tak apalah, ini kan hanya pembahasan bisnis yang bisa menjadi sumber referensi buat anda yang memiliki modal lebih dan ingin segera memulai bisnis ini di medan dan daerah lain di sumut. Mari simak pembasahannya dibawah ini.

Berlian awal mulanya diperdagangkan di toko-toko perhiasan. Dengan demikian, calon pembeli harus mendatangi penjual, melihat-lihat, bila merasa tertarik di hati kemudian sesuai budget di kantong, baru kemudian mulai bertransaksi. Jangan coba-coba bertanya soal berapa harga berlian, karena memang mahal dan sesuai dengan ukuran dan kualitasnya.

Baca juga : Peluang Bisnis Papan Bunga di Medan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, bisnis jual beli berlian kini juga dengan mudah dijumpai di internet. Penjual dan pembeli tidak lagi perlu berjumpa secara langsung, cukup lewat ponsel atau laptop masing-masing. Harga cocok, barang dikirim. Tentu saja, didahului oleh harga dan pembayaran yang cocok terlebih dulu.

 

Tips Memulai Bisnis Berlian di Medan dan Sekitarnya

Setelah membahas sedikit mengenai prospek bisnis berlian diatas, maka ada baiknya anda juga mengetahui beberapa tips dan hal penting yang harus diperhtikan sebelum memulai bisnis ini, diantaranya adalah :

 

Cutting (bentuk irisan berlian)

Irisan ini akan berpengaruh pada permainan cahaya dari batu berlian. Perhatikan aspek proporsi seperti rasio antara bagian atas dan bagian bawah, besar ‘meja’, serta presisi dan kerapihan hasil irisan yang ada. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah melihat irisan dari kualitas bagian pinggang berlian.

 

Carat (karat)

Merupakan standar untuk menilai ukuran berlian. Semakin besar karat berlian, maka harganya pun semakin mahal. Namun, ukuran karat berbeda dengan gram emas. Apabila berlian satu karat harganya Rp 100 juta, maka untuk berlian dua karat bisa jadi harganya Rp 300 juta.

 

Color (tingkat keputihan berlian)

Semakin putih warna sebuah berlian, maka harganya pun semakin mahal. Tingkat warna putih berlian yang ditandai dengan kode huruf “D” untuk yang tertinggi, sampai “Z” untuk yang terendah. Hal ini harus diketahui pengusaha berlian supaya nantinya bisa memberikan kepuasan kepada klien.

 

Clarity (kejernihan berlian)

Tingkat clarity yang terbaik adalah flawless alias jernih tanpa cacat. Kejernihan yang tinggi ditandai dengan kode “VVS”. Maka menjual berlian dengan clarity tinggi bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan anda.

 

Pemasaran Online

Facebook menjadi salah satu lokasi favorit membuka penjualan bisnis berlian. Biasanya, penjual akan menawarkan produknya melalui update status, termasuk dengan melampirkan beberapa foto berlian dagangannya. Ada pula yang membuat halaman grup atau pages di Facebook untuk memudahkan para peminat berlian dalam satu komunitas.

Baca juga : Bisnis Angkot di Medan yang Prospektif

Meski pun berlian tergolong mahal, bisnis ini tetap akan laris manis bila calon konsumen anda sudah percaya dnegan bisnis  ini. Para peminat berlian sepertinya sudah semakin akrab dengan kehadiran media sosial seperti facebook, yang sejatinya bersifat maya.

Modalnya, selain uang tentu saja, adalah kepercayaan. Jika penjual mampu meyakinkan calon pembeli, maka barangnya akan laku. Bayangkan, jika ternyata berlian yang sampai di tangan pembeli adalah palsu, mau dituntut kemana?

Demikianlah pembahasan mengenai Peluang Bisnis Berlian di Medan Sumatera utara kali ini, semoga bisa membantu anda dalam memulai bisnis bersama di kota medan. Silahkan bagikan tulisan ini ke teman dan kerabat anda untuk memberikan referensi bisnis terbaik kepada mereka. Terimakasih telah berkunjung di ukmsumut.