bisnis lele medan
bisnis lele medan

Usaha ternak jualan lele medan yang menguntungkan

Diposting pada

Jual Lele Medan – Beternak ikan lele memang menjadi salah satu trend belakangan ini. Bisnis budidaya ikan air tawar ini banyak untungnya terlebih untuk konsumsi masyarakat perkotaan seperti di medan dan daerah lain di sumatera utara. Ada banyak varietas lele yang dijual di medan seperti lele sangkuriang, lele mutiara, lele phyton dan jenis lele super lainnya. Dan kali ini ukmsumut akan membahas bagaimana prospek bisnis ini kedepannya. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Ada banyak tempat penampungan dan penjualan bibit ikan lele di kota medan. Budidaya lele di daerah sumatera utara memang cukup digemari, seperti misalnya di daerah deli serdang yang menjadi salah satu sentra ikan lele. Pertumbuhan lele yang cepat dan perawatan yang relatif mudah menjadikan bisnis ini tidak ada matinya.

Ikan lele adalah salah satu spesies ikan konsumsi yang sanggup bertahan hidup dalam kepadatan yang tinggi serta tingkat konversi pakan yang baik. Dengan membudidayakan ikan lele secara intensif dan dokus, maka hasil panen yang didapatkan bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

Lihat juga : Peluang Bisnis Budidaya  Ikan Nila di Medan

Sebelum memulai bisnis dibidang lele, ada baiknya anda memilih dua jenis bisnis ini terlebih dahulu. Yaitu jenis bisnis pembenihan dan pembesaran. Kedua bisnsi ini bertujuan menghasilkan panen kualitas terbaik. Pembenihan merupakan bidang bisnis yang khusus menghasilkan benih ikan lele berkualitas untuk dijual kepada pembesar lele. Sementara bisnis pembesaran lele merupakan  bagian dari usaha menghasilkan panen ikan lele siap konsumsi.

 

Tips memulai usaha budidaya lele di medan

Memulai bisnis usaha budidaya lele harus mempersiapkan beberapa hal teknis dibawah ini. Selain itu perhatikan juga beberapa tips yang mungkin akan berguna bagi anda yang ingin berkecimpung di dunia ternak ikan konsumsi ini :

 

1. Persiapkan modal dan hal teknis pendukung

Modal adalah awal terpenting dalam setiap bisnis. Selain modal dana, anda juga harus mempersiapkan perlengkapan awal untuk ternak lele, seperti misalnya kolam, pakan ikan dan sistem pengairan yang menjaga kondisi air.

Tentukan lahan atau kolam budidaya lele yang sesuai prosedur. Setidaknya ada 5 jenis kolam pembudidayaan lele yaitu Kolam Tanah, Kolam Terpal, Jaring Apung, Kolam Semen dan sistem Keramba. Bila anda tidak ingin repot mengawinkan lele, maka beli lah bibit ikan lele yang berkualitas dari pembenih yang terpercaya.

 

2. Perhatikan kualitas bibit lele

Seperti yang dikatakan pada awal tadi, bila anda tidak ingin repot mengawinkan ikan lele, maka belilah bibit ikan lele yang berkualitas. ada banyak jenis bibit ikan lele super seperti lele sangkuriang, lele mutiara dan lele phyton yang memiliki kualitas super. Cari pembudidaya lele yang sudah terbukti kualitasnya. Jangan mau diiming imingi harga murah.

 

3. Perawatan dan pembesaran lele yang  intens

Persiapkan juga pakan lele dengan baik. Pakan lele ini dengan kebutuhan, umumnya membutuhkan pakan 3-6% dari bobot tubuh ikan lele. Setelah itu perhatikan pengelolaan air kolam, sebagai bagian dari tahapan perawatan dan pemeliharaan. Kualitas air harus dijaga setiap hari.

Singkirkan dan buang sisa pakan ikan lele yang tidak  habis di permukaan kolam. Buang sepertiga air bagian bawah kolam, karena tingkat munculnya bibit penyakit lebih tinggi pada endapan air terbawah dan buang juga lumpur endapan kolam.

Hal ini untuk mencegah munculnya penyakit dan hama yang mengganggu. Ada 2 jenis hama yang menggangu budidaya lele seperti Predator dan Mikroorganisme kecil. Anda bisa menanganinya dengan membaca referensi nya melalui buku atau internet.

 

4. Panen lele

Bila skala produksi lele menengah ke bawah, anda mungkin tidak membutuhkan tenaga tambahan untuk panen lele. Panen lele ini merupakan hasil kerja keras anda dalam membudidaya lele. Sebelum memanen lele, disarankan agar tidak memberikan  pakan agar lele tidak buang kotoran saat dipanen.

 

5. Pemasaran lewat offline dan online

Pemasaran ikan lele tidak begitu sulit karena ada banyak pasar yang bisa anda targetkan seperti misalnya penjual warung pecel lele, rumah makan maupun konsumsi rumah tangga. Selain pemasaran lewat offline atau mulut ke mulut, sebagai peternak milenial anda juga harus mulai melirik potensi pemasaran online

Walaupun produk yang anda jual adalah produk perikanan, namun bukan tidak mungkin anda bisa memperkenalkan produk anda lewat toko online atau media sosial. Untuk itu buatlah website toko online atau akun di ecommerce serta aktif memperkenalkan nya lewat facebook, instagram, twitter, whatsapp atau line.  Dengan demikian, akan banyak orang yang mengetahui dan memperluas jangkauan pemasaran ikan lele anda.

 

Lihat juga : Prospek jual ayam potong di medan

Sekianlah artikel bisnis seputar Usaha ternak jualan lele medan yang menguntungkan kali ini, semoga bisa membantu anda menemukan inspirasi bisnis yang terbaik. Jangan tunggu lagi untuk memulai bisnis ini, karena memulai bisnis lebih cepat akan lebih baik. Share tulisan ini untuk memberikan manfaat kepada orang lain.