bisnis jual ayam potong medan
bisnis jual ayam potong medan

Bisnis jual ayam potong medan yang menguntungkan

Diposting pada

Bisnis Ayam Potong Medan – Ayam potong menjadi salah satu komoditi terpenting untuk memenuhi konsumsi masyarakat sehari hari, khususnya di kota besar seperti medan dan daerah lain di Sumatera utara. Oleh karena itu memulai bisnis dan menjual ayam potong menjadi salah satu prospek yang bisa anda coba. Karena selain dibutuhkan oleh banyak orang, ayam potong juga relatif tidak memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai nya. Mari simak analisis dan tips bisnisnya dibawah ini.

Ayam potong digemari oleh berbagai kalangan dan memiliki pasar yang luas seperti restoran, rumah makan, acara tertentu dan untuk konsumsi rumahan. Pengelolaan yang tepat bisa mendatangkan untung yang besar, apalagi bila dikelola dengan manajemen yang profesional.

Apa yang membuat usaha ternak dan penjualan ayam potong ini menjadi semakin digemari? yang membuat masyarakat ikut bagian dalam bisnis yang satu ini karena kebutuhan konsumen pasti meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, mahalnya harga daging sapi menjadikan masyarakat lebih memilih ayam potong untuk alternatif konsumsi sehari hari.

Untuk momen tertentu, bisnis ayam potong bisa sangat menguntungkan, misalnya saat lebaran atau natal tiba. Konsumsi daging ayam masyarakat yang tinggi akan membuat harga ayam potong meningkat. Selain itu usaha ayam potong atau yang biasa dikenal dengan ayam broiler ini menjadi prospektif juga pada hari hari normal.

Lihat juga : Bisnis Ternak Ikan Nila di Medan

Bagaimana langkah praktis menjalankan peluang usaha ternak ayam potong di meadn yang menguntungkan dengan modal usaha yang tidak besar? Di sini ukmsumut tidak menjelaskan cara teknis berternaknya namun lebih kepada tips bisnisnya. Berikut langkah yang bisa jadi menginspirasi anda untuk melakukan usaha ternak ayam ini.

 

Tips memulai bisnis ayam potong di medan

Sebelum anda berniat untuk memulai terjun langsung ke dalam bisnis ayam potong di medan ini, anda perlu memperhatikan fakta yang sudah kami rangkum bahwa konsumsi daging ayam di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara maju.

Selain konsumsi, ternyata teknologi dalam pengelolaan ayam potong juga masih tertinggal. Sehingga menyebakan produksi yang tidak maksimal. Akan tetapi jangan khawatir, bila anda terus belajar dan terus mengaplikasikan ilmu yang anda dapatkan dari internet atau pelatihan, maka kedepannya anda akan menjadi salah satu pengusaha ayam potong sukses.

Berikut adalah beberapa tips yang harus anda perhatikan bila akan menggeluti bisnis ini, silahkan disimak :

 

1. Memilih jenis bisnis ayam potong

Pilihlah jenis bisnis seperti apa yang nantinya anda ingin tekuni. Anda bisa memilih menjadi peternak ayam dari awal dengan mempersiapkan bibitnya, atau hanya sebagai reseller ayam potong dengan hanya membesarkan ayam untuk kemudian di jual ke industri kuliner. Kali ini ukmsumut akan fokus pada bisnis ternak ayam nya juga. Maka dari itu mari simak langkah selanjutnya.

 

2. Mempersiapkan modal teknis

Ada banyak perlengkapan teknis yang harus anda persiapkan seperti pembangunan kandang dan ketersediaan pakan ternak yang memadai. Untuk mendirikan kandang mulailah sejak dari izin sampai tata letak yg baik serasi dengan arahb matahari dengan kecenderungan arah angin yang disesuaikan.

jual ayam potong medan

Ketersediaan air dan saluran limbah juga harus diperhatikan. jangan sampai menjadi masalah bila kandang ayam potong anda berada di pemukiman warga. Pastikan bahwa jumlah ayam dan luas kandang ideal sehingga tidak memicu berbagai penyakit pada ayam nantinya.

Untuk bibit ayam(DOC), pakan, obat dan vaksin anda dapat memesan di poultry atau toko ternak dikota anda. Perlu diperhatikan adalah anda harus memesan produk yang berkualitas dengan grade A.

 

3. Merawat dan membesarkan ayam potong

Berikan ayam potong perawatan seperti vaksinasi dan pemberian antibiotik serta vitamin yang kadar dan teknisnya bisa anda pelajari di berbagai sumber informasi seperti internet dan buku ternak ayam potong. Untuk itu mempelajari perawatan ayam potong harus sudah anda kuasai sebelum memutuskan memulai bisnis ini.

Ada 3 fase perawatan ayam potong dimulai dari Fase brooding (pemanas) yaitu pemeliharaan awal bibit ayam(DOC), kemudian fase lepas brooding (pemanas) atau fase pertumbuhan lalu fase terakhir yaitu panen yang disertai dengan pemasaran setelahnya.

 

4. Terapkan pemasaran 2 arah, offline dan online

Ada dua pilihan menjual ayam potong secara konvensional yaitu menjual Ayam Potong ke pasar, Jagal ayam, bakul atau pengepul ayam maupun broker ayam serta langsung ke berbagai konsumen yang memerlukannya. Selain itu pilihan menjual dan memperkenalkan produk ayam potong anda secara online bisa menjadi pilihan yang inovatif.

Anda sebagai peternak ayam potong milenial bisa membuat toko online untuk memesan ayam potong segar untuk dikirim ke berbagai wilayah. Atau bila dirasa mahal, anda bisa memasarkan dan memperkenalkan bisnis anda melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan aplikasi chatting seperti line dan Whatsapp.

 

5. Meningkatkan kualitas bisnis ayam potong

Walaupun hanya menjual ayam potong dalam bentuk segar, anda tidak boleh sama sekali menyepelekan mengenai kualitas ayam yang anda jual. Dengan pemberian berbagai obat seperti vaksin dan vitamin diharapkan ayam yang anda jual terbebas dari segala penyakit dan resiko cacat fisik lainnya.

Selain itu ketersediaan ayam secara berkesinambungan juga turut serta memberikan pengalaman positif terhadap mitra bisnis anda. Berikan harga yang kompetitif dan jangan pernah kecewakan pelanggan anda. Karena berbisnis ayam potong akan besar apabila mitra bisnis anda puas dengan produk yang anda berikan.

 

Baca juga : Bisnis properti di medan sebagai investasi menguntungkan

Sekianlah pembahasan mengenai Bisnis jual ayam potong medan yang menguntungkan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Segera mulai bisnis ukm anda dan jangan lupa untuk mengonline-kannya bersama kami, ukmsumut. Bagikan tulisan ini kepada orang lain agar mereka juga merasakan manfaatnnya.