11+ Alasan Usia Tua Belum Terlambat untuk Memulai Bisnis

Usia muda memang sering sekali melahirkan inovasi dan ide-ide brilian dalam memulai suatu bisnis. Ada banyak pengusaha yang menjadi pebisnis sukses, terlebih dengan penggunaan teknologi yang semakin pesat. Namun hal tersebut tidak lantas membuat kamu yang berumur tiga puluh tahun keatas menyerah dengan bisnis mu sendiri. Kali ini ukmsumut akan membahas berbagai alasan masuk akal untuk kamu untuk memulai bisnis secepatnya, karena umur tidak menjadi batasan, tidak ada kata terlambat untuk memulai itu semua.

Faktanya nya memang ada banyak sekali penghargaan terhadap wirausahawan muda. Seperti misalnya Mark Zuckerberg pendiri facebook, Matt Mullenweg pemilik wordpress atau Pete Cashmore pemilik mashable. Mereka rata-rata berusia 20-an, ketika menjadi pengusaha teknologi sukses.

Namun ukmsumut bisa menyimpulkan bahwa usia sendiri bukanlah faktor utama yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu usaha. Bahkan, terdapat pendapat yang menyimpulkan bahwa mereka yang memulai usaha di usia tua memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak alasannya dibawah ini.

Baca juga : 51+ Kata Bijak Bisnis dalam Mencapai Sukses, 100% Memotivasi

Terdapat penelitian yang menyimpulkan bahwa apabila Kamu berusia di atas 55 tahun, kesempatan untuk meraih kesuksesan adalah dua kali lebih tinggi dibanding kan teman mu yang usianya berada dibawah 35 tahun. Karena memang kamu dinilai lebih matang dalam menjalani bisnis.

Nah oleh karena itu ukmsumut akan memberikan beberapa alasan mengapa Kamu bisa menjadi wirausaha yang lebih baik daripada saat masih muda. Namun ini bukan berarti kamu harus menunggu tua terlebih dahulu baru memulai bisnis ya. Alasan dibawah ini hanya diperuntukkan bagi yang memang terlambat memulai bisnis.

 

Kamu Memiliki Lebih Banyak Pengalaman Hidup

Kelebihan paling mutlak bagi kamu yang sudah berumur adalah ketika memulai usaha di usia tua, kamu kini memiliki pengalaman hidup cukup lama yang berguna untuk usaha baru yang akan kamu tekuni. Pengalamanmu hingga saat ini menjadikan kamu memiliki tingkat ketajaman dalam analisis usaha yang tidak dimiliki orang lain pada usia 20-an.

Kamu juga lebih sabar dan bersedia mengambil keputusan terberat pada setiap langkah dalam proses memulai usaha. Dan dalam langkah yang kurang menyenangkan yang bisa memberikan usaha mu peluang terbaik untuk meraih kesuksesan. Walaupun kamu mungkin tidak memiliki pengalaman langsung dalam proses teknis usaha, sangat mungkin kamu bisa memahami pentingnya memiliki rencana usaha, membuat rencana finansial yang solid, dan melakukan riset pasar yang menyeluruh.

 

Kamu Lebih Pandai Memikat Calon Pelanggan

Walaupun akan muda lebih pandai dalam hal teknologi, memanfaatkan internet dan website dalam mengembangkan usaha mereka, namun mereka masih awam dalam merangkul calon pelanggan baru dalam memulai bisnis. Kamu yang sudah banyak berinteraksi dan menjalin hubungan dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda, tentunya akan sangat mudah bagi mu untuk mengambil hati calon konsumen mu dengan penerapan teknik pemasaran dan promosi yang tepat, tentunya.

 

Kamu Memiliki Banyak Relasi

Kamu kemungkinan sudah membangun jaringan pertemanan dan kolega yang cukup luas. Karena usaha baru seringkali membutuhkan jaringan untuk berkembang, maka koneksi yang kamu miliki akan sangat berharga ketika dimanfaatkan untuk memulai usaha.

Kamu bisa memikirkan mengenai semua ahli yang kamu kenal yang bisa membagikan saran mereka atau memberikan layanan untuk membantu mu dalam usaha baru tersebut. Ada banyak relasi yang bermanfaat seperti bantuan dari pengacara, akuntan, pemasar, pemodal ventura, perencana finansial, agen real estate, kontraktor, perancang, wartawan dan sebagainya.

Baca juga :

Luasnya jaringan pertemanan ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dibangun, jadi usia tentu saja merupakan aset dalam keuntungan ini. mereka yang berpengalaman di dunia usaha memahami pentingnya relasi, bahkan menganggap relasi sebagai aset yang sangat berharga.

 

Kamu tahu Cara Merancang dan Mencapai sebuah Visi

Penentuan tujuan bisnis adalah bagian penting dari memulai dan menjalankan usaha, dan diperlukan secara konsisten selama masa usaha.Pengusaha berusia muda, terkadang tidak selalu memahami kekuatan dari penetapan visi yang cerdas untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam bisnis.

Berbeda dengan kamu yang sudah berumur, sebagai pembuat tujuan yang berpengalaman, akan mudah dalam melewati proses menguraikan hasil yang diinginkan, juga tindakan yang akan kamu ambil untuk menjadikan hasil itu menjadi terwujud. Lagi lagi faktor pengalaman hidup juga akan membantumu untuk tetap objektif saat mempertimbangkan jalur berbeda yang bisa diambil demi mencapai tujuan dengan cara yang lebih efisien, hemat biaya, dan produktif tentunya.

 

Kamu Memiliki Kelebihan dimata Investor

Pengusaha tua sering kali disukai oleh investor karena memang mereka bisa lebih mudah untuk membiasakan kepemilikan saham yang lebih besar dan memiliki passion lebih besar dalam usaha. Wirausahawan yang lebih tua menawarkan peluang keberhasilan yang lebih baik karena apa yang mereka tawarkan terlihat lebih meyakinkan.

Banyak investor yang lebih suka mencari wirausahawan yang lebih tua, dan berpengalaman. Seperti yang ditunjukkan Susan Schreter, mengatakan bahwa investor terbaik adalah oportunistik, sehingga dengan mendukung pengusaha yang lebih tua dan lebih bijaksana yang telah banyak melakukan kesalahan, mereka bisa melakukan investasi yang lebih cerdas.

 

Kamu Tahu Apa yang Kamu Sukai

Banyak pengusaha muda mengatahui mereka ingin memulai sebuah usaha, namun tidak tahu persis bagaimana mereka ingin melakukannya, karena mereka belum punya cukup waktu untuk mengembangkan gagasan mengenai apa yang benar-benar mereka sukai.

Passion merupakan salah satu motivator paling efektif ketika memulai usaha dan seringkali jadi salah satu peramal terkuat apakah sebuah ide akan mengarah pada kesuksesan. Tanpa hasrat terhadap pekerjaan, kemungkinan besar ide usahamu akan gagal di beberapa titik. Pengusaha yang lebih tua tahu apa yang mereka sukai – dan apa yang tidak ingin mereka lakukan, kemudian mereka bisa menyesuaikan usaha baru agar sesuai dengan hal tersebut.

 

Kamu Memiliki Pengetahuan yang Bermanfaat Saat ini

Beberapa tahun terakhir ini terjadi pergeseran ekonomi dari industri ke usaha berbasis pengetahuan. Artinya sebagian besar dari kamu yang sudah berumur, tentunya memiliki kesempatan untuk terus bekerja dengan baik meski telah melewati usia pensiun.

Baca lainnya : 6 Tahapan Pertumbuhan Bisnis Harus Dipelajari Pengusaha

Usia yang lebih tua, akan membuat kamu lebih terlihat sebagai profesional, karena kamu membawa lebih banyak keterampilan dan pengetahuan saat bekerja. Ini juga berlaku bagi karyawan dan pegawai kantoran. Pergeseran tren perekonomian ini akan mendukung pengusaha yang lebih tua memutuskan untuk berusaha karena kamu bisa mengubah pengalaman menjadi komoditas yang potensial.

 

Kamu Lebih Aman Secara Finansial

Memulai usaha ketika kamu masih muda berarti memungkinmu akan dibebani biaya lebih, seperti pembayaran sewa kantor, pengeluaran transportasi, perawatan kesehatan, asuransi, kredit mobil, pinjaman pengemabangan usaha dan biaya-biaya lainnya yang tentunya selalu rutin untuk dikeluarkan.

Dan semakin tua dirimu maka semakin besar kemungkinan kamu sudah membayar biaya rutin tersebut yang secara signifikan bisa membebani usaha barumu nantinya. Tentunya hal ini akan membebaskan kondisi finansial mu untuk berinvestasi dalam mengembangkan usahamu.

Ketika kamu memiliki tanggung jawab finansial yang lebih sedikit di usia tua saat ini, maka menciptakan ide memulai usaha menjadi minim berisiko. Karena secara teoritis, kamu akan jauh lebih sedikit kehilangan uang jika semuanya tidak berjalan baik.

 

Kamu Memiliki Banyak Pilihan Bisnis

Ketika berusia muda, kamu memiliki pengalaman terbatas, jaringan terbatas, serta modal terbatas. Hal ini membuat pilihan akan memulai bisnis juga sering terbatas. Bisnis UKM adalah salah satu pilihan kecuali kamu memang memiliki modal yang cukup besar untuk mendirikan PT atau CV.

Berbeda dengan kamu yang sudah berusia tua, sebagai seorang profesional yang aman secara finansial dan berpengalaman, kamu memiliki lebih banyak pilihan ketika ingin terjun ke dunia usaha. Sebagai contoh usaha yang paling mudah, namn membutuhkan modal besar adalah membeli waralaba, memanfaatkan kekuatan merek yang sudah sukses dan menjadikannya warisan bisnis sendiri.

 

Kamu Pernah Gagal Sebelumnya

Kegagalan merupakan bagian dari bisnis, dan semakin tua kamu semakin banyak kegagalan yang kamu telah lakukan, bukan? Apakah kamu memiliki beberapa kegagalan ketika memulai bisnis dahulu? Hal tersebut merupakan pembelajaran yang bisa kamu pelajari untuk memulai lagi bisnis dari awal.

Setiap kegagalan mengajarkan pentingnya persiapan, kerja keras, dan itulah mengapa kamu membutuhkan rencana B atau opsi alternatif. Selain itu ketakutan mu akan kegagalan mungkin jauh berkurang saat ini daripada di masa muda. Hal ini sangat penting karena takut gagal bisa mengakibatkan ketidakmampuan untuk membuat keputusan, kurang percaya diri dan tidak bertindak. Kamu bisa membaca postingan ukmsumut mengenai cara mengatasi ketakutan dalam berbisnis disini.

 

Kamu Lebih Percaya Diri

Usia tua membuatmu lebih percaya diri dalam memulai bisnis. Kegagalan juga terkadang menciptakan satu lagi manfaat besar setelah kamu mampu pulih dari kegagalan tersebut, yaitu meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi mu untuk melakukan yang lebih baik.

Optimisme sangat dibutuhkan ketika memulai usaha. Ditambah lagi ketika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi ditambah dengan track record keberhasilan bisnis mu dimasa lalu, maka hal tersebut tentunya akan lebih hebat lagi. Sebagai seorang profesional, kamu sudah mengalami asam garam kehidupan bisnis, sehingga apabila kamu maju dengan keyakinan kuat, hal tersebut akan memungkinkan mu untuk menghadapi tantangan usaha yang lebih besar lagi.

 

Baca juga : 7 Kesalahan Rencana Bisnis dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Demikian pembahasan ukmsumut mengenai 11+ Alasan Usia Tua Belum Terlambat untuk Memulai Bisnis, semoga bisa menginspirasimu dalam memulai bisnis. Jangan takut untuk memulai, sekalipun di usia mu yang sudah tidak muda lagi. Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis. Jangan lupa share post ini di media sosial kalian, dengan menekan tombol share dibawah ya. Terimakasih.