Ide Berjualan Online Lewat Instagram di Daerah untuk Pemula

Seperti apa peluang bisnis berjualan dengan memanfaatkan media sosial instagram atau IG ? Kamu yang membutuhkan tips bagaimana cara memulai bisnis online di daerah, bisa membaca artikel dari ukmsumut kali ini. Penasaran? Yuk silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Berbisnis via instagram menjadi trend baru saat ini. Ada banyak pemasar yang memasarkan produk nya melalui instagram untuk kemudian melakukan transaksi juga lewat instagram. Cara follow dan follow balik (follback) dalam instagram menjadikan akun yang memiliki followers terbanyak menjadi lebih bagus untuk dijadikan sebagai media promosi dalam hal berbisnis.

Beberapa orang yang memiliki follower banyak contohnya adalah para artis, politikus dan selebgram yang memang memiliki konten yang banyak dicari oleh orang orang. Dengan follower yang banyak instagram bisa di manfaatkan untuk memperoleh penghasilan.

Baca juga : 51 Kata Bijak Bisnis Online yang Memotivasi

Lalu, bagaimana cara yang digunakan untuk mendapatkan uang dari instagram? Ada beberapa cara untuk menadapatkan profit lewat instagram, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Berjualan Produk Sendiri

Menggunakan instagram untuk media tempat berjualan merupakan cara yang paling umum digunakan untuk menghasilkan uang dari media sosial instagram. Apalagi jika produk yang dijual masih berhubungan dengan instagram. Misal kamu sering membuat tutorial cara memakai hijab dan makeup, maka jenis produk paling cocok yang sobat ukmsumut tawarkan merupakan produk kecantikan dan juga yang berhubungan dengan hijab dan kecantikan.

Adapun beberapa produk yang bisa kamu jual antara lain adalah produk kecantikan, pakaian, aksesoris, hobby, mainan anak, perabotan rumah tangga, furniture, barang unik, produk digital, obat herbal dan masih banyak lagi barang atau jasa yang bisa dijual lewat instagram.

 

Marketing Online

Sobat ukmsumut juga bisa melakukan pemasaran lewat instagram. Biasanya si pemilik akun instagram akan membuat video atau gambar yang mengandung iklan promosi produk tertentu, dan mencantumkan link alamat tempat penjual aslinya di bagian caption bawah. Cara ini cukup efektif untuk mengenalkan produk tertentu, terlebih bila produk yang dijual adalah produk online atau banyak dicari oleh masyarakat dunia maya.

Memasarkan produk orang lain dalam akun instagram adalah hal yang lumrah untuk saat ini. Hal yang perlu dijaga adalah loyalitas para followers yang tetap menginginkan konten asli dari si pemilik akun. Jangan sampai akun kebanyakan melakukan promosi produk yang tidak ada hubungannya dengan aktifitas si pemilik akun instagram tersebut.

Baca juga : 12 Jenis Investasi Mahasiswa yang Menguntungkan

 

Sistem Endorsement

Endorse cukup berbeda bila dibandingkan dengan iklan produk. Endorse kebanyakan dilakukan oleh seseorang pemilik bisnis kepada public figur yang sudah terkenal masyarakat luas. Nah disinilah diharapkan para public figur tersebut untuk mempromosikan produk agar para pengikutnya bisa terpengaruh oleh apa yang diperkenalkan oleh si public figur tadi.

Endorse ini biasanya tidak terlalu mempromosikan produk secara frontal, baik secara lisan maupun tulisan. Akan tetapi metode pengenalan produknya adalah melalui penggunaan produk tersebut pada beberapa event atau kesempatan, semisal pada sebuah acara televisi, pameran dan hari hari besar keagamaan.

Postingan endorse bisa berupa video atau gambar yang memang didukung oleh instagram. Besarnya biasaya endorse tentu tidaklah sama, tergantung dari akun public figur yang di target. Semisal jumlah followers, rating, dan kesesuaian umur si public figur tersebut dengan produk yang akan ditawarkan.

 

Dropship dan Reseller

Sistem Dropship dan reseller bisa menjadi tren bisnis yang banyak digandrungi oleh anak muda milenial, termasuk di daerah. Bayangkan ketika sobat ukmsumut tidak memiliki modal sama sekali, tetapi masih bisa berbisnis dengan mengandalkan stok dari distributor. Dan itu menjadi salah satu keuntungan buat pebisnis yang baru memulai yang cenderung tidak memiliki modal yang cukup.

Peluang ini bisa kamu maksimalkan dengan memanfaatkan akun instagram yang berfollower banyak. Kamu bisa mengembangkan di daerah mu, khususnya tempat dimana kamu tinggal yang menjadi pusat perekonomian. Selain bisnis dropship dan reseller terpercaya yang mudah sekali mendaftarnya, kamu juga bisa bergabung dengan banyak jenis market seperti ini.

Baca juga : 20 Bisnis Internet Tanpa Modal dengan Omset Milyaran

 

Kesimpulan

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan penggunaan Istagram, seperti mendaftar pada aplikasi yang mau membayar jika sobat ukmsumut membagikan konten mereka, tapi cara ini tidak bahas karena kurang efektif untuk mendapatkan penghasilan dari intagram dan sistem pembayarannya juga terkadang tidak sesuai hasil yang diharapkan.

Instagram memang menjadi primadona kalangan urban saat ini, termasuk daerah terpencil sekalipun. Peluang bisnis ini bisa kamu tangkap dan jadikan bisnis. Cari beberapa public figur dari daerah yang memiliki followers instagram diatas 20 k (real human) untuk dijadikan sasaran media promosi kamu. Sesuaikan juga budget kamu.

Demikian lah artikel mengenai tips berjualan melalui instagram kali ini, semoga bisa membantu sobat ukmsumut sekalian dalam mendapatkan penghasilan lewat instagram dan media sosial lainnya. Karena berbisnis online begitu menggoda, maka kamu harus mencobanya juga. Jangan lupa untuk berkomentar di kolom komentar di bawah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.