langkah awal memulai usaha
langkah awal memulai usaha

Tips Langkah Awal Memulai Bisnis dengan 5 Kekuatan Dasar yang Sederhana

Memulai usaha sendiri memang membutuhkan effort yang luar biasa. Tidak pelak usaha yang sederhana tanpa modal saja bisa membuat pemula menyerah. Baik itu membuka bisnis sendiri atau membentuk tim sama sama membutuhkan yang namanya kekuatan dasar agar dapat menciptakan bisnis yang kokoh dan tahan lama. Seperti apa 5 kekutan dasar tersebut? Secara sederhana akan admin paparkan dibawah ini.

Pada kesempatan kali ini, ini ukmsumut akan membahas 5 kekuatan yang akan membuat bisnis anda menjadi powerfull. Kekuatan bisnis ditentukan oleh seberapa besar orang yang merasakan manfaat dari bisnis anda. Anda bisa melihat, perusahaan-perusahaan yang hebat adalah perusahaan yang besar dan mereka besar karena berupaya untuk memberikan manfaat terbesar bagi konsumennya.

Kita bisa mengambil contoh perusahaan startup seperti Grab, Gojek dan Traveloka atau erusahaan-perusahaan seperti alibaba.  Alibaba sukses luar biasa meskipun dibangun dengan susah payah. Tetapi perusahaan besutan Jack Ma ini menjadi luar biasa karena banyak orang yang merasakan manfaat dari bisnis nya.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Anak Muda Milenial yang Prospektif di Tahun Ini

Bisnis lain seperti amazon, amazon memiliki bisnis yang sukses karena ada banyak orang merasakan manfaat dari bisnis yang awalnya hanya jualan buku. Jadi kekuatan apa yang bisa anda bangun? Ada beberapa langkah untuk merumuskannya.

 

Kekuatan 1 : Manfaat dan Solusi Bisnis

Kekuatan yang pertama adalah anda harus menguatkan niat untuk menyalurkan manfaat. Ada banyak cara untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Banyak cara untuk membuat market anda mengerti bahwa bisnis anda memberikan manfaat kuat, mulai dari memberikan bonus, memberikan free, CSR dan sebagainya.

Selain manfaat,  yang dibutuhkan masyarakat saat ini  terhadap bisnis adalah untuk memberikan solusi. Tetapi orang yang belum mengenali bisnis anda bisa merasakan manfaat sebelum mereka menikmati produk anda atau sebelum memberi produk anda.

 

Kekuatan 2 : Kejujuran

Kekuatan yang kedua adalah kejujuran. Bisnis yang bisa menyampaikan apa adanya dengan jujur akan membuat yang menjual lebih tenang. Yang menjual lebih lega tidak ada perasaan curiga saat bertransaksi.  Anda harus menyampaikan apapun yang anda tawarkan. Ini akan membuat orang yang membeli tidak merasa dibohongi

Jadi bisnis yang hebat adalah bisnis-bisnis yang berani menyampaikan apa adanya. Di zaman sekarang kita tidak bisa membohongi customer karena kalau hari ini customer bisa di bohongi, besok bisa ketahuan. Seperti misalnya di sesi coaching atau misalnya ada orang yang ingin menjadi client anda, anda harus mengatakan apa adanya kalau anda bisa membantu sampaikan anda bisa membantu dan kalau tidak ya tidak.

 

Kekuatan 3 : Komitmen dan Konsistensi

Kekuatan ketiga adalah komitmen. Komitmen itu meskipun tidak mudah, tetap harus dilakukan. Seperti misalnya meskipun bukan tanggung jawab kita hari itu, meskipun sulit luar biasa, kita tetap akan menjadi kekuatan hebat untuk membuat orang-orang yang bekerja dari bisnis anda akan setia.

Baca juga : 20 Ide Usaha Bisnis Paling Unik, Gila dan Beda Namun Prospektif di tahun Ini

Sehingga komitmen ini akan menyebar ke banyak orang di luar sana yang akan mendengar,  seperti ini “kalau anda ingin berbisnis, bisnis lah dengan si A, si B, si C karena komitmen nya luar biasa!” Seperti itu kira kira. Jadi komitmen akan menyebar luas sama seperti kejujuran dan kinerja.

 

Kekuatan 4 : Pelayanan atau Service

Kekuatan yang keempat pelayanan. Semakin banyak orang yang merasa dilayani maka semakin besar pelayanan anda pada bisnis.  Seorang leader yang melayani atau leader yang ingin dilayani. Jadi yang lebih powerful adalah leader yang melayani akan membuat karyawan-karyawannya menjadi nyaman dan meningkat kinerjanya karena merasa dihargai.

Perusahaan yang fokus melayani dengan hati akan menjadi perusahaan yang kuat, perusahaan yang sehat dan perusahaan yang mampu bertahan.  Kekuatan melayani menjadi luar biasa kalau datang dari hati, so yang keempat kekuatan hebat untuk membuat bisnis anda hebat adalah dengan melayani.

 

Kekuatan 5 : Rasa Syukur

Kekuatan yang kelima bersyukur. Anda memerlukan rasa syukur dalam setiap kegiatan bisnis anda. Selalu hadir dan mengungkapkan  rasa syukur setiap pagi , apa yang mereka syukuri pada hari ini adalah kesempatan dan kehidupan yang lebih baik yang Tuhan berikan.

Anda bisa berdoa setiap pagi untuk semua costumer dan client anda. Anda bersyukur hari ini juga dengan menyampaikan komentar positif. Untuk membuat team benar-benar bersyukur dengan apa yang mereka dapatkan.
Apapun yang mereka lakukan dan apapun hasilnya nanti,  harus bisa all out, dan pada akhirnya bersyukur.

Baca juga : Lowongan Kerja Malam Hari yang Prospektif di tahun Ini

Intinya menang bisa di syukuri, begitu juga dengan kegagalan. Akan selalu ada hikmah yang bisa diambil dari setiap hasil bisnis hari ini. Dengan demikian, tim pada bisnis anda akan serius menjalankan tugas mereka dan mereka benar-benar bekerja dan melayani customer dengan tulus dan maksimal.

Nah demikian adalah 5 point yang membuat bisnis anda benar-benar memiliki the real power, bukan hanya sekedar memiliki omset akan tetapi memiliki energi yang kuat untuk membuat bisnis tersebut terus berkembang dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Jangan lupa share artikel ukmsumut ini untuk menginspirasi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.