Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Manfaat dan Tujuannya bagi UMKM

Apa yang dimaksud dengan studi kelayakan bisnis? Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan analisis unsur dan elemen dalam bisnis baik dalam segi ekonomi, hukum, sosial budaya, marketing, sampai kepada manajemen keuangan, produksi, sumber daya manusia, strategis dan elemen lain yang menjadi pendukung berkembangnya bisnis.

Pada kesempatan kali ini UKM Sumut akan membahas mengenai definisi studi kelayakan bisnis, apa saja manfaat dan tujuan pembuatan studi kelayakan bisnis terhadap usaha kecil menengah di Indonesia.

Peran studi kelayakan bisnis sangat penting dalam perkembangan suatu usaha, baik dalam skala mikro maupun skala makro.

Berbagai pendapat mengenai definisi studi kelayakan bisnis, yang paling terkenal adalah pendapat dari Kasmir dan Jakfar, yang menyatakan bahwa studi kelayakan bisnis adalah aktivitas yang membahas mengenai sarana mendalam tentang kegiatan yang akan dijalankan, untuk mencari tahu apakah usaha tersebut layak atau tidak untuk dilanjutkan.

Baca juga : Contoh dan Cara Pembuatan Business Plan Sederhana untuk Bisnis

studi kelayakan bisnis

Seperti yang kita ketahui setiap bisnis tentunya memiliki fokus terhadap keuntungan, adanya studi kelayakan bisnis ini nantinya para pelaku ekonomi akan mengetahui apakah bisnis yang akan dijalankan memang layak atau tidak dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Banyak para pengusaha terutama pelaku usaha kecil menengah dan mikro atau UMKM yang menyepelekan tentang akhir studi kelayakan bisnis ini. Mereka cenderung memulai bisnis berdasarkan permintaan pasar dengan pangsa pasar yang sempit, sehingga tidak jarang membuat bisnis UMKM gagal di tengah jalan.

 

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Seperti apa manfaat dari penggunaan studi kelayakan bisnis untuk kepentingan pelaku usaha kecil menengah? Berikut ini beberapa kegunaan yang bisa didapatkan diantaranya

Aspek sosial

Studi kelayakan bisnis sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar area bisnis, seperti misalnya industri kelapa sawit yang sudah mendapatkan hasil layak, dari studi kelayakan bisnis, dapat membantu para masyarakat di sekitar kebun untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan tambahan

Aspek ekonomi dan keuangan

Dari aspek ekonomi dan finansial tentu saja bisnis yang sedang berjalan dan dinilai layak dari studi kelayakan bisnis akan memberikan manfaat terhadap ekonomi makro negara, Begitu juga dengan kegiatan bisnis UMKM yang bermanfaat untuk perekonomian mikro di masyarakat.

Berdasarkan keputusan dan hasil analisis dari studi kelayakan bisnis akan memberikan keuntungan terhadap pelaku bisnis, karena bisnis yang dikelolanya dinilai layak dan menguntungkan dalam jangka panjang.

 

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Setelah mengetahui pengertian mengenai studi kelayakan bisnis, ada baiknya kita membahas mengenai tujuan pembuatan studi kelayakan bisnis ini seperti apa. Adapun beberapa tujuan dari studi kelayakan bisnis adalah :

Meminimalisir resiko kerugian

Dalam bisnis tentunya sangat wajar untuk menghadapi resiko kerugian di kemudian hari. Namun dengan adanya studi kelayakan bisnis ini, kita bisa mengenali dan mengetahui segala bentuk kemungkinan yang akan terjadi terhadap bisnis yang kita tekuni saat ini.

Baca juga : Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Tanpa Harus Menjatuhkan Kompetitor

Studi kelayakan bisnis juga dapat membantu dalam hal penyusunan strategi perencanaan bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang demi mengembangkan kondisi dari prediksi kekuatan bisnis tersebut di kemudian hari.

Membantu penyusunan rencana bisnis

Ketika hendak memulai bisnis, tentunya sebagai pelaku usaha yang profesional Kita akan menyusun suatu rencana bisnis atau business plan yang matang, terlebih dahulu bukan? Dengan adanya studi kelayakan bisnis ini akan memungkinkan kita menyusun perencanaan penting seperti besaran modal, marketing, waktu pelaksanaan, lokasi bisnis dan sebagainya

Meningkatkan pengawasan dan pengendalian

hasil dari studi kelayakan bisnis dapat diterapkan untuk meningkatkan pengawasan. Ini juga bisa mengendalikan kegiatan bisnis yang mengalami Penyimpangan atau kesalahan, sehingga bisa dikendalikan dan dikembalikan seperti semula.

Melancarkan proses implementasi

Ketika Seorang pebisnis menyusun rencana bisnis, kemudian melakukan studi kelayakan bisnis maka akan dengan mudah untuk mengimplementasikan rencana bisnisnya terhadap pengembangan bisnis kedepan, karena sudah mengetahui gambaran mengenai kelayakan bisnis tersebut.

Baca juga : Perbedaan Aset, Omset, Income, Revenue dan Profit dalam Bisnis UMKM

Apakah pemaparan materi mengenai studi kelayakan bisnis di atas dapat membantu kami dalam merintis bisnis di era teknologi seperti sekarang ini? Semoga saja dapat membantu dan memberikan referensi bagi kalian. Jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah dan bagikan tautan ini di Facebook atau Twitter kalian, Terima kasih sudah berkunjung di UKM Sumut