peluang bisnis lontong medan
peluang bisnis lontong medan

Bisnis jualan lontong medan semakin menggiurkan

Diposting pada

Usaha Lontong Medan – Kuliner di sumatera utara memang tidak ada matinya. Daerah yang terkenal dengan suku batak dan kain ulos-nya ini menjadi salah satu surga kuliner di pulau sumatera. Dan salah satu yang paling terkenal untuk sarapan paginya adalah lontong medan. Bagi anda yang ingin segera membuka usaha jualan lontong maka pilihan lontong khas medan adalah pilihan yang tepat. Simak analisis dan tips bisnisnya dibawah ini.

Seperti kebanyakan bisnis kuliner sarapan pagi lainnya, bisnis lontong medan ini merupakan salah satu yang banyak digemari oleh masyarakat, bahkan diluar daerah medan sekalipun. Karena banyaknya orang yang tidak sempat untuk sarapan pagi, maka jualan lontong medan bisa menjadi pilihan yang cukup prospektif

Lontong sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia, bahkan disukai semua segmen konsumen. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Bagi anda yang ingin mendapatkan pendapatan dari bisnis ini, maka jualan lontong medan ketika pagi hari sangat cocok untuk anda jalankan karena hanya memerlukan modal yang relatif kecil.

Lihat juga : Coba bisnis jualan Dimsum di Medan

Beberapa hal yang harus anda persiapkan ketika menjalankan usaha lontong medan ini adalah menyiapkan modal, lokasi, cara menjalankan hingga promosi. Beberapa hal tersebut memang sangat cocok untuk anda jalankan apalagi modal yang harus dikeluarkan tidaklah banyak. Dengan modal 1-2 juta rupiah saja anda bisa langsung menjalankan usaha ini. Jika anda tak percaya, maka anda dapat membuktikannya sekarang juga.

 

Tips memulai usaha jualan lontong medan

Memulai bisnis termasuk jualan lontong medan tidak bisa serta merta dilakukan tanpa melakukan riset pasar dan konsumen. Selain itu persiapan teknis dan manejemen harus dipersiapkan demi mendapatkan usaha yang matang dan jauh dari kata gagal.

 

1. Persiapkan tempat atau lokasi jualan yang strategis

Lontong medan mempunyai konsumen yang tidak terbatas usia, hampir semua usia dapat menikmati makanan ini dan rata-rata pada pagi hari karena banyak konsumen yang tidak sempat menyiapkan sarapan. Oleh karena itu carilah tempat yang ramai di lalui oleh orang seperti di pinggir jalan atau dekat komplek padat penduduk.

Anda bisa memanfaatkan halaman rumah yang bisa digunakan untuk membuka usaha ini. Selain itu jangan lupa juga untuk mempersiapkan barang barang teknis seperti piring, gelas, meja, kursi dan plastik pembungkus. Bahan baku yang murah namun tidak murahan akan memangkas modal dan bisa menekan harga yang tentunya akan meningkatkan omset penjualan nantinya.

 

2. Persiapkan bahan baku lontong yang berkualitas

Kemudian siapkan bahan baku seperti lontong, mie, santan, bahan bumbu dan lainnya. Carilah bahan baku yang berkualitas namun dengan harga yang lebih murah. Hal ini untuk memberikan harga lontong medan yang murah dan bisa bersaing dengan penjual lain.

Tidak hanya murah saja, lontong medan yang anda jual harus memiliki ke khas an tersendiri agar nantinya para konsumen kembali lagi membeli. Biasanya rasa yang unik, atau adanya tambahan bahan yang membuat lontong sayur anda nikmat dan disukai banyak orang seperti menyediakan tambahan acar, emping atau sambal yang bisa diambil secara gratis

 

3. Perhatikan promosi, offline dan online

Selain membangun promosi secara offline seperti membuat tulisan pada papan atau spanduk di depan tempat usaha juga memberikan potongan harga atau diskon pada saat awal pembukaan bisa juga menjadi sarana promosi. Anda juga harus menyasar segmen kaum milenial melalui pemasaran secara online.

Tidak ada salahnya penjual lontong medan membuka akun di media sosial dan memasarkan produk miliknya di Instagram, Facebook, Twitter dan aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Line. Hal ini tentunya akan meningkatkan jangkauan bisnis anda sehingga orang akan lebih tertarik dan menilai positif terhadap lontong medan yang anda jual tersebut.

 

4. Perhatikan kualitas pelayanan untuk konsumen

Tunjukkan penampilan penjual lontong medan kepada semua orang bahwa produk lokal tidak kalah dengan produk asing. Dengan pelayanan dan kebersihan yang berkualitas, berikanlah pelayanan kepada konsumen senyaman mungkin. Untuk tempat tidak perlu terlalu mewah sederhana saja namun tetap terlihat bersih dan nyaman.

Karyawan yang ramah dan bersih juga bisa mengundang minat positif pembeli pertama untuk membeli lagi kepada lontong medan milik anda. Bila anda juga memiliki omset penjualan yang tinggi di pagi hari, tidak ada salahnya memperkerjakan karyawan untuk memimalisir terjadinya antrian yang bisa mengurangi kenyamanan pelanggan anda nantina.

 

Baca juga : Mencoba bisnis jualan Nugget Pisang di Medan

Demikianlah pembahasan seputar peluang bisnis jualan lontong medan semakin menggiurkan kali ini, bagi anda yang tertarik memulai bisnis ini, ayo segera berjualan dan terapkan tips diatas agar bisnis kuliner anda bisa memiliki omset yang tinggi dan menguntungkan.