bisnis properti medan
bisnis properti medan

Memulai bisnis properti di medan sebagai investasi prospektif

Diposting pada

Bisnis Properti Medan – Apa sih bisnis properti itu? Apa saja contoh bisnis properti yang bisa anda coba di salah satu kota terbesar yang ada di sumatera ini? Dan bagaimana strategi bisnsi properti yang baik dan benar serta mendatangkan protif yang maksimal. Maka dari itu kali ini ukmsumut akan membahas mengenai salah satu peluang investasi yang paling menguntungkan sepanjang sejarah, yaitu bisnis properti di kota medan.

Bisnis properti memang bukanlah tanpa modal dan tanpa hutang. Adapun pengertian bisnis properti adalah jenis bisnis yang menyangkut segala jenis barang real property (tanah), kekayaan pribadi (personal property) (kepemilikan barang secara fisik lainnya) dan kekayaan intelektual.

Keuntungan bisnis properti memang cukup menggiurkan. Nilai asetnya yang semakin lama semakin naik, menjadikan properti sebagai instrumen investasi yang selalu menguntungkan dari tahun ke tahun. Akan tetapi bisnis ini juga memiliki beberapa kelemahan yaitu likuiditas yang rendah serta memerlukan modal yang relatif lebih besar dibanding bisnis lainnya.

Lihat juga : Situs Penyedia Lowongan Kerja di Medan yang Update Setiap Hari

Bisnis properti sendiri bisa dilakukan dengan 2 sistem yaitu sistem sewa atau dengan sistem pembelian. Kalau sistem sewa seperti anda membangun terlebih dahulu properti seperti ruko atau rumah dan menyewakannya secara berkala. Kalau sistem pembelian seperti bisnis perumahan atau ruko yang langsung dijual.

 

Tips memilih bisnis properti kecil kecilan

Memilih bisnis properti bukanlah tanpa resiko, karena masing masing bisnis memiliki resiko dan keuntungannya masing masing. Tergantung dari anda sendiri, apakah benar benar fokus menekuni bisnis ini atau tidak. Dan kali ini, sebelum memutuskan memulai bisnis properti di medan, ada baiknya memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

 

1. Tentukan jenis bisnis properti seperti apa yang akan anda geluti

Ada banyak jenis bisnis properti yang bisa anda tekuni. Silahkan pelajari terlebih dahulu potensi yang ada di daerah anda. Seperti lokasi dan lahan yang mendukung serta pola perilaku masyarakat disekitar tersebut. Lakukan juga riset AMDAL bila memang properti yang akan dibangun cukup besar dan mengharuskan untuk mengurus hal tersebut. Adapun beberapa jenis bisnis properti yang anda bisa coba adalah sebagai berikut :

  • Rumah Kontrakan
  • Rumah Kos kosan
  • Rumah dan Toko (Ruko)
  • Perumahan Subsidi

 

2. Bekerjasama dengan ahli dan investor

Modal menjadi salah satu kendala untuk memulai bisnis properti. Anda bisa bekerjasama dengan para investor untuk menanamkan modal nya dalam investasi properti. Tentunya anda juga harus bekerjsama dengan ahli yang lain seperti harus berupaya mencari kontraktor dan ahli arsitek untuk melakukan kerjasama pembangunan properti tersebut.

 

3. Carilah marketing properti yang handal

Bisnis properti merupakan ladang investasi untuk para pebisnis. Banyak pebisnis yang menyimpan uang dan kekayaan dalam bentuk investasi bisnis properti ini. Untuk bisa mendukung penjualan properti seperti rumah atau ruko, maka anda juga butuh jasa marketing propert freelance.

Artinya penjualan akan semakin kuat apabila didukung oleh tenaga marketing yang handal. Nantinya sistem pembagian hasil adalah berdasarkan angka penjualan properti yang ditambahkan dengan gaji pokok seperti uang minyak dan makan. Akan tetapi bila anda masih kecil kecilan, maka ini terbilang tidak efektif. Lakukan tips selajutnya bila ingin penjualan properti meningkat.

 

4. Pasarkan properti melalui offline dan online

Memasarkan properti adalah suatu kewajiban, supaya orang orang bisa tahu dan tertarik untuk membelinya. Maka ada 2 opsi cara pemasaran yang bisa anda ambil yaitu melalii offline dan online. Bila pengunjungnya sudah banyak maka anda bisa membuat website properti khusus untuk penjualan properti.

Anda juga bisa menawarkan pemasangan iklan pada seorang yang ingin menjual tanahnya atau bangunannya. Tentunya bila memang ingin membuat website untuk properti maka anda harus mengerti dulu mengenai dunia properti. Tidak lupa juga mengerti mengenai tata cara membuat artikel marketing yang khusus membahas penjualan dan pembelian properti yang nantinya diarahkan pada properti yang sedang anda bahas.

 

5. Tingkatkan kualitas dengan menghadirkan sesuatu yang berbeda

Bisnis properti juga harus memperhatikan kualitas layanan agar konsumen puas dan merekomendasikan properti anda kepada rekan rekannya. Anda harus mampu membangun brand properti yang profesional. Tunjukkan bahwa bisnis properti anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki perusahaan properti lainnya.

Agar dapat bertahan di tengah ketatnya bisnis properti yang semakin ramai, anda harus mampu mempertahankan kualitas produk dan pelayanan secara maksimal. Pastikan bisnis properti yang anda punya sudah memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan oleh konsumen

 

Baca lainnya : Peluang Bisnis Kain Ulos khas Batak di Medan

Sekian pembahasan bisnis seputar properti di medan sebagai investasi yang prospektif kali ini. Semoga anda yang memiliki modal cukup bisa segera memulai bisnis ini. Jadikan properti anda sebagai aset investasi yang menguntungkan. Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial milik anda supaya teman yang lain juga ikut membaca dan menambah pengetahuan mereka.