bisnis jeruk lemon medan
bisnis jeruk lemon medan

Bisnis Jual Beli Jeruk Lemon di Medan

Diposting pada

Bisnis Jeruk Lemon Medan – Ada banyak jenis dan varietas buah produk hasil agribisnis ini seperti jeruk mandarin, jeruk ponkam, jeruk berastagi, lemon, jeruk medan super dan lainnya yang bisa anda pilih untuk dijadikan komoditas penjualan di tempat tempat strategis.

Usaha jual beli jeruk di kota besar seperti Medan bukan tidak mungkin memberikan penghasilan tinggi apabila di tangani dan fokus melakukan upaya pengembangan bisnis hingga sampai pengiriman ke berbagai daerah bahkan ekspor ke luar negeri.

Namun salah satu yang menjadi kendala adalah harga jeruk yang sering fluktuatif karena bergantung dari pasokan yang diproduksi oleh petani. Apabila musimnya, maka harga jeruk ini akan merosot sehingga banyak yang menjual murah dengan sistem borongan.

Baca juga : Bisnis dan Usaha Jus Buah Medan

Buah jeruk selain nikmat, terkenal sebagai buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Itulah mengapa, banyak orang yang kekurangan vitamin C menjadikan buah jeruk sebagai konsumsi utama mereka. Selain itu juga dibuat untuk olahan berbagai makanan yang tak kalah nikmatnya.

 

Tips memulai usaha jual beli jeruk di medan dan daerah sekitar sumatera utara

Bila anda tertarik untuk terjun kedalam bisnis jeruk dari industri hulu nya langsung, maka budidaya buah jeruk adalah pilihan yang cukup menggiurkan. Budidaya varietas ini tidaklah sulit, kita hanya perlu melakukan langkah-langkah besar di awal. Selanjutnya, kita hanya perlu melakukan perawatan tambahan, supaya buah jeruk dapat tumbuh dan menghasilkan secara berlimpah.

Namun disini kita akan fokus pada jenis bisnis jual beli jeruk saja, artinya kita mengesampingkan faktor teknis mengenai budidaya jeruk dan akan membahas dan menganalisa prospek penjualan jeruk pada industri pemasaran dan hilirnya.

 

1. Tentukan fokus bisnis anda

Sebelum melanjut ke tips bisnis mengenai jeruk ini, ada baiknya anda memilih terlebih dahulu membudidayakan jeruk secara agribisnis atau hanya fokus pada rantai penjualan nya saja. Budidaya jeruk nipis ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat.

Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya jeruk nipis ini dapat Anda jalankan dengan mudah. Begitu juga dengan bisnis jualan jeruk yang membutuhkan jaringan pemasaran yang luas agar jeruk yang anda beli dari petani bisa segera dioper ke konsumen langsung.

 

2. Target konsumen

Konsumen jeruk dan lemon ini memang tidaklah sulit, karena banyak pasar yang mau menyerapnya. Konsumen jeruk dan lemon cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner dan industri makanan.

 

3. Modal bisnis harus dipersiapkan

Dalam bisnis jeruk dan lemon ini tentunya memerlukan banyak peralatan dan modal seperti sewa lahan, golok dan sabit, keranjang panen jeruk, timbangan, pengadaan bibit jeruk dan lemon unggul, cangkul, gerobak dorong, pompa air, hand sprayer, timba, selang air dan gunting. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis jeruk dan lemon anda akan semakin maksimal. Selain modal teknis tersebut, anda harus memiliki tempat yang strategis, untuk menunjang penjualan nantinya.

 

4. Pemasaran jeruk secara online dan offline

Dalam membudidayakan dan menjual komoditi agribsinis ini, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya secara offline seperti melalui jaringan pasar tradisional, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkan jeruk dan lemon langsung ke swalayan atau supermarket.

Selain itu, perkembangan teknologi informasi bisa anda manfaatkan dengan memasarkan dan memperkenalkan produk anda melalui media sosial, aplikasi chatting dan toko online. dengan demikian diharapkan jangkauan pemasaran anda akan semakin luas.

 

5. Keuntungan dan kerugian bisnis jeruk dan lemon

Seperti pada bisnis lainnya, bisnis ini juga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing, seperti keuntungannya yaitu jenis agribisnis ini paling banyak digemari masyarakat terutama mereka yang paham betul akan pentingnya kesehatan. Tren konsumsi buah jeruk juga dinilai sangat akrab dengan kebiasaan masyarakat kota medan dan sumatera utara.

Adapun kekurangan bisnis budidaya jeruk nipis ini adalah dari segi tingkat persaingan yang relatif lebih tinggi dan ketat. Selain itu produk dari pertanian biasanya lebih mudah busuk dan tidak tahan lama apabila disimpan berhari hari. Oleh karena itu anda harus bisa menjual jeruk dan lemon dalam waktu yang sesingkat siangkatnya tanpa mengorbankan harga.

 

Kesimpulan

Memiliki bisnis dan mengelola kebun jeruk dan lemon di medan memnag bisa dikatakan sebagai passive income yang cukup prospektif. Mengapa tidak, jeruk akan terus berbuah secara berkesinambungan, dan juga tingginya konsumsi buah tersebut menjadikan bisnis ini tidak pernah padam.

 

Baca juga : Peluang Bisnis Kemiri di Medan

Demikianlah pembahasan mengenai Bisnis Jual Beli Jeruk Lemon di Medan kali ini, semoga anda bisa menjadi salah satu pengusaha jeruk sukses di ibukota sumatera utara ini. Jangan lupa membagikan tulisan bisnis ini ke beranda facebook untuk berbagi manfaat bagi orang lain juga.