bisnis dropship reseller medan
bisnis dropship reseller medan

Peluang Bisnis Dropship dan Reseller di Medan

Diposting pada

Bisnis Dropship Reseller Medan – Dropship dan reseller merupakan tren bisnis yang banyak digandrungi oleh anak muda milenial. Bayangkan ketika anda tidak punya modal sama sekali, tetapi masih bisa berbisnis dengan mengandalkan stok dari distributor anda. Dan itu menjadi salah satu keuntungan buat pebisnis yang baru memulai yang cenderung tidak memiliki modal yang cukup.

Peluang ini bisa anda tangkap dan kembangkan di daerah sumatera utara, khususnya kota Medan yang menjadi pusat perekonomian tanah batak ini.  Selain bisnis dropship dan reseller terpercaya yang mudah sekali mendaftarnya, anda bisa bergabung dengan banyak jenis market seperti ini.

Baca lainnya : Peluang usaha franchise  dan waralaba di Medan

Seperti misalnya bila anda suka fashion, anda bisa bergabung bisnis online fashion di medan. Atau dibidang kuliner, otomotif, olahraga, musik dan bidang lain yang anda rasa prospektif dan menghasilkan income lumayan tinggi.

 

Tips Memulai Bisnis Dropship dan Reseller di Medan

Bisnis Dropship dan Reseller menjadi pilihan masyarakat dikarenakan memiliki kecepatan yang tinggi, karena dalam bisnis ini dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dan anda dapat langsung memulai jualan, asalkan telah mendapat produk yang akan dijual, serta selalu update atas jumlah persediaan barang dari pemasok dropship.

 

Tentukan jenis produk yang akan anda jual

Cari produk yang anda minati yang sesuai dengan hobi atau passion. Dengan demikian, anda akan lebih mengetahui mengenai product knowledge barang-barang yang akan Anda pasarkan seperti terbuat dari apa, kualitas seperti apa, dan jenis konsumen mana yang kiranya akan membutuhkannya. Hal ini penting untuk kedepannya, jangan sampai anda bosan berjualan produk yang sebenarnya tidak anda sukai.

 

Cari supplier yang berkomitmen dan bisa dipercaya

Memilih supplier atau penyedia barang yang nantinya akan bekerjasama dalam waktu lama adalah kewajiban. Pilihlah pemasok yang memiliki produk berkualitas karena dengan model bisnis ini, selain itu konsistensi ketersediaan barang menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan.

Tingkat responsif pemasok dalam menjawab pertanyaan, atau menyampaikan update data stok produknya kepada penjual merupakan poin penting. Karena penjual juga secara cepat harus menginformasikan kembali produk tersebut kepada konsumen atau calon pelanggannya.

Terdapat supplier yang tidak mengikat dropshiper atau reseller dengan perjanjian formal. Oleh karena itu ada baiknya jika anda memiliki perjanjian hitam diatas kertas dengan pihak pemasok agar mengikat kedua belah pihak dalam suatu aturan khusus, sehingga masing-masing akan saling bertanggung jawab sesuai dengan kesepakatan yang sudah ada.

 

Mulailah memasarkan barang melalui internet

Salah satu media yang paling prospektif untuk dimanfaatkan adalah media sosial dan aplikasi chatting. Oleh karena itu memiliki teman dan follower yang banyak adalah modal pendukung yang menjadikan cakupan marketing anda menjadi lebih luas.

Tidak ada salahnya juga untuk membuat toko online sendiri, bila anda sudah memiliki modal. Hal ini untuk meningkatkan cakupan pemasaran sekaligus untuk meningkatkan profesionalitas bisnis anda. Masuk juga ke lapak lapak marketplace nasional untuk melakukan diversifikasi pemasaran.

 

Diversifikasi produk adalah hal penting

Jangan terpaku pada satu jenis produk atau barang saja. Karena satu jenis produk sangat rentan mengalami penjualan lesu yang berakibat macetnya penjualanmu. Oleh karena itu lakukan peng-anekaragaman barang seperti misalnya kamu fokus pada pakaian, maka tidak ada salahnya menjual kaos, kemeja, daster, batik, piyama, dan jenis pakaian lainnya yang memang banyak di cari oleh konsumenmu.

Namun perlu diperhatikan adalah untuk bisnis yang masih berskala kecil menengah, wajib untuk fokus dalam satu atau dua jenis segmentasi pasar saja. Ini supaya brand awareness bisnis anda dimata pelanggan lebih maksimal. Selain itu, dari faktor kompetitor juga berpengaruh. Ingat juga bahwa semakin banyak aneka produk yang anda jual, maka akan memiliki lebih banyak kompetitor. Artinya akan sulit untuk bisnis anda nanti bisa memenangkan persaingan pasar di semua segmen.

 

Konsisten dan pilih barang yang tahan banting

Terakhir adalah supaya brand anda nantinya bisa bertahan lama, maka produk yang dijual juga harus tahan banting dalam artian menghindari menjual produk yang sifatnya sementara, sesuai trend, dan seasonal. Seperti misalnya batu akik, gelang keseimbangan, ornamen lebaran dan lainnya. Pilih barang yang memang diperlukan orang banyak secara konsisten. Dan konsistenlah menjual produk. Ini akan menjadi salah satu pertimbangan kualitas di mata konsumne nantinya.

 

Baca juga : Bisnis dan usaha sampingan anak kuliah di Medan

Bagaimana, sudah menentukan jenis bisnis seperti apa yang akan anda mulai? jangan pikir panjang lagi, karena bisnis yang terbaik adalah bisnis yang dikerjakan tanpa di tunda-tunda. Semangat terus menjadi enterprenur muda ya!