Bisnis Boneka Modern Busana Adat di Medan Sumatera Utara

Diposting pada

Bisnis Medan Sumut – Anda pasti sering menemukan beberapa penjaja boneka di pinggir jalan, dan memikirkan bahwa omset mereka pasti pas pasan, atau bahkan sangat kecil karena target pasarnya hanyalah anak anak saja? Anda sepertinya sudah ketinggalan zaman. Karena sekarang sudah banyak boneka modern yang digemari tidak hanya oleh anak anak, tetapi juga oleh orang dewasa, bisa juga dijadikan sebagai oleh oleh atau cindera mata pada saat event tertentu. Lalu bagaimana dengan membuat usaha bingkisan boneka berbusana pakaian adat? sepertinya menarik dan patut untuk anda coba di kota medan atau daerah lain di sumatera utara. Simak pembahasannya dibawah ini.

Inspirasinya datang dari seorang pengusaha muda yang pada awalnya tahun 2008 sudah membuat usaha souvernir di salah satu mal. Souvenirnya macam-macam, waktu itu membuat beberapa boneka tokoh lokal dari masing masing daerah di Indonesia. Busana boneka tersebut terbuat dari kain perca, sedangkan bonekanya berbahan karet yang dia dapatkan dari produsen yang sudah bekerja sama dengannya.

Untuk modal awal, hanya merogoh kocek sebesar Rp 500.000 dan kini usaha ini apabila dijalankan dengan serius dan kompeten, akan mampu meraup omzet hingga Rp 15 juta/bulan. Fantastis bukan?  Di balik usaha ini, sebenarnya juga bisa memiliki misi yang mulia yakni dimana agar anak-anak Indonesia mampu mengenal dan mencintai pakaian adat Indonesia. Sehingga anak-anak tidak hanya mengenal boneka dari luar negeri seperti barbie dengan harga yang lumayan mahal juga.

Baca juga : Bisnis Milenial Yang Menjanjikan yang ada di Medan Sumatera Utara

Skala produksi nya memang hanya bersifat rumahan, tetapi untuk penjualan dan pemesanan produknya biasa menerima dari berbagai kota hingga luar negeri.  Misalnya untuk dibawa ke luar negeri sebagai cindera mata disaat program pertukaran pelajar atau acara kedutaan besar di negara sahabat.

Langkah awal untuk memulai bisnis jualan boneka custom di medan, sumut

bisnis jualan boneka custom

Langkah 1 :

Perhatikan target pasar anda. Bila perlu lakukan riset pasar, tentang trend boneka yang lagi disukai oleh kalangan anak muda, terutama pelajar dan mahasiswa di medan dan sumut. Hitung modal awal yang diperlukan, biaya produksi dan harga jual.

Langkah 2 :

Tentukan skala dan pola bisnis anda. Bila modal kecil, anda cukup memproduksi boneka dalam skala rumah tangga, membuat beberapa boneka sebagai sampel yang akan diperkenalkan kemudian kepada calon pembeli anda. Bila anda memiliki modal yang cukup, anda bisa memperkerjakan beberapa karyawan yang ahli untuk memberikan produktifitas yang cukup dalam menciptakan boneka pakaian adat ini.

Langkah 3 :

Lakukan promosi seperti pada bisnis online, baik di media sosial, website, toko online, market place, aplikasi chatting dan metode lain yang bisa mengembangkan brand dan produk anda. Bila sudah mulai ada orang yang mengenal, jangan lupa minta mereka memberikan testimoni

Langkah 4 :

Manfaatkan event event tertentu, seperti wisuda akbar universitas, perayaan ulang tahun daerah, bazaar, car free day dan kesempatan lain yang menyempatkan anda berada di tengah kerumunan orang. Bila produk anda unik dan menarik, akan ada banyak orang yang membeli dan menjadi pelanggan anda.

Langkah 5 : 

Perhatikan kompetitor anda. Bila anda bukan satu-satunya yang memiliki bisnis boneka baju adat ini, anda bisa memberikan beberapa kelebihan pada produk anda, seperti packing yang menarik, harga diskon, pelayanan yang memuaskan, serta ongkos delivery gratis yang bisa disesuaikan dengan berat dan jarak kirim.

Sementara untuk ke depannya, kini anda bisa mengembangkan bingkisan boneka dengan busana khas negara-negara tertentu.  Ada banyak permintaan yang meminta pakaian tradisional dari luar negeri untuk dijual di pasar lokal, bila memang untuk pakaian lokal sudah dibuat seluruhnya.

Baca juga : Peluang Bisnis Investasi Logam Mulia Emas di Medan

Sebagai informasi, anda bisa menjual bingkisan boneka ini dengan kisaran harga yang lumayan bervariasi dimulai dari 65.000 hingga 95.000 rupiah (sesuai perhitungan modal awal dan biaya produksi) Anda bisa membuka toko online, grup sosial media, aplikasi chatting dan market place untuk memasarkan usaha anda tersebut.

Demikianlah postingan yang membahas Bisnis Boneka Modren Busana Adat di Medan Sumatera Utara kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membuka bisnis ini di daerah tempat tinggal anda. Silahkan berikan komentar anda dibawah ini. Terimakasih telah mengunjungi ukmsumut.