Peluang Bisnis Usaha Berbasis Desa di Sumatera Utara

Diposting pada

Bisnis Sumut – Seperti biasa kali ini ukmsumut akan membahas mengenai Peluang Bisnis Usaha Berbasis Pedesaan di Sumatera Utara dan Medan.  Memang tidak banyak orang melirik bisnis berbasis pedesaan ini. Tetapi bila digeluti dengan fokus, bisnis di desa akan jauh lebih menguntungkan daripada berbisnis di perkotaan.

Desa memiliki potensi bisnis yang luar biasa. Umumnya, bisnis yang berkembang pesat di pedesaan seperti di daerah sumatera utara adalah bisnis yang berfokus pada agribisnis dan agroindustri yang mengandalkan alam sebagai sumber daya utamanya. Mari kita simak beberapa bisnis khas pedesaan di sumatera utara berikut ini :

Ternak Ayam Kampung

Permintaan ayam kampung setiap harinya makin membludak,  membuat peluang usaha dari ayam kampung yang mungkin bisa digeluti sekarang. Untuk memulainya, anda perlu menentukan sistem ternak nya seperti apa, apakah memilih sistem umbaran atau sistem semi intensif yang masing masing memiliki kelemahan dan kelebihan.

Ternak ayam kampung sangat cocok untuk masyarakat perkotaan seperti di medan, karena tingginya tren konsumsi yang sehat seperti ayam organik. Pangsa pasar ayam kampung tidak hanya untuk konsumsi daging saja, tetapi juga telur nya yang memiliki harga yang cukup tinggi.

 

Budidaya Ikan

Membudidayakan ikan sangat cocok untuk anda yang tidak suka repot mengurus ayam. Karena cukup memiliki kolam yang terbuat dari terpal, anda sudah bisa memulai bisnis ini. Dengan lingkungan yang menguntungkan sangat cocok untuk membudidayakan ikan karena tak sedikit masyarakat di perkotaan yang membutuhan ikan sebagai makanan atau lauk sehari-hari.

Ada banyak jenis ikan yang menjadi favorit masyarakat, seperti ikan mas, ikan nila, lele, gurame, ikan hias dan lainnya. Anda harus jeli melihat pasar. Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan jenis ikan mana saja yang paling prospektif dibudidayakan di daerah anda.

 

Berkebun Berbagai Komiditi 

Peluang usaha di pedesaan seperti sumatera utara salah satunya dalah dengan berkebun berbagai komoditi unggulan seperti sayuran, buah buahan dan untuk industri perkebunan seperti sawit dan kakao. Biasanya tanah pedesaan lebih subur dan banyak lahan perkebunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Anda harus bisa menentukan kondisi tempat perkebunan dengan komoditi yang cocok untuk ditanam. Bila tempatnya adalah kaki pegunungan, baiknya menanam jenis sayuran dan buah buahan. Namun bila daerah bersifat panas dan sedikit gersang, lebih baik menanam komoditi perkebunan seperti sawit, kelapa, kakao dan lainnya.

 

Demikian postingan dengan judul Peluang Bisnis Usaha Berbasis Desa di Sumatera Utara kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bisnis bagi anda yang ingin membuka bisnis di daerah pedesaan. Jangan lupa memberikan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *