Peluang bisnis ojek online di medan
Peluang bisnis ojek online di medan

Peluang Bisnis Ojek Online di Medan Sumut

Diposting pada

Bisnis Medan – Ojek Online menjadi trend transportasi pada saat sekarang ini. Tingginya animo masyarakat medan dan sumatera utara dalam memakai jasa ojek online ini membuat para pengangguran mendaftarkan diri untuk menjadi driver ojol. Globalisasi juga sangat berperan perkambangannya di Medan, sebagai kota yang sedang berkembang ke arah yang lebih baik.

Fenomena yang terjadi pada belakangan ini di Medan adalah tentang munculnya transportasi berbasis online yang memanfaatkan kemudahan dan kecanggihan teknologi saat ini untuk memudahkan dalam jasa pelayanan transportasi.

Dengan modal mudahnya akses jaringan internet dan teknologi smartphone yang berkembang di jagat teknologi informasi, membuat sebagian orang bekerjasama membentuk suatu bisnis online salah satunya jasa transportasi online. Di Medan sendiri telah ada transportasi online yang kebanyakan menggunakan teknologi komunikasi untuk membantu dalam melayani konsumen.

Adanya transportasi online bukan tanpa persaingan dengan transportasi konvensional, juga dapat menimbulkan persaingan antar pemilik transportasi seperti taksi, ojek pangkalan dan juga kendaraan yang berplat kuning yang telah hadir terlebih dahulu. Setelah sekian lama mereka akhirnya terusik dengan keberadaaan ojek online yang ada sebagai jasa transportasi online bagi konsumen.

Lahirnya transportasi online membuat konsumen berpindah ke yang lebih instan dan mudah untuk di dapat yaitu transportasi online, membuat para pengemudi transportasi konvensional ini harus lebih gigih mencari penumpang, karena salah satu sumber mata pencaharian mereka.

Situasi saat ini, masyarakat lebih banyak menggunakan mode nyaman dan murah seperti transportasi online, hingga membuat para pengemudi transportasi konvensional sepi pelanggan, karena sepinya konsumen dan lain-lain, hingga membawa mereka pada jalur unjuk rasa kepada pemerintah sebagai rasa kekecewaan dari para pengemudi dengan mogok kerja dan lain sebagainya.

Solusi Adanya Peraturan Pemerintah Daerah Untuk Transportasi Ojek Online

Berharap adanya kebijakan baru bagi pengemudi transportasi konvesional demi kelangsungan usaha jasa transportasi. Dalam hal ini pemerintah sebagai decision maker harus lebih jeli membuat kebijakan untuk kebaikan yang akan datang bagi kedua belah pihak.

Demi kemajuan jasa transportasi di kota Medan, pemerintah daerah  perlu menerbitkan peraturan baru tentang jasa pelayanan transportasi, seperti pengaturan tarif saat ini yan tidak relevan juga mengatur bagaimana jalur dan jangkauan untuk masing masing jenis transportasi supaya tidaka ada gesekan.

Pemerintah daerah Medan semestinya mendorong perusahaan transportasi berbasis aplikasi (online) dan konvensional untuk berkolaborasi. Kolaborasi justru akan menguntungkan semua pihak, termasuk konsumen. Kehadiran transportasi ini baik online maupun konvensional sebagai kebutuhan publik.

Sejatinya dengan kolaborasi antara perusahaan transportasi online dan konvensional dapat meningkatkan pandapatan negara. Dengan menyatukan kelebihan dari keduanya, akan meningkatkan jasa palayanan transportasi, dari transportasi online dapat memanfaatkan teknologi dan dari yang konvensional dapat menggunakan pengalamannya.

Namun diperlukan solusi untuk menyatukan keduanya yaitu transportasi online dan konvensional. Salah satunya yaitu, dengan menggunakan lokasi.

Indonesia khususnya didaerah ibukota yang banyak daerah keramaian seperti di kota Medan, rumah sakit, bandara dan sebagainya. Karena tidak memerlukan tempat untuk pencarian pelanggan, maka daerah keramaian seperti itu layak bagi pengemudi kovensional karena tidak menggunakan teknologi layaknya transportasi online yang bisa menjangkau hingga ke sudut desa.

Dengan keramaian para pengemudi konvensional tidak perlu mondar mandir mencari pelanggan kesana kesini karena ditempat keraiamaian seperti itu terdapat konsumen yang akan menggunakan jasa transportasi sebagai kebutuhannya.

Selanjutnya bagi transportasi online dengan memanfaatkan teknologi yang maju, maka pengemudi dapat merambah kesudut kota hingga kampung yang mana mereka tidak perlu lagi untuk keliling untuk mencari pelanggan, dengan adanya teknologi pengemudi lebih pasti dalam menemukan pelanggan yang akan menggunakan jasanya

Disamping itu, pendapatan dari pengemudi online tidak sebatas jasa transportasi melainkan juga dari jasa antar barang dari suatu tempat ke tempat yang lain, hal ini juga dapat menambah pendapatan dari penegemudi online tersebut. Berbeda dengan konvensional yang hanya fokus pada penumpang.

Pemerintah daerah khususnya yang lebih dekat dengan permasalahan transportasi ini, juga dapat berperan untuk merekatkan keduanya antara transportasi online dan transportasi konvensional, salah satunya membentuk suatu organisasi atau komunitas dengan kegiatan positif yang bisa menyatukan keduanya, seperti komunitas motor, mobil dan sebagainya yang bisa menyatukan kedua belah pihak.

Demikian artikel kali ini mengenai  Peluang Bisnis Ojek Online di Medan Sumut, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.