Cara Meningkatkan Penghasilan Bisnis dari Instagram Story

Instagram merupakan media sosial berbasis visual yang menyajikan konten foto dan video pendek. Saat ini pengguna IG merupakan yang terpopuler untuk penikmat media sosial, karena selain menyajikan konten yang menghibur, ternyata instagram juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Pertanyaan selanjutnya yang bisa mengantarkan anda kepada post ukmsumut kali ini adalah bagaimana cara mengoptimasi dan mengoptimalkan fitur Instagram Story, atau yang biasa kita sebut sebagai snapgram ini?

Nah pada kesempatan kali ini, kami ukmsumut akan membahasnya bersama anda. Pastikan kamu membaca dan mengulas artikel ini sampai selesai. Tidak lengkap rasanya kalau membahas Instagram marketing tidak pula membahas tentang Instagram story.

Salah satu fitur yang diadaptasi dari snapchat ini memang terbilang cukup diminati oleh pengguna, begitu juga bisa anda manfaatkan untuk peningkatan omset penjualan bisnis anda. Menurut data yang kami peroleh, Instagram Story ini 32% lebih cepat dikonsumsi oleh audiens dibandingkan dengan feeds atau postingan reguler Instagram.

Baca juga : 32 Peluang Usaha Setelah Lulus Kuliah Bagi Mahasiswa

Bisa disimpulkan bahwa Instagram Story akan sangat powerfull membantu mensukseskan dari strategi Instagram Marketing milik mu. Bagaimana cara mengoptimalkan Snapgram ini? Silahkan kamu bookmart terlebih dahulu halaman ukmsumut ya, sebelum kita bahas lebih lanjut.

Cara mengoptimasi Instagram Story yang basic-nya adalah video pendek berdurasi sekitar 15 detik ini, maka strategi yang bisa kamu gunakan adalah dengan cara mematangkan atau mempersiapkan konsep dan konten video sebaik mungkin. Beberapa konten yang bisa kamu tayangkan di Instagram Story diantaranya :

 

Konten mengenai Informasi Penting dari produkmu

Seperti contohnya kamu berjualan baju distro, pada Instagram Story ini kamu bisa membagikan informasi terkait bagaimana cara merawat kaos distro agar tidak cepat belel. Misalnya bagaimana mencucinya, bagaimna menjemurnya dan informasi lain yang itu bermanfaat. Bagi followers mu, mereka mungkin akan tertarik terhadap usaha produk kaos distro mu tersebut.

 

Konten konsep story telling

Jadi kalau kamu pernah bermain di twitter maka prinsipnya hampir sama dengan apa yang kamu kerjakan di twitter. Jadi bagi story telling dari suatu cerita misalnya kamu tadi jualan kaos distro, maka kamu bisa mengangkat story tellingnya mengenai sejarah penggunan kaos tersebut oleh berbagai selebritis atau proses dari kaos tersebut dibuat beberapa bagian dan diposting ke Instgram Storymu

 

Konten berupa aktifitas di belakang layar

Konten ini juga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Misalnya aktifitas produksi dari dari produk kamu atau aktifitas sedang packaging di bagian gudang kamu atau aktifitas di belakang layar dari proses bisnis. Kamu bisa membagikan di Instagram Story mu

 

Memberikan Video Testimoni

Hal ini menjadi salah satu konten wajib yang ada di instagram Storymu. Seperti yang mimin katakan sebelumnya bahwa Instagram Story ini ini sangat cepat dikonsumsi oleh follower mu dibandingkan dengan feeds dari Instagram reguler.

Jadi dengan testimoni ini harapannya follower akan lebih cepat menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan di Instagram Story tersebut. Kamu bisa menambahkan Call to Action atau fitur Switch Up yang menuju ke link toko online atau landing page milik mu.

Baca lainnya : 51 Kata Bijak Bisnis dan Usaha Mencapai Sukses

Kamu masih bisa menggunakan dan menaruh link produk di informasi bio dari akun Instagram mu, untuk memaksimalkan tampilan dari konten yang kami sebutkan sebelumnya. Kamu juga wajib menggunakan desain template yang kekinian dan disukai banyak orang.

Untuk mendesain template yang bagus untuk keperluan story instagrammu, kamu bisa menggunakan Aplikasi bernama Canva. Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan template yang bisa membantu mu dalam membuat snapgram yang keren dan kece tentunya.

 

SS Feed IG dan Masukkan ke Story

Tips terakhir kali ini adalah dengan cara selalu menampilkan feeds terbaru dari Instagram kamu pada story kalian. Setiap kali memosting pada feed. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Instagram Story lebih cepat dikonsumsi oleh follower ketimbang feed yang memang cepat sekali tergantikan oleh feed lain.

Kebanyakan orang juga lebih senang mengkonsumsi Instagram Story dibandingkan dg feeds dari IG. Selain itu algoritma Instagram saat ini yang tidak memungkinkan menampilkan postingan kamu dalam waktu yang sama. Dan untuk mengakalinya kamu cukup men-screenshoot postingan atau feed tersebut dan mempostingnya di Instagram Story.

Ini bertujuan untuk untuk menggiring followers mu supaya mau atau tertarik untuk melihat feeds atau postingan dari Instagram mu tersebut. Tambahkan juga kata kata bernada click bait untuk merangsang mereka membuka feed mu. Tapi ingat, jangan malah membuat berita hoax ya.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Business Plan Sederhana

Nah bagaimana, sudah mengetahui bagaiman memaksimalkan snapgram atau story instagram untuk kepentingan bisnis mu? Jangan lupa untuk terus memosting konten2 positif setiap hari, agar kamu tidak kehilangan follower. Sekian dari admin ukmsumut, jangan lupa bagikan tulisan ini, share ke facebook, twitter, instagram atau whatsapp kalian ya.