32+ Peluang Usaha Setelah Lulus Kuliah Bagi Mahasiswa, Unik 100%

Usaha apa yang cocok untuk mahasiswa yang baru lulus? Anda pastinya ingin lulus kuliah kemudian langsung memiliki penghasilan, bukan? Tentu saja itu merupakan impian semua orang yang berstatus fresh graduate. Namun kenyataannya, sulitnya mencari pekerjaan saat ini, membuat sebagian dari kamu harus berpikir membuka jenis bisnis baru untuk menjadi seorang enterpreneur sukses.

Bagi anda yang baru lulus kuliah, memulai bisnis dari nol menjadi kesempatan yang barus untuk mengambil tantangan. Anda harus memahami bahwa menjadi pebisnis selalu membutuhan passion dan semangat pantang menyerah dalam bekerja, meskipun memiliki waktu fleksibel tidak seperti pekerja kantoran.

Merintis bisnis dari awal memang gampang-gampang sulit. Memulai sesuatu dari nol bahkan hampir tanpa modal mengandalkan relasi dan kejujuran adalah inti dari suksesnya bisnis kecil. Manajemen dan perumusan business plan yang matang akan membantu anda dalam menemukan formula bisnis yang paling tepat untuk diterapkan dalam bisnis sendiri.

Baca juga : 20 Ide Usaha Bisnis Paling Unik, Gila dan Berbeda

Langsung saja tanpa menunggu panjang lebar, kali ini ukmsumut akan memberikan beberapa ide bisnis yang bisa dibilang sangat cocok untuk ditekuni bagi seorang lulusan kuliah seperti anda. Sebenarnya jenis bisnis dibawah ini juga tidak hanya diperuntukkan bagi kalian yang fresh graduate, akan tetapi bagi siapa saja  yang memang memiliki passion di bidang wirausaha.

 

Ide Bisnis Setelah Lulus Kuliah

Penasaran dengan jenis bisnis yang ukmsumut tawarkan? Bagi anda yang berstatus sarjana, pengangguran bahkan karyawan sekali pun bisa memulai salah satu dari 30 bisnis dibawah ini. Mari simak poin per poin nya dibawah ini, let’s check these out!

 

Asisten dosen dan pengampu praktikum

asisten dosen

Seorang lulusan kuliah, bisa saja masih terkait dengan kampus dan menjalin relasi yang cukup erat dengan beberapa dosen atau karyawan fakultas dan jurusan. Oleh karena itu tanyakan apakah ada lowongan asisten dosen atau asisten praktikum yang tersedia. Kamu bisa menjadi salah satunya, dan mengaplikasikan ilmu yang sudah kamu miliki untuk junior-mu yang masih kuliah.

 

Melamar magang di perusahaan

Walaupun bukan menjadi salah satu ide bisnis, namun magang di perusahaan terkenal akan menambah pengalaman mu dan memudahkan anda mendapatkan kerja nantinya. Magang relatif lebih cepat diterima dan ketika menjadi anak magang, maka itu akan menambah pengetahuan dan skill mu. Tidak menutup kemungkinan suatu saat anda bisa membuka usaha dari pengalaman magang tersebut.

 

Jasa pindahan kost

Namanya anak kost, paling sering gonta ganti kamar kos. Hal ini diakibatkan karena pengaruh lingkungan atau ketidakpuasaan fasilitas dan peraturan yang ketat. Anda bisa memanfaatkan peluang ini membuka jasa pelayanan beres beres dan pindahan kost. Buat layanan dalam beberapa paket, seperti termasuk layanan transportasi jasa angkutan barang, bersih bersih kost baru dan penataan barang.

 

Mengikuti proyek dosen

Dosen memiliki banyak kegiatan bisnis, baik yang berhubungan dengan akademik ataupun diluar kampus. Bila anda dekat dengan dosen, anda bisa meminta untuk membantu proyeknya, seperti penelitian sosial di masyarakat, menjadi tenaga pengajuan kuisioner, pewawancara, bantuan logistik dan sebagainya. Intinya modal relasi dengan dosen akan memberikanmu akses menuju peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

 

Daur ulang sampah dari kampus

Kampus memiliki limbah yang berpotensi untuk dikelola dan bernilai ekonomis. Anda bisa memanfaatkan sampah yang ada di kampus sebagai produk kerajinan atau bahan baku. Sebut saja seperti kertas, plastik atau sampah organik. Bentuklah badan usaha atau startup yang fokus mengumpulkan sampah kertas misalnya dan dijual kembali kepada pengepul atau langsung ke pabrik pengolahan kertas bekas. Anda bisa menyelamatkan lingkungan sekaligus berbisnis.

 

Penerjemah karya ilmiah

Suka bahasa asing? tidak hanya bahasa Inggris, anda bisa membuka layanan translator atau penerjemah untuk berbagai bahasa yang anda kuasai. Uniknya anda bisa menawarkan jasa tersebut di berbagai situs freelance. Khusus mahasiswa anda bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan atau mengubah bahasa abstrak pada karya tulis yang biasanya menggunakan bahasa inggris.

 

Seminar dan pelatihan khusus

Anda bisa membuat bisnis baru yang fokus menggelar pelatihan dan seminar serta bekerjasama dengan perusahaan,  misalnya pelatihan dan seminar programer, web developer, seo analyst, ahli perminyakan dan pelatihan lain yang terkait profesi dan mengeluarkan sertifikat profesi yang bisa digunakan anggotanya untuk melamar pekerjaan. Anda juga bisa bekerjasama dengan kampus, BEM dan otoritas lain demi mencari anggota training. Pendapatan anda adalah berasal dari biaya yang dibayarkan oleh anggota pelatihan tersebut.

 

Event organizer kampus

Mendirikan bisnis bersama teman dalam suatu perusahaan startups yang  concern menangani kegiatan kampus seperti seminar, pelatihan, bazaar, konser dan sebagainya. Buatlah semacam badan usaha EO yang membantu penanganan acara khas kampus yang termasuk layanan konsultasi, fasilitas, tenaga teknis dan sebagainya. Karena banyaknya acara yang digelar di dalam kampus sendiri, peluang ini cukup menggiurkan bila dikelola dengan baik.

 

Crafting produk kreatif

crafting

Peluang bisnis berjualan produk ketrampilan sudah semakin banyak dilirik anak muda milenial. Hal itu karena bisnis kerajinan crafting menjanjikan barang yang unik dan berkualias. Kreativitas merupakan kunci utama dalam bisnis ini. Jadi bila kamu punya passion dibidang kreativitas, bisnis ini cocok untuk dicoba.

Anda yang suka berusaha dari rumah bisa memulai usaha ini nyaris tanpa modal. Dengan target pasar yang luas anda bisa memanfaatkan jaringan internet seperti website dan media sosial untuk memasarkan produk crafting anda ke seluruh dunia dengan harga yang bervariasi tergantung kesulitan pembuatannya.

 

Developer aplikasi dan startup

Smartphone android dan iOS sudah menjadi kebutuhan saat ini. Bisnis menjadi pengembang aplikasi semakin prospektif untuk dicoba. Oleh karena itu bagi anda yang menguasai bahasa pemograman dan bisa menciptakan perangkat lunak akan menjadi sangat menguntungkan. Tanpa modal, anda tetap dapat memulai peruntungan melalui pembuatan aplikasi mobile ini.

Cukup mendirikan perusahaan startup dengan berbagai karyawan yang handal dibidangnya. Dan mulailah menawarkan jasa pembuatan aplikasi dan website kepada berbagai klien. Anda bisa memanfaatkan media internet untuk memasarkan dan memperkenalkan jasa tersebut.

 

Berjualan kuliner unik, khas atau ekstrim

Kuliner unik, khas atau ekstrim akan menarik pelanggan anda untuk selalu datang ke tempat jualan kuliner tersebut. Bisa saja makanan khas daerah, minuman atau jajanan yang tidak banyak orang ketahui dan memiliki penampilan, konsep atau rasa yang unik.

Karena bisnis kuline memang tidak akan ada matinya. Hanya saja, kelemahan dari bisnis ini adalah mudah ditiru kompetitor. Jangan khawatir, karena pelayanan dan konsistensi dari anda tidak akan pernah tergantikan. Oleh karena itu fokus terhadap kepuasaan konsumen adalah hal yang utama.

 

Bioskop portable

Pernah mendengar bioskop portable atau bioskop keliling? Mungkin bagi anda yang tinggal di perkotaan, peluang bisnis ini hampir tidak memungkinkan, karena akan kalah bersaing dengan bioskop besar. Namun bila anda sudah lulus kuliah dan pulang kampung, bukan tidak mungkin bisnis ini bisa diterapkan di daerah anda.

Untuk modal awal cukup mengandalkan infokus, laptop, hardisk dan seperangkat audio systen. Anda bisa merangkainya dalam media khusus dan bisa dibawa kemana saja. Nantinya anda bisa menawarkan untuk menyewakan perangkat bioskop per 1 kali tayang film. Film yang didapatkan bisa dari hasil download dari internet dan promosikan bisnis anda melalui media sosial dan blog.

 

Menjadi content creator blog

Content creator blogger merupakan profesi yang sedang naik daun di era perkembangan dunia digital. Popularitas dan endorse dari berbagai brand, tentu saja membuat peluang usaha dibidang ini semakin prospektif. Setiap orang bahkan bisa untuk mencobanya nyaris tanpa modal.

Tertarik untuk berkecimpung sebagai blogger juga? Anda bisa mencoba dengan membuat blog atau website cms dan rutin mengupdate artikel secara berkala.  Nantinya apabila pengunjung anda sudah banyak maka anda bisa memasang jaringan periklanan seperti google adsense di blog milik anda.

 

Menjadi video creator youtube

Menjadi seorang youtuber merupakan passion yang menuntut kreatifitas dan konsistensi dalam menghasilan video yang berkualitas dan banyak dicari orang. Hampir sama dengan blogger, youtuber juga mengandalkan iklan dan endorsment dalam penghasilan mereka. Semakin banyak viewers dan subscibers, maka semakin tinggi penghasilan yang anda bisa dapatkan dari channel youtube.

 

Influencer media sosial

influencer media sosial

Influencer artinya memiliki pengaruh besar, berpotensi menggerakkan sekelompok orang baik melalui media sosial. Oleh karena itu influencer biasanya adalah orang yang cukup dikenal sebagai public figure dan memiliki pengaruh kuat dalam beberapa hal.

Baca juga : Tips bisnis online lewat Instagram

Perusahaan akan mencari influencer dan mencoba menjalin kerja sama dengan anda melalui kontrak endorsment. Untuk itu, anda harus konsisten dan rutin membuat konten menarik di sosial media mu seperti instagram, twitter atau youtube. Dan bila ini memang passionmu, kegiatan ini sangat menyenangkan.

 

Menjadi kuis hunter

Pemburu hadiah saat ini kerap ditemui di berbagai media sosia. Anda cukup bermodalkan informasi kuis dari berbagai situs. Anda kemudian ikut berpartisipasi kedalam setiap event undian atau perlombaan apa pun itu. Intinya adalah anda harus aktif mencari info terkait lomba, kuis dan sayembara yang diadakan, untuk kemudian berkompetensi sebanyak-banyaknya.

 

Bug system hunter

Hampir sama dengan kuis hunter, profesi ini fokus untuk mencari bug atau kesalahan pada sistem. Pekerjaan ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan dimasa depan. Seperti misalnya apabila anda memahami sistem dan coding, mendapati bug pada salah satu sistem di produk google misalnya, segera laporkan. Maka anda akan mendapatkan reward yang cukup besar dari pelaporan anda tersebut, bila memang terbukti bermasalah.

 

Laundry helm

Walaupun sebenarnya sudah banyak yang membuka jenis usaha ini, namun menurut kami masih tetap prospektif untuk dibuka, terlebih daerah sekitaran kampus. Karena helm adalah barang yang sering diabaikan kebersihannya bagi pemilik motor. Mungkin untuk awal target mu adalah para mahasiswa. Anda bisa membuka usaha ini dengan menyewa lapak terlebih dahulu, dan mempelajari bagaimana teknik mencuci helm yang baik dan benar.

 

Handicraft berbahan biji alpukat

Kami merekomendasikan buat anda yang hobi membuat kerajinan dari bahan baku biji alpukat. Limbah yang selalu anda buang itu, ternyata bisa diukir  menjadi produk kerajinan yang lucu dan bernilai ekonomis. Anda bisa menghasilkan berbagai bentuk muka atau tubuh yang lucu, memberikan variasi dan anda bisa promosikan melalui media sosial, membuat galery dan menawarkannya dengan harga yang bervariasi. Sementara kebanyakan dari anda akan membuang biji alpukat tanpa berpikir dua kali, mengapa tidak menghasilkan duit dari usaha ini.

 

Menjadi gamer profesional

Anda pernah berpikir menjadi seorang gamer profesional? Sekarang setiap profesi bisa menghasilkan uang. Bila anda memang senang bermain game, maka bangunlah potensi tersebut dengan menjadi content creator di youtube, blog atau media sosial. Kemudian dirikan grup gamer profesional dan aktiflah berlomba pada setiap event game yang diadakan di kota anda.

 

Membuka jasa install ulang

Alat komunikasi seperti laptop, komputer dan smartphone memang sudah menjadi kebutuhan mahasiswa.  Anda bisa menargetkan bisnis ini di lingkungan mahasiswa sekitar kampus. Jika anda senang dengan dunia teknologi dan punya pengalaman dibidang install ulang, maka segera buka jasa ini. Usaha ini relatif tidak membutuhkan modal besar, bahkan bisa anda mulai dari rumah atau kostan, dengan hanya menyebarkan jasa ini melalui media sosial dan mulut ke mulut.

 

Menjual barang secondhand

Barang barang bekas yang masih memiliki nilai ekonomis bisa anda manfaatkan untuk dijual kembali. Sebagai mahasiswa, pasti ada barang yang hendak dijual bukan? namun sering sekali kita tidak tahu hendak menjual kemana. Anda bisa memanfaatkan peluang ini. Ciptakan situs, forum, grup atau media online lain yang mewadahi penjualan barang secondhand di kampus. Nantinya anda bisa mendapatkan fee dari potongan penjualan.

 

Menjadi penulis dan penjual Ebook premium

penulis ebook

Electronik Book merupakan buku bacaan secara online. Pada umumnya buku konvensional adalah lembaran kertas dengan tulisan dan gambar dari alat tulis, maka ebook hanya menjual softfile-nya saja. Bila anda suka dengan dunia sastra dan jago menulis, kenapa tidak memanfaatkan kemampuan mu untuk menjual ebook ini?

Ebook bukan hanya sekedar bacaan pendek dan singkat layaknya artikel di website, namun juga bisa berupa panduan, informasi lengkap atau bahkan cerita seperti novel dan majalah. Membuat ebook online bukanlah perkara yang mudah, hampir sama dengan menerbitkan buku nyata. Dibutuhkan riset dan topik yang populer, supaya nanti ebook mu laku di pasaran.

 

Menjual dan mengedit foto

Anda hobi photography? Anda bisa menjual foto mu di situs seperti situs GettyImage dan EyeEm. Selain itu anda juga bisa membuka jasa edit photo profesional untuk berbagai event seperti pernikahan, ulang tahun dan lainnya. Bantuan teknologi digital saat ini, foto dapat dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch atau diperbaiki dan diberikan variasi desain, huruf dan sebagainya sehingga lebih menarik.

Baca selengkapnya : Peluang usaha jual foto dengan kamera smartphone disini.

 

Menjadi pengajar les dan bimbel

Anda jago di salah satu bidang pelajaran, olahraga atau musik? Kenapa tidak memulai menjadi guru bimbel atau les private saja? Les privat merupakan bentuk jasa yang memberi pembelajaran sebagai guru atau mentor di luar jam sekolah. Biasanya jasa ptivat dipakai oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA bahkan calon mahasiswa.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa les private online seperti RuangGuru, KelasKita, Quipper, LESGO! dan PrivatQ secara online. Pastikan anda memiliki ilmu dan kompetensi yang dibutuhkan ya. Jadilah guru freelance yang menyenangkan.

 

Berjualan jilbab custom

Mahasiswi tentunya menyukai jilbab yang memiliki pola atau motif yang berbeda. Bila anda menyukai dunia fashion muslim, maka jilbab adalah salah satu produk yang paling laris manis untuk dicoba. Carilah konveksi jilbab besar yang bisa bekerja sama denganmu. Anda bisa menjual jilbab dengan sistem pre-order melalui media sosial dan aplikasi chatting.

 

Berjualan aksesoris elektronik

Aksesoris HP, aksesoris laptop dan komputer cukup banyak digandrungi oleh kaum milenial. Anda bisa membuka lapak kecil di depan ruko atau SPBU, menjual berbagai aksesoris yang banyak dicari orang seperti headset, casing, stiker dan lainnya. Cari pihak grosir dari batam yang biasanya memberikan harga murah.

 

Penitipan kendaraan

Bisnis penitipan kendaraan berbeda dengan parkir. Bila parkir hanya sebentar, biasanya dalam hitungan jam, sedangkan penitipan kendaraan ini bisa berhari hari bahkan berbulan bulan. Hal yang perlu dipersiapkan adalah mencari lahan parkir, memastikan keamanan area parkir, penataan motor yang rapi, memberikan kartu khusus, dan mengadakan usaha tambahan seperti jasa pencucian helm bagi konsumen.

 

Penitipan hewan peliharaan

Selain itu anda juga bisa membuka usaha jasa penitipan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Usaha ini membutuhkan lahan yang cukup, beberapa kandang yang memenuhi standar dan juga perlengkapan hewan peliharaan seperti obat dan makanan sehari hari. Mulailah mempromosikan jasa anda di media sosial, radio lokal dan juga menyebarkan brosur.

 

Berjualan obat obatan herbal

Tren yang berkembang saat ini adalah menjaga kesehatan dengan bahan bahan herbal dan alami. Bila anda punya jiwa sales tinggi, bisa mencoba menjual bahan herbal ini dan memasarkannya lewat media sosial, membuat lapak di marketplace atau membuat toko online sendiri. Banyak orang yang sudah beralih ke obat obatan herbal, karena menganggap obat kimia memiliki efek samping yang cukup serius terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

 

Menjadi penonton bayaran

penonton bayaran

Pernah menonton acara televisi seperti talkshow dan konser musik? Sebagian dari stasiun televisi memperkerjakan para penonton bayaran supaya acara terlihat lebih ramai dan menarik. Kamu bisa mendaftar menjadi salah satunya, bila kamu menyukai pekerjaan yang santai dan tidak begitu menantang. Akan tetapi untuk gaji memang relatif sedikit, tergantung kesepakatan.

 

Menjadi pegawai honorer

Pegawai honorer memang terbilang memiliki gaji yang relatif rendah. Namun untuk pertama, sebagai fresh graduate yang minim pengalaman, kamu tidak harus mempertimbangkan pengalaman terlebih dahulu. Dengan menjadi pegawai honorer, sebenarnya waktu kerja relatif lebih fleksibel dan anda bisa membuka usaha sampingan disela sela waktu produktif menjadi pegawai honorer.

 

Baca juga :  Tips Bisnis Untung dari Investasi Cryptocurrency dan Blockchain

Demikianlah pembahasan mengenai Peluang usaha dan usaha di hari kamis terbaru kali ini. Semoga bisa membantu anda dalam menemukan inspirasi usaha seperti apa yang akan anda geluti nantinya. Silahkan bagikan tulisan ini ke teman teman anda melalui media sosial milik mu. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.