Peluang Bisnis Online Medan

Diposting pada

Bisnis Online Medan – Peluang Bisnis Online di Kota Medan sepertinya terbilang cerah dan prospektif. Bisnis online merupakan aktifitas bisnis yang menawarkan barang dan jasa melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.

Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila defenisi Bisnis Online dianggap sebagai sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet dan website. Apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.

Bagaimana bisnis online bisa mewabah di kota medan? hal ini tak lepas dari perkambangan internet dan smartphone yang cukup pesat. Trend terkini masyarakat kota Medan yang menuju era milenial, globalisasi dan menuntut aktifitas yang lebih simpel dan tidak bikin repot menjadikan bisnis online terbuka untuk digeluti.

Bagaimana tips memulai bisnis online di kota medan? Apakah ada cara khusus untuk memulai bisnis yang terkenal minim modal dan perputaran duit yang cepat ini? Maka dari itu kali ini ukmsumut akan memberikan beberapa tips dibawah ini.

1. Teliti Saingan Bisnis Anda

Apakah Anda Tahu Pesaing Anda. Setiap bisnis yang baik akan tahu kompetisinya. Anda perlu tahu siapa pesaing Anda sehingga Anda tahu mengapa pelanggan memilih Anda daripada orang lain, atau sebaliknya. Tempat ini lebih penting daripada di dunia online. Anda harus menyadari saluran media sosial yang digunakan pesaing Anda. Dan Anda harus memeriksa penggunaan kata kunci dari semua pesaing Anda dengan menggunakan berbagai alat yang disediakan Google.

2. Gunakan Brand Anda dan Kembangkan

Bisnis online adalah semua tentang reputasi. Kesalahan sekecil apa pun bisa mencemari merek Anda selamanya. Kuncinya adalah kontrol. Siapkan pemberitahuan Google Alerts untuk merek Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa memeriksa penyebutan merek Anda.Miliki panduan merek dan media sosial yang tegas, jadi siapa pun yang memposting atas nama merek Anda menyadari apa yang Anda harapkan darinya. Belajarlah untuk menangani keluhan pelanggan dan menerapkan pola pikir untuk memecahkan masalah. Bahkan jika pelanggan salah.

3. Pantang Menyerah

Beberapa bisnis menjadi kisah sukses semalam. Ini adalah sesuatu yang harus Anda terima jika Anda ingin memasuki dunia bisnis. Kegigihan akan berakhir pada akhirnya jika Anda terus melakukan semua hal yang benar. Anda harus konsisten dan tetap fokus pada tujuan Anda. Apakah Anda tahu kebanyakan pemula membutuhkan waktu tiga sampai lima tahun sebelum mereka mulai menghasilkan keuntungan?

4. Buat Website Profesional dan Gigihlah Promosi Lewat Media Sosial dan Lapak MarketPlace

Ini meluas lebih jauh dari sekadar mengatur bisnis Anda. Aset web Anda adalah segalanya dari situs web Anda hingga profil media sosial Anda ke akun hosting Anda. Ini perlu dilakukan secara teratur. Semua aset yang relevan harus dioptimalkan untuk merek Anda. Misalnya, media sosial dan laman web Anda harus memiliki kata kunci yang relevan. Mereka harus masuk dalam rencana pemasaran terpadu. Dan mereka harus benar-benar diperbarui dengan informasi terbaru tentang perusahaan Anda.

5. Raihlah Kepercayaan Konsumen dengan Kualitas dan Pelayanan Prima

Bisnis online tidak bisa ditangani dengan sistem pelayanan abal-abal. Walaupun pembeli tidak secara langsung bertemu dengan penjual, tetap saja kualitas produk dan layanan konsumen adalah nomor satu. Jangan sampai terjadi masalah, namun pihak penjual tidak bisa memberikan klarifikasi atapun penjelasan terkait barang yang dijual.

Demikian beberapa tips untuk mengambangkan usaha dan bisnis online anda di Kota Medan, Sumatera Utara. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Bila ada yang ingin anda tanyakan, silahkan berikan respon anda melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *