Tips Memulai Bisnis Usaha Kecil Menengah di Medan

Diposting pada

Bisnis UKM – Memulai usaha dan bisnis sendiri dari awal bagi sebagian orang memang membingungkan. Bagi anda masyarakat kota Medan atau warga provinsi sumatera utara yang, apabila ingin membuka usaha, maka bisa membaca tips dan panduan dibawah ini.

Sebenarnya panduan dan tips pertama untuk memulai usaha sangatlah mudah. Yang dibutuhkan hanya dengan mempunyai impian dan tekad. Untuk permasalahan modal itu bisa dibilang faktor pendukung. Karena percuma saja anda punya modal tetapi tidak berhasil karena kurang motivasi dalam berbisnis atau berusaha.

Karakter orang batak, dan pada umumnya masyarakat di sumatera utara memang keras dan pantang menyerah. Hal ini bernilai positif bagi kelangsungan bisnis dan usaha secara jangka panjang. Masyarakat sumut juga cenderung untuk lebih terbuka dengan inovasi bisnis yang nantinya akan mendukung terciptanya produk baru yang disukai banyak orang.

Baca juga : Jenis Usaha Bisnis Menguntungkan di Ibukota Medan Sumatera Utara

Anda harus memulai dengan tekad, kemudian tentukan ide usaha. Lakukan riset pasar untuk menentukan segmen pasar anda. Jangan menunggu lama lagi. Segera mulai bisnis sekarang juga. Semakin cepat semakin baik. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis ukm di medan dan sekitarnya, diantaranya adalah :

1. Menemukan Ide dan Konsep Bisnis UKM anda

Ada baiknya sebelum memulai bisnis ini, anda harus mencari referensi dan ide yang tepat mengenai bisnis apa yang akan menjadi dan sedang trend sekarang ini di kota medan. Lakukan riset pasar, temui masyarakat secara langsung dan minta pendapat mereka mengenai hal apa saja yang paling dibutuhkan namun memiliki pasar yang kurang untuk tersedianya kebutuhan mereka tersebut. Dengan demikian, anda bisa merumuskan mengenai bisnis ukm yang paling tepat.

2. Mencari Teman Bisnis yang Dapat dipercaya

Bila anda adalah jenis orang yang tidak suka bekerja sendirian, maka menjadi rekan bisnis adalah pilihan yang terbaik. Anda harus membicarakan mengenai modal, rencana dan kebijakan bisnis terhadap partner anda tersebut. Carilah orang yang memiliki visi dan misi yang sama dengan anda. Juga jangan bekerja sama dengan orang yang tidak profesional dan tidak dapat dipercaya. Karena ini menyangkut nyawa bisnis anda kelak.

3. Fokus Bekerja dan Disiplin

Bekerja keras adalah bagian dari proses bisnis yang amat panjang dan melelahkan. Namun inilah yang membedakan antara pebisnis sukses dengan pebisnis amatiran. Banyak dari pebisnis awal baru menghadapi masalah sedikit saja sudah mulai menyerah. Perlu diketahui pebisnis sukses seperti Jack Ma (pemilik Alibaba) memulai bisnisnya dari nol hingga menjadi orang paling kaya di China.

4. Memberikan Kualitas dan Pelayanan Terbaik

Karena anda bukanlah satu satunya yang berbisnis seperti itu, anda memiliki saingan atau kompetitor yang menjadi lawan bisnis anda. Oleh karena itu, memberikan nilai plus adalah suatu hal yang mutlak anda lakukan. Seperti misalnya memberikan kualitas terbaik, pelayanan yang menyenangkan, packing yang menarik dan cara promosi yang out of the box. Semuanya bisa anda kreasikan sesuai dengan budget dan keahlian anda.

5. Berbagi Kepada Sesama

Berbagi merupakan bentuk dukungan anda kepada lingkungan sekitar. Karena pada setiap aset dan harta yang anda miliki terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Maka dari itu jadilah pebisnis yang tidak hanya memiliki obsesi dengan dunia, tetapi juga akhirat sebagai tempat tujuan akhir kita.

Baca juga : Peluang Bisnis UMKM di Sumatera Utara

Yang terakhir, namanya usaha atau bisnis pasti ada hambatan dan kegagalannya. Nikmati itu sebagai sebuah proses untuk memperbaiki diri. Jadikan pelajaran berharga untuk meminimalisir terjadinya kegagalan kedua kalinya. Berbisnis dengan jenis ukm memang memiliki banyak kelebihan, namun juga bukan berarti anda tidak bisa mengalami kagagalan akibat kesalahan yang mungkin anda lakukan.

Oke, demikian artikel mengenai Tips Memulai Bisnis Usaha Kecil Menengah di Medan semoga bermanfaat untuk anda, calon enterpreneur sumatera utara yang akan segera sukses. Berikan pendapat anda mengenai bisnis ukm melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung.

2 thoughts on “Tips Memulai Bisnis Usaha Kecil Menengah di Medan

  1. Saya ingin ikut pelatihan yg di selenggarakan ukm sumut ..tlg kasih saya imformasi bila ada…trimakasih

    1. mas yudin, ukm sumut masih belum bekerjasama dengan pihak dinas terkait. Untuk saat ini masih fokus mempromosikan usaha. jika mas ada usaha kecil yang hendak di promosikan disini, silahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *