21 Usaha Makanan Khas Daerah yang Paling Laku

Apa saja peluang bisnis kuliner khas daerah yang bisa dimodifikasi dan bersifat kekinian? Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki berbagai jenis masakan yang berasal dari berbagai daerah dan memiliki tampilan serta rasa yang kreatif. Kuliner ini menjadi salah satu kebudayaan yang mewakili setiap suku atau tempat tertentu. Karena pesatnya globalisasi, menjadikan banyak kuliner khas Nusantara yang mulai dilupakan oleh generasi milenial. Apalagi banyaknya restoran yang membuka kuliner dari luar negeri.

Sebenarnya apabila ditinjau dari prospek bisnis, mungkin lebih menjanjikan membuka restoran yang menyajikan berbagai makanan dari luar negeri misalnya Pizza, Salad, Kebab, minuman thai tea, dan berbagai kuliner yang menjadi trend dan disukai milenial saat ini

Walaupun demikian peluang untuk membuka bisnis makanan khas daerah tetap terbuka lebar. Kuncinya adalah kamu harus bisa menciptakan ide kreatif dalam memodifikasi kuliner tersebut, sehingga menjadi makanan kekinian dan disukai milenial. Kamu juga harus menemukan target konsumen yang tepat, mendapatkan tempat berjualan yang strategis, menggunakan metode promosi yang massif, dan packaging yang menarik perhatian.

Ada banyak sekali masyarakat perkotaan yang dulunya sewaktu kecil pernah mencicipi kuliner khas daerahnya, kemudian mereka timbul rasa kangen untuk menikmati kembali makanan tersebut. Nah ini bisa menjadi salah satu solusi buat mereka untuk menikmati kuliner khas tersebut.

Selain itu tujuan mulia untuk melestarikan kebudayaan nusantara melalui kuliner menjadi bisnis yang lebih mulia dibanding apapun. Kamu bisa berkontribusi dalam menjaga kekayaan rasa di dalam Kuliner Nusantara. Dan bahkan mungkin bisa memperkenalkannya kepada orang orang luar negeri.

Baca juga : Peluang Bisnis Jualan Pisang Nugget Harga 1000-an

 

Bisnis Kuliner Nusantara

bisnis jualan makanan daerah
Lalu seperti apa beberapa contoh kuliner khas daerah yang ada di Indonesia? Kali ini admin akan mengumpulkan beberapa rekomendasi jenis makanan yang bisa sobat ukmsúmut geluti di daerah mu. Penasaran apa saja itu? mari baca selengkapnya kebawah :

 

1. Ampiang Dadiah

Jenis kuliner pertama ada bernama Ampiang Dadiah, dari namanya pasti dekat sekali dengan istilah minang. Pernah mendengar nama kuliner ini sebelumnya? Ini adalah salah satu khas masakan dari Sumatra Barat. Banyak orang Indonesia sendiri belum mengetahui atau belum pernah menyantapnya.

Kuliner yang bernama Ampiang Dadiah (dalam bahasa indonesianya emping dadih) adalah masakan hasil kombinasi emping yang terbuat dari beras ketan dan dadiah atau dadih. Sekilas akan mirip seperti yoghurt tetapi olahannya secara tradisional dengan khas minangkabau.

 

2. Kue Ketawa

Mengapa makanan ini disebut dengan kue ketawa? Mungkin sobat ukmsumut akan bertanya seperti itu. Apakah orang yang memakannya akan ketawa karena rasa atau penampilan luarnya? Sebenarnya bukan demikian. Tidak ada kaitannya sih antara penampilan, rasa dan efeknya ketika dimakan dengan ketawa.

Mungkin karena kue ini punya bentuk yang bulat dan terdapat belahan pada permukaannya sehingga sepintas akan terlihat sepert sebuah senyuman atau ketawa, sehingga dari sinilah kue ini diberi nama dengan kue ketawa

 

3. Nasi Kucing

Kuliner yang cukup populer ini bernama nasi kucing. Makanan ini tidak bisa dilewatkan ketika Kamu berkunjung ke daerah Yogyakarta. Kuliner ini bisa ditemukan dengan mudah di warung angkringan yang tersebar di daerah yang disebut kota pelajar ini. Banyak orang tidak mengetahuinya sebagai kuliner khas daerah. Padahal kuliner yang terdiri dari macam lauk pauk yang di sate ini bisa menjadi pilihan kuliner yang lezat.

Mungkin sobat ukmsumùt bertanya, kenapa dinamakan dengan nasi kucing? Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kucing atau bukan karena ada campuran daging kucing. Melainkan dilihat dari segi porsi nasinya yang sangat minim atau sedikit seperti kuliner kucing. Inilah sebabnya dinamakan nasi kucing. Ditambah lagi karena cara penyajiannya  dengan cara dibungkus daun pisang sebagai ciri khasnya

 

4. Kue Pancong

Pernah mendengar dan memakan kue pancong sebelumnya? Kue ini memang sudah ada sejak jaman dulu. Akan tetapi sampai sekarang kue ini masih ada dan sebenarnya cita rasanya banyak disukai. Rasanya yang enak semakin menarik dengan bentuknya yang unik yaitu setengah lingkaran. Bahan utamanya pun sangat sederhana yaitu tepung besar, santan, kelapa dan garam loh. Kue Pancong ini disebut juga dengan nama Kue Gandos atau Kue Rangin yang merupakan khas jajanan dari pulau jawa.

Berbagai daerah di Indonesia, kuliner ini cukup terkenal dengan sebutan yang berbeda. Misalnya sobat ukmsumut yang ada di bandung menyebutnya dengan istilah Kue Bandros, orang Bali menyebutnya Kue Daluman dan orang Bojonegoro memberi nama dengan nama Tratak.

Baca juga : 15 Sumber Informasi Untuk Inspirasi Membuka Bisnis Baru

 

5. Batok Tawon

Belum banyak orang yang mengetahui kuliner ini. Penyebutannya yang sedikit aneh mungkin masih terasa asing di telinga kebanyakan orang Indonesia. Batok Tawon merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sekilas dari tampilannya kuliner ini akan terlihat seperti lubang lubang sarang tawon dengan telur telur hitam yang berada di dalamnya. Ini adalah lebah muda atau larva yang masih berada di sarang. Tidak hanya unik, kuliner ini juga sehat dan nikmat. Untuk menemui kuliner ini sobat ukmśumut akan mengalami kesulitan, karena bahan utamanya sarang lebah semakin jarang ditemui.

 

6. Papeda (Bubur Sagu)

Papeda merupakan kuliner khas dari daerah Timur, seperti Maluku, Papua, dan daerah Sulawesi dengan nama lain kapurung. Beberapa daerah mungkin papeda sudah banyak dikenal, namun beberapa daerah lain kebanyakan orang tidak mengenalnya sama sekali. Papeda ini memiliki cita rasa dan penyajian yang unik.

Papeda disajikan dengan disiram pakai air panas sampai mengembang. Untuk lauk pendampingnya bisa sobat ukmsumut berikan ikan tongkol atau mubara yang sebelumnya sudah dibumbui dengan kunyit. Ditambah lagi dengan ikan kuah pedas dan sayuran yang terbuat dari campuran daun pepaya, singkong dan ubi jalar. Papeda paling enak jika dinikmati masih dalam kondisi panas.

 

7. Kerupuk Melarat

Kerupuk ini merupakan kuliner yang berasal dari kota Cirebon. Camilan lezat ini hanya terdiri dari bahan dasar  tepung tapioka saja.

Kuliner ini memiliki rasa yang gurih serta garing, dan memang cocok untuk dijadikan camilan maupun sebagai teman untuk disantap dengan nasi. Kerupuk Melarat masuk dalam daftar kuliner yang sangat khas dari Indonesia. Akan tetapi dari namanya belum banyak dikenal oleh orang indonesia itu sendiri.

 

8. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan kuliner berikutnya yang harus sobat ukmsumut ketahui sebagai orang Indonesia. Kuliner ini merupakan makanan khas dari kota Semarang.

Kuliner ini terbuat dari campuran tahu goreng, tauge, kol yang dirajang, telur dan lontong serta penyajiannya dengan siraman bumbu kacang yang encer adalah ciri khasnya yang tidak terdapat di jenis kuliner lainnya. Selain itu kuliner ini tambah istimewa dengan tambahan petis udang

 

9. Kue Dollar

Kue Dollar dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi Surabaya. Kuliner ini kemungkinan hanya bisa kamu temui di Kota tersebut. Kue dollar hanya punya rasa yang renyah dan gurih, akan tetapi variasi nya mulai banyak seiring waktu berlalu. Kamu dapat menemui berbagai varian rasa seperti wijen, keju hingga jahe.

Kue Dollar punya bahan dasar dari Tepung Terigu, telur dan air yang dibentuk dengan cetakan besi atau alumunium. Bentuknya pipih dan mirip dengan uang koin Indonesia pada jaman dulu. Mungkin oleh sebab itu namanya adalah Kue Dollar.

Baca juga : 17 Usaha Jualan Jajanan di Kantin yang Paling Laku

 

10. Nasi Kentut

Kuliner ini berasal dari kota Medan, sumatera utara. Mendengar namanya mungkin akan membuat sobat ukmsumut sekilas tidak berselera makan. Tapi masakan yang satu ini termasuk dalam kuliner khas Indonesia yang recommended di santap. Meskipun tidak familiar, setidaknya cita rasanya tidak kalah dengan jenis nasi populer lainnya.

Nasi ini disantap dengan berbagai macam jenis lauk pauk yaitu ayam goreng, ikan pepes, tempe dan tahu goreng lengkap dengan sambal yang membuatnya semakin membuat ketagihan. Sekilas mungkin hampir mirip dengan nasi kucing sebelumnya.

Tapi nasi jenis ini tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan dari daun kentut. Daun kentut bukanlah daun dengan bau yang tidak sedap melainkan sebaliknya daun tersebut justru memberikan aroma yang nikmat dan sangat baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan.

 

11. Semar Mendem

Semar mendem merupakan jenis lemper yang tidak dibalut dengan daun, sebagai gantinya maka digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang dipanaskan dengan cepat sehingga bentuknya memadat.

Isiannya bisa kamu variasiakan dengan berbagai bahan yang disukai oleh generai milenial, seperti daging, parutan kelapa, dan sebagainya.

 

12. Lapek Bugi

Kamu juga pasti asing mendengar nama kue ini bukan? Kue yang mengandung isian parutan kelapa ini adalah kuliner khas yang berasal dari provinsi Riau, yaitu dari kabupaten Kampar.

Lapek bugi atau dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai “Lepat ketan” ini awalnya adalah panganan khas yang dibuat untuk kaum bangsawan. Akan tetapi saaat ini lopek bugi tidak hanya disantap oleh masyarakat turunan ningrat saja, akan tetapi bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas, bahkan menjadi makanan oleh oleh dari Riau yang lezat

 

13. Bika Ambon

Siapa yang tidak kenal bika ambon? Kue yang berwarna kuning, teksturnya berongga dan memiliki rasa dan aroma yang khas ini pastinya banyak orang yang suka. Dan meskipun namanya Bika Ambon, namun kuliner yang satu ini bukan berasal dari Ambon lho

Betul sekali, kue ini ternyata berasal dari Sumatera Utara dan banyak dijual di Kota Medan sebagai cindera mata apabila sehabis berkunjung dari sana. Kue ini memang sudah banyak pesaingnya, jadi pastikan kamu memiliki rasa yang khas, pelayanan yang maksimal serta tempat yang strategis supaya bisnis mu juga menguntungkan

 

14. Mie Aceh

Dari namanya saja sudah pasti bisa ditebak bahwa mie ini berasal dari Aceh. Namun saat ini tidak hanya di aceh saja, tetapi sobat ukmsumut juga bisa menemukan mie ini di berbagai daerah lain.

Kuliner khas Aceh ini punya tekstur yang tebal dan dicampur dengan irisan daging dan bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh disajikan dengan digoreng, direbus atau ditumis. Bisa juga disajikan menggunakan tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi

 

15. Pem-pek

Semua orang di Indonesia pastinya mengenal jenis makanan yang satu ini. Karena sekarang makanan ini tidak hanay ditemukan di asalnya saja, yaitu sumatera selatan, namun juga sudah merambah ke seluruh daerah, terutama di pulau Sumatera.

Kamu pastinya pernah mencicipinya bukan? Kuliner khas daerah Sumatera Selatan ini memang sangat enak. Terbuat dari olahan ikan (dengan berbagai isian) yang dicampur dengan sagu. Dan tentu saja dilengkapi dengan kuah  cuka yang punya rasa pedas gurih dan menggoda lidah

 

16. Kerak Telor

Makanan ini banyak ditemui di ibukota Jakarta. Kerak telor adalah salah satu kuliner khas suku Betawi yang selalu ada pada perayaan hari ulang tahun Jakarta. Kuliner ini punya rasa gurih dan legit ketika dimakan.

Kerak telor adalah fast food-nya masyarakatJakarta. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk membelinya, hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit maka kamu dapat menikmati hidangan kerak telor hangat yang berasal dari telor, beras ketan dan ebi serta cara memasaknya yang unik, menggunakan wajan dan dibalik hingga sedikit berkerak

 

17. Rujak Cingur

Kuliner ini berasal dari provinsi Jawa Timur. Bahannya berasal dari campuran sayur dan buah-buahan yang disirami dengan bumbu petis. Yang membuat rujak ini begitu spesial dan sedikit ekstrim adalah bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan ini

 

18. Ayam Taliwang

Kalau sobat ukmsumut adalah penggemar olahan ayam, maka kuliner dari NTB ini bisa menjadi pilihan. Banyak orang yang sudah membuka cabang kuliner ini di berbagai daerah. Jadi tidak hanya ditemukan di provinsi nusa tengga barat saja.

Tentu saja bahan dasarnya terdiri dari daging ayam. Daging ayam dibakar menggunakan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan sedikit garam. Kemudian ayam tadi dicampur bersama bumbu tambahan, serta menu lainnya seperti plecing kangkung

 

19. Ayam Betutu

Kalau kamu sudah pernah liburan di pulau Bali, maka salah satu kuliner disana yang banyak penggemarnya adalah Ayam Betutu. Ayam ini punya rasa yang khas dan nikmat. Sebenarnya tidak hanya ayam saja, tetapi bisa juga bebek atau hewan lain

Kuliner ini adalah lauk yang terbuat dari hewan unggas utuh yang diberikan bumbu khusus yang bernama betutu, kemudian dipanggang dalam api sekam, sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas

 

20. Rendang Daging

Siapa yang tidak kenal rendang? bahkan tidak hanya didalam negeri, orang luar juga sudah mengenal kuliner ini sebagai salah satu yang terlezat, karena punya rempah yang banyak. Kuliner khas ini berasal dari Sumatera Barat yang menjadi kebudayaan suku minang disana.

Umumnya makanan ini berasal dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan santan kelapa dan bumbu rempah selama beberapa jam sampai mengering. Rasanya yang gurih dan juga nikmat, akan membuat makanan khas daerah sumber ini begitu disukai wisatawan

 

21. Gudeg

Kalau di sumatera ada paket komplit nasi padang, di jawa tepatnya yogyakarta ada yang namanya gudeg. Gudeg sendiri adalah kumpulan dari lauk yang berasal dari sayur nangka muda dimasak dengan santan dan proses yang lama, kemudian ditambah dengan nasi panas, kuah santan kental, siwiran ayam kampung, telur dan juga sambal krecek yang menggoyang lidah

Baca juga : 20 Ide Usaha Unik yang Masih Jarang dilirik Orang

 

Kata Penutup

Bagaimana? berbisnis kuliner nusantara memang tidak semenarik bisnis kuliner asing yang banyak peminatnya. Hanya saja selain mendapatkan untung dan memuaskan memori orang orang zaman dahulu yang pernah mencicipinya, ada misi mulia untuk melestarikan kekayaan kuliner nusantara yang sudah mulai tergerus dengan kebudayaan luar.

Semoga beberapa ide diatas bisa bermanfaat untuk pengunjung ukmsumut sekalian ya. Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan tekan tombol like, dan share, untuk membagikan nya ke media sosial kalian seperti facebook, twitter dan whatsapp. Terimakasih sudah berkunjung ya!