Bisnis Jasa Pasang Iklan Mobil Sebagai Media Promosi dan Branding

Bagaimana cara memanfaatkan mobil sebagai media iklan dan promosi yang menghasilkan uang bagi pemiliknya? Saat ini ada berbagai jasa pasang iklan di mobil dan dibayar dengan tarif yang lumayan. Oleh karena itu kali ini ukmsumut akan membahasa peluang usaha penyedia jasa promosi dengan memanfaatkan badan mobil sebagai medianya.

Ada berbagai jasa promosi iklan mobil yang sudah terkenal di indonesia, seperti promogo, ubiklan, doqar, StickEarn, Sticar dan berbagai jenis startup lainnya. Perusahaan mitra juga cukup banyak mempromosikan brandnya menggunakan jasa branding mobil ini. Sebut saja seperti traveloka, gojek, bukalapak dan berbagai perusahaan teknologi lainnya.

bisnis iklan mobil

Bagi sobat ukmsumȕt yang berniat menggunakan mobil sebagai penghasilan income tambahan, bisa saja mendaftarkan diri ke penyedia iklan mobil, atau langsung menghubungi pemilik brand untuk bekerjasama langsung dalam hal promosi.

Tentu saja ide diatas bisa dikembangkan lagi, bagaimana apabila kamu bisa merangkum berbagai pemilik mobil dan bekerjasama dengan mereka untuk menyediakan jasa branding lewat mobil ini untuk kemudian diperkenalkan kepada perusahaan perusahaan besar?

Baca juga : 12 Peluang Bisnis StartUp Terbaru Tahun Ini yang Bisa Kamu Coba

Bisnis iklan mobil ini sejarahnya berasal dari startapp yang berasal dari Amerika yang bernama Wrapify, yang mengajak para pengguna mobil untuk menjadikan body kendaraan mereka sebagai media iklan. Bisnis tersebut cukup sukses dan kemudian mulai diadopsi di tanah air.

Adapun perbedaan antara beberapa startapp penyedia iklan di mobil ini seperti perbedaan tarif, teknologi media promosinya, alat pelacak yang digunakan serta aturan terkait maksimal jarak yang boleh ditempuh oleh mobil dalam satu hari.

Apabila kamu tertarik untuk memulai bisnis ini di daerahmu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini :

 

Tips Memulai Jasa Iklan Mobil

Harga yang di tawarkan

Sebaiknya Kamu jangan pernah terkecoh dengan penawaran harga yang murah. Biasanya para penyedia jasa yang asal –asalan akan memberikan harga yang sangat rendah supaya banyak orang tertarik untuk menggunakan jasa mereka. Setidaknya Kamu perlu mengingat bahwa hasil yang bagus tentu disesuaikan dengan harga juga.

Penyedia jasa iklan mobil yang berkualitas memang ada yang menawarkan harga murah namun tentu saja itu masih di tahap wajar. Jika ada yang menawarkan branding mobil dengan harga yang dibawah pasar, sebaiknya hindari hal tersebut karena nantinya akan mengorbankan berbagai aspek yang ada.

 

Menentukan persyaratan

Persyaratan disini berlaku untuk pemilik mobil sebagai klien pertama memiliki peran sebagai klien kedua. Sobat ukmsȕmut harus menentukan beberapa peraturan untuk pemilik mobil terkait jenis mobil, alat pelacak serta peraturan maksimal jarak yang harus ditempuh oleh pemilik mobil.

Sementara itu persyaratan untuk pemilik brand misalnya tidak berkaitan dengan produk yang dilarang oleh pemerintah, sistem pembayaran dan pembagian tarif sekian persen Serta adanya controlling untuk memantau sejauhmana mobil sebagai media promosi melakukan perjalanan.

 

Menyediakan Kantor Fisik Jasa Branding

Sekarang ini aksi penipuan sangat mudah dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuka jasa branding dengan hasil yang minim. Sebagai pemain abru, perlu sangat berhati –hati, supaya konsumen tidak merasa kerugian pada saat melakukan pemesanan. Kamu harus benar –benar memastikan, bisnis penyedia jasa branding tersebut benar benar mendapatkan izin dari pemerintah

Baca juga : 28 Ide Usaha Jualan Online Shop Terlaris Tahun Ini Bisa Kamu Coba

Cara paling ampuh untuk membedakan pihak penyedia jasa yang berkualitas dengan yang tidak adalah dengan meneliti kantor atau tempat kerja pembuatan branding. Oleh karena itu memiliki kantor kecil juga tidak masalah, asalkan bisnis jasa mu itu punya kantor fisik, sehingga membuat konsumen yakin. Hal ini sangat penting supaya Kamu mengetahui apakah jasa penyedia branding mobil dapat dipercaya atau tidak.

 

Memiliki pengalaman penjualan yang baik

Jasa penyedia branding mobil yang berkualitas dapat dilihat dari portofolio klien sebagai hasil yang sudah pernah dikerjakannya. Dari informasi inilah para klien dapat melihat bagaimana jasa tersebut dapat menyelesaikan hasil akhir dari pesanan. Oleh karena itu jangan meremehkan testimoni dari konsumen.

Jika Kamu melihat mereka memiliki history pesanan yang bagus dan memiliki banyak tanggapan bagus dari pelanggan sebelumnya, Kamu dapat membuktikan bahwa tempat penyedia jasa iklanmu memang berkualitas. Apabila memungkinkan selain mendapat informasi ini dari pihak penyedia jasa, cobalah untuk meminta tanggapan dari pelanggan sebelumnya juga sebagai informasi yang akurat. Apabila tanggapan mereka buruk, lebih baik Kamu perlu mempertimbangkannya lagi.

 

Proses pengerjaan yang wajar

Para konsumen mungkin menginginkan proses pengerjaan pesanan branding mobil Kamu dapat selesai secepatnya. Namun tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu tidak bisa mengerjakannya dengan waktu yang cepat. Biasanya profesional selalu memberikan waktu yang sesuai dan dapat mereka berikan untuk menyelesaikan pemasangan iklan di kaca mobil

Kamu dapat menentukan berapa lama pengerjaan branding mobil tersebut selesai. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa profesionalnya dalam melakukan branding mobil itu. Apabila dalam satu kali pemesanan branding mobil kamu dapat menyelesaikan dalam waktu yang lama tanpa suatu alasan yang jelas, sebaiknya Kamu harus hindari itu.

 

Cek proses pengerjaannya secara langsung

Konsumen yang sudah menentukan jasa yang digunakan untuk branding mobil tidak melihat lagi proses pengerjaannya. Dengan melihat proses pengerjaan branding mobil secara langsung, kamu akan lebih baik untuk mengukur sisi profesional para karyawanmu dan cara mereka dalam bekerja.

Kamu sebagai penyedia jasa tentu saja tidak keberatan jika konsumen harus melihat proses branding mobil yang sedang berlangsung. Ini juga menghindari adanya miss komunikasi antara pelanggan dengan pekerja yang menanganinya. Konsumen dapat mengecek apakah design, model, gambar, sticker yang Kamu inginkan memang dipasang seperti itu atau tidak. Dapat di bilang ini adalah tahap pengecekan sampai mobil sudah siap dan selesai branding.

Baca juga : 18 Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

 

Kesimpulan

Apakah kamu tertarik dengan bisnis jasa penyedia iklan melalui media mobil tersebut? Semoga dengan membaca artikel diatas bisa membuka pemikiran kita mengenai peluang bisnis yang ada saat ini. Karena sebagai pemilik mobil kita bisa memanfaatkan kendaraan tersebut menghasilkan passive income hanya dengan memasang stiker promosi di kaca mobil kita

Terima kasih sudah berkunjung di ukmsumut, Jangan lupa untuk share artikel Ini dibawah dan berikan komentar mu dibawah ini.