Contoh UMKM di Kota Medan dan Sumatera Utara

UKM Medan merupakan salah peluang bisnis yang bisa dijadikan sebagai mesin income bagi masyarakat di kota medan dan provinsi sumatera utara pada umumnya. Pada kesempatan kali ini, UKMSUMUT akan membahas mengenai beberapa jenis ukm yang cocok di buka untuk wilayah medan dan sekitarnya.

Berbagai daerah seputar medan seperti medan amplas,  medan area,  medan barat,  medan baru,  medan belawan,  medan deli,  medan denai,  medan helvetia,  medan johor,  medan kota,  medan labuhan,  medan maimun,  medan marelan,  medan perjuangan,  medan petisah,  medan polonia,  medan selayang,  medan sunggal,  medan tembung,  medan timur dan medan tuntungan, bisa menjadi salah satu lokasi prospektif untuk anda pilih sebagai tempat membuka usaha

Lalu seperti apa ukm itu? Apabila anda baru pertama kali mendengar istilah UMKM atau UKM, maka kita akan bahas sedikit mengenai hal ini.  UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang merupakan bisnis produktif milik perorangan atau kelompok kecil dengan omset yang telah ditetapkan berdasarkan Undang- Undang.

Baca juga : Tips dan Kiat Manajemen Keuangan Orang China yang Terbukti Berhasil

Portal UKMSUMUT disini akan membantu para pelaku usaha kecil menengah untuk memberikan inpirasi dan ide bisnis yang layak dan cocok untuk dikembangkan di kota Medan dan sumut secara keseluruhan. Hal ini dinilai perlu agar dapat bersaing dalam era teknologi dan informasi yang menuntut eksistensi usaha dalam internet.

Peluang UKM di medan menjadi salah satu sarana untuk memasarkan produk ukm di medan. produk ukm diharapkan dapat bersaing dan menjadi lebih viral ketika dibantu diperkenalkan oleh ukm medan. dengan begitu, brand dan tingkat penjualan akan meningkat dan lebih memberikan untung kepada pelaku ukm di medan.

 

Kumpulan Contoh UMKM yang Cocok untuk dikembangkan di kota Medan

Para pelaku UKM diharapkan terbantukan untuk mengembangkan usahanya. Diharapkan dengan menjadi pelaku UKM yang melek teknologi, para pelaku ukm di medan bisa memajukan usahanya, memberikan kontribusi dalam perkembangan ekonomi regional yang sangat diharapkan untuk kemajuan medan. Berikut contoh ukm yang bisa anda coba :

 

UMKM Bidang Kuliner

Salah satu jenis bisnis yang tidak ada matinya, dan selalu memiliki konsumen abadi, adalah bisnis kuliner atau makanan. Namun disini harus lebih terperinci lagi, yaitu kuliner yang banyak disukai oleh lidah orang orang medan. Anda bisa melakukan riset pasar, sebelum memilih untuk memulai jenis makanan seperti apa.

Berdasarkan data yang dihimpun, bisnis kuliner menyumbang 41,40 persen produk domestik bruto ekonomi kreatif di Indonesia dengan nilai 383 triliun rupiah. Ini tentunya menjadi salah satu potensi yang tidak bisa diremehkan, bukan ?

 

UMKM bidang Fashion

Orang orang medan dan sumut terkenal dengan khas Ulos. Namun tidak hanya itu, anda juga bisa mengkombinasikan unsur budaya lokal dengan trend kekinian dari anak muda saat ini. Bukan hanya pakaian, namun juga aksesoris, sepatu, tas, topi dan sebagainya.

Baca juga : 32 Peluang Usaha Sampingan, cocok untuk Area Medan dan Sumut

Jelas sekali apabila anda menyukai dunia fashion, membuka butik, toko baju atau toko baju dan aksesoris kreatif. Anda juga bisa memilih menjual produk merek terkenal atau bisa juga membuat merek produk fashion sendiri. Merek-merek pakaian lokal pun kini juga banyak dicari oleh orang Indonesia.

 

UMKM bidang Furniture

Kebiasaan banyak masyaraat adalah suka gonta ganti perlengkapan rumah tangga seperti kursi, meja, dan isi yang ada di rumahnya. ini bisa menjadi peluang bagi anda yang suka dengan furniture rumah. Untuk memudahkan orang membeli perabotan yang mahal, anda bisa membuat sistem kredit perabotan, tentunya dengan DP yang disesuaikan.

 

UMKM bidang Jasa Edit Photo dan Video

Saat ini, kebutuhan akan jasa editing menjadi salah satu yang paling prospektif. Ada banyak sekali event yang mengharuskan kegiatan dokumentasi, seperti Pesta pernikahan, acara kampanye dan sebagainya. Pastikan anda sudah mengetahui dan menguasai bidang editing ini. Walaupun saat ini hampir semua orang bisa mengakses kamera, belum tentu bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

 

UMKM bidang Pendidikan

Salah satu kunci keberhasilan orangtua adalah dengan memprioritaskan pendidikan bagi anak anaknya. Anda yang punya latar belakang sebagai pengajar, atau menguasai bidang tertentu, bisa membuka kursus atau les private untuk mengajari anak anak dari kalangan menengah ke atas.

Selain itu ada juga bidang pengajaran bahasa asing, seperti lembaga pendidikan bahasa Inggris, International Language Program (ILP). Karena kebutuhan akan bahasa dunia ini begitu pesat bagi industri kerja dan dunia usaha yang mengharuskan memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris tentunya bisa menjadi sebuah peluang usaha.

 

UMKM bidang Pertanian / Agribisnis

Sumatera utara terkenal akan kekayaan alamnya, dan punya potensi pertanian dan perkebunan yang bisa anda kembangkan untuk membuka UMKM terbaru. Seperti misalnya menjual tanaman hias anggrek, tabulampot, bonsai, atau industri yang lebih ke konsumtif yaitu Hidroponik sayuran yang bebas pestisida, alias organik.

Baca juga : Cara Ternak Uang dari Bisnis Properti di tahun Ini

 

Jadilah pebisnis dan enterpreneur yang handal dan melek teknologi. sekarang bukan zamannya lagi untuk promosi offline dan hanya mengandalkan media konvensional. jadilah pelaku ukm yang sadar akan perkembangan internet dan promosi online. kembangkan usaha anda bersama ukm medan.

Tinggalkan Balasan