18 Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Modal Kecil

Seperti apa peluang usaha yang cocok dan prospektif untuk anda yang berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga? Saat ini, ada banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan didalam rumah, atau dengan bantuan media internet. Seorang IRT tentu saja bisa menjadi pengusaha untuk menambah pemasukan keluarga. Bahkan tidak jarang anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama yang menghasilkan pendapatan lebih besar dibandingkan suami.

bisnis ibu rumah tangga

Bahkan apabila anda memiliki anak kecil, cobalah membuka usaha yang tidak menyita waktu namun tetap menghasilkan income yang cukup lumayan. Anda juga harus memilih jenis usaha yang anda minati dan kuasai karena itu membuat anda sangat mudah mengelolanya.

Kunci utama untuk berhasil memulai bisnis adalah konsisten dan tidak gampang putus asa. Sebagai seorang ibu yang mengurus keluarga, anda tentunya harus mampu membagi waktu antara bisnis dan keluarga. Disini lah dibutuhkan manajemen waktu yang tepat

Namun jangan khawatir, ukmsumut akan memberikan beberapa bisnis yang memang cocok untuk posisi anda saat ini. Bahkan bisnis ini bisa anda lakukan secara berdampingan dengan waktu mengurus keluarga.

Baca juga : Cobain Peluang Bisnis Ramadhan dan Lebaran yang Penuh Untung Ini!

Bisnis khas ibu rumah tangga memang sangat banyak dicari dan dilakukan bagi para Ibu di indonesia. Selain menghemat biaya, beberapa usaha untuk ibu rumah tangga juga bisa dilakukan dirumah sambil mengurus anak.  Apa saja Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan?

 

Membuka Toko Sembako dan Kebutuhan Sehari hari

Setiap orang membutuhkan yang namanya bahan makanan pokok untuk dikonsumsi sehari hari. Membuka toko sembako merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menjadi sebuah usaha yang dilakukan sembari mengurus keluarga.

Ada bisa memanfaatkan tempat kosong untuk membuka toko sembako, bisa juga di teras rumah yang luas dan mulailah berjualan disana. Anda juga bisa memilihlah lokasi yang strategis seperti daerah yang ramai atau dipinggir jalan besar.

Buatlah rincian harga yang tidak terlalu mahal dan bisa bersaing dengan toko lainnya. Karena jika anda menjual terlalu mahal, bisa saja para pembeli pindah ke toko lain yang lebih murah atau ramah pelayanannya.

Carilah distributor atau grosir yang menjual kebutuhan pokok yang murah, agar nantinya anda bisa membeli bahan-bahan yang akan anda jual dengan mudah dan murah serta menjalin kerja sama yang baik dan konsisten.

Persiapkan juga peralatan teknis seperti gunting, tali rapia, kantong plastik, kalkulator, etalase, rak, meja dan lainnya untuk memudahkan anda berjualan nantinya.

Buatlah rekapan stock barang dimana anda bisa mengetahui barang mana yang habis dan yang masih tersisa. Kemudian teruslah melakukan survei harga sembako karena biasanya harga sembako selalu bergerak dinamis mengikuti kondisi pasar.

 

Dropship, Reseller atau Toko Online

Ketiga jenis bisnis ini termasuk kedalam bisnis internet marketing. Bagi ibu rumah tangga dengan menjadi dropshipper, reseller atau jualan lewat toko online adalah langkah yang tepat, selain menghemat waktu dan lokasi, juga menghemat tenaga.

Baca juga : 15 Peluang Bisnis yang Unik dan Anti-Mainstrem, Cobain Sekarang!

Ketiga bisnis ini memiliki perbedaan, yaitu :

Dropshipper merupakan kegiatan menjual barang milik orang lain tanpa modal dan anda hanya diberikan selisih komisi dari hasil penjualan. Dalam bisnis ini, kita tidak perlu memikirkan rugi atau dana yang telah dikucurkan untuk menjual produk tertentu, akan tetapi keuntungannya juga tidak terlalu besar.

Reseller merupakan kegiatan membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk dijual kebali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjulan barangnya tersebut. Jelas disini terdapat perbedaan antara reseller dan dropshipper.

Toko Online yaitu Pengertian dari toko online adalah anda sebagai owner atau pemiliknya yang membuka toko dan memiliki brand ( produk sendiri ) untuk dipasarkan kepada hal layak publik serta jika anda sukses memasarkannya, keuntungan yang didapat akan berlipat ganda sedangkan anda juga harus siap menelan kerugian.

 

Membuka Jasa Sewa WiFi di Sekitar Rumah

Apabila anda tinggal di pedesaan atau tempat dengan akses internet yang terbatas, anda bisa membuka bisnis WiFi untuk koneksi internet. Saat ini memang banyak orang yang menggunakan Smartphone, termasuk orang-orang di pedesaan. Namun karena akses internet yang terbatas atau mahal, menjadikan mereka tidak bisa memaksimalkan smartphonenya

Anda bisa memasang wifi di rumah atau tempat yang strategis, dekat sekolah atau kantor pemerintahan. Dengan menggunakan sistem voucher atau billing, anda bisa menetapkan tarif yang lebih murah dibandingkan dengan penggunaan warnet.

 

Menjual Kosmetik dan Produk Kecantikan

Perempuan tidak bisa lepas dari riasan wajah atau barang-barang kosmetik. Membuka usaha yang satu ini memang tetaplah prospektif, apalagi memiliki jaringan pertemanan yang luas. Kosmetik dan produk kecantikan lainnya merupakan kebutuhan bagi kaum hawa, terutama yang ingin mempercantik diri.

Cobalah untuk memahami jenis dan kegunaan dari setiap barang kosmetik yang akan anda jual. Sebagai contohnya anda  ingin berjualan lisptick, maka 1 jenis lipstick saja yang anda tekuni untuk membuat segmentasi pasar lebih jelas.

Untuk berjualan kosmetik, anda perlu menentukan lokasi yang strategis untuk anda berjualan. Atau anda juga bisa menjualnya lewat media sosial dan toko online, apabila tidak ingin repot dan lebih luas jangkauannya.

Carilah distributor atau pemasok yang menjual harganya terjangkau. Tingkatkan juga kualitas brand kosmetik. Ini akan membantu menghindari kosmetik sembarangan akan berdampak buruk bagi para penggunanya.

Menjual kosmetik perlu memenangkan strategi persaingan dengan harga jual. Anda perlu menerapkan harga yang kompetitif dalam membuat daftar harga produk supaya bisa lebih bersaing. Buatlah selisih harga yang lebih murah, supaya konsumen juga banyak yang melirik.

 

Membuka Usaha Kue dan Roti

Berjualan kue dan roti memang sangat menguntungkan bagi para ibu rumah tangga. Modal yang dibutuhkan juga cukup murah hanya dengan 500 ribu anda sudah bisa mencobanya. Misalnya ketika anda membeli terigu 1 kg saja sudah menjadi 10 roti yang siap jual.

Anda bisa menitipkan kue ataupun roti ke warung dan bisa juga mempromosikannya melalui sosial media seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook dengan sistem pre-order. Ingatlah ketika menitipkan roti atau kue, jagalah kualitas dan kebersihan dari wadah yang digunakan.

Baca juga : Jadilah Pemenang Bisnis tanpa Harus Menjatuhkan Pesaing

Tentukan terlebih dahulu jenis kue atau roti apa yang ingin dijual, bahan-bahan yang diperlukan, plastik, strategi pemasaran dan sebagainya. Anda harus membuat cita rasa yang enak dan khas supaya dikenali oleh pelanggan. Selain itu tampilkan juga food display yang menarik agar pembeli juga tertarik membeli rotinya

 

Membuka Warung Makan atau Katering

Membuka warung makan dan katering memang sangat menguntungkan, khususnya bagi ibu rumah tangga yang menyukai dunia memasak dan kuliner.

Anda bisa membuat perencanaan terlebih dahulu mengenai jenis warung makan apa yang akan di kelola nantinya, misalnya jenis usaha nasi uduk, warung makan serba ada, nasi padang, warteg atau jenis warung makan lainnya.

Persiapkan secara matang dari segi teknis dan non teknis. Buatlah daftar detail jenis barang apa yang ingin dibelanjakan. Anda juga perlu mencari tempat yang strategis untuk membuka usaha warung makan tersebut, seperti dekat kantor atau pabrik, sekolahan atau pinggir jalan besar.

Buat yang ingin membuka jasa catering juga sama saja. Tentukan terlebih dahulu target katering untuk siapa, misalnya untuk anak sekolahaan, katering untuk acara besar,  untuk kantor ataupun untuk acara rumahan.

Persiapkanlah modal, laporan keuangan secara detail dan terperinci serta carilah suplier bahan makanan yang terjangkau. Perhatikan juga kesegaran makanan yang anda gunakan. Langkah terakhir adalah promosi bisnis catering anda di media sosial dan internet.

 

Menjual Jasa di Situs Freelance

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan tertentu, seperti misalnya bidang desain grafis, konsultan keuangan, akuntan, ahli seo, pembuatan website, programing, atau jasa lain yang banyak dibutuhkan, bisa menjual nya lewat berbagai situs freelance.

Nantinya anda akan dibayar untuk melakukan projek tertentu dengan rentang waktu yang sudah disekati. Bisnis ini cukup fleksibel dan bisa dilakukan di rumah, sembari mengurus anak. Jadi menjual jasa juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Bisnis lain yang mungkin anda tertarik mencobanya diantaranya :

  • Bisnis Laundry Rumahan
  • Bisnis Jasa Penitipan Hewan Peliharaan
  • Bisnis Sekolah PAUD dan Jasa Penitipan Anak
  • Bisnis Bimbingan Belajar atau BimBel
  • Bisnis Jasa Menjahit, Permak dan Custom Pakaian
  • Bisnis Pembuatan Bingkisan, Parsel dan Aksesoris
  • Bisnis Berjualan Frozen Food (Makanan Beku)
  • Bisnis FotoCopy, Print, dan Alat tulis Kantor
  • Bisnis Agen Travel
  • Bisnis Tempat Penjualan Pulsa, Tiket Pesawat, Pembelian Listrik dan PDAM
  • Bisnis Pertanian Modren dan Hidroponik

 

Baca juga : Bisnis Anda Bangkrut? Jangan Stress, Ini Cara Menghadapinya

Bagaimana? semoga ide bisnis diatas memang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis sampingan yang cocok untuk ibu ruma tangga. terimakasih sudah berkunjung di website ukmsumut, jangan lupa tekan tombol share dibawah dan bagikan postingan ini di media sosial kalian ya.