Bisnis Usaha Sampingan Mahasiswa Medan Menguntungkan

Diposting pada

Bisnis Medan – Kali ini ukmsumut akan membahas mengenai Bisnis dan Usaha bagi Mahasiswa di Medan dan Sumut dalam Mengisi Waktu Luang yang tentunya menguntungkan dan menjadikan waktu menjadi lebih produktif. Penasaran? yuk intip bisnis nya.

Banyak bisnis atau usaha yang cocok bagi mahasiswa untuk menambah penghasilan sampingannya. Selain berguna untuk menambah penghasilan, memiliki bisnis sejak dini menjadi penambah pengalaman bagi mahasiswa kini. Kali ini ukmsumut akan memberikan beberapa daftar bisnis yang bisa dijalankan oleh setiap mahasiswa yang sesuai dengan minat, bakat juga keterampilan yang dimilikinya, silahkan simak beberapa diantaranya :

Bisnis Dropship Atau Reseller

Bisnis ini banyak digandrungi oleh kalangan muda. Menjual produk yang didapat dari seller utama bisa menjadi sebuah ide bisnis modal kecil bagi mahasiswa. Dropship atau reseller adalah bisnis yang memiliki persamaan yang intinya adalah memasarkan dan menjual produk orang lain. Keuntungan yang didapat berasal dari margin antara harga beli dengan harga jual kembali yang kamu tawarkan kepada konsumenmu.

Baca juga : Peluang Bisnis Franchise Waralaba di Medan

Bisni ini kamu tidak perlu lagi memikirkan bagaimana cara membuat atau memiliki barang untuk dijual, kamu cuku memikirkan pemasaran dan promosi saja. Karena untuk bisnis seperti dropship, pemilik barang akan mengirim langsung barang kepada pembeli mu dengan brand yang kamu punya. Contohnya bisnis dropship atau reseller adalah berjualan baju, pulsa, sepatu, kaos, tas, dan barang yang disukai oleh anak muda.

Jasa Desain Grafis

Sekarang ini banyak sekali organisasi, himpunan atau perkumpulan anak muda yang memiliki kegiatan. Dalam kegiatan perkumpulan tersebut selalu membutuhkan peralatan atau perlengkapan pendukung demi terciptanya kegiatan yang baik. Seperti alat promosi berupa banner, spanduk dan juga plakat atau kenang kenangan. Nah disini kamu bisa mengguakan peluang ini untuk menawarkan jasa desain grafis yang sangat dibutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan – kebutuhan tersebut.

Desain grafis dengan menggunakan suatu perangkat lunak seperti Photoshop, CorelDraw atau Adobe Illustrator diperlukan untuk menghasilkan karya karya yang menakjubkan. Kamu cukup memanfaatkan komputer atau laptop yang hampir dimiliki oleh setiap mahasiswa untuk kebutuhan kuliah. Hal ini tentunya bisa menjadi modal utama dalam memulai peluang bisnis yang menguntungkan.

Jasa Penulis Artikel

Jasa penulis artikel memang jarang sekalil peminatnya. Bila kamu suka dengan dunia menulis, kamu juga bisa mengikuti lomba cerpen, lomba blog atau lomba yang berkaitan dengan menulis. Jasa penulisan ini dapat mendatangkan banyak keuntungan dan juga tidak memerlukan modal yang besar. Bisnis sebagai penulis sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki website populer karena ketersediaan konten yang menuntut mereka memperkerjakan seorang penulis artikel seperti kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menulis di redaksi koran atau media online di tempat kamu tinggal. Menjadi penulis atau wartawan memiliki waktu yang fleksibel dan tidak mengganggu jadwal kuliah mu. Berikan konten yang berkualitas bagi setiap tulisan yang kamu hasilkan agar orang lain tertarik dan tetap menggunakan jasa tulisan kamu.

Bisnis Tour dan Travel Guide

Bagi kamu mahasiswa yang punya hobi atau kesukaan travelling ke tempat tempat seru seperti misalnya di sumatera utara yakni danau toba, kamu dapat memulai bisnis sebagai jasa tour dan travel guide ke berbagai destinasi wisata tersebut. Bisnis ini dapat memberikan profit yang lumayan. Selain mendapatkan keuntungan materil, kamu juga  dapat ikut mengikuti setiap travelling yang diwarkan oleh klienmu. Bisnis yang satu ini bisa dimulai dengan mengumpulkan para mahasiswa atau pelajar yang ingin melakukan study tour, kemudian bila sudah berpengalaman kamu bisa segera membuka jasa pendamping untuk khalayak umum.

Bisnis Bimbingan Belajar atau Les Private

Bila kamu adalah mahasiswa jurusan pendidikan atau keguruan dan menguasai mata kuliah atau bidang pelajaran tertentu, kamu bisa membuka bisnis les ini. Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk mendirikan jasa bimbingan belajar. Bisnis ini juga bisa dilakukan sendiri ataupun secara tim asalkan mereka kompeten dibidang nya masing masing.

Menjalankan bisnis bimbingan belajar ini sebaiknya jangan hanya terbatas pada satu bidang pembelajaran saja. Tetapi usahakan untuk melayani berbagai jenis bidang pembelajaran. Pada event tertentu pula kamu bisa meraup keuntungan, misalnya kursus TOEFL, SBMPTN dan lainnya. Bisnis ini bisa dikembangkan sampai bidang non akademis seperti kursus mengemudi, belajar vokal, dan lainnya. Berikan pelayanan yang memuaskan agar klien mu tetap royal menggunakan jasa mu ini.

Jasa Fotografi dan Video Editing

Bisnis ini khusus untuk mahasiswa yang hobi mengedit foto atau video. Kategori bisnis yang berhubungan erat dengan hobi ini banyak sekali orang yang sangat suka dengan dunia foto dan video, seperti sekarang banyak yang menggunakan instagram dan youtube sebagai sumber pemasukannya. Bisnis ini memiliki potensi yang besar kalau ditekuni dengan giat dan konsisten. Untuk memulai bisnis ini, kamu harus memiliki skill dalam mengedit foto atau video. Untuk promosi sendiri bisa memanfaatkan media sosial dan website.

Jasa Servis Komputer, Laptop dan Smartphone

Bisnis selanjutnya adalah untuk mahasiswa yang suka oprek oprek barang elektronik termasuk komputer dan smartphone. Bisnis ini cukup potensial karena para mahasiswa atau pelajar mayoritas telah memiliki laptop saat ini. Usaha ini hanya bisa dijalankan oleh mereka yang benar – benar mengerti dan menguasai hardware dan software perangkat elektronik.

Selain membutuhkan keterampilan, kalian yang ingin terjun dalam usaha ini memerlukan berbagai peralatan pendukung seperti obeng, tang, dan tempat atau ruangan khusus untuk melakukan servis. Bisnis jasa ini bisa kamu promosikan kepada teman kuliah, teman sekolah, teman kos dan bahkan kamu bisa membuka servis untuk umum bila bisnis ini berjalan lancar.

Bisnis Jualan Makanan dan Minuman

Bisnis ini memang tergolong sepele dan memiliki untung kecil. Namun bila dilakukan dengan giat dan dalam skala yang cukup luas, tetap bisa memberikan pundi pundi rupiah yang terbilang lumayan. Kamu bisa berjualan dengan sistem “kantin kejujuran”. Artinya kamu meletakkan makanan dan minuman kesukaan banyak orang di tempat tempat berkumpulnya mahasiswa atau pelajar seperti di wifi corner, event kampus, bazar, pameran dan acara lainnya yang memungkinkan kamu bisa menjual makanan serta minuman ringan tersebut.

Demikian artikel ukmsumut mengenai Bisnis Mahasiswa Medan Mengisi Waktu Luang kali ini, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari inspirasi bisnis dalam mengisi waktu luang atau senggang. Jangan lupa untuk berkomentar di bawah ini.