Home » Bisnis » Proposal Usaha Bawang Goreng Renyah Crispy

Proposal Usaha Bawang Goreng Renyah Crispy

Bagaimana peluang usahabawang goreng ? Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk dari komoditas pertanian yang dianggap sepele, yaitu bawang merah dan bawang putih. Kamu bisa memulai bisnis berjualan bawang goreng berbagai rasa hanya dengan menggunakan modal kecil. Karena usaha ini cenderung tidak membutuhkan peralatan yang banyak, tinggal pemilihan rasa dan packaging yang menarik, bakalan bisa memberikan untung yang maksimal. Penasaran mengenai rencana bisnisnya? Silahkan simak pembahasannya dari ukmsumtu dibawah ini

Mengapa bawang goreng bisa menjadi pilihan bisnis ? karena merupakan salah satu makanan favorit keluarga dan banyak orang Indonesia khususnya masyarakat yang menjadikannya penambah rasa. Bawang goreng juga menjadi salah satu camilan yang digunakan dalam melengkapi makanan yang ada, seperti sate, sup, mie dan lain lain

Bawang Goreng Selain mudah dalam pembuatannya, juga tidak membutuhkan teknologi khusus untuk mengelola bahan utamanya, yaitu bawang merah. Kamu bisa membuat produk yang dikemas rapi dan diberi brand untuk meningkatkan nilai penjualan produk.

Mengapa memilih bawang goreng? karena bisa dilakukan dari rumah. Bahan bakunya juga relatif lebih mudah didapatkan. Seluruh anggota keluarga masyarakat Indonesia kebanyakan menyukai bawang goreng untuk dijadikan teman lalapan dan makan.

Bisnis Bawang Goreng

Bisnis bawang goreng medan
Bisnis bawang goreng

Awal memulai usaha sobat ukmsumut bisa merogoh kocek awal untuk modal sekitar Rp 2 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli bahan baku yakni bawang dan peralatannya. Dari situ, kamu bisa membuat 50 kemasan dan dijual dengan cara konvensional terlebih dahulu.

Sebelum menjalani bisnis, kamu juga seharusnya melakukan tes atau riset pasar untuk melihat minat konsumennya. Seperti membawa ke sekolah, atau teman teman kantor lainnya. Dari situ, kamu bisa membuat variasi rasa seperti rasa pedas yang berbeda level, karena selera pedas orang itu berbeda-beda

Baca juga : Usaha Jus Buah Kemasan

Resep Bawang Goreng Crispy

Bisa dikatakan sebagai bisnis yang relatif mudah karena hanya berbahan dasar bawang, namun tetap diperlukan tips untuk memasak bawang goreng yang renyah dan crispy. Hindari untuk menggoreng menggunakan minyak jelantah dan tidak meniriskan nya setelah selesai menggoreng. Sobat ukmśumut perlu mengetahui beberapa tips untuk membuat bawang goreng yang krispi di bawah ini.

Langkah 1

Pilih bawang ukuran besar dan masih segar. Kenapa harus bawang mewah dengan ukuran yang besar? Karena ukuran besar akan menghasilkan potongan yang lebih memiliki permukaan luas dan Bawang yang segar akan menghasilkan rasa yang gurih. Jadi pilih bawang dengan ukuran besar serta keadaan yang masih segar.

Langkah 2

Lalu irislah bawang tersebut menjadi beberapa bagian yang simetris dan usahakan tipis. Bawang yang dipotong dengan ukuran tebal akan menghasilkan bawang goreng yang empuk, tidak crunchy. Kamu bisa menggunakan bantuan alat atau memotongnya dengan manual.

Langkah 3

Nah terusnya sobat ukmsumut bisa merendam potongan bawang tersebut dengan air garam sebanyak 1 sendok selama kurang lebih setengah jam. Hal ini akan mengubah struktur bawang menjadi lebih renyah dan crispy apabila digoreng.

Langkah 4

Nah ini adalah beberapa rahasia yang sering dilakukan oleh pedagang bawang goreng, yaitu setelah merendam bawang di dalam air garam kamu bisa menaburi nya ke dalam tepung maizena atau tepung jagung. Cukup tambahkan sedikit jangan banyak-banyak.

Langkah 5

Sebelum menggoreng bawang kamu harus mengeringkannya secara merata di permukaan wadah yang luas selama 1 sampai 2 jam lebih. Hal ini untuk mengurangi kadar air di dalam bawang sehingga nanti apabila digoreng bawa menjadi lebih crispy.

Langkah 6

Nah setelah itu sobat ukmsumut melakukan proses penggorengan menggunakan minyak baru yang memiliki suhu panas. Jangan lupa untuk mengaduk bawang sehingga nanti masaknya merata dan tidak ada bagian yang empuk.

Langkah 7

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah setelah menggoreng bawang sampai warna kekuningan, maka segera tiriskan. Di sini kamu bisa menggunakan mesin penghilang minyak atau apabila tidak ada, bisa meniriskan dibawah tissu, supaya minyaknya berkurang.

Baca juga : Coba Usaha Jualan Pisang Nugget Harga Seribuan

Analisa Usaha Bawang Goreng

Biaya

PeralatanKuantitas x Harga @Jumlah
Wajan Besar

Kompor

Gas

Pisau

Packaging

Wadah

1 x 250.000

1 x 150.000

1 x  190.000

1 x  50.000

100 buah

3 x 18.000

250.000 150.000

190.000

50.000

150.000

54.000

Total 884.000
analisa usaha bawang goreng

Biaya Produksi Per Hari

Bahan Kuantitas x Harga @Harga
Bawang merah

Minyak goreng

Garam

Kertas minyak

Plastik

25 kg x 11.000

5 liter x 12.000

2 x 1.000

 

160 buah x 350

275.000 60.000

2.000

12.000

56.000

Total 405.000
bahan dan kuantitas

1 hari = 1 x proses = 405.000

1 minggu = 2 x proses = 810.000

1 bulan (4 minggu) = 8 x proses = 3.240.000

Biaya Promosi

Pamflet = 250.000

Pulsa = 100.000

Total = 350.000

Besar Omset

Apabila 1 bungkus bawang goreng dijual seharga = 5.000

dan 1 hari laku 160 bungkus = 160 x 5.000 = 800.000

Untung per hari = 800.000 – 405.000 = 395.000

Kalkulasi peluang bisnis bawang goreng diatas, adalah perhitungan kasar, yang tidak dapat disamakan dengan kondisi masing masing dari kalian. Jadi, ini hanya dijadikan sebagai gambaran umum bisnis untuk melihat bagaimana prospektifnya usaha jualan bawang goreng.

Produk dan Segmentasi

Produk usaha ini seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, adalah Bawang Goreng yang berasal dari Bawang Merah dan banyak ditanam oleh Petani di berbagai daerah di Indonesia, khususnya daerah pegunungan dan daerah dingin.

Untuk segmentasi bisnis bawang goreang crispy ini difokuskan kepada industri kuliner seperti penjualan bakso, soto, sate, nasi goreng dan dan juga gerai oleh oleh yang berada di daerah wisata.  Maka dipastikan permintaan bawang goreng kemasan ini sangat tinggi dan tidak mungkin akan turun dalam beberapa tahun kedepan.

Packaging yang Inovatif

Dalam industri kreatif yang selalu dikedepankan adalah packaging yang menarik. Apalagi industri kuliner yang saat ini banyak muncul dengan nama-nama yang aneh, menggunakan strategi penjualan yang unik dan wadah bungkus yang menyita perhatian. Kamu harus banyak belajar mengenai cara menggaet konsumen milenial dengan melakukan berbagai inovasi dalam produk bawang goreng mu.

Tempat Jualan Strategis

Penjual camilan bawang goreng sama saja dengan berbisnis kuliner lain dimana membutuhkan tempat untuk berjualan. Idealnya kamu bisa membuka di daerah sekolah atau kampus, di mana target konsumen mu kebanyakan adalah mahasiswa atau pelajar. Namun apabila sobat ukmsúmut tidak memiliki modal untuk menyewa tempat, kamu bisa menjual lewat online menggunakan sistem pre order.

Pemasaran

Untuk memesan produknya, calon konsumen bisa memesan di Instagram, Facebook, Aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line dan membuka lapak di market place seperti Tokopedia dan BukaLapak. Sementara itu bila terus berkembang, tidak ada salahnya juga membuat website toko online sendiri untuk mengembangkan bisnis mu.

Intinya dalam menjalankan bisnis bawang goreng ini yang terpenting adalah mengenali produk. Kemudian, produk yang dibuat adalah hasil produksi sendiri sehingga tahu plus minusnya. Dan tetap bisa menjaga kualitas supaya konsumen tidak kecewa.

Hambatan Bisnis

Memang, dalam menjalani bisnis pasti ada tantangan. Tantangan tersebut seperti di antaranya adalah membagi waktu antara pekerjaan utama mu dan memproduksi bawang goreng. Namun bila ingin fokus, maka sobat ukmsumut lebih baik memilih yang menghasilkan saja.

Selanjutnya adalah masih belum sempurnanya produk bawang goreng karena masih banyak minyak. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli mesin pengering makanan yang tentunya harus mengeluarkan budget yang lebih besar.

Kamu bisa menjual produk bawang goreng yang seharga antara Rp 25 ribu (100 gram) hingga Rp 125 ribu per kemasan (500 gram). Untuk target produksi rata-rata kamu bisa menjual 1.000 kemasan. Sehingga Omzet yang bisa kamu terima bisa mencapai rata-rata puluhan juta dengan keuntungan bersih tergantung penjualan dan efisiensi produksi.

Kata Penutup

Bisnis bawang goreng memang terkesan sederhana, namun apabila skalanya besar, maka omsetnya juga akan melimpah. Bawang yang dianggap sebagai pelengkap makanan ini, bisa menjadi pemain penting dalam bisnis yang akan kamu garap. Selain karena akrab di lidah masyarakat indonesia, bawang juga punya manfaat yang bagus bagi kesehatan.

Demikian pembahasan mengenai Bisnis Bawang Goreng kali ini, semoga bisa membantu sobat ukmsumut memulai bisnis sampingan di rumah. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman atau saudara lainnya. Terimakasih telah berkunjung di ukmsumut. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar mu dibawah atau hubungi mimin di halaman kontak diatas.

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya

Share on: