Hubungan Keputusan Bisnis dengan Etika Bisnis

Bagaimana hubungan antara etika bisnis dan keputusan bisnis? Kali ini ukmsumut akan membahas materi tersebut lengkap dengan pengertian keputusan bisnis dan etika bisnis. Seperti yang kita ketahui, etika bisnis dan keputusan bisnis adalah salah satu elemen yang penting dalam pengembangan bisnis perusahaan.

etika keputusan bisnis

Apa yang dimaksud dengan etika bisnis? Etika bisnis merupakan suatu norma atau cara melakukan aktivitas bisnis yang mencakup keseluruhan aspek yang terkait dengan individu perusahaan serta lingkungan masyarakat.

Lalu apa yang dimaksud dengan keputusan bisnis ? Keputusan bisnis, merupakan pembuatan suatu keputusan yang mempengaruhi bisnis kedepannya.

Perkembangan teknologi seperti adanya big data dapat memberikan solusi bagi pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis yang mendalam serta dapat memberikan solusi dari pemecahan masalah krusial yang terjadi dalam suatu bisnis.

Baca juga : 15 Peluang Bisnis Unik Terbaru Tahun Ini yang Bisa Anda Coba

Seperti apa contoh keputusan yang dianggap tidak melanggar etika bisnis? Suatu keputusan dikatakan tidak melanggar etika bisnis apabila keputusan tersebut dapat diterima

Hal tersebut juga tidak mengalami benturan terhadap lingkungan perusahaan, karyawan dan juga masyarakat dan diterapkan dalam pemecahan masalah yang ada.

Beberapa kriteria dan persyaratan pengambilan keputusan yang sesuai dengan etika yaitu diantaranya adalah :

  • Pendekatan yang bermanfaat didukung oleh perilaku moral yang menghasilkan kebaikan terbesar bagi jumlah mayoritas
  • Pendekatan Individual, yaitu keputusan yang memberikan kepentingan terbaik dalam jangka panjang terhadap seseorang
  • Konsep etika yang menjaga hak dan bisa dipertanggungjawabkan terhadap beberapa hak seperti hak persetujuan bebas, hak atas privasi, hak kebebasan hati nurani, dan hak berpendapat hak hidup dan keamanan.

 

Contoh hubungan etika dan keputusan bisnis

Pengambilan keputusan yang sesuai dengan etika akan memberikan dampak positif dalam bisnis sehingga tidak terjadi kerusakan yang berakibat terjadinya krisis moneter dan ekonomi dalam dunia bisnis.

Untuk itu penerapan etika dalam pengambilan keputusan bisnis sangat penting untuk membuat suatu keputusan yang bertanggung jawab baik secara internal maupun eksternal. Karena setiap keputusan tidak hanya dipandang berdasarkan sisi ekonomi saja, namun juga menyesuaikan dengan aspek sosial budaya, politik serta keamanan suatu wilayah.

Oleh karena itu keputusan bisnis yang sesuai dengan etika haruslah sesuai dengan nilai dan norma yang patut dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau bangsa. Sehingga etika disini peran sebagai filter dan standar yang digunakan untuk menyesuaikan terhadap suatu kondisi lingkungan.

Keputusan bisnis tanpa etika, akan membawa dampak negatif serta penolakan dari lingkungan sekitar. Sementara itu etika bisnis tanpa keputusan bisnis, adalah suatu norma aturan tanpa adanya action atau kegiatan wujud nyata.

 

Baca juga : Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bisnis dan Strategi Menghadapinya

Demikian materi dari ukmsumut mengenai Hubungan antara keputusan bisnis dengan etika bisnis. Semoga pembahasan kita diatas dapat menambah referensi dan pengetahuan kalian mengenai bisnis secara lebih mendalam. Jangan lupa tekan tombol share untuk membagikan tulisan ini di media sosial kalian, Terima kasih.