Home » Materi Ekonomi » 20 Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan tidak Sempurna

20 Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan tidak Sempurna

Apa pengertian pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna? Pertanyaan tentang ini memang sering kita temui pada materi ekonomi di sekolahan. Pasar persaingan sempurna adalah suatu kondisi  perekonomian dimana produsen, konsumen dan produk (barang atau jasa) tersedia dalam jumlah yang banyak, saling bersaing dengan sehat karena masuk kedalam bisnis tersebut sangat mudah (tidak adanya batasan) dan terjadilah kegiatan kompetisi yang sempurna.

Sementara itu pengertian dari Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari persaingan sempurna. Dimana jumlah pembeli banyak, namun produsen atau penjual tidak banyak, menjual barang yang homogen dan tentu saja, untuk masuk kedalam persaingan tersebut sangat sulit.

Karakteristik dasar yang membedakan kedua kondisi ini adalah kemudahan dalam memasuki pasar. Kalau persaingan sempurna kita bisa masuk pasar dengan mudah, namun untuk kondisi persaingan yang tidak sempurna kita tidak bisa memasuki pasar (bersaing) dengan mudah, karena berbagai hal, misalnya terkendala syarat dan regulasi yang memberatkan untuk produsen baru.

Ada banyak sekali contoh soal persaingan sempurna dan tidak sempurna dalam kehidupan kita sehari hari. Dalam kenyatannya, kedua kondisi pasar ini bisa terjadi. Masing masing dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Ada beberapa faktor dalam mempengaruhi pasar yang perlu sobat ukmsumut ketahui, apakah bersifat “persaingan sempurna” atau tidak. Beberapa diantaranya adalah :

  • Jumlah Penjual dan Pembeli
  • Sifat Barang yang dijual
  • Akses terhadap Pasar (Free Entry and Free Exit)
  • Pengetahuan Tentang Pasar
  • Perpindahan Sumber Ekonomi

Contoh Pasar Persaingan Sempurna di Indonesia

Contoh Pasar Persaingan Sempurna di Indonesia
Contoh Pasar Persaingan Sempurna di Indonesia

Beberapa contoh pasar persaingan sempurna dibawah ini kami rangkum untuk mempermudah kalian dalam memehami seperti apa ciri ciri dari jenis pasar ini. Sebenarnya ada banyak contoh kasus yang bisa kita temukan di Indonesia. dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Pasar beras di Bengkulu

Adanya Jenis pasar beras di provinsi Bengkulu ini bisa dikatakan sebagai pasar persaingan sempurna. Namun pasar ini terintegrasi spasial secara tidak sempurna. Dimana apabila terjadi guncangan di pasar kota Bengkulu hanya akan ditransmisikan ke pasar Bengkulu Selatan dan Bengkulu Utara tetapi tidak untuk pasar Rejang Lebong.

Pasar Bukit Surungan

Pusatnya Sayur Mayur Segar di Provinsi Sumatera barat. Di Pasar persaingan sempurna ini, kita bisa menemukan lengkap tersedia sayuran-sayuran segar berbagai jenis seperti, buncis, seledri, wortel, daun bawang, labu siam, tomat, kentang, kol, cabai merah, cabai hijau dan bahan dapur lainnya. Hasil sayur mayur memang menjadi komoditas utama di provinsi sumbar.

Pasar tradisional Cieungsi

Contoh pasar sayur lainnya adalah pasar Tradisioal Cileungsi yang merupakan salah satu daerah yang berada di Kabupaten Bogor. Produk pertanian sayur memiliki harga pasar tersendiri yang tidak bisa dipengaruhi oleh penjual atau pembeli. Harga sayur ditentukan dari interaksi penawaran dan permintaan pasar. Barang yang dijual bersifat homogen yaitu hanya sayur-sayuran saja.

Pasar Buah Ngabul

Pasar jenis ini merupakan salah satu jenis Pasar tradisional yang menjadi pusat pasar buah di daerah Jepara. Pasar ini banyak menjual Durian, Rambutan, Nangka dan buah khas tropis lainnya. Pasar ini ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara sebagai Pasar Durian Jepara, dimana direncakan akan dijadikan sebagai Pasar Induk Buah.

Pasar Induk Osowilangun

Pasar ini terletak di Surabaya atau yang sering disingkat PIOS. Ini adalah pasar yang banyak menjual buah dan sayur. Para pedagang berasal dari Gresik dan Lamongan banyak belanja buah dan sayur dengan jumlah besar untuk dijual kembali.

Bursa Efek Indonesia

Kalau kalian pernah beli saham, pastinya tidak asing dengan pasar ini. Pasar ini biasa disingkat dengan BEI adalah salah satu lembaga pasar modal. BEI terbentuk dari penggabungan antara Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Sebelum merger Bursa Efek Jakarta yang beroperasi di Jakarta dikelola oleh BAPEPAM milik pemerintah, Bursa Efek Surabaya yang beroperasi di Surabaya dikelola oleh PT. Bursa Efek Surabaya milik swasta, dan Bursa Paralel dikelola oleh Persatuan Pedagang Uang dan Efek-Efek

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru

Terletak di daerah Penjaringan, Jakarta Utara kini telah beroperasional sembilan bulan sejak diresmikan oleh Presiden bulan Maret lalu. Saat peresmian pasar ini, presiden menyebut PIM Muara Baru mirip seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang.

Pasar Ikan Modern Sabilulungan

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI juga telah membangun pasar ikan modern kedua di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pasar ini bernama Pasar Ikan Modern (PIM) Sabilulungan yang terletak di Jalan Raya Gading Tutuka, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Pasar Hewan Terpadu Kulonprogo

Pasar hewan ini sudah menerapkan sistem transaksi penjualan dan pembelian hewan ternak secara online menggunakan aplikasi Taniku. Fitur Pasar Hewan Terpadu terdapat informasi Pasar Burung dan Rumah Potong Hewan (RPH) yang memudahkan peternak untuk bisa masuk dan berjualan didalamnya tanpa adanya batasan.

Pasar Keramik Sitimang

Pasar ini terletak di Kota Jambi punya daya tarik tersendiri. Pasar ini merupakan surga bagi para pemburu pajangan dan perabot rumah tangga dari keramik dan sudah eksis sejak 40 tahun lalu. Sudah ada sejak tahun 1970 lalu. Kini pasar keramik tidak lagi dikelola pemilik aslinya, sudah turun-temurun.

Baca juga : Contoh Monopoli Perdagangan di Indonesia

Contoh Pasar Persaingan tidak Sempurna di Indonesia

Contoh Pasar Persaingan tidak Sempurna di Indonesia
Contoh Pasar Persaingan tidak Sempurna di Indonesia

Berlawanan dengan pasar persaingan sempurna, jenis pasar Imperfect Competition Market atau contoh pasar persaingan tidak sempurna ini merupakan jenis pasar yang memiliki berbagai kategori lagi, yaitu pasar monopoli, monopolistik, oligopoli, monopsoni dan oligopsoni. Berikut beberapa contohnya yang sudah ukmsumut rangkum dan bisa kita temui sehari hari :

Industri Bioskop di Indonesia

Praktek monopoli yang dilakukan oleh industri bioskop di tanah air. Kasusnya adalah Blitz Megaplex yang baru masuk dalam industri film bioskop mengalami kesulitan untuk memperoleh film nasional dan film box office, karena importir film box office yang menjadi perusahaan yang terafiliasi dengan bioskop 21Cineplex.

Hal ini diduga ada persaingan tidak sehat antara Grup 21Cineplex dan Blitz Megaplex, Blitz Megaplex akhirnya melaporkan kepada KPPU terhadap dugaan pelanggaran penyalahgunaan posisi dominan yang dilakukan oleh 21 Cineplex.

Pasar monopoli listrik nasional

Kegiatan monopoli yang dilakuan oleh PT. PLN yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan punya kewajiban menyediakan kebutuhan listrik di seluruh wilayah di Indonesia. Pada faktanya masih banyak kasus di mana BUMN yang melakukan praktek monopoli justru merugikan masyarakat.

Walaupun sebenarnya monopoli ini untuk kepentingan rakyat berdasarkan UUD 1945 Pasal 33. Akan tetapi pada sisi lainnya banyak keputusan PLN justru belum atau tidak menunjukkan kinerja yang baik dalam pemenuhan kebutuhan listrik di Indonesia

PT. Chevron Indonesia Company

Perusahaan yang berasal dari California, Amerika serikat ini dinyatakan telah bersalah melakukan tindakan monopolistik bisnis dengan mendiskriminasi dalam tender export pipeline front end enggineering and design contract. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menghukum PT Chevron membayar denda sebesar 2,5 miliar rupiah.

Operator Telekomunikasi

Bisnis Operator Seluler di Indonesia dikategorikan sebagai pasar oligopoli yang menjadi jenis pasar tidak sempurna. Kita pastinya memiliki smartphone bukan? dan seperti yang diketahui jika setiap HP harus memiliki SIM card supaya bisa dioperasikan untuk SMS, Menelepon dan juga akses ke Internet.

Beberapa produsen operator di Indonesia dimulai dari BUMN ada Telkomsel dan para pesaingnya yang terhitung jari yaitu XL, Indosat, Smartfren, dan Tri.

Pasar Mie Instan di Indonesia

Praktek monopili terhadap industri mie instan di tanah air juga bisa dikatakan sebagia persaingan tidak sempurna. Karena hanya terdiri dari beberapa produsen yaitu Indofood (Indomie, Supermie), Wings (Mie Sedap) dan juga beberapa merek produk lokal lainnya.

Industri Semen di Indonesia

Pasar ini juga hanya terdiri dari beberapa produsen saja. Ini termasuk kedalam oligopoli murni, karena produk yang dijual tidak dapat dibedakan karena sifatnya memang mirip, yaitu semen. Di Indonesia terdapat beberapa produsen semen yang terkenal seperit Semen Padang, Holcim, Tiga Roda, Indocement dan lainnya.

Industri Sepeda Motor

Pasar sepeda motor di Indonesia merupakan contoh dari pasar oligopoli, dimana pada industri sepeda motor ini, terdapat beberapa produsen yang saling bersaing dengan produk yang bervariasi.

Produsen sepeda motor yang terkenal di Indonesia misalnya adalah Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Dan tentu saja, untuk produsen baru yang ingin memproduksi motor di Indonesia akan cukup sulit, karena beberapa pabrikan besar diatas sudah memiliki sumber daya dan service center yang tersebar di seluruh Indonesia.

Industri Smartphone

Ada juga Pasar Smartphone yang semakin ketat akhir akhir ini. Industri teknologi HP pintar memang menjadi contoh pasar olipoli.

Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri ada beberapa vendor smartphone yang masih eksis seperti Apple, Samsung, OPPO, Xiaomi, Lenovo hingga ASUS saling bersaing dengan merk dan seri smartphone terbaru, tentunya dengan fitur dan inovasi teknologi baru yang mereka tawarkan.

Industri Aviasi Nasional

Maskapai Penerbangan di Indonesia juga bisa dikategorikan sebagai pasar persaingan tidak sempurna dengan jenis pasar oligopoli.

Dahulu, industri penerbangan di tanah air bersifat monopoli dan hanya dikuasai oleh PT. Garuda Indonesia. Namun kebijakan itu dirubah hingga muncul maskapai lokal lain seperti Lion Air, Air Asia, Wings Air, dan Merpati Air sehingga jasa penerbangan kemudian berubah menjadi pasar oligopoli.

Industri Mobil

Pabrikan Mobil di Indonesia yang hanya terdiri dari beberapa saja. Hampir sama dengan sepeda motor, penjualan mobil juga termasuk dalam pasar oligopoli, walaupun produknya bisa mengalami diferensiasi. Terdapat beberapa pabrikan yang bersaing dalam pasar mobil di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Nissan dan Datsun.

Kata Penutup

Materi ekonomi mengenai persaingan sempurna dan tidak sempurna memang cukup mudah untuk dipahami. Namun jarang sekali kita kata-kata menemukan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita lebih sering mempelajarinya dari teori ekonomi yang diajarkan oleh guru di sekolah.

Semoga saja dengan memberikan beberapa contoh dari persaingan sempurna dan tidak sempurna dari ukmsumut di atas, bisa menambah pengetahuan dan referensi mu seputar ilmu ekonomi. Mohon untuk menekan tombol bagikan di bawah ini untuk men-share artikel ini ke teman-temanmu yang ada di media sosial.

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya

Share on: