Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bisnis dan Strategi Menghadapinya

Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap bisnis yang sedang kamu kelola? seperti yang kita ketahui memulai bisnis membutuhkan strategi dan rencana yang matang. Hal ini dikarenakan berbisnis membutuhkan modal, dan tidak ada orang yang rela kehilangan modal ketika memulai bisnis kemudian menghadapi kegagalan.

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai pengaruh lingkungan eksternal maupun internal terhadap perkembangan suatu bisnis. Bagian ini akan menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap bisnis. Tentunya akan ada contoh dampak negatif dan positif dari perubahan lingkungan yang mempengaruhi bisnis kamu.

Tidak hanya perkembangan bisnis saja, lingkungan juga berpengaruh terhadap kinerja dan kesempatan bisnis yang ada. Namun sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu mengenai bisnis, lingkungan dan hubungan keduanya.

Apa itu bisnis? Bisnis merupakan suatu kegiatan untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen demi mendapatkan keuntungan atau profit. Setiap orang atau lembaga tentunya melakukan bisnis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

lingkungan bisnis

Baca juga : Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Tanpa Harus Menjatuhkan Kompetitor

Apa itu lingkungan? Lingkungan adalah suatu kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia. Definisi lingkungan sangat luas, sehingga kita akan lebih fokus untuk membahas lingkungan yang dapat mempengaruhi tingkah laku makhluk hidup.

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap gagal atau berhasil nya suatu bisnis. Karena dalam lingkungan terdapat elemen dan faktor yang dapat mendorong atau juga menghambat perkembangan suatu bisnis.

Dalam pembagiannya lingkungan dapat dibagi dua yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal adalah kondisi yang mempengaruhi bisnis dari dalam, sementara lingkungan eksternal adalah kondisi yang mempengaruhi dari luar.

 

Apa pengaruh lingkungan terhadap bisnis?

Kita dapat menjelaskan apa pengaruh lingkungan terhadap bisnis, dengan mengetahui terlebih dahulu apa apa saja yang terdapat dalam lingkungan internal dan eksternal.

Lingkungan internal dalam bisnis mencakup :

  • Tenaga kerja
  • Modal
  • Bahan baku
  • Alat produksi
  • Manajemen
  • Pemegang saham

Sementara lingkungan eksternal bisnis bisa mencakup :

  • Pelangggan
  • Produsen
  • Distributor
  • Kompetitor
  • Kreditor
  • Pembuat Kebijakan
  • Serikat Pekerja
  • Lembaga Swadaya
  • Lingkungan makro (seperti keadaan teknologi, ekonomi, sosial budaya, hukum, global dan kondisi geografis alam)

Setelah menggambarkan jenis lingkungan yang bisa mempengaruhi perkembangan bisnis, maka Seperti apa lingkungan tersebut dapat berkontribusi dalam kesuksesan ataupun kegagalan suatu bisnis?

Baca juga : Solusi Mengatasi Takut Rugi dalam Memulai Bisnis

Seperti yang kita ketahui lingkungan yang mempengaruhi suatu bisnis sudah Sangat terbuka dan kompleks. Kesuksesan suatu perusahaan bisnis tidak hanya tergantung dari faktor internal, namun juga faktor eksternal.

Menurut kusdi (2009) pengaruh antara perusahaan dengan elemen lingkungan dapat berupa

  • Pengaruh yang bersifat jangka panjang, yaitu hubungan bisnis dengan pemasok, baik itu berupa pemasok energi, bahan, pemodal,pelanggan, masyarakat dan pemerintah
  • Pengaruh yang bersifat sementara atau jangka pendek, misalnya hubungan dengan pelanggan atau konsumen yang bersifat sekali ataupun bisa berulan-ulang.
  • Pengaruh yang bersifat kerjasama, bisa bersifat persaingan atau perbedaan kepentingan.
  • Pengaruh regulatif, yaitu hubungan dengan badan-badan pemerintahan atau pembuat kebijakan.

 

Lalu seperti apa strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi pengaruh lingkungan?

Pelaku bisnis atau perusahaan bisa melakukan beberapa strategi yang membuat bisnis beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya yaitu diantaranya

Analisis lingkungan bisnis

Strategi bisnis bisa dilakukan salah satunya dengan cara melakukan analisis lingkungan. Analisis lingkungan diperlukan karena proses bisnis tidak bisa terlepas dari lingkungan. Lingkungan mempengaruhi berjalannya suatu bisnis oleh karena itu lingkungan walaupun tidak bisa diprediksi secara akurat namun bisa dianalisis dan dilihat dari faktor yang ada disekelilingnya.

Penyesuain internal

Strategi ini ini cukup ampuh yaitu dengan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang dapat berubah sewaktu-waktu, dimulai dari menyesuaikan perencanaan, struktur, sistem juga prosedur kerja.

Pengendalian terhadap lingkungan

Selain menyesuaikan, untuk menghadapi pengaruh lingkungan, pelaku bisnis juga harus mengendalikan lingkungan dengan cara seperti melakukan merger (penyatuan lembaga bisnis), joint venture, Kooptasi (masuknya orang berpengaruh kedalam bisnis), CSR (Coorporate Social Responsibility), Iklan, Pengadaaan asosiasi bisnis yang serupa dan juga merubah bidang produksi bisnis.

 

Baca juga : 8 Perbedaan Bisnis Modern dan Tradisional, Kelebihan dan Keuntungannya

Demikianlah yang bisa mimin kosngosan sampaikan mengenai bagaimana lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan suatu bisnis. Semoga dapat menjadi referensi bagi kalian yang membacanya. Mohon untuk menekan tombol share di bawah dan bagikan konten ini di sosial media kalian, terima kasih