Home » Bisnis » 31 Usaha Unik di Desa yang Menguntungkan Pemula

31 Usaha Unik di Desa yang Menguntungkan Pemula

Apakah kamu sedang mencari ide usaha unik di desa yang cocok buat pemula? Mungkin kamu yang membaca artikel ukmsumut ini berpendapat bahwa menjadi pengusaha itu menyenangkan. Faktanya, tidak banyak orang sadar bahwa kesuksesan 99% pengusaha berasa dari kerja keras dari modal kecil hingga mendapat omset besar.

Kita hanya melihat puncaknya saja, dan terkadang sering mengabaikan perjuangan mereka untuk meraih omset milyaran setiap bulannya. Apabila kamu memang berniat hendak menjadi pebisnis yang kreatif, maka jangan tanggung tanggung untuk memulainya.

Karena ada banyak kasus yang bercerita tentang kebanyakan pemula yang ikut ikutan trend bisnis, tidak serius dan akhirnya gagal. Kemudian berpendapat bahwa membuka bisnis itu payah dan sulit sekali, kemudian akhirnya bersikap skeptis dan sinis terhadap setiap peluang usaha yang datang kepadanya.

Berbisnis kini telah menjadi pilihan banyak orang. Banyak para pegawai yang resign dan beralih untuk berbisnis dan berwirausaha yang memang lebih menyenangkan juga menguntungkan, bila digeluti dengan sungguh-sungguh dan fokus.

Beberapa daftar usaha, bisnis atau ukm modal kecil yang cukup menjanjikan dan menguntungkan di desa pinggiran memang kami nilai sama prospeknya.

Berikut ini mungkin biasa untuk kamu coba, warga desa yang ingin membuka usaha unik di desa nya, dan menjadi pengusaha yang memperkerjakan banyak karyawan :

Usaha Unik di Desa untuk Pemula

usaha unik didesa

Selain memiliki prospek cerah usaha tersebut juga menjanjikan untung besar hingga jutaan rupiah. Namun pastinya yang namanya mainstrem, sudah ada banyak orang yang mencobanya. Memilih jenis bisnis ini akan menjadikan kamu memiliki banyak saingan bisnis.

Tapi tidak perlu khawatir, selama kamu unik, berkualitas dan konsisten memberikan kepuasan maksimal kepada konsumen, maka kamu akan tetap bertahan dan menjadi juara. Berikut beberapa daftar usaha, bisnis dan ukm yang menjanjikan di desa kecil

Berbeda dengan bisnis kebanyakan, mungkin bisnis ini sedikit eksentrik, unik dan berbeda dengan kebanyakan yang orang miliki.

Salah satu kelebihan bisnis unik dibawah ini adalah minimnya saingan bisnis dan memiliki target konsumen yang lebih spesifik. Hanya saja kamu perlu memaksimalkan promosi dan memilih brand bisnis secara kreatif.

Baca juga : Contoh UMKM di Desa

Toko sewa atau jual perlengkapan bayi

Bagi kaum Ibu yang hamil tentunya sudah harus mempersiapkan banyak hal, mengenai perlengkapan calon bayi, seperti baju, celana, daleman, kaos kaki, kupluk, mainan, bedak bayi, sabun bayi, minyak untuk bayi dan semua perlengkapan untuk bayi.

Disinilah letak peluang bisnis untuk kita memulai membuka usaha dibidang perlengkapan bayi, dari mulai pakaian, perlengkapan mandi, semua lengkap harus dipersiapkan

Karena jika promosi yang dilakukan itu benar dan sesuai maka kita tinggal menunggu keuntungannya. Khusus mainan bayi, kamu bisa membuat jasa sewa selama beberapa bulan, misalnya

Menjual Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga

Orang orang didesa sangat kesulitan dalam membeli furnitur dan perlengkapan rumah tangga ke kota. Mereka harus menempuh waktu lama untuk bisa berbelanja.

dan kamu bisa menawarkan solusi dengan mendirikan toko khusus perabotan atau perlengkapan rumah tangga tersebut.

Kamu bisa menjual barang seperti Meja, Kursi, lemari, Kasur, Tempat buat piring, gelas, Piring, Gelas dan sendok, Ember, Tempat sampah, Rice Cooker dan masih banyak lagi tergantung ketersediaan dan juga modal yang dikeluarkan untuk bisnis peralatan rumah tangga ini

Jualan mainan anak

Saat ini anak anak di pedesaan juga sudah mengenal gadget dan smartphone. Sudah menjadi keharusan bagi orangtua untuk membelikan mainan yang lebih “Sehat” kepada anak, seperti mainan tradisional.

Wlaupun mainan murahan, tetapi pastinya anak anak juga suka dengan koleksi mainan tersebut, usaha ini memang butuh modal yang lumayan besar jika ingin mengambil mainan dalam jumlah yang banyak.

Kamu bisa mengawalinya dengan cara reseller barang dengan jumlah yang sedikit, jika permintaan pelanggan semakin banyak maka stok dapat ditambah

Jasa Pemanenan Pertanian

Di daerah pedesaan yang banyak berprofesi sebagai petani, banyak dari mereka yang tidak sempat atau tidak sanggup untuk mengelola lahannya secara sendirian, maka dia harus mempekerjakan orang lain untuk melakukan misalnya proses pemanenan dan pengiriman pasca panen ke luar kota.

Kamu bisa berperan dalam jasa ini sehingga mendapatkan keuntungan tanpa harus memiliki lahan sama sekali (dengan hanya mengandalkan kemampuan dan tenaga). Kamu juga bisa mendirikan startup jasa khusus menawarkan pemanenan atau pengiriman produk pertanian

Menjadi Pengepul Pertanian

Kamu ingin bergelut di bisnis pertanian akan tetapi tidak memiliki lahan yang cukup? Kamu yang pynya modal cukup maka kamu bisa menjadi seorang toke atau pengepul.

Pengepul di sini adalah majikan yang tugasnya mengumpulkan berbagai jenis barang (dalam hal ini produk pertanian seperti sawit, karet, kakao, dll) langsung dari petani kemudian menjualnya kembali ke perusahaan atau pabrik dengan margin keuntungannya.

Ini merupakan salah satu profesi yang cukup prospektif di bidang pertanian saat ini, namun pastikan kamu menguasai alur supply chain suatu produk pertanian yang ingin kamu fokuskan

Menjual Kuliner Ekstrim

Kuliner atau makanan memang tidak ada matinya. Bisnis ini akan selalu ramai dan diminati oleh masyarakat sejak dahulu. Hal ini disebabkan banyaknya para ibu rumah tangga yang sibuk bekerja di luar rumah sehingga terlalu repot jika harus memasak.

Nah disini kamu tidak hanya menjual makanan yaang biasa saja, tetapi juga makanan yang luar biasa. Bagi yang suka kuliner ekstrim, bisa mencoba restoran yang menyajikan konsep atau bahan makanan yang diluar biasanya, seperti konsep rumah hantu.

Di daerah lain seperti Sulawesi, adalah surganya kuliner ekstrim. Bagi kamu yang menyukainya bisa membuka kedai makan khusus menjual kuliner ekstrim seperti sup kelelawar, sup ular, kripik jangkrik,

ada juga sup lidah sapi dan sebagainya yang memang aneh dan patut untuk dicoba. Bisnis ini mungkin pada awalnya tidak akan memiliki pengunjung yang rame, tapi akan menjadi fenomenal dan terkenal di kawasan tersebut.

Jasa Pembayaran Tagihan

Bagaimanapun, jasa ini juga tetap prospektif bila dijalankan di desa kecil seperti daerah pinggiran kota dan bahkan di daerah terpencil yang susah akses jalan nya sekali pun, karena memang banyak dibutuhkan masyarakat. Kesibukan orang untuk antri di bank ataupun bumn, bisa dijadikan celah untuk membuka bisnis dan usaha.

Apalagi sekarang ini sistem pembayaran rekening listrik dan telepon lebih mudah karena bisa dilakukan secara online dan melalui internet. 

Bayar pulsa, beli paket data dan lainnya sudah bisa digunakan melalui fitur fitur terkini. Nah kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka kios khusus pembayaran bulanan, sehingga tidak repot lagi saat mengantri di kantor-nya.

Jualan Pakaian Khas

Pakaian tidak akan ada matinya. Barang satu ini selalu dibutuhkan dan diinginkan banyak orang, terlebih pada momen momen tertentu seperti idul fitri dan tahun baru. Pakaian disini bisa kamu coba menjual jilbab, kemeja, kaos, celana, seragam, piyama dan jenis pakaian lain yang banyak orang gunakan.

Hal ini sesuai dengan kreatifitas mu. Apabila ingin yang lebih spesifik, bisa menjual pakaian khas dari berbagai daerah di Indonesia, dan menjualnya lewat online dengan menumpang lapak di ecommerce besar seperti tokopedia, bukalapak, blibli dan lazada.

Bisnis dan Marketing Online

Sekarang ini sudah saatnya kamu memulai sesuatu berbasis online dan daring di dunia maya, bila tidak, siap – siap untuk mengalami ketinggalan zaman.

Kamu yang memiliki kenalan atau mungkin menguasai ilmu marketing, maka membentuk tim untuk bekerja sama antara tenaga marketing dan pembuat website atau pengelolanya. Kamu bisa memasarkan jenis produk melalui online dan dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

Kamu bisa memulai reseller atau dropship barang barang unik dan antimainstream yang tidak ditemui di berbagai ecommerce tanah air. Kamu bisa mencoba impor barang tersebut dari luar, seperti dari Amazon, Alibaba atau AliExpress.

Baca juga : Contoh Bisnis Jualan ala Online Shop

Laundry pakaian Anak

Terdengar lucu bukan? sedikit jijik? Dan itulah bisnis antimainstream yang pertama ini. Kamu pastinya tidak senang mencuci pakaian dalam anak kecil? Namun faktanya ada banyak orang diluar sana yang untuk mencuci pakaian dalam nya saja merasa malas tingkat tinggi.

Pasti banyak. Dan karena hampir seluruh jasa laundry mainstream tidak menerima jenis pakaian dalam, maka orang orang tersebut akan mencuci pakaian dalam mereka sembarangan saja, tanpa memperhatikan kehigienisannya.

Kamu bisa mengkalkulasikan agar setiap konsumen yang ada dibedakan mesin cucinya, memberikan sejenis obat obatan tertentu untuk membunuh bakteri yang mungkin lebih parah dibanding pakaian biasa, dan tentunya dengan sistem pembayaran bukan per kilo, tetapi per helai atau per gram 😀

Jasa bangun rumah Container

Container selain dijadikan bangunan usaha juga bisa digunakan untuk tempat tinggal dan pastinya memerlukan biaya yang relatif lebih murah dibanding rumah konvensional lainnya. Kamu bisa menjadi konsultan dan menyediakan pekerja proyek khusus untuk membangun rumah dan bangunan dari bahan baku kontainer.

Bekerjasama lah dengan pihak penjual kontainer bekas dan kamu bisa membuat bangunan baru dengan isi perabotan yang menarik. Jadi kontainer pengiriman atau peti kemas yang kamu lihat bertumpuk di atas truk serta pelabuhan, kini sudah bisa menghasilkan uang bagi kamu. Tertarik untuk mencobanya?

Jasa ART rumah Tangga

Bisnis satu ini khusus untuk orang yang super sibuk di pedesaan yang punya kelebihan dana dan kebetulan sering merasa malas dalam membersihkan kamar rumah miliknya. Kamu bisa membentuk beberapa orang dalam satu tim untuk membangun bisnis ini tanpa modal sama sekali. Hanya mengandalkan jasa tenaga saja

Untuk meningkatkan jangkauan bisnismu, kamu bisa mengadakan promosi dari media sosial misalnya, lewat selebaran yang ditempel di dinding kampus dan dari mulut ke mulut. Kalau hasil yang diberikan memuaskan, bukan tidak mungkin bisnis mu akan menjadi besar ditengah kalangan mahasiswa.

Service Bengkel portable

Ini sangat membantu bagi kita yang tiba tiba mengalami ban kempes di tengah jalan sepi yang tidak ada bengkel tetapnya. Kamu bisa memasang seperangkat peralatan bengkel dan tambal ban di atas becak atau mobil pick up dan mempromosikan layananmu di media sosial, website, radio dan menempelkannya di tiang pinggir jalan.

Dengan manajemen yang baik, bisnis ini bisa sangat prospektif karena tidak banyak orang yang mau dipanggil untuk melakukan jasa ini

Membuka Toko Hewan Peliharaan

Walaupun di pedesaan, orang orang pasti suka memelihara hewan tertentu misalnya burung kicau, kucing, anjing dan sebagainya. Ini bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha dengan membuka toko hewan, misal menjual makanan dan kebutuhan sehari hari, membuka jasa perawatan hewan, dan lainnya

Menjual hewan peliharaan seperti ikan hias dan burung cukup prospektif saat ini. Usaha ini memang kurang diminati didaerah perkotaan, tetapi usaha ini laris manis didaerah desa yang didukung dengan tempat yang masih asri terutama untuk tempat tinggal hewan peliharaan tersebut yang mendukung.

Menjadi Youtuber Pedesaan

Kamu kenal youtuber Li Zi Qi atau Dianxi Xiaoge? Youtuber dari china yang punya subscriber jutaan itu fokus membuat konten khusus tentang kehidupan mereka di pedesaan.

Jadi terlihat alami dan orang orang menyukai menonton video mereka. Kamu juga bisa, membuat channel youtube khusus yang memberikan pemandangan khas pedesaaan, otomatis orang orang di perkotaan juga senang menontonya bukan?

Membuka Jasa pangkas rambut

Jasa potong rambut semakin hari juga semakin banyak peminatnya, apalagi di pedesaan yang memang jauh dari akses mobilitas. Untuk model bisnisnya semakin besar, dengan berbagai pelayanan tambahan supaya pelanggan setia potong rambut disana, seperti misalnya ditambah pijat memakai alat, menawarkan harga murah, pakai AC dan sebagainya

Walaupun bisnis jasa ini tetap memerlukan modal untuk membangun tempat yang nyaman bagi pelanggan, tetapi modal yang paling utama adalah modal keahlian dalam memotong rambut menjadi bentuk apapun sesuai trend saat ini tentunya

jasa penitipan anak

Walaupun di pedesaan, orang orang juga terkadang sibuk dengan pekerjaan di luar rumah, sehingga tidak sempat untuk mengurus bayi atau anak kecil mereka. Jadilah usaha jasa penitipan anak bisa kamu jadikan peluang bisnis yang cukup prospektif.

Peluang bisnis jasa penitipan anak (bayi) ini bisa menjadi pilihan, tetapi harus diperhatikan mengenai keterampilan dalam merawat bayi itu sendiri, misalkan dengan merekrut karyawan yang sudah pengalaman menjadi baby sitter atau perawat bayi

Menawarkan Jasa les privat

Usaha jasa bimbingan eksklusif ini sebenarnya sama dengan bisnis kursus. Tetapi les privat ini lebih personal, dan door to door ke rumah ruamh murid untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Les privat sendiri sangat tepat untuk sobat ukmsumtu yang seorang pengajar, misalkan guru atau dosen, yang menyisihkan waktu luang untuk mengajar murid yang meminta les privat dirumah, waktu les privat bisa satu jam, dua jam, atau sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Menjual masker anti polusi

Tidak bisa disangkal kita sedang hidup dalam masa pandemi, dan udara di luar juga memiliki kualitas yang semakin memburuk. Terlebih saat musim kemarau ketika di wilayah tertentu mengalami kebakaran hutan gambut yang menyebabkan musibah bencana asap terjadi dimana aman.

Kamu bisa menjual seperangkat masker anti polusi. Ini akan menjadi peluang bisnis inovatif di tahun tahun berikutnya. Karena sudah pasti yang namanya industri dan transportasi selalu menghasilkan polusi yang bisa merusak kualitas udara kita.

Jasa Penghapus Akun Sosmed

Banyak orang yang menganggap sosial media sebagai toxic yang harus dikurangi pemakaiannya, atau bahkan dihapus karena berbagai alasan. Sosial media belakangan ini menjadi pemicu banyaknya tingkat stress karena orang orang membandingkan diri mereka dengan apa yang dilihat di dalam instagram misalnya.

Apabila kamu menyukai dunia internet dan akrab dengan sosial media, kamu bisa membuka jasa ini. Klien mu nanti akan memberikan paassword dan email (bisa juga tidak) dan tim mu akan menghapus seluruh akun dan postingannya, atau bisa juga sebagai jasa konsultasi penyakit2 yang ditimbulkan oleh aktifitas di media sosial

Membuat Cafe Konsep Pedesaan

Walaupun masih di daerah pedesaan namun anak-anak muda pastinya tidak memiliki tempat nongkrong di malam hari yang cocok dengan selera mereka.

Dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang bisa kamu geluti dengan membuka Cafe khas pedesaan untuk anak-anak mudah di sana

Tempat Wisata Khas Desa

Saat ini orang-orang di perkotaan menginginkan wisata ke daerah pedesaan untuk menikmati suasana yang lebih asri dan alami.

Apabila kamu memiliki lahan yang cukup luas kamu bisa menyulapnya menjadi tempat wisata khas pedesaan dengan menawarkan pemandangan indah

Budidaya Ikan dalam Drainase

Usaha unik di desa selanjutnya jika di pedesaan yang memiliki aliran air irigasi untuk sawah, kamu bisa bekerja sama dengan para petani

Lakukan pola kemitraan untuk beberapa rumah yang didepannya dialiri oleh drainae, untuk beternak ikan konsumsi seperti ikan mas atau ikan mujair untuk dikembangbiakkan di daerah drainase tersebut

BUDIKDAMBER

Budidaya ikan dalam ember bisa jadi usaha unik di desa yang tidak banyak orang lakukan, biasanya hanya bisa menghasilkan produk peternakan ikan.

Namun kamu bisa menambah nilai jual dengan menanam tanaman sayuran di atas ember tersebut, menggunakan sistem hidroponik

Membentuk Koperasi Desa

Koperasi desa atau lembaga untuk peminjaman modal usaha bagi pelaku bisnis yang bertempat tinggal di desa sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin memulai bisnis di sana.

Kalian bisa bekerja sama saling bahu-membahu untuk membentuk koperasi desa ini. Koperasi ini bisa jadi usaha unik di desa yang membantu anggota nya mendapatkan pinjaman modal

Mendirikan Pasar Dadakan

Apabila kamu memiliki lokasi strategis di pinggir jalan, maka mendirikan pasar dadakan cukup membuat orang orang petani terbantukan untuk memasarkan produk mereka.

Kamu bisa memungut sewa tempat atau lapak dari masing-masing penjual. Usaha unik di desa ini bisa jadi pilihan, sebab banyak petani yang tidak terakomodir tempat penjualannya yang layak

Sewa Alat Pertanian

Usaha unik di desa lainnya, berhubungan dengan dunia pertanian. Bagi sebagian petani yang tinggal di pedesaan mereka tidak memiliki modal untuk membeli alat pertanian modern dalam mengelola pertaniannya.

Oleh karena itu kamu bisa menawarkan jasa sewa alat pertanian. Karena membeli alat pertanian, seperti hand tractor, mesin panen dan lainnya itu harganya mahal, jadi lebih baik menyewa mesin saja, kan?

Bank Pupuk dan Pestisida

Selain itu untuk membantu petani kamu juga bisa membangun suatu lembaga atau organisasi usaha berupa bantuan untuk meminjam pupuk dan pestisida

Kemudian nanti dibayarkan dengan cara mencicil apabila petani sudah masuk masa panen. Usaha unik di desa ini bisa jadi pilihan kalau kamu memang punya kepentingan untuk memajukan dan mensejahterakan petani

Pembangkit Listrik Alternatif

Usaha unik di desa terbaru, berhubungan dengan pemanfaatan energi terbarukan yang ada di desa. Di sebagian daerah di pedesaan listrik PLN masih belum terjamah.

Oleh karena itu apabila kamu memiliki basic Insinyur atau teknik kelistrikan kamu bisa membangun instalasi listrik alternatif seperti pembangkit listrik tenaga angin atau air

Sewa Sepeda, Motor atau Mobil

Orang orang di pedesaan, lebih menyukai untuk menaiki sepeda. Tapi kalau didesa mu punya objek pariwisata, bisnis rental kendaraan adalah salah satu usaha unik di desa.

Apabila di desamu adalah tempat wisata nggak akan bisa menawarkan sewa sepeda untuk para wisatawan dalam mengelilingi desa lebih mudah. Atau buat yang membawa keluarga, bisa rental mobil, dan motor.

Voucher Wifi

Saat ini yang namanya akses internet menjadi kebutuhan bersama Apalagi kita memasuki masa pandemi yang mengharuskan setiap kegiatan persekolahan dilakukan secara online.

Di daerah pedesaan yang minim akses internet kamu bisa membangun jaringan wi-fi kemudian menjual vouchernya. Selain voucher, kamu juga bisa jual dengan sistem koin.

Baca juga : Peluang Usaha di Desa yang Potensial

Kata Penutup

Berbisnis memang butuh persiapan, dan inovasi yang tiada hentinya untuk menciptakan barang atau jasa yang unik dan berbeda. Dengan demikian konsumen mu akan menemukan ke-khas-an pada bisnis mu yang mudah diingat.

Demikianlah pembahasan mengenai Jenis Usaha Bisnis Menguntungkan di desa kecil kali ini, semoga dapat membantu mu dalam menginspisari membuka usaha secepat mungkin.

Jangan tunda lagi, berikan yang terbaik untuk orang lain melui bisnis kamu. Berikan pendapat dan saran mu dan jangan lupa share artikel ini. Terimakasih telah berkunjung.

Share on: