Peluang Usaha Paling Potensial di Desa yang Menjanjikan di Masa Depan

Seperti apa usaha paling sukses di desa? Pada dasarnya konsumen di desa sangat berbeda dengan konsumen yang ada di kota. Sehingga pemilihan jenis bisnis, metode promosi, manajemen dan perencanaannya juga tentu saja harus disesuaikan. Apabila kamu sedang tinggal di desa, atau memiliki rencana untuk berbisnis di daerah pedesaan yang jauh dari kota, maka artikel dibawah ini mungkin bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Pada kesempatan kali ini, ukmsumut akan membahas mengenai Peluang Bisnis Usaha Berbasis Pedesaan yang memang kebanyakan orang jarang melirik potensi bisnis berbasis pedesaan ini. Tetapi bila digeluti dengan fokus, bisnis di desa akan jauh lebih menguntungkan daripada di perkotaan, lho kok bisa?

Karena potensi desa selain sedikit kompetitornya, juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya. Kesederhanaan konsep bisnis juga membuat sobat ukmsumut bisa segera memulai bisnis apa saja, bahkan dengan modal kecil sekali pun.

Baca juga : Tips berinvestasi Awal untuk Pemula Anti Gagal

Desa memiliki potensi bisnis yang luar biasa. Umumnya, bisnis yang berkembang pesat di pedesaan merupakan bisnis yang berfokus pada agribisnis dan agroindustri yang mengandalkan sumber daya alam sebagai modal bisnis utamanya. Mari kita simak beberapa bisnis khas pedesaan yang bisa kamu coba berikut ini :

 

Ternak Ayam Kampung

Permintaan ayam kampung setiap harinya makin membludak, membuat peluang usaha dari ayam kampung yang mungkin bisa digeluti sekarang. Untuk memulainya, kamu perlu menentukan sistem ternak nya seperti apa, apakah memilih sistem umbaran atau sistem semi intensif yang masing masing memiliki kelemahan dan kelebihan.

Ternak ayam kampung sangat cocok untuk masyarakat pedesaan karena memang sangat jarang perumahan warga padat seperti pemukiman atau komplek. Selain itu, karena tingginya tren konsumsi yang sehat seperti ayam organik. Pangsa pasar ayam kampung tidak hanya untuk konsumsi daging saja, tetapi juga telur nya yang memiliki harga yang cukup tinggi apabila dijual kembali ke perkotaan.

 

Budidaya Berbagai jenis Ikan

Membudidayakan ikan sangat cocok untuk kamu yang tidak suka repot mengurus ayam. Karena cukup memiliki kolam yang terbuat dari terpal, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Dengan lingkungan yang menguntungkan sangat cocok untuk membudidayakan ikan karena tak sedikit masyarakat di perkotaan yang membutuhan ikan sebagai makanan atau lauk sehari-hari.

Ada banyak jenis ikan yang menjadi favorit masyarakat, seperti ikan mas, ikan nila, lele, gurame, ikan hias dan lainnya. Kamu harus jeli melihat pasar. Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan jenis ikan mana saja yang paling prospektif dibudidayakan di daerah kamu.

 

Berkebun Berbagai Komiditi

Peluang usaha di pedesaan salah satunya dalah dengan berkebun berbagai komoditi unggulan seperti sayuran, buah buahan dan untuk industri perkebunan seperti sawit dan kakao. Biasanya tanah pedesaan lebih subur dan banyak lahan perkebunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Kamu harus bisa menentukan kondisi tempat perkebunan dengan komoditi yang cocok untuk ditanam. Bila tempatnya adalah kaki pegunungan, baiknya menanam jenis sayuran dan buah buahan. Namun bila daerah bersifat panas dan sedikit gersang, lebih baik menanam komoditi perkebunan seperti sawit, kelapa, kakao dan lainnya.

 

Mencoba Pertanian Teknik Hidroponik

Walaupun di desa lahan dan tanah masih melimpah, sebenarnya tidak ada salahnya sobat ukmsumut mencoba teknik pertanian hidroponik, apalagi untuk jenis tanaman sayur sayuran yang bersifat musiman. Sehingga kualitas sayuran bisa dikontrol dan tentu saja memiliki penampilan fisik yang baik.

Hasil pertanian hidropnik bisa dijual kembali ke kota, melakukan kerjasama dengan pasar modren, swalayan atau supermarket. Dan juga kamu bisa membuka wisata pertanian di daerah mu dan memperkenalkan sistem pertanian hidroponik bagi warga sekitar.

 

Pertanian Sistem Organik

Bisnis produk pertanian menjadi salah satu kebutuhan primer manusia, seperti beras, sayuran, buah-buahan, daging dan bahan mentah khas pertanian dan peternakan. Target konsumen dari hasil pertanian organik ini tentu saja adalah masyarakat perkotaan, namun kamu bisa bekerjasama dengan warga pedesaan untuk mengembangkan bisnis pertanian sistem non kimiawi ini.

Selain itu kamu juga bisa merintis bisnis hidroponik. Kamu bisa membuat agro wisata, kebun yang dapat dipetik sendiri oleh pengunjung, olahan bahan baku pertanian dan di packing cara modern dengan target konsumen anak muda milenial dan dipasarkan secara online.

 

Membuka Jasa Pembayaran Tagihan Sehari hari

Membuka tempat pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM dan Telkom sekarang ini bisa dilakukan dalam satu aplikasi sistem pembayaran secara online. Pastikan tempatmu bisa mengakses internet. Dengan mendaftar menjadi agen pembayaran tagihan tersebut merupakan peluang bisnis yang prospektif

Ada banyak masyarakat desa yang mengantri di loket pembayaran resmi pada hari normal seperti, jadi sobat ukmsumut bisa membuka bisnis pembayaran ini dengan hanya menyediakan smartphone dan printer dan mendapatkan untung dari margin fee yang didapatkan.

Baca juga : 27 Peluang Bisnis untuk Kaum Hawa yang Bisa Dicoba

 

Jualan kue serba 1000

Bisnis selanjutnya adalah dibidang kuliner camilan atau kue sehari-hari dengan harga seribuan, memiliki target konsumen yang luas denganomset yang menggiurkan. Kue-kue jenis ini sangat banyak digemari oleh masyarakat untuk cemilan atau makanan pendamping dikala waktu kosong. Selain itu kebiasaan masyarakat pedesaan juga selalu ingin makan ringan di waktu santai, bukan?

 

Membuka butik dengan pakaian murah

Bisnis yang satu ini juga sangat menguntungkan, orang pedesaan sudah pasti membutuhkan pakaian baru, namun dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Dan hal ini sudah menjadi tradisi, apalagi ketika momen lebaran tiba, mereka pasti memborong beberapa baju baru untuk keluarga.

Bisnis ini bisa sobat mulai dengan membuka toko di depan rumah, misalnya dan mulai memperkenalkannya melalui mulut ke mulut, dan juga memberikan selebaran ke rumah rumah, dan tidak segan melakukan promo dan diskon. Coba juga memperkenalkan produk mu lewat facebook, instagram atau whatsapp.

 

Mengerjakan aksesoris buatan tangan

Kerajinan tangan menjadi salah satu bisnis yang prospektif. Kamu bisa menggaet para ibu ibu yang menganggur, dan bisa memproduksi di waktu luang berbagai aksesoris dari bahan bahan alami. Bisnis ini bahkan bisa menjadi penghasilan utama bagi kamu jika benar-benar dikelola dengan baik.

Memang dibutuhkan reativitas dan keahlian. Ada berbagai jenis produk aksesoris yang unik seperti anyaman bambu, asbak rokok, kain perca, aksesoris kerang, gelang, cincin dan barang lain dengan hasil karya tangan tersebut bisa dijual dengan harga dua kali lipat. Kamu bisa searching ide dan inspirasi dari video tutorial dari internet.

 

Membuka bimbingan belajar konvensional

Apakah sobat ukmsumut punya keahlian di bidang pendidikan? Kamu bisa membuka jasa bimbingan belajar berbagai bidang. Sobat ukmsumut juga dapat membuat kursus di rumah dan mematok tarif yang terjangkau. Ini karena prosesnya lebih mudah dan kamu bisa mendapat lebih banyak murid.

Dalam kursus offline, kamu harus mempersiapkan tempat mengajar seperti kelas pada umumnya. Kamu juga harus bisa menyampaikan materi pelajaran lebih menarik, sehingga murid mudah memahami pelajaran. Pastikan kamu menguasai pelajaran tersebut sebelum membuka jasa ini ya.

 

Membuka toko percetakan, ATK dan Fotocopy

Terakhir yang bisa admin ukmsumut sarankan adalah membuka tempat fotokopi, percetakan dan alat tulis sekolah di daerah pedesaan. Ini merupakan salah satu pilihan usaha yang cocok untuk kamu dan bias memilih membuka toko  didepan rumah, atau pilihan lain menyewa ruko yang strategis

Kamu harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit memang, namun modal yang dihabiskan juga akan cepat kembali dan berganti keuntungan apabila dikelola dengan baik. Usaha ini cocok karena tidak membutuhkan tenaga besar, dan tidak merepotkan.

Baca juga : 25 Ide Bisnis Jualan yang Cocok di Pasar

 

Kesimpulan

Desa menyimpan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Tergantung dari inovasi kita sebagai pebisnis, apakah mampu memanfaatkan segala potensi yang ada di daerah mu masing masing. Beberapa jenis bisnis diatas mungkin saja tidak sesuai dengan potensi desa mu, oleh karena itu kamu sendiri lah yang harus menggali dan melakukan riset untuk menghasilkan bisnis yang tepat dan dibutuhkan oleh masyarakat desa di tempat kamu tinggal.

Demikian postingan ukmsumut kali ini, dengan judul Peluang Bisnis Usaha Berbasis Desa  kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bisnis bagi kamu yang ingin membuka bisnis di daerah pedesaan. Jangan lupa memberikan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.