Home » Bisnis » 25 Contoh Usaha Pinggir Jalan Kampung yang Sukses

25 Contoh Usaha Pinggir Jalan Kampung yang Sukses

Ada berbagai jenis ide usaha jualan di pinggir jalan daerah kampung. Banyak pemula memang lebih memilih membuka bisnis di tempat yang ramai dan strategis. Tapi bukan tidak mungkin mendapatkan konsumen di daerah perkampungan yang jauh dari kota. Pada kesempatan kali ini, ukmsumut akan memberikan beberapa referensi buat kalian untuk memilih ide bisnis dibawah ini, mana yang paling cocok untuk kalian geluti di pinggiran jalan.

Ada beberapa alasan kenapa kamu bisa memilih usaha di kampung sebagai salah satu opsi. Pertama, persaingan usaha di sana relatif lebih sedikit. Jadi kamu bisa menjadi pionir dalam membuka usaha tertentu di tempat tinggalmu. Dan yang kedua, selain fokus mengejar keuntungan, kamu juga bisa membantu masyarakat disana untuk lebih maju dengan memberikan produk terbaik, sehingga mereka tidak perlu ke kota lagi untuk mendapatkannya.

Usaha yang baik di pinggir jalan daerah kampung memang tidak sebanyak yang ada di kota. Kita harus pintar pintar dalam memilih usaha yang ada. Untuk menciptakan peluang usaha di desa atau kampung, kamu harus bisa mencari peluang dari setiap permasalahan yang ada di tempat kamu tinggal. Tentu saja kamu bisa memulai dengan modal kecil terlebih dahulu.

Ide Usaha Jualan Pinggir Jalan Kampung

Ide Usaha Jualan Pinggir Jalan Kampung
peluang bisnis pinggir jalan kampung

Baiklah sesuai dengan judul postingan kali ini, ukmsumut akan memberikan beberapa ide usaha di desa, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi karena tidak bisa mengembangkan usaha di tempat tinggal mu saat ini, karena sebenarnya potensi bisnis di kampung bisa lebih maju serta tidak kalah dengan potensi yang dimiliki diperkotaan. Check these out!

1. Rental Mobil Remote

Di perkampungan, bisnis yang menjadi peluang besar adalah mainan anak. Semakin modern zaman, maka banyak bermunculan aneka mainan anak, seperti yang diketahui mainan anak itu harganya tidaklah murah.

Para orang tua juga biasanya lebih memilih meminjam atau rental mainan supaya nanti kalau anak bosan, mainan tidak terbuang percuma. Jadilah mainan rental mobil balap pilihannya. Kamu bisa menyediakan track khusus untuk anak bermain mobil mobil an remote control.

2. Sewa Kolam Pemancingan

Kegiatan memancing ikan menjadi salah satu hobi yang disukai banyak masyarakat di Indonesia sejak dulu, tak terkecuali dengan anak anak. Buat arena permainan anak dengan membuat kolam yang isinya ikan mainan atau ikan asli.

Kamu juga bisa menyewakan alat pancing untuk anak anak di perkampungan. Dijamin usaha mu akan cepat laris dan ramai pengunjung. Kamu bisa buka di depan rumah pada waktu sore hingga malam hari.

3. Budidaya Ikan dalam Ember

Budidaya Ikan dalam Ember dapat menjadi solusi dari semakin berkurangnya lahan untuk usaha pertanian yang ada karena perkembangan pembangunan di daerah pemukiman perkampungan yang padat penduduk.

Adapun jenis ikan yang dapat sobat ukmsumút besarkan seperti ikan lele, mujair, dan nila. Sistem ini bisa disertakan dengan tanaman akuaponik seperti kangkung, bayam atau sawi. Tertarik dengan peluang usaha yang satu ini?

4. Produksi Bata Ringan

Permintaan akan bata ringan memang terus meningkat. Jenis bahan bangunan yang satu ini menjadi incaran kontraktor dan pengembang perumahan. Peluang untuk berbisnis pembuatan bata ringan di daerah pinggiran bisa dilakukan karena hanya butuh halaman rumah sebagai tempat produksi dengan modal ringan. Pasarkan produkmu langsung ke toko bahan bangunan dan juga ke orang orang yang akan membangun rumah.

5. Kerajinan dari Lidi

Apabila di daerah mu banyak kelapa atau sawit, maka kamu bisa memanfaatkan pelepah daun palem yang diperoleh. Kamu bisa memproduksi lidi yang dijual ke sejumlah perusahaan yang tersebar di daerahmu.

Kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan kelapa sawit atau kelapa untuk mendapat pasokan lidi langsung. Penggunaan lidi sebagai tusuk sate, kerajinan dan berbagai barang yang bernilai ekonomis.

6. Content Creator Kampung

Kalau kamu suka dengan membuat konten di sosial media, kamu bisa memanfaatkan potensi di kampung mu untuk dijadikan konten. Misalnya kamu bisa membuat website untuk mempromosikan kampung mu, membuat channel youtube tentang kampung mu dan berbagai hal yang bisa menarik perhatian para netizen di internet. Jadi kamu bisa membuat kampung go online bersama para warga disekitar.

7. Kampung Wisata

Pembangunan untuk menciptakan desa wisata yang dilakukan bukan hanya sekedar fisik seperti membangun jalan, jembatan, dan prasarana irigasi untuk pertanian, tetapi juga memperkecil kesenjangan antara desa dan kota, yang mungkin bisa terjadi terhadap kemudahan mengakses informasi, fasilitas pendidikan atau akses layanan publik lainnyal.

Sebenarnya masih banyak jumlah desa yang belum tersentuh teknologi informasi, sehingga selain menjadi kampung wisata, kamu juga bisa bekerjasama dengan masyarakat lainnya untuk melakukan pembangunan dan pemerataan akses teknologi informasi dan fasilitas lainnya.

8. Jual Beli Pakaian Bekas

Kalau punya uang sekitaran lima jutaan, sobat ukmsumut bisa memulai usaha jual beli pakaian bekas, seperti kaos, celana atau kemeja. Dan masyarakat di daerah perkampungan biasanya cukup banyak yang tertarik membeli barang bekas karena harganya yang lebih terjangkau, apalagi untuk kebutuhan sandang mereka. Tapi tentu saja, kualitas pakaian yang kamu jual juga harus baik dan layak pakai.

9. Daur Ulang Limbah Rumah Tangga

Masalah limbah yang dihasilkan memang menjadi problematika klasik. Misalnya dari minyak goreng bekas yang berasal dari kegiatan memasak di dapur.  Tentunya semakin lama semakin menumpuk dan mengganggu.

Hal ini beriringan semakin besarnya jumlah penduduk di wilayah pinggiran. Kamu bisa memanfaatkan minyak goreng bekas atau biasa disebut minyak jelantah untuk membuat campuran solar atau biodiesel, dan dimanfaatkan untuk menjalankan mesin diesel statis seperti genset dan pembangkit listrik lainnya.

10. Joki Siskamling

Kehidupan bermasyarakat di daerah pedesaan, dengan semangat gotong-royong masih terasa dibanding di kota besar, sehingga demi urusan keamanan juga dilakukan bersama. Tapi sebagian orang tidak punya waktu untuk ronda malam.

Jadi kamu bisa menyediakan jasa pengganti, atau khusus memberikan jasa keamanan untuk kompleks atau desa, demi mewujudkan lingkungan yang aman dan tenteram. Karena kebersamaan masih sangat terasa di desa, keberadaan pos kamling masih dibutuhkan, dan sarana ini selalu ada di hampir tiap RT, jadi kamu bisa juga membuat proyek pembangunan pos kamling ini.

11. Doorsmeer Ekspress

Usaha doorsmer mobil atau motor merupakan kegiatan yang dilakukan dalam mencari penghasilan yang berupa uang jasa pencucian mobil menggunakan alat yang khusus untuk cucian kendaraan. Kamu bisa memanfaatkan halaman rumah untuk membuka jasa cucian kendaraan ini. Tentu saja tidak hanya kendaraan, kamu juga bisa mencuci karpet dan berbagai peralatan lainnya.

12. Toko Pertanian

Buat daerah yang memiliki komoditas pertanian di kampung, banyak masyarakat yang bercocok tanam menjadi peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa membuka toko pertanian.

Pengusaha toko pertanian yang memenuhi berbagai permintaan pupuk, obat-obatan bahkan benih tanaman. Kalau punya modal cukup, kamu juga bisa membuat rental alat pertanian seperti hand tracktor, mesin penyemai dan sebagainya.

13. Produksi Briket

Apabila daerah perkampungan tempat sobat tinggal adalah sentra kelapa, kamu bisa memanfaatkan limbah batok kelapa menjadi briket arang. Limbah kelapa ini ternyata dapat kamu olah menjadi produk ekonomis dan bisa menembus pasar ekspor hingga ke luar negeri. Salah satunya produk yang bernilai ekspor adalah briket dari tempurung kelapa yang biasanya dimanfaatkan untuk bahan bakar.

14. Servis Elektronik

Jasa perbaikan barang elektronik tetap menjadi usaha yang prospektif, apalagi sainganmu tidak banyak. Kamu bisa membuka usaha ini di depan rumah denga membuat spanduk untuk mengenalkan jasa mu di daerah perkampungan.

Karena yang namanya barang elektronik sudah menjadi kebutuhan di setiap rumah, seperti TV, DVD, Speaker Komputer, AC, kulkas, dan peralatan elektronik lainnya. Kalau kamu tertarik untuk membuka peluang jasa servis elektronik, bisa mencobanya kok.

15. Produksi Tembikar

Kalau kamu punya keahlian membuat tembikar atau kerajinan dari tanah liat, kamu bisa membuka usaha ini di daerah perkampungan. Pekerjakan beberapa orang yang memang bisa diajari. Kerajinan dari tanah liat tidak ada matinya, berbagai produk yang dihasilkan bisa menjadi pilihan untuk perabotan hiasan atau untuk memasak. Pasarnya cukup luas bahkan bisa sampai ekspor ke luar negeri. Asalkan kamu selalu membuat inovasi produk, pasti pesanan.

16. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Kalau kamu punya kendaraan seperti mobil angkot atau becak, kamu bisa membuka jasa antar jemput anak sekolah di daerah perkampungan. Jasa antar jemput anak sekolah ini bisa jadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Layanan semacam ini bisa jadi usaha sampingan dan memberikan penghasilan yang lumayan. Apakah sobat ukmsumút tertarik mencobanya?

17. Tempat Gadai

Kalau kamu punya modal yang cukup, bisa membuka tempat pegadaian barang berharga. Misalnya orang orang di perkampungan ingin menggadaikan emas, BPKB, surat tanah dan sertifikat berharga miliknya, maka kamu bisa menyimpan emas mereka dan memberikan pinjaman sesuai kesepakatan.

Para nasabah nantinya akan mencicil uang setiap bulannya sesuai kesepakatan. Kalau misalnya mereka tidak bisa melunasi, maka barang yang digadaikan bisa dicairkan sesuai perjanjian.

18. Pembangkit Listrik Mini Hidro

Pembangkit listrik tenaga mini hidro menjadi salah satu pilihan usaha yang bisa kamu buka di daerah pedesaan. Teknologi ini memanfaatkan aliran sungai yang punya aliran debit lumayan besar, yang bisa diterapkan untuk memberi penerangan atau kebutuhan listrik masyarakat di daerah pedesaan.

Tapi bedanya, antara PLTA dan pembangkit listrik mikrohidro ada pada besaran tenaga listrik yang dihasilkan. Untuk kawasan pedesaan, tidak perlu aliran listrik yang besar seperti yang ada di kota. Jadi pembangkit listrik yang dibuat juga tidak perlu besar, hanya memanfaatkan debit aliran sungai di desa atau bahkan drainase juga irigasi.

19. Penyediaan Air Bersih

Kebutuhan air bersih menjadi hak dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tapi sering kali ditemui di daerah pinggiran desa, akses terhadap sumber air, membuat sering harus berjuang keras untuk mendapatkannya. Padahal ini dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga.

Demi bisa memenuhi kebutuhan air bersih di daerah pinggiran, sobat kosngosan bisa berinovasi dengan menjual air bersih, akses pipanisasi agar masyarakat di desa yang kekeringan dan jauh dari mata air, bisa mendapatkannya dengan lebih mudah dan bisa meningkatkan kesejahteraan

Peluang Usaha lainnya yang bisa sobat ukmsumut geluti adalah sebagai berikut :

20. Jasa Fotografer dan Videografer

Ketika menggelar acara Kondangan, wisuda, hajatan atau syukuran biasanya butuh jasa foto atau video untuk mengabadikan momen berharga tersebut. Kamu bisa membuka jasa tersebut. Untuk peluang usaha nya di desa dan perkampungan cukup besar, karena relatif sedikit kompetitor.

21. Jual Kuliner Daerah

Jualan kuliner menjadi bisnis yang paling laku, dikarenakan makanan dan minuman sudah menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang, baik itu di kota atau desa. Kamu bisa jualan kue tradisional, minuman khas, warung makan tradisional, frozen food dan jenis makanan lainnya.

22. Mendirikan Koperasi Desa

Kamu bisa bekerjasama dengan warga desa lainnya untuk membentuk lembaga ekonomi desa berupa koperasi. Koperasi Desa cirinya adalah lembaga ini berbasis kebersamaan dan gotong royong dalam mengelola ekonomi masyarakat desa. Selain itu, Koperasi Desa juga berfungsi sebagai penggerak dan pengembang ekonomi di pedesaan.

23. BumDes

Badan usaha milik desa (BUMDes) bisa kamu bangun bersama masyarakat. Dengan mencari potensi apa saja yang bisa dikembangkan. unit usaha ini dikelola pemerintah desa dan berbadan hukum. Ini adalah salah satu bentuk kelembagaan desa yang menjalankan usaha ekonomi dan memperoleh manfaat yang berguna bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

24. Membuat PERTADES

Pertades adalah akronim dari Pertamina Desa atau SPBU skala Desa. Pertades bisa termasuk salah satu dari Bumdes. Daripada berbisnis minyak eceran, mending mendaftarkan pertades resmi ke pertamina untuk di desa dan pinggir jalan di desa.

25. Kerajinan Bambu skala Rumahan

Bambu adalah bahan baku yang banyak dimanfaatkan oleh para pengrajin di desa dan perkampungan untuk dibuat kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Peluang usaha yang satu ini terbilang cukup bagus apalagi mengingat berbagai daerah di Indonesia memiliki potensi bambu yang berkualitas. Kamu bisa bekerjama dengan warga lokal dan membantu pembelajaran keterampilan pembuatan kerajinan dari bambu ini.

Kata Penutup

Berbicara mengenai peluang usaha di pinggir jalan atau di perkampungan, memang beda tempat pasti beda kebiasaan budaya dan juga kebutuhan. Tidak semua bisnis di daerau perkotaan bisa dijalankan di kampung. Dan juga demikian sebaliknya.

Sebelum membuka usaha di desa, sobat ukmsumut perlu mengetahui dahulu peluang bisnis apa saja yang cocok dijalankan di desa dan sudah terbukti menguntungkan. Semoga beberapa contoh diatas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih.

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya

Share on: