Contoh Sumber Peluang Usaha Internal & Eksternal

Bagaimana cara mendapatkan ide prospek bisnis yang inovatif? Kamu harus mengetahui berbagai sumber terciptanya ide bisnis tersebut, baik yan gberasal dari dalam dan luar. Terciptanya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh inspirasi yang muncul pada setiap individu. Adapun sumber peluang usaha Intenal maupun eksternal juga sangat mempengaruhi datangnya inspirasi. Berikut ini Admin kasih contoh peluang sumber usaha Internal dan Eksternal.

Peluang Usaha Internal

Adapun sumber yang berasal dari diri sendiri antara lain:

 

1. Hobi Menekuni Kegemaran

Tidak menutup kemungkinan dengan menekuni hobi mu, merupakan langkah awal dari kesuksesan di masa depan. Hobi adalah kegiatan yang disenangi dan saat bekerja sesuai passion, hal ini akan jauh lebih baik daripada asal-asalan.

Misalnya, dalam suatu bentuk wirausaha. Banyak tokoh-tokoh yang bisa dijadikan contoh berhasil mengembangkan hobi atau kegemarannya. Dan akhirnya sekarang terbukti membuahkan hasil yang sangat luar biasa.

Banyak tokoh yang berpengaruh di dunia, siapa yang tidak mengenal sosok Bill Gates ini. Dahulu Beliau merupakan seorang anak yang menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan mekanik atau mesin komputer. Suatu saat Bill Gates beranggapan bahwa komputer IBM zaman itu terlalu besar.

Sehingga, banyak orang sulit untuk mengoperasikannya. Oleh karena itu, muncul permasalahan dan dengan kegemarannya alias hobinya pada dunia komputer, Bill Gates terus berpikir dan lalu tercetuslah sebuah ide untuk menciptakan Microsoft dengan sistem operasi yang mudah dan praktis.

Setelah melakukan berbagai percobaan akhirnya ide tersebut berhasil untuk diwujudkan. Hari ini semua orang berbondong-bondong menggunakan hasil karya Beliau ini.

Contoh berikutnya perlu sobat ukmsumut ketahui adalah Soichiro Honda yang gemar terhadap mesin. Karena menekuni terus bidang tersebut, Dia mampu membuat penemuan-penemuan hebatnya. Yang kemudian membuat ruji roda dari logam pada awalnya ruji roda terbuat dari kayu.

Soichiro Honda juga mampu menciptakan sepeda dengan mesin motor yang banyak diminati orang-orang pada saat itu. Hingga saat sekarang ini, berkembang menjadi salah satu perusahaan motor besar di dunia.

Baca juga : COBAIN 20 Jenis Usaha Berbasis Internet Omset Milyaran

 

2. Keahlian

Setiap orang pasti memiliki keahlian, jika diolah dengan baik bisa menjadi modal besar untuk mengembangkan usaha di bidang tertentu. Banyak orang yang mampu menemukan keberhasilan usahanya dengan mengasah dan mempelajari lebih dalam keahliannya

Contoh tokoh dengan keahliannya di bidang matematika, Larry Page dan Sergey Brin. Karena keahlian yang mereka miliki dan diterapkan dengan baik. Maka akhirnya mampu menciptakan mesin pencari di internet terbaik, yakni Google.

 

3. Pengetahuan yang dimiliki

Menjadi salah satu sumber peluang yang berasal dari diri sendiri. Karena dengan kedua hal tersebut membuatmu bisa menemukan potensi apa yang ada dalam diri sendiri. Sehingga, tidak akan kesulitan dalam memulai bisnis yang dijalankan.

Kemudian, sobat ukmsumut juga bisa mempelajari dan menekuni sesuai bidang ilmu pegetahuan yang telah pelajari sebelumnya. Semakin banyak pengetahuan, semakin bagus pula potensi yang dimiliki.

 

4. Latar pendidikan

Contoh seorang yang lulusan teknik mesin terus menerus mempelajari bidang keilmuan tersebut dengan sering praktik, terutama melakukan perbaikan motor dan mobil dengan tekun dan ulet. Hingga pada suatu saat, Dia paham bahwa usaha bersumber dari ketekunan dan pemecahan masalah di lapangan.

Oleh karena itu, Dia fokus pada perbaikan mesin, modifikasi, hingga membuka jasa reparasi peralatan elektronik.

 

5. Intuisi pemikiran yang muncul

Setiap manusia dikaruniai Tuhan akal untuk berpikir. Bisa jadi dengan melihat sekitar, mengamati lingkungan dan mengaitkan dengan keilmuan yang Kamu punya. Intuisi yang ada di dalam dirimu muncul menjadi sebuah ide bisnis yang menjanjikan,

Namun, setelah ide itu muncul harus segera mengeksekusi atau mewujudkan dalam bentuk tindakan yang nyata. Banyak orang memiliki ide untuk membuat, mendirikan sesuatu yang hebat namun tidak segera mewujudkannya jadi percuma saja.

Walaupun ide belum begitu sempurna, sobat ukmsumut bisa memulainya dahulu dengan tindakakan nyata. Penyempurnaan idemu akan berjalan seiring pengalamanmu yang ikut berkembang

Baca juga : COBAIN 18 Kerja Malam Hari yang Membuat KAYA

 

Peluang Usaha Eksternal

Peluang usaha eksternal kebanyakan berasal dari permasalahan lingkungan seperti:

 

1. Usaha dan Bisnis orang tua

Karena melihat dan belajar dari pengalaman usaha yang dirintis oleh orang tua, bisa memunculkan peluang usaha bagi diri mereka sendiri. Misalnya saat terjadi kesulitan atau krisis pada beberapa masalah yang dihadapi.

Hal tersebut bisa dijadikan bahan pelajaran atau malah meniru dengan memberikan sentuhan inovasi pada usaha yang telah dilakukan orang tua. Misalnya, jika orang tua dulu sebagai pedagang soto kaki lima dan sering kekurangan tempat untuk pelanggannya menyantap soto.

Maka dengan itu, Kamu ingin meneruskan jejak orang tua sebagai penjual soto dengan menyewa kios guna menampung pelanggan yang lebih banyak.

 

2. Lingkungan Rumah

Yang dimaksud lingkungan ini adalah tetangga, teman dan kerabat. Peluang usaha eksternal bisa muncul dengan mengamati kesulitan maupun keberhasilan yang terjadi di sekilingmu.

Contohnya saat sobat ukmsumut melihat masalah yang dihadapi oleh tetangga perihal lapangan pekerjaan. Dengan mengkaitkan ilmu, hobi dan pengetahuan yang dimiliki akan muncul inovasi terbaru dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Dan secara tidak langsung juga menjadi lahan usaha yang bisa dikembangkan. Selain dari lingkungan, keluarga sumber bisa muncul saat sedang berkunjung ke suatu tempat. Baik yang sering dikunjungi atau tempat asing.

 

3. Kesulitan dari Calon Konsumen

Biasanya konsumen sering melontarkan keluh kesahnya. Hal ini juga bisa dijadikan sumber peluang usaha jika Kamu lebih teliti dan jeli menangkap permasalahan mereka. Misalnya, dengan mendengarkan keluhan yang ada di lapangan.

Selain itu, juga mendengarkan saran calon konsumen terkait produk yang dibuat, permintaan konsumen mengenai produk serta harapan yang terkait untuk membangun pelayanan.

 

4. Gagasan Orang Lain

Peluang eksternal bisa jadi berasal dari gagasan orang lain yang memang muncul dengan ide asli. Ini merupakan peluang untuk memunculkan usaha baru. Jadi jangan menutup diri dari ide, saran atau kritik dari orang disekitar mu, karena boleh jadi gagasan dari mereka memberikan kamu ide untuk berbisnis sesuatu yang bersifat inovatif

Baca juga : COBAIN 13 Peluang USAHA Khas Milenial Bikin KAYA

 

5. Mampu Melihat Peluang dari Banyaknya Sumber Perubahan

Apa yang dibutuhkan calon konsumen tidak selalu sama setiap tahunnya. Mungkin saja terjadi pergeseran kebutuhan karena perubahan gaya hidup, perubahan teknologi dan komunikasi, perubahan musim juga perubahan yang ada dilingkungan sosial masyarakat.

Selain itu, kebutuhan tiap daerah atau tempat bisa jadi tidak sama. Jadi, sobat ukmsumut harus benar-benar tahu apa yang sedang dibutuhkan di tempat tinggalmu terutama jika Kamu membuka sebuah usaha di sana.

 

6. Peluang dari Informasi yang Diperoleh

Peluang sumber eksternal bisa diperoleh dari gerak cepat menanggapi informasi terupdate. Ini bisa menjadi point penting dalam megembangkan usahamu.

Misalnya saja Kamu bisa segera mencari informasi tren baju dikalangan anak muda zaman sekarang, kemudian saat itu juga memasarkannya atau menjualnya. Ini sangat menguntungkan daripada menjual produk yang sebenarnya sudah tidak dibutukan dan diinginkan oleh masyarakat atau calon konsumen.

Mencari informasi mengenai produk atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Informasi tersebut misalnya perihal harga suatu produk di tempat lain yang lebih mahal. Maka, sobat ukmsumut bisa berwirausaha dengan menjual produk yang sama dengan harga yang lebih miring.

Informasi mengenai tempat produksi atau grosir yang mudah dan murah akan bisa dijadikan tempat referensi saat ingin menyetok barang

Baca juga : COBAIN 7 Usaha Sampingan Rumahan Khas Karyawan

 

Kata Penutup

Berbisnis dan memulai suatu usaha memang membutuhkan yang namanya ide, dan biasanya setiap peluang yang muncul selalu berasal dari  usaha untuk mencarinya. Jangan pernah menyerah, kalau kamu ingin menjadi pebisnis ulung dengan omset yang besar, maka perbanyak referensi mu untuk menemukan prospek bisnis terkini yang sedang tren.

Jangan takut untuk mencoba! Setelah mengetahui contoh peluang sumber usaha Internal dan Eksternal. Jadi kapan Kamu akan memulai usahamu sendiri? bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain ya, terimakasih sudah berkunjung di ukmsumut.