peluang bisnis teknik sipil
peluang bisnis teknik sipil

Peluang Bisnis untuk Lulusan Bidang Teknik Sipil yang Prospektif

Diposting pada

Menjadi mahasiswa di fakultas teknik memang memiliki stigma lulus yang lama. Sebenarnya mahasiswa teknik seperti sipil, arsitek, elektro, industri, kimia, komputer dan jurusan lain bisa memiliki masa kuliah singkat asalkan rajin dan konsisten dalam kuliah. Sementara itu prospek kerja jurusan teknik terbilang sangat cerah apalagi dilengkapi dengan pengalaman magang dan organisasi.

Pada kesempatan kali ini, ukmsumut akan memberikan contoh bisnis yang bisa kamu ambil bagi mahasiswa lulusan teknik sipil. Sebagian dari kamu ada yang menginginkan bekerja sebagai karyawan atau ada juga yang menjadi entreprenur atau wirausahawan. Kamu bisa baca beberapa bisnisnya dibawah ini.

Menjadi wisausahawan dibidang bisnis online seperti menjadi reseller baju ataupun produk kecantikan sepertinya sudah sangat mainstrem dan pasti sering anda dengar. Akan tetapi kali ini kita akan membahas bisnis yang mungkin sebagian baru anda dengar dan mungkin punya prospek menjanjikan di masa depan, selain itu peluang bisnis ini juga sangat cocok untuk dijalankan oleh lulusan teknik sipil.

Prospek Bisnis Online bagi Lulusan Teknik Sipil

Apa saja Peluang bisnis online yang masih punya prospek cerah? berikut 5 Peluang Bisnis Online Terbaik dengan Prospek Menjanjikan.

 

1. Membuat Situs Toko Online Bangunan

Adapun toko bangunan yang dimaksud disini adalah khusus menjual bahan bangunan secara online. Prinsipnya sama dengan situs jual beli online yang ada di indonesia, nantinya konsumen anda akan melihat foto dan brosur produk, merasa cocok, kemudia membelinya dan mengirimkan barang tersebut melalui jasa pengiriman maupun ekspedisi.

Baca juga : Peluang bisnis investasi reksa dana syariah untuk mahasiswa

Peluang bisnis toko bangunan online ini bisa jadi solusi bagi orang yang tidak ingin repot membeli bahan bangunan untuk keperluan renovasi rumah mereka. Dengan membeli atau langsung mendatangkan alat dan material bangunan dari luar negeri atau dengan kata lain importir dan mendistribusikannya di indonesia.

Selain itu jika kamu adalah seorang sarjana teknik sipil ataupun arsitek ataupun praktisi yang sudah banyak pengalaman dalam dunia konstruksi dan bangunan, maka usaha toko online ini masih sangat cocok buat kamu. Tentu kamu akan lebih paham spek dan tujuan penggunaan bahan yang akan dibeli konsumen, sehingga bisa merekomendasikan barang bagus dan dengan harga terjangkau dengan konsumen.

Dengan begitu konsumen akan merasa puas, dan dari situlah kemudian kepercayaan akan Toko bangunan online anda akan menjadi semakin dikenal. Sama seperti bisnis online lainnya, untuk menjalankan bisnis ini kamu perlu situs atau website profesional seperti yang sudah saya jelaskan di bagian jasa desain online. Untuk toko bangunan online ini selain butuh toko maya atau situs website, kamu juga butuh toko fisik yang benar benar ada. Karena pada bisnis toko online ini pemasarannya yang akan kita onlinekan, dengan begitu ruang calon konsumen akan semakin luas.

 

2. Membuka Jasa Kursus Penggunaan Aplkasi Teknik Sipil dan Arsitek

Anda seorang yang mahir dalam berbagai software Teknik sipil dan teknik Arsitek?, ada baiknya memanfaatkan internet untuk membuat jasa kursus online. Dengan membuka jasa kursus online kita hanya membuatkan video video tutorial kepada konsumen. Video video tersebut bisa kita buat sendiri dengan bantuan berbagai software. Kemudian kita jual video tersebut ke konsumen, konsumen juga bisa merequest permintaan untuk dibuatkan tutorial video yang membahas cara membuat sesuatu.

Saat ini ada banyak software teknik sipil dan arsitek yang membantu para praktisi di dunia konstruksi dan mahasiswa dalam belajar. Mulai dari Autocad, ArchiCad, Sketchup, 3d Max, SAP 2000, Etabs, ArcGIS, Quantum GIS, Fortran, HECsms, Tekla dan Software terbaru lainnya. Tentu software tersebut tidak akan mungkin dipelajari secara detil didalam kurikulum universitas, sehingga perlu kursus dan latihan dari mahasiswa atau praktisi yang ingin mempelajari dan tidak ingin ketinggalan dalam kemampuan Software pendukung tersebut.

 

3. Membuka Jasa Desain Properti secara Online

Dengan membuka jasa desain rumah online maka akan banyak membantu orang-orang yang akan membangun rumah yang kebingungan akan desain rumah idamannya. Dengan adanya Jasa desain rumah online, maka konsultasi bisa dilakukan lewat internet. Dengan jasa ini maka konsumen tidak perlu lagi keluar rumah dan berkonsultasi dengan arsitek. Tapi cukup dirumah saja dan berkomunikasi dengan jasa desain rumah online dengan mengirim gambar coretan sederhana dan ide yang diinginkan konsumen.

Selain itu jasa desain yang diberikan bisa dibuat sepaket dengan RAB rumah tersebut tergantung harga dan permintaan yang dibutuhkan konsumen. Bagi anda yang punya kemampuan lebih dalam hal desain baik itu 2d ataupun 3d, maupun dengan menggunakan autocad atau sketchup serta 3d max, maka peluang ini sangat cocok untuk anda. Dengan membuat jasa desain rumah online, maka kita bisa mendesain dan membuat rancangan kapan saja dari rumah.

Lihat juga : Peluang usaha untuk penyandang disabilitas yang prospektif

Hasil dari rancangan desain rumah tersebut akan dikirimkan secara online ke konsumen. Peluang ini masih terbuka lebar dan masih punya prospek cerah di masa mendatang, Sehingga saat yang tepat untuk memulainya adalah sekarang. Lalu, bagaimana Langkah langkah membuat usaha bisnis online jasa Desain Rumah ? Karena ini adalah bisnis online, maka perlu suatu alat peraga, atau kalau di misalkan kita perlu suatu Toko. kalau di dunia nyata kita perlu membeli sebuah ruko untuk dijadikan toko.

Maka kalau didalam dunia maya atau online, kita perlu website. Nah, pertama buat sebuah website yang berisikan informasi atau jasa desain rumah online. Isi website tersebut dengan contoh contoh hasil karya desain anda, dan tidak lupa didalam website tersebut buat secara jelas alamat dan nomor kontak anda sehingga website anda akan menjadi website jasa desain rumah profesional.

 

4. Menciptakan Software Perhitungan Konstruksi

Hampir sama persis dengan jasa kursus software, Jasa ini juga bisa menjadi bisnis online bagi kamu yang ahli buat program maupun ahli dalam rumus excel. Dengan membuat suatu program didalam excel, maka kamu tentu dapat dengan mudah menjualnya kepada para praktisi untuk mendapatkan perhitungan yang cepat apalagi perhitungan yang membutuhkan perhitungan berulang.  Konsumen hanya perlu memasukkan dan menginput data data awal sesuai perencanaan kemudian dengan program tersebut akan menghasilkan output yang diinginkan secara cepat tanpa harus ribet menghitung lagi.

 

5. Menjadi Agen Property dan Bekerja secara Freelance

Jika anda ahli dalam memilih dan membangun rumah, serta ahli dalam menilai harga suatu rumah. Maka anda bisa menjadi agen property. Anda menawarkan kepada konsumen melalu online beberapa rumah yang sedang dijual dan membuat review rumah tersebut. Selain itu anda bisa menjadi perantara untuk orang yang akan dan membeli rumah. Untuk bisnis online ini, Anda bisa mecari informasi dari media sosial serta menjual beberapa rumah dengan memasarkan secara online.

Dengan bekerja sama dengan berbagai developer rumah dan menjadi marketing maka anda bisa menajdi agen property online. Dan jika anda memang bermaksud serius dan ingin menajalankan bisnis agen Property online maka saya sarankan untuk membuat website untuk media transaksi dan tempat anda meletakkan fhoto rumah tersebut sehingga memudahkan konsumen dan sekaligus membangun branding anda sebagai agen property.

 

Lihat juga : Peluang bisnis jualan lontong medan dengan modal minim

Sekianlah pembahasan kita mengenai Peluang Bisnis untuk Lulusan Bidang Teknik Sipil yang Prospektif kali ini, semoga bisa membantu kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan untuk bisa menjadi inspirasi bisnis bersama. Silahkan share tulisan ini apabila kamu merasa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.