Home » Peluang Bisnis » 15 Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las 450 Watt

15 Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las 450 Watt

Apa saja kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt? Mesin las merupakan suatu alat yang dipakai seseorang untuk menyambungkan kembali dua patahan barang yang terbuat dari besi agar dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.

Kamu biasanya dapat melihat mesin las dipakai oleh para pekerja di bengkel saat mereka harus memperbaiki sesuatu. Biasanya mereka akan memakai kaca pelindung untuk mata mereka saat memakai mesin las. Bahkan, seorang pekerja bisa saja memakai pakaian pelindung untuk melindungi dirinya dari api las.

Cara kerja mesin las sendiri yaitu dengan memanaskan kawat dengan energi panas yang bersumber dari aliran listrik. Aliran listrik tadi akan diubah menjadi api las yang akan membakar kawat las. Api las dan lelehan kawat las akan membantu patahan besi menyambung kembali sehingga dapat digunakan sebagaimana fungsinya oleh manusia.

Sobat ukmsumut.com yang sedang mencari mesin las tentu tahu bahwa banyak sekali alternatif mesin las yang dapat kamu pilih di luar sana. Salah satu pertimbangan kamu mungkin adalah mesin las 450 watt.

Kelebihan Memakai Mesin Las 450 Watt

kelebihan kekurangan mesin las

Tentu saja saat mempertimbangkan untuk membeli suatu barang, kamu perlu mencari tahu kelebian dan kekurangan dari barang yang akan kamu beli.

Nah, pada artikel ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan memakai mesin las 450 watt sebagai pertimbangan untuk kamu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga : Ide Usaha Sampingan buat Bapak-Bapak

1. Lebih mudah dibawa kemana-mana

Mesin las 450 watt berukuran lebih kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tentu hal ini akan memudahkan kamu terutama jika kamu harus bekerja dari door to door atau berpindah dari bengkel satu ke bengkel lain.

Untuk seorang pekerja dengan mobilitas tinggi seperti sobat ukmsumut, mesin las ini merupakan pilihan yang bagus karena akan mempermudah kamu untuk membawanya kemanapun kamu harus pergi. Terlebih lagi, jika kamu akan melakukan pindahan, mesin las ini tidak akan memakan banyak tempat karena ukurannya yang kecil dan ramping.

2. Cocok untuk pengerjaan ringan

Jika kebutuhan kamu akan mesin las terbatas dan kamu hanya perlu melakukan pengerjaan kecil-kecilan, maka kamu harus mempertimbangkan unruk membeli mesin las 450 watt. Sebab, mesin las ini sangat cocok digunakan untuk pengerjaan ringan. Contohnya seperti mengelas plat atau pagar rumah.

3. Harga lebih ekonomis

Jika dana kamu untuk membeli mesin las terbatas, atau kamu sedang ingin berhemat, maka mesin las 450 watt adalah pilihan ideal untuk kamu.

Dengan harga yang lebih murah kamu sudah bisa membawa pulang mesin las ini dan sisa uang yang kamu miliki dapat sobat ukmsumut tabung untuk kepentingan lain. Jangan salah, walaupun harga mesin ini lebih murah, bukan artinya barang ini murahan. Dengan harga yang murah, kamu sudah mendapatkan mesin las dengan fitur yang komplit.

4. Cocok digunakan di rumah

Tentu saja jika kamu ingin memakai mesin las 450 watt, kamu memerlukan aliran listrik. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sekalipun kamu ingin memakai mesin las 450 watt di rumah.

Mesin las 450 watt ini cocok dipakai di rumah maupun bengkel kecil karena daya listriknya yang tidak lebih dari 3000 watt. Belum lagi, ukurannya juga kecil sehingga tidak akan memakan ruang di rumah kamu. Pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan mesin las di rumah kamu pun dapat terselesaikan dengan baik.

5. Hasil pengerjaan kuat dan kokoh

Mesin las 450 watt dapat digunakan untuk menambal lubang pada benda yang terbuat dari besi dan menyambung plat. Hasil dari penambalan dan penyambungan ini terbukti kuat dan kokoh. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan mendapatkan hasil yang jelek dari mesin las ini.

6. Cocok untuk memulai bengkel kecil

Jika sobat ukmsumut ingin membuka sebuah bengkel dengan skala kecil, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk membeli mesin las 450 watt ini guna menekan modal yang akan kamu keluarkan. Saat baru membuka bengkel, mungkin kamu hanya akan mendapat keluhan ringan sehingga mesin las 450 watt ini pun sudah bisa meng-cover keperluan tersebut.

7. Tidak mudah overheat

Jika mesin las mengalami overheat saat kamu mengerjakan sesuatu, mesin dapat mati dengan sendirinya. Tentu hal ini bukan hal yang begitu menyenangkan buatmu, apalagi saat kamu harus buru-buru menyelesaikan pekerjaanmu.

Jika mesin las terus-terusan mati mendadak, yang ada kamu bakal emosi dan membanting si mesin, Namun, dengan mesin las 450 watt, kamu tidak perlu khawatir. Mesin ini terbukti tidak mudah overheat, bahkan dengan uji coba mengelas 10 batang besi sampai habis sekalipun.

Baca juga : Contoh Bisnis Langka tapi Menguntungkan

Kekurangan Mesin Las 450 Watt

Ada kelebihan tentu saja ada kekurangan, Begitu juga dengan mesin las 450 watt di mana selain mendapatkan keuntungan yang sudah dijelaskan di atas beberapa kekurangannya juga bisa kamu antisipasi seperti yang ada dibawah ini

1. Penggunaan kawat terbatas

Ukuran mesin las 450 watt ini kecil dan ramping. Penggunaannya untuk kawat las pun terbilang cukup kecil, yaitu 2 – 3,2mm saja. Jika kebutuhan kamu mengharuskan pemakaian lebih dari ukuran tersebut, maka pengerjaan dengan mesin las ini bisa dibilang tidak memungkinkan.

2. Tidak dapat digunakan pada daya listrik 450 watt

Walaupun disebut mesin las 450 watt, sebenarnya mesin las ini tidak bisa dipakai pada daya listik 450 watt. Untuk menggunakan mesin ini, sobat ukmsumut perlu untuk memiliki daya listrik yang lebih dari 450 watt, supaya daya nya tidak mengalami “over” atau biasa disebut “listrik melonjak” melebihan kapasitas daya dibebankan.

3. Konsumsi daya listrik sama dengan mesin las MMA 120

Mungkin kamu sempat berpikir bahwa mesin las 450 dapat menghemat daya listrik yang dipakai. Namun, kenyataannya konsumsi daya listrik mesin las 450 watt ini sama saja dengan mesin las MMA 120. Jadi sudah bisa disimpulkan bahwa mesin ini tidak lebih efektif dan efisien dibandingkan jenis mesin las lainnya.

4. Pengelasan di daya 900 watt tidak terlalu kokoh

Saat menggunakan mesin las 450 watt pada daya listrik 900watt ke bawah, ternyata hasil lasnya tidak begitu kokoh. Jika kamu menyambung dua patahan besi dengan mesin ini pada daya 900 watt ke bawah, hasil sambungan akan patah kembali jika terbentur benda berat dan keras seperti palu.

5. Pengelasan pada daya di bawah 900 watt terbatas

Jika kamu memakai mesin las ini pada daya 450 watt – 900 watt, ternyata panjang las yang mungkin dilakukan sangat terbatas. Tergantung kawat las yang digunakan, kamu hanya bisa mengelas dengan panjang berkisar antara 1,5 – 3,5cm. Sehingga, jika kamu ingin mengelas dengan panjang lebih, mesin ini tidak terlalu direkomendasikan.

6. Tidak kuat menghabiskan kawat las ukuran 2,6mm

Terkadang, ada kalanya kamu harus mengelas secara terus menerus hingga menghabiskan satu batang kawat las. Dengan mesin las 450 watt, hal ini tidak bisa dilakukan.

Jika kamu mengelas terus menerus tanpa jeda dengan mesin ini, mesin akan otomatis mati sendiri sebelum kamu menghabiskan kawat las.

Setelah mesin mati sesaat, mesin akan menyala kembali dan kamu bisa melanjutkan pengelasan. Jika sobat ukmsumut.com ingin bekerja tanpa gangguan mati mendadak dari mesin, kamu harus melakukan pengelasan sedikit demi sedikit.

7. Tidak efektif untuk perluasan usaha skala besar

Nah seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membeli mesin las 450 watt memang cukup murah dan terjangkau. Tapi mesin ini tidak cocok bagi para pengusaha las yang sudah memiliki skala proyek yang besar.

Sehingga membeli mesin las jenis ini hanya cocok buat para pengusaha pemula yang baru terjun dalam dunia las, di mana proyek yang dikerjakan juga masih kecil dan terbilang lebih mudah

Baca juga : Contoh Lowongan Kerja Online

Kata Penutup

Membeli mesin las yang tepat merupakan salah satu hal penting bagi para pebisnis di bidang pengelasan. Karena salah memilih mesin las akan dapat merugikan dan mengganggu pengerjaan proyek

Semoga beberapa tips dan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari mesin las diatas bisa bermanfaat buat teman-teman ukmsumut yang saat ini sedang atau ingin membuka bisnis di bidang perlasan. Terima kasih Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya

Share on: