Bagaimana Mengatasi Takut Rugi dalam Memulai Bisnis?

“Jangan takut berdagang”, begitu kira kira pesan orangtua zaman dahulu. Namun faktanya ada begitu banyak orang yang takut untuk memulai berwirausaha. Sebelum berbisnis mereka sudah takut gagal dan rugi duluan. Dalam berjualan pun mereka tidak berani membuka usaha sendiri karena takut bangkrut atau kehilangan modal sebelum memulainya.

Kesempatan kali ini ukmsumut akan berbagi mengenai dunia bisnis. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi ketakutan akan kerugian yang bisa saja dihadapi saat berbisnis? Hal ini memang permasalahan yang ditakuti para pemula.

Ketika kamu adalah seorang karyawan yang ingin memulai bisnis, kamu sudah menabung dari gaji mu untuk bisnis contohnya memiliki modal 100 juta, dan pada akhirnya kamu takut untuk menggunakan uang tersebut dalam bisnis karena kamu sudah mencarinya susah payah dan takut habis secara sia sia

Baca juga : 32 Peluang Bisnis Setelah Lulus Mahasiswa, Wajib dicoba!

Bagaimana cara supaya rasa takut itu hilang? Karena sebenarnya tidak ada motivasi yang bisa menggerakan seseorang kecuali motivasi yang berasal dari dirinya sendiri. Oleh karena itu semoga saja dengan membaca beberapa tips dibawah ini, kamu bisa menerapkannya dan memulai bisnis tanpa takut lagi.

 

Cara mengatasi ketakutan ketika menjadi pengusaha pemula

Bagi pebisnis pemula yang baru ingin terjun ke dunia bisnis, mengatasi ketakutan akan kebangkrutan atau kerugian bisnis perlu dilakukan, agar nanti apabila menghadapi hal tersebut kamu bisa bersikap positif dan bijak dalam menangani permasalahan. Berikut ukmsumut merangkum beberapa tips sederhananya :

 

Memperbaiki orientasi pemula yang keliru

Apa maksudnya? contohnya bisnis itu seperti mengemudi mobil. Anggap saja kalian belum bisa mengemudi mobil, terus ada orang bertanya bisa tidak kamu bawakan mobil saya? Jelas kamu menjawab tidak bisa, bagaimana caranya ? supaya saya bisa? Seharusnya seperti itu jawabannya.

Sama halnya dengan bisnis. Bila ada yang bertanya kepada mu, mau tidak berbisnis dengans saya? jawaban kamu harusnya tidak seperti “tidak mau ah, takut rugi”, akan tetapi harusnya ketika kamu ditanya seperti itu, maka jawabannya adalah bagaimana supaya bisnis saya sukses, bagaimana supaya saya bisa melewati tantangan tersebut?

Harusnya orientasi jawabannya seperti itu. Begitupun mobil tadi jarang sekali orang ketika ditanya, mau tidak mengemudi mobil, jawabnya tidak mau karena takut kecelakaan. Jarang sekali orang menjawab seperti itu.

Bagi pemula yang belum bisa mobil, kalau orang yang sudah ahli pakai mobil, jawabannya pasti siap. Seperti misalnya lagi bagaimana supaya bisa cepet tidak ada orang yang ahli dalam mengendarai mobil menjawab jawab tidak mau, takut kecelakaan.

Baca juga : 7 Kesalahan Bisnis dan Cara Mengatasinya

Begitu juga dengan dunia bisnis. Apabila kalian takut rugi wajar, tetapi kalau sudah terbiasa ketika dicoba sudah pasti bisa kan? Jadi harus membiasakan diri dulu dan merubah orientasi yang pertama tadi.

Orientasi yang salah tersebut lah yang harus di ubah, dan tetap menjaga sikap positif. Agar nanti ketika ada masalah, kerugian itu pasti akan bisa dihadapi dengan solusi yang matang dan bersikap positif.

Kami sangat merekomendasikan kalian membaca buku law of attriction, yang membahas mengenai atensi yang positif dalam menghasilkan vibrasi yang positif. Jika kalian berpikir usaha kalian rugi maka kalian akan rugi, cepat atau lambat. Akan tetapi jika atensi kalian positif, maka kalian akan memenukan vibrasi yang positif juga.

Seperti contohnya menampilkan pertanyaan bagaimana supaya saya untung? Bagaimana supaya bisa melewati masalah dalam bisnis, bersikap positif? Itu adalah contoh atensi yang sangat penting.

 

Ikuti seminar bisnis dan mintalah saran pebisnis sukses

Mengikuti seminar atau pelatihan bisnis bisa memperdalam ilmu bisnis mu dan memperluas persepsimu mengenai cara berbisnis yang lebih bijak. Mintalah saran dan rekomendasi dari ahli bisnis atau mereka yang sudah terjun bertahun – tahun dalam bisnis dan kini sudah sukses.

Dengan berteman dan menjalin hubungan positif bersama orang yang sudah sukses berbisnis sebelumnya, maka ini akan memberikan motivasi kepada mu untuk memulai bisnis. Jangan malu untuk belajar hal hal dasar dari mereka, selalu ada waktu untuk mempelajari hal hal baru dalam bisnis.

 

Mengetahui, kerugian adalah satu paket dengan kesuksesan

Semua pebisnis di dunia sebenarnya tidak mau rugi dan maunya untung terus. Akan tetapi pada kenyataannya, berbisnis tidaklah semulus yang kamu harapkan. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen dan perencanaan yang matang. Logikanya kalau semua bisnis selalu memperoleh keuntungan absolut, maka akan banyak sekali orang yang terjun ke bisnis, namun kenyataannya tidak.

Orang orang yang menjadi pebisnis adalah mereka yang berani mengambil resiko dan melewatinya menuju kesuksesan. Hal ini menjawab pertanyaan mengapa pebisnis itu sedikit dibanding pegawai atau PNS, karena tidak semua orang siap rugi. Ini harus dipahami sebagai suatu tantangan, bukan ketakutan yang harus dihindari.

 

Baca juga : Cara Beternak Duit dari Bisnis Properti di tahun Ini

Bagaimana, sudah memutuskan untuk memulai bisnis hari ini? Semoga setelah membaca artikel bisnis dari ukmsumut diatas, kamu sudah bisa tercerahkan dan menghilangkan rasa takutmu dalam memulai bisnis. Jangan lupa silahkan bagikan post ini di media sosial mu ya. terimakasih sudah berkunjung di ukmsumut.