Home » Bisnis » Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Apa saja alasan mengapa Belajar Bahasa inggris Bagi Anak Sejak sangat penting? Belajar bahasa asing menjadi salah satu kebutuhan untuk menghadapi dunia kerja saat ini, terutama bahasa inggris. Mungkin ungkapan bahasa inggris adalah bahasa internasional, mempelajarinya akan membuka pintu dunia. Hal ini bisa menjadi gambaran kalau yang namanya belajar bahasa asing menjadi suatu skill yang menjadi nilai lebih.

Belajar english adalah aktivitas yang bisa meningkatkan kompetensi, kapabilitas serta karakter pada diri seorang pelajar. Dengan kompetensi dan kapabilitas bahasa inggris yang memadai, maka hal ini akan menunjang kesuksesan seseorang nantinya.

Sering sekali kita mendengar ungkapan “aku dengar maka aku lupa, aku melihat maka aku ingat. Aku melakukan maka aku paham” Secara tersirat ungkapan tersebut menegaskan bahwasanya belajar bahasa inggris yang berkualitas adalah yang melibatkan metode yang pas dan cocok dengan pribadi masing masing.

Dalam proses belajar bahasa inggris, sebaiknya dimulai sejak dini atau sejak usia anak-anak, karena usia anak-anak perkembangan fisik dan otak anak dalam kondisi maksimal. Fase inilah yang menjadi momen terbaik untuk mengajari anak belajar bahasa inggris

 

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

Apa saja yang sebaiknya yang dipelajari oleh anak sejak usia dini? Ada beberapa disiplin ilmu bahasa inggris yang sebaiknya dipelajari oleh anak sejak dini, misalnya salah satunya adalah belajar conversation, listening dan writing. Lantas mengapa mengajarkan anak bahasa inggris dinilai penting dilakukan sejak dini? Dalam tulisan kali ini kita akan ulas beberapa penyebabnya.

 

Implementasi Ilmu Bahasa Inggris Meliputi Berbagai Aspek

Mengapa belajar bahasa inggris itu penting, bahkan sejak anak-anak usia dini? Hal tersebut karena seperti yang kita ketahui, bahwasanya implementasi Ilmu Bahasa asing, khususnya english itu meliputi berbagai dimensi kehidupan.

Misalnya saja kamu berada di luar negeri, ingin berkomunikasi dengan warga lokal, bisa menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pemersatu internasional.

Dalam aktivitas jual beli, dunia kerja, istilah dalam game, aplikasi, media sosial dan sebagainya itu menggunakan bahasa inggris dan contoh lebih dekatnya misalnya seorang anak ketika di sekolah internasional dan ingin berkomunikasi dengan gurunya, harus menggunakan bahasa inggris

 

Kemampuan Bahasa Inggris Menjadi Gambaran Awal Kemampuan Linguistik Anak

Ada paradigma bahwasanya kemampuan bahasa inggris anak bisa menjadi tolok ukur anak tersebut pintar atau kurang pintar dalam hal linguistik atau kemampuan berkomunikasi, anak yang senantiasa mendapatkan nilai bahasa inggris yang bagus akan dicap sebagai anak yang cerdas dalam berkomunikasi.

Walau demikian, sebenarnya jika anak pintar bahasa inggris hanya mencakup satu ranah pengetahuan saja yaitu linguistik, dan ada rahah pengetahuan lainnya yang tidak kalah pentingnya yakni afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan).

Jadi bukan berarti anak yang tidak pintar bahasa inggris terus dikatakan sebagai anak yang kurang pintar atau bodoh, karena bisa jadi mereka lebih unggul dalam aspek pengetahuan lainnya.

Namun jika anak pintar bahasa inggris, maka hal tersebut bisa menjadi modal khusus untuk bisa menjadi anak yang berprestasi dan akan menunjang dan berperan dalam belajar untuk ditingat jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Lebih Mudah Memilih Jurusan Saat Kuliah

Anak yang unggul dalam pelajaran bahasa inggris kemungkinan akan lebih mudah untuk bisa memilih jurusan favorit ketika sudah duduk dibangku SMA atau Kuliah di perguruan tinggi. Begitu juga saat melamar pekerjaan ketika lulus nanti, karena banyak interview tes masuk perusahaan yang berkaitan dengan bahasa inggris.

Maka dari itu, sejak dini anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) seharusnya sudah bisa diajarkan pelajaran bahasa inggris secara dasar, baik belajar di sekoah atau dengan mengikutkan anak dalam program bimbingan belajar secara offline atau online.

 

Melatih Kemapuan Berpikir Kritis Anak

Bahasa inggris merupakan suatu displin ilmu yang berkaitan dengan analisis, daya ingat dan kemampuan untuk berkomunikasi. Dengan belajar bercakap cakap menggunakan bahasa inggris, baik yang mudah sampai pada tingkatan yang exprert, maka anak akan dilatih untuk berpikir kritis guna menjawab soal-soal bahasa inggris yang diberikan kepadanya, sehingga anak bisa memiliki kemampuan critical thingking.

 

Melatih Kemampuan Problem Solving Anak

Sekolah setinggi apapun pada ujungnya kita akan hidup dalam suatu lingkungan masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat, dalam aktivitas dalam lingkungan masyarakat dan keluarga ataupun dalam psikis kadang muncul masalah dan pastinya butuh sikap bijak dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Maka dari itu, semenjak belajar di lembaga pendidikan, sebaiknya anakk diajar bagaimana cara menyelesaikan masalah-masalah sehingga nantinya jika mendapatkan masalah dalam kehidupannya mereka akan lebih cermat dalam menyelesaikannya.

Belajar bahasa inggris juga bisa membantu anak dalam meningkatkan kemampuan problem solving atau pemecahan masalah, karena pelajaran bahasa inggris beda dengan displin ilmu lainnya, mislanya saja pelajaran sejarah dimana kita diajarkan untuk mengingat dan menghafal berbagai peristiwa lalu. Sedangkan pada pelajaran bahasa inggris kita akan disuguhi dengan soal-soal yang butuh kemampuan berpikir kritis.

 

Cara Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Sejak Dini

Tahu nggak apa bedanya antara pelajaran bahasa inggris dengan pelajaran lainnya?. Jadi jika kita belajar IPA, misalnya materinya tentang hewan, maka kita bisa langsung melihat bagaimana bentuk, warna bulu atau kebiasaan dari hewan tersebut. Sedangkan pelajaran bahasa inggrisn merupakan pelajaran yang bersifat abstrak.

Artinya bahasa inggris objeknya tidak bisa dilihat, sehingga butuh media untuk membuat bahasa inggris yang abstrak tersebut menjadi lebih konkret. Misalnya saja tentang konsep tenses yang membutuhkan pemahaman waktu ketika menggunakannya. Atau mempelajari vocabulary, menjadi sesuatu yang abstrak. Untuk membuatnya konkrit, butuh media misalnya untuk mengajarkan vocabulary maka bisa dengan membiasakan percakapan sehari hari menggunakan kosakata bahasa inggris

Berhubung bahasa inggris bersifat abstrak maka alangkah baiknya sejak anak-anak, mulai diajarkan tentang konsep bahasa inggris, sehingga anak akan lebih mudah paham nantinya, dengan pelajaran-pelajaran bahasa inggris yang dipelajari di sekolah.

 

Mengajarkan bahasa inggris dengan menggunakan media

Salah satu cara atau metode yang bisa diaplikasikan dalam mengajar anak bahasa inggris yakni dengan mengajar menggunakan media, dengan menggunakan media maka anak akan lebih mudah paham karena materi bahasa inggris yang dipelajari bisa menjadi lebih konkrit.

 

Bermain Games

Bahasa inggris bisa jadi adalah pelajaran yang membuat anak kurang minat dalam mempelajari, agar anak lebih berminat belajar bahasa inggris, para orangtua bisa menggunakan metode bermain sambil belajar atau sebut saja bermain games bahasa inggris. Kamu bisa lihat beberapa contohnya di internet, ada banyak kok!

 

Mengadakan Quiz

Metode lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengajarkan bahasa inggris kepada anak yakni dengan metode quizz, bisa kamu coba untuk diterapkan dalam pembelajaran agar bisa membuat siswa semakin semangat belajar. Quiz dengan pemberian reward sederhana juga menjadikan anak semangat untuk mempelajarinya

 

Mengikuti Bimbel Edukita

Alternatif lainnya dan juga tidak kalah efektif dalam mengajarkan anak bahasa inggris yakni dengan mendaftarkan anak bimbingan belajar, salah satu bimbel online yang bisa dipilih adalah Edukita. Edukita adalah platform belajar bahasa Inggris online dengan kurikulum berbasis standar internasional yang membuat anak terlibat lebih aktif di dalam kelas, sehingga pembelajaran anak menjadi lebih efektif

Layanan ini dimulai oleh Peter Gumulia yang saat itu masih kuliah di Harvard Business School dan Sean Widjaja yang bekerja di Airbnb. Selama masa pandemi, mereka memutuskan untuk memulai platform Edukita dengan semangat untuk mengembangkan pendidikan dan bakat anak anak di Indonesia

Mengapa kamu harus memilih Edukita? Ada beberapa faktor yang bisa kamu jadikan sebagai alasan, antara lain sebagai berikut :

  • Semua gurunya adalah native speaker dengan sertifikasi pengajar internasional
  • Menggunakan kurikulum yang dibuat agar suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga anak termotivasi untuk belajar bahasa inggris
  • Harga per bulan dimulai dari 300 ribu (Jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kursus lainnya)
  • Program Belajar Edukita adalah 2x kelas utama per minggu, ditambah dengan kelas tambahan (Edukita club) yang dapat diikuti oleh siswa secara tak terbatas (unlimited) tergantung jadwal
  • Untuk promosi, 1 bulan kelas gratis khusus untuk siswa baru

 

Penutup

Demikian artikel tentang beberapa alasan  pentingnya belajar bahasa inggris bagi anak sejak dini. Tentu saja dengan belajar bahasa asing, kita sudah memberikan modal yang signifikan untuk masa depan anak, supaya dia mampu untuk menghadapi persaingan pendidikan dan pekerjaan dimasa mendatang.

Semakin paham kan, betapa pentingnya belajar bahasa inggris sejak dini bagi anak, namun demikian tulisan ini merupakan persfektif tersendiri dari penulis, jika ada kekeliruan dan kesalahan mohon dikoreksi.

Tentu saja ini akan meningkatkan kompetensi kalian juga. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semuanya. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini, bookmart halaman ini juga!

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya