Lowongan Kerja Jasa Penulis Konten Artikel yang Cocok Untuk Mahasiswa

Peluang Usaha Penulis Konten yang Cocok Untuk kalian, para mahasiswa atau fresh graduate yang saat ini sedang membutuhkan pekerjaan. Hampir boleh dikatakan bahwa konten merupakan elemen penting dari sebuah website, sosial media atau toko online. Tanpa konten, maka mustahil seorang pebisnis online bisa memasarkan produk dan jasa miliknya. Terlebih di kota medan yang saat ini mengalami perkembangan bisnis online dan fintech.

bisnis penulis

Kalau berbicara konten berarti kita membutuhkan seorang penulis. Namun tidak semua penulis itu sama. Sobat ukmsumut bisa menjadi penulis yang memiliki spesialisasi lebih dari satu jenis. Kunci untuk menjadi penulis dengan spesialisasi yang tepat adalah memahami kebutuhan kita dan memilih jenis penulis yang tepat untuk proyek

Seorang mahasiswa atau yang baru lulus kuliah tentu saja minim pengalaman dan membutuhkan batu loncatan untuk bisa melamar di perusahaan besar. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sebagai penulis di berbagai instansi yang biasanya tidak membutuhkan pengalaman hanya membutuhkan keahlian menulis yang baik dan benar

Oleh karena itu apabila kamu bercita-cita ingin bekerja sebagai penulis, maka mulailah untuk belajar menghasilkan beberapa artikel dengan tema yang berbeda sesuai dengan apa yang kamu sukai.

Baca juga : Ide Bisnis Jasa Pasang Iklan Mobil Sebagai Media Promosi

Misalnya apabila kamu suka olahraga maka kamu bisa menulis artikel sepakbola, badminton atau lainnnya. Juga apabila suka politik, kamu bisa membuat artikel kritikan politik. Menyukai dunia seni juga tidak ada salahnya, kamu bisa menulis cerpen, puisi atau novel

 

Penulis buku

Lowongan kerja pertama yang bisa kamu geluti adalah menjadi seorang penulis buku. Ada banyak sekali jenis buku yang bisa kamu hasilkan seperti buku pelajaran sekolah, buku ajar untuk guru, buku-buku fiksi seperti novel dan kumpulan cerpen, atau justru buku yang berbobot seperti buku panduan untuk berbagai tema.

Jangan menyepelekan profesi seorang penulis buku. Namun disini perlu kamu pilih penerbit yang memang yang berkualitas, dan memiliki jangkauan distribusi toko buku yang luas sehingga bukumu nanti bisa diperkenalkan ke seluruh Indonesia

 

Brand Journalist

Penulis bergaya jurnalis mampu membuat artikel yang panjang. Contoh sederhana, bisa Kamu lihat pada artikel yang terdapat di majalah atau koran. Penulis jenis ini lihai dalam menemukan cerita dan membangun narasi (sesuai visi dan misi brand Kamu). Mereka mengeksplorasi subjek dari berbagai sudut pkamung, sampai mereka bias menemukan kepentingan manusia di dalamnya.

Brand journalist sering menjadi master dalam penulisan headline. Mereka bisa mengulas isu-isu di masyarakat dengan mengemas artikel yang mengalir. Walaupun Brand journalist tidak identik dengan konten marketing, tapi bisa dimanfatkan dalam alur narasinya dengan sedikit soft marketing.

Dan para brand journalist-lah yang bisa mengambil wajah jurnalistik selangkah lebih maju dengan mengetahui bagaimana mengadaptasi cerita dengan kepribadian dan memberi pesan merek Kamu.

 

SEO Copywriter

Situs milik mu ingin banyak pengunjung? SEO copywriter inilah tugasnya. Mereka mempunyai spesialisai mengintegrasikan target kata kunci (keyword) dan frase kesebuah website untuk memaksimalkan pencarian di google. Sama halnya dengan penulis lain, cuma penulis konten ini mampu menggabungkannya dengan ilmu seo agar penelusuran di mesin pencari lebih power full

Baca juga : 28 Ide Usaha Jualan Online Shop Terlaris Tahun Ini

 

Social media writer

Atau lebih mudahnya disebut “tukang update media social”. Biasanya jenis penulis ini mempunyai tugas mengelola halaman facebook, instagram, twitter. Mereka memanage konten-konten yang dirasa menarik audience.

Menjadi penulis sosial media walaupun materinya ringan, namun tetap harus bisa menarik perhatian pengikut supaya konten yang dipublish bisa memiliki jangkauan yang luas. Oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas, inovasi dan berita yang update dan viral.

 

Menjadi Influencer

Influencer adalah orang atau akun yang popular di dunia maya. Rata-rata mereka mempunyai banyak penggemar. Mereka mampu menarik para audience dan followernya. Bisa dibilang mereka termasuk artis-artis youtuber, selebgram, atau facebooker dg follower bejibun.

Influencer marketing merupakan cara promosi yang efektif karena konsumen jaman sekarang sudah kurang suka terhadap iklan. Namun perhatian mereka sehari-hari berada di social media dan mereka suka melihat konten2 menarik dari orang-orang atau influencer yang mereka follow.

Strategi pemasaran dengan memanfaatkan Influencer maka semakin banyak jangkaunnya sehingga produk dan tulisan Kamu akan semakin dikenal luas.

 

Menjadi Blogger

Blogger atau seorang webmaster adalah mereka yang memiliki blog atau website dan mengelolanya untuk dipasang iklan dan menghasilkan penghasilan dari situs tersebut.

Saat ini orang memang kurang mengenal profesi blogger. Namun apabila seorang fokus menulis di blog nya secara teratur, dan memasang media periklanan seperti Google Adsense bukan tidak mungkin pendapatan yang diperoleh jutaan setiap bulannya. Namun kembali lagi Kamu harus menguasai yang namanya teknik SEO atau search engine optimization

Baca juga : 51 Kata Bijak Bisnis Online dan Usaha Mencapai Sukses

 

Kesimpulan

Menulis merupakan suatu keahlian yang bisa mengantarkanmu kepada pekerjaan diatas. Jangan anggap remeh, pekerjaan diatas apabila ditekuni dengan baik dan benar, bisa menghasilkan gaji yang besar. Terlebih apabila kamu memang benar benar menikmati pekerjaanmu sebagai seorang penulis artikel.

Demikian artikel ukmsumut mengenai Peluang Usaha Penulis Konten yang Cocok Untuk Bisnis di Sumatera Utara, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Sumber : pengusahamuslim.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.