Home » Review » Contoh Website Standar dan Cara Membuatnya

Contoh Website Standar dan Cara Membuatnya

Apa yang dimaksud dengan Website standar dan seperti apa contohnya? Website standar adalah jenis website yang memiliki struktur dan fitur yang umum dan biasa kita temukan di internet, ketika googling dan mencari informasi sesuatu di mesin pencari

Website standar juga terdiri dari halaman depan, halaman kontak, halaman tentang kami, dan halaman produk atau layanan. Web yang pada umumnya ditemukan pada kondisi surface web, bukan deep weeb atau dark weeb.

Website jenis ini biasanya memiliki fitur seperti menu navigasi yang membantu pengunjung, formulir kontak yang membantu dalam mengirim pesan ke admin web, dan beberapa halaman lain yang menyediakan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Website standar dibuat dengan menggunakan platform website seperti Blogger, WordPress, Joomla, Wix, Webbly dan lainnya yang memungkinkan web developer menggunakan tema atau template untuk mempercepat proses pembuatannya

Contoh Website Standar buat Pemula

Ketika kita membahas tentang contoh website yang standar, berikut adalah beberapa fitur yang biasanya terdapat pada website standar yang harus kamu ketahui :

  • Halaman utama atau sering disebut homepage, yang menyajikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh website tersebut. Halaman ini biasanya menampilkan gambar, teks, dan tautan ke halaman lain di website.
  • Menu navigasi, yang memudahkan pengunjung untuk menavigasi ke halaman-halaman lain di website. Menu ini biasanya terletak di bagian atas atau samping halaman utama.
  • Halaman tentang kami atau about, yang menyajikan informasi mengenai sejarah, visi, misi, dan struktur organisasi dari website tersebut.
  • Halaman produk atau jasa, yang menyajikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh website tersebut, termasuk harga, deskripsi, dan gambar.
  • Halaman kontak atau hubungi kami, yang menyajikan informasi mengenai cara untuk menghubungi website tersebut, seperti alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  • Halaman bantuan atau dukungan, yang menyajikan informasi mengenai cara mengunjungi dan memanfaatkan fitur di dalam website tersebut, serta jawaban atas berbagai pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung.
  • Fitur login dan registrasi, yang memungkinkan pengunjung untuk masuk ke website dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Fitur pencarian, yang memungkinkan pengunjung untuk mencari informasi di website dengan menggunakan kata kunci.
  • Link ke media sosial, yang memungkinkan pengunjung untuk mengikuti website tersebut di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • Sitemap atau daftar isi, yang menyajikan daftar semua halaman di website tersebut, termasuk sub-halaman, dalam bentuk hierarki. Ini membantu pengunjung menemukan informasi yang diinginkan dengan lebih mudah.
  • Artikel terkait dan recently article untuk membuat pengunjung mendapatkan informasi yang relevan lainnya
  • Dan beberapa kategori artikel lain yang bisa disesuaikan.

Beberapa contoh website standar yang bisa kamu jadikan referensi, seperti ukmsumut(dot)com, sibakua(dot)com, kosngosan(dot)com dan lainnya.

Cara Membuat Website Standar

Membuat website standar bukanlah hal yang sulit. Berikut adalah beberapa langkah general yang dapat kamu ikuti untuk membuat website standar seperti blog sibakua ini :

Tentukan tujuan pembuatan website kamu. Apakah website tersebut akan digunakan sebagai sarana untuk menawarkan produk atau jasa?

Atau website tersebut akan digunakan sebagai sarana untuk berbagi informasi atau menyampaikan pendapat pribadi? Menentukan tujuan website akan membantu kamu menentukan struktur dan konten website yang sesuai.

Tentukan juga platform website mu dibuat dari apa. Apakah menggunakan platform gratisan seperti blogspot, weebly atau wordpress.com, atau menggunakan CMS seperti wordpress.org, joomla dan sebagainya.

Pilih nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat unik yang menunjukkan ke website kamu, sedangkan hosting adalah tempat di mana website kamu disimpan dan dapat diakses oleh orang lain melalui internet. kamu dapat membeli nama domain dan hosting dari penyedia layanan terpercaya.

Buat struktur website. Buat daftar halaman-halaman yang akan ada di website kamu, termasuk halaman utama, halaman tentang kami, halaman produk atau jasa, halaman kontak, dan halaman-halaman lain yang diperlukan.

Tentukan juga bagaimana struktur halaman tersebut akan terhubung satu sama lain, dan pastikan bahwa navigasi di website kamu mudah dipahami oleh visitor.

Buat konten website. Buat teks, gambar, dan video yang akan ditampilkan di setiap halaman website kamu. Pastikan konten tersebut relevan dengan tujuan website kamu dan mudah dipahami oleh visitor.

Buat desain website. Tentukan bagaimana website kamu akan terlihat, termasuk warna, font, dan layout halaman. kamu dapat menggunakan software desain web atau menggunakan template yang telah tersedia untuk membuat desain website kamu.

Publikasikan website kamu. Upload konten dan file website kamu ke hosting yang telah kamu pilih, dan pastikan bahwa website kamu dapat diakses oleh orang lain melalui internet dengan mengetikkan nama domain kamu di browser.

Optimalkan website kamu untuk mesin pencari. Pastikan bahwa website kamu terindeks oleh mesin pencari seperti Google dengan menambahkan tag metadata dan deskripsi yang sesuai ke halaman-halaman website kamu. Ini akan membantu website kamu muncul di hasil pencarian mesin pencari dengan lebih mudah.

Jaga website kamu agar tetap aktual dan informasinya relevan dengan yang saat ini. Pastikan bahwa konten website kamu selalu diperbarui dengan informasi yang terbaru dan valid, dan periksa secara berkala apakah

Jasa Sewa Hosting dan Domain Terbaik

Kalau sobat ukmsumut ingin mencari tempat penyedia hosting dan domain yang berkualitas, maka kami menawarkan untuk mencoba paket dari Verpex.

Semua server dari verpex dikelola sepenuhnya dan dengan sumber daya khusus yang benar benar kompeten. Server cloud-nya dilengkapi dengan fitur yang membantu mencapai berbagai tujuan klien.

Beberapa kelebihan dari platform ini seperti transfer data tanpa limit, email akun unlimited, gratis ssl, backup harian, gratis migrasi, monitoring realtime, keamanan yang terjamin dan berbagai kelebihan lain yang hanya bisa kamu rasakan ketika membeli paket mereka.

Bagian Kesimpulan

Peluang pembuatan website standar bisa menjadi pilihan yang menarik bagi sobat ukmsumut yang memiliki kemampuan dalam bidang programing dan web developer.

Semoga beberapa panduan diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share, bagikan artikel ini ke sosial media masing masing ya, jangan lupa juga bookmart

Share on: