Inspirasi Bisnis Wisata Edukasi yang Meningkatkan Pengetahuan

Ada beberapa tipe orang liburan. Ada yang ingin senang-senang, menghilangkan penat, mencari hiburan, atau ingin menambah pengetahuan, semakin menajamkan otak, dan adapun keduanya. Yakni ingin liburan yang menghibur tapi tidak meninggalakan sisi edukasi yang didapat.

Apapun tipe liburan Anda, berikut akan kami sajikan daftar dari beberapa tempat wisata yang mendidik yang mungkin bisa menjadi inspirasi bisnis untuk anda. Bagi keluarga yang memiliki anak kecil, biasanya para Ibu dan Ayah selalu memilih tempat mengedukasi yang bermanfaat untuk pengetahuan anak-anak mereka.

Wisata yang mengedukasi ini bukan berarti wisata yang memiliki tempat untuk belajar. Tapi ada pemandangan yang bila kita kunjungi dapat menambah pengetahuan kita. Bila kita lihat, kita bisa tahu bagaimana. Bila kita baca, bisa menambah koleksi informasi di memori otak kita. Apa saja itu? Yuk mari simak pembahasannya dibawah ini.

Batu Secret Zoo

Batu secret zoo merupakan sebuah wahana wisata yang terletak di kota Batu. Dan satu tempat dengan Jawa Timur Park 2. Di tempat ini anda bisa belajar tentang satwa yang beraneka ragam. Mulai dari predator, mamalia, unggas, dan beberapa hewan langka dan dilindungi lainnya.

Akan kurang lengkap rasanya jika anda berwisata ke Batu Secret Zoo jika tidak didampingi oleh pemandu yang handal. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Kota Malang maka kami sarankan untuk memakai jasa travel yang terpercaya agar perjalanan anda tidak mengecewakan. Anda dapat memakai Jasa Sewa Mobil Malang yang terbukti berpengalaman dan Kompeten dibidangnya.

Rumah Puisi Taufiq Ismail

Bagi pecinta sastra, kalian wajib datang ke tempat yang berlokasi di Sumatera Barat daerah Padang Panjang ini. Tiang-tiang bangunan di sana tertulis puisi-puisi karya ciptaan Taufiq Ismail dalam bentuk banner. Jadi puisinya tidak cuma tertulis di dalam buku, namun jika ingin melihat versi buku, tersedia perpustakaan kecil yang memiliki koleksi buku-buku entah itu puisi, novel, atau lainnya.

Di perpustakaan kecil mereka juga ada buku yang ditulis oleh Mikhail Gorbachev, mantan pemimpian Uni Soviet. Belajar tentang sastra sekaligus sejarah. Di mana lagi kalau bukan di Rumah Puisi Taufiq Ismail. Pun jika Anda beruntung, Anda tidak cuma berkesempatan membaca puisi beliau, tapi juga bisa bertemu dengan Taufiq Ismail langsung.

Taman Pintar Yogyakarta

Merupakan tempat yang dapat menebalkan pengetahuan kalian tentang ilmu pengetahuan teknologi. Diharapkan dengan berdirinya tempat wisata edukasi tersebut, anak-anak tidak kolot dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang, dan tentunya bisa menjadikan generasi penerus bangsa nantinya bisa menciptakan teknologi sendiri.

Jadi Indonesia tidak berpangku tangan dengan terus menjadi konsumen atas hasil kreativitas dari negara lain. Taman Pintar merupakan sebuah taman bermain, namun dibikin dalam bentuk balutan seni arsitektur yang modern, diharapkan anak-anak yang datang ke sana tidak merasa bosan karena belajar.

Kota Tua

Kota Tua selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang. Entah itu warga Jakarta asli, orang-orang dari kota lain bahkan turis asing. Jalanan yang tak pernah sepi pengunjung itu juga biasanya dijadikan sebagai tempat pertunjukan anak jalanan. Namun yang mengagumkan bukan teeletak di sana. Tapi bangunan mereka.

Ada bangunan bersejarah yang sudah berdiri di zaman sebelum Indonesia merdeka, seperti museum Bank Indonesia, Bank Mandiri, Fatahillah, museum wayang, seni rupa, museum keramik Indonesia dan ada juga bangunan tua berupa gedung Pos Indonesia, kafe Batavia, dan gedung Kerta Niaga.

Hadir ke sini, Anda bisa mengetahui bagaimana kota Jakarta hidup di zaman dulu. Di mana Jakarta zaman dulu bukan bernama Jakarta, tapi Batavia. Kota Tua mengingatkan kita bahwa zaman dulu Indonesia bukan apa-apa dibanding sekarang. Serta menumbuhkan rasa cinta pada negara ini lewat artefak-artefak peninggalannya.

Bandung Science Center (BSC)

Seperti namanya, apa yang akan kita pelajari di sini adalah sesuatu yang berhubungan dengan sains. Disajikan banyak sekali wahana yang dapat menambah kecerdasan kita. Seperti, kita akan dikenalkan tata surya dengan cara menyenangkan, spot foto dengan ilusi optik, wahana ruang kimia, geologi, fisiologi, fisika dasar, ruang robotik dan masih banyak lagi. Sayangnya semua wahana yang ada di sana lebih cocok dimainkan oleh anak-anak.

Escape Hunt Bali

Wisata satu ini akan memaksa Anda untuk terus berpikir, menajamkan otak, karena di sini Anda diharuskan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan permainan ala-ala Sherlock Holmes.

Baca juga : Tips memulai bisnis properti di kota Medan, Sumatera Utara

Penggemar detektif, pasti tak asing dengan Sherlock Holmes. Di sini Anda akan bertingkah layaknya detektif, Anda pun diberikan tantangan permainan. Seperti dikurung dalam ruangan yang tertutup, Anda harus bisa membebaskan diri dengan menyusun teka teki yang ada. Anda pun akan diberikan kasus dan harus Anda selesaikan dengan baik. Bagaimana? Menarik bukan?