Meraih Untung dari Bisnis Berjualan Foto Hasil Kamera Smartphone

Diposting pada

Foto dan gambar merupakan jenis data yang berbentuk visual yang menjadi kebutuhan saat ini dalam berbagai penggunaan seperti misalnya sebagai media promosi dan penyediaan informasi. Ilmu dan hobi yang menyangkut dengan dunia foto biasa disebut dengan fotografi. Ilmu ini menjadi sangat trend belakangan ini karena ternyata bisa menghasilkan income yang fantastis!

Tidak hanya video, foto juga bisa dijadikan sebagai media untuk meraih pundi pundi penghasilan. Ilmu Fotografi yang menjadi modal utama, harus dipelajari dan ditekuni sebelum menghasilkan foto yang berkualitas dan mengikuti selera pasar tentunya. Ilmu ini merupakan suatu kegiatan menghasilkan seni gambar dan foto melalui media cahaya dengan alat yang disebut kamera yang memiliki tujuan tertentu.

Lalu bagaimana caranya menghasilkan duit dari foto yang kita hasilkan, baik itu dari hasil jepretan kamera DSLR, Mirror less atau kamera smartphone? Salah satunya adalah menjualnya. Ya, foto yang kita hasilkan bisa dijual dan dibeli oleh orang yang membutuhkannya.

Baca juga : Tips Langkah Awal Memulai Bisnis dengan 5 Kekuatan Dasar yang Sederhana

Sebenarnya ada banyak platform yang menyediakan wadah jual beli foto ini. Akan tetapi kami memberikan beberapa saja yang memang sudah berpengalaman dan memberikan penawaran harga yang relatif lebih mahal, serta tidak bersifat scam.

 

Bisnis menjual foto melalui aplikasi

Anda memiliki hobi berfoto? Hal ini mungkin menjadi kegemaran semua orang yang memiliki smartphone, termasuk admin sendiri. Tapi apa untugnnya melakukan capture foro saja? Tentu bagi anda yang produktif, akan beranggapan ini hanya untuk mengisi memori yang kosong saja.

Lebih parahnya lagi, anda hanya bisa menggunakan foto tersebut untuk di pamerkan di sosial media seperti Instagram dan Facebok. Anda mungkin membutuhkan aplikasi yang bisa membayar anda untuk apa yang sudah anda foto. Penasaran aplikasi apa saja itu? Mari simak satu per satu dibawah ini :

 

Aplikasi Foap

Aplikasi ini di desain untuk para pecinta foto. Intinya siapapun bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi Foap, anda bisa mendapatkan dollar dengan bermodalkan foto kualitas bagus dan anda bisa ikut sertakan foto anda ke dalam misi-misi yang ada di aplikasi ini. Adapaun dua cara agar anda mendapat dollar dari aplikasi ini. berikut dua hal tersebut.

Dengan menyelesaikan misi anda bisa meraih kesempatan mendapatan reard berupa dollar, tepatnya $100 untuk setiap pemenang misi. Setiap misi berisikan tema foto yang di sponsori oleh salah satu produk dari suatu perusahaan. Merekalah yang membiayai

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Anak Muda Milenial yang Prospektif di Tahun Ini

Masing-masing misi yang ada di aplikasi Foap ini. Setiap misi memiliki jangka waktu berfariasi mulai dari satu minggu samapai satu bulan. Setip misi memiliki keberagaman tema serta requrment. jadi, pastikan anda sudah membaca terlebih dahulu persyaratan dan juga temanya sebelum memasuki Misi.

Pada bagian ini mungkin jarang di dapatkan, biasanya ketika ada orang yang memang butuh dengan foto yang sesuai dengan apa yang anda buat. biasanya mereka akn menghubungimu lewat email. Mungkin kalian berfikir kenapa sebuah foto harus di hargai semahal itu. Well, setiap foto yang di ambil merupakan hak cipta. bayangkan saja jika karyamu yang begitu anda andalakan dan banggakan tiba-tia viral lewat postingan orang lain dan tidak mencantumkan namanu sedikitpun.

 

Aplikasi Agora

Tidak jauh beda dengan Foap, agora juga memiliki Misi, namun ini diberi nama kontes. Bagi saya sama saja intinya adalah perlombaan. Berbeda dari Foap, Agora memiliki kontes dengan harga yang bermacam-macam. Hadiah biasanya di angka $250 samapai $1000 tergantung penyedia penyenggara.

Aplikasi Agora sendiri memiliki sisitem level dan juga Followers.  Jika anda berhasil memenagakan kontes, maka anda akan di hadiahi uang dan juga level. tentunya anda akan mendapat followers yang banayak. Nah jadi popularitas dan kerjakeras akan sangat dibutuhkan dalam setiap penjualan foto anda.

 

Sosial Media EyeEm

Eyeem adalah salah satu media sosial khusus foto sekaligus menjadi pasar untuk menjual foto hasil jepretan anda. Banyak orang yang sudah mendapatkan income fantastis dari hasil berjualan foto di situs ini. Namun bagi sebagian orang awam, menjual foto di situs ini akan susah susah gampang. Banyak orang yang tiba-tiba berhenti lantaran karya fotonya tak kunjung laku. Padahal, untuk dapat menghasilkan dollar dalam bidang ini, diperlukan karya foto yang berkualitas dan berkuantitas.

Baca juga : 20 Ide Usaha Bisnis Paling Unik, Gila dan Beda Namun Prospektif di tahun ini

Bagi yang belum tahu, Eyeem Market ini adalah satu dari banyaknya tempat dimana anda dapat menjual hasil foto yang anda tangkap menggunakan kamera. Eyeem Market ini bisa dengan gratis di unduh di store ponsel masing-masing. Nantinya apabila foto milik anda berkualitas dan layak untuk dipasarkan, maka tim review akan memasukkan foto anda ke pasar GettyImage, yang menjadi pasar segmen tinggi dengan harga bayaran foto fantastis.

 

Website Fotolia

Media terakhir yang bisa menyulap foto anda menjadi uang adalah Fotolia. Merupakan bagian dari microstock yang termasuk paling populer. Jika Anda ingin menjadi kontributor disini, bisa membuat account dan mengirimkan foto untuk Fotolia untuk meninjau.

Sebelum Anda dapat mengirimkan foto, Fotolia akan meminta untuk mengikuti training Online. Dan apabila anda sudah menyelesaikan pelatihan maka anda bisa segara meng-upload foto ke Fotolia. Nah foto ini akan dikirim ke editor untuk ditinjau. Mereka akan memberitahu anda jika gambar telah diterima. Biasanya membutuhkan 2- 3 hari sampai karya di-Approved

 

Tips berjualan foto secara legal

Untuk menjual foto anda dengan cara legal tanpa melanggar hukum, maka perlu menerapkan ketiga prinsip ini agar nantinya terhindar dari permasalahan hukum akibat tuntutan pelanggaran hak cipta.

  • Siapkan foto dengan resolusi yang cukup tinggi (kamera smartphone high-end)
  • Jangan mengambil foto milik orang lain karena percuma
  • Jangan mengambil foto yang mengandung brand atau merek
  • Patuhi semua aturan yang ada

 

Baca juga : Cara Menghitung Margin Bisnis Franchise (Waralaba) Secara Sederhana

Sekianlah pembahasa artikel ukmsumut mengenai Bisnis Menjual Foto Hasil Jepretan Kamera Smartphone kali ini, semoga bisa membantu dan memberikan inspirasi bagi anda yang saat ini sudah mulai memikirkan bagaimana cara menjadikan smartphone lebih produktif. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosial milik anda ya!