Tips Merintis Usaha dan Bisnis Sumatera Utara

Diposting pada

Orang batak, mayoritas suku yang mendiami provinsi sumatera utara merupakan orang yang pandai berdagang. Walaupun tidak seterkenal suku minang dan bugis, tetapi sikap dan motivasi orang orang batak patut di acungi jempol. Demikian dalam hal berbisnis dan berusaha. Ada beberapa tips untuk anda yang ingin segera memulai bisnis di tanah batak ini. Simak terus pembahasannya kali ini.

Usaha dan bisnis orang orang batak di sumatera utara tidak melulu menjadi pengacara atau tukang tambal saja lho. Usaha dan bisnis disumatera utara sudah beragam dan sudah banyak perusahaan asing yang mendirikan kantor dan cabangnya di sumatera utara.

Anda yang tertarik membuka bisnis di sumatera utara seperti di medan, binjai, kisaran, balige dan kota besar di sumatera utara lainnya ikuti tips dibwah ini :

1. Mulailah menata diri sendiri

Jika Anda bisa mengatur diri Anda pada proses awal, maka Anda pun akan mendapatkan jalan kemudahan menuju sukses. Anada perlu melakukan evaluasi terhadap diri Anda sendiri, karena ini akan membantu saat menghadapi masalah dikemudian hari.

Sebaiknya biasakanlah membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dan cek daftar yang Anda tulis, periksa apa saja yang sudah Anda kerjakan. Dengan cara ini akan mudah mengelola pekerjaan Anda setiap harinya.

2. Jadikan Hobi Sebagai Usaha

Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut.

Lakukan analisis Break Event Point (BEP) untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas, dan lainnya). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.

3. Perbaiki kesalahan bisnis anda dengan mencatat dan mengevaluasi

Saat masalah bisa dihadapi, jadikan itu sebagai pelajaran terbaik. Setiap bisnis atau usaha di sumatera utara pastilah memiliki masalah yang tidak bisa diprediksi.

Mulailah Perbaiki kesalahan yang pernah terjadi. Satu hal lagi, jadilah unik, sebisa mungkin jangan meniru atau ikut-ikutan model bisnis dari orang lain, carilah sesuatu yang sangat berbeda. Karena dengan berbeda dari yang lain, maka Anda pun akan punya gaya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan.

4. Carilah teman bisnis

Dengan adanya partner, tentunya jika anda mengalami kendala atau kerugian maka kerugian yang ditanggung tidak terlalu besar. Karena berbisnis dan membuka usaha merupakan bidang yang cukup berisiko, sebaiknya akan lebih tepat jika mencari partner untuk berbisnis. Terutama bagi anda yang masih awam dalam bidang bisnis tentunya belum terbiasa dengan risiko-risiko bisnis yang ada.

Tidak ada salahnya juga anda memperkerjakan karyawan, bila beban kerja dirasa sudah melebihi kapasitas. Berilah gaji sesuai dengan kapasitas dan posisi karyawan anda.

Oke, demikian Tips membuka usaha dan bisnis sumatera utara kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian yang hendak membuka bisnis dan usaha di provinsi sumatera utara, khususnya calon pelaku ukm dan umkm sumatera utara. Berikan pendapat anda di kotak komentar dibawah ini.