Home » Bisnis » 8 Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen Harian

8 Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen Harian

Bagaimana cara memulai bisnis sewa apartemen sistem harian yang menjanjikan di perkotaan? Apartemen merupakan hunian idaman warga milenial yang tinggal di daerah bisnis dan pusat industri, seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan lainnya.

Saat ini banyak orang telah menyadari bahwa investasi dibidang properti seperti ini, semakin prospektif untuk digarap dan memberikan keuntungan passive yang massif.

Banyak orang tertarik untuk menyewa apartemen di Jakarta dan kota-kota besar lainnya karena kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan. Dengan segudang daya tariknya, apartemen dapat menjadi usaha properti yang sangat menjanjikan ke depannya.

Apabila Kamu ingin keuntungan bulanan yang stabil serta minim resiko, maka usaha sewa apartemen bisa menjadi pilihan. Investasi sewa apartemen juga sesuai bagi Kamu yang akan segera pensiun, karena tidak perlu banyak kegiatan dalam menyewakan apartemen mu dalam sistem harian.

Kenapa harus sistem harian? Karena selain perputaran omset yang lebih aktif dan dinamis, kamu juga menyediakan kebutuhan bagi para pelancong, orang yang melakukan staycation di pusat kota

Atau mereka para pekerja kantoran yang berasal dari luar kota dan hanya punya kepentingan untuk mengikuti meeting di tempat mu dalam beberapa hari saja. Karena ada banyak orang yang bergantung pada pemasukan sewa harian apartemen untuk membayar tagihan ketika mereka pensiun.

Bisnis Sewa Apartemen Harian

bisnis sewa apartemen
bisnis sewa apartemen harian

Berbicara mengenai resiko, seperti kebangkrutan bisa dikatakan kemungkinannya tergolong minim. Kamu mungkin pernah mendengar keluhan kecil pemilik apartemen dalam menyewakan apartemen mereka, namun jarang dari mereka yang akhirnya memutuskan untuk menjual apartemennya, bukan?

Apabila apartemen mereka tidak laku tersewa, mereka bisa saja menggunakan jasa agen properti atau mengiklankan unit secara gratis di website property.

Tidak hanya diiklankan, beberapa perusahaan properti startup bahkan mau repot-repot mengurus kontrak sewa-menyewa antara pemilik dan penyewa yang biasanya ribet diurus. Mereka juga rela mendekorasi unit secara gratis agar cepat tersewa.

Resiko yang lebih banyak dihadapi oleh pemilik apartemen kemungkinan datang dari pihak yang ingin menyewa apartemen. Pertama, ada kemungkinan menunggak dalam pembayaran sewa.

Kedua, penyewa yang tidak bertanggung jawab bisa menciptakan kerugian, jika mereka sampai merusak fasilitas unit. Oleh karena itu, penting untuk menyeleksi penyewa sebelum menandatangani kontrak.

Meskipun minim resiko, usaha sewa apartemen tetap tidak bisa dianggap remeh. Sama seperti usaha lainnya, pemasukan dari usaha sewa apartemen akan semakin kecil jika resiko yang Kamu pilih juga minim.

Jika sobat ukmsúmut ingin memulai usaha ini, bisa juga membaca Keuntungan dan Kerugian Sewa Apartemen berikut untuk mencari perhitungan dan modal dalam memulai usaha di bidang pariwisata juga.

1. Memilih Apartemen Terjangkau

Saat sobat ukmsumut ingin membeli apartemen, harus mengumpulkan seluruh referensi apartemen yang tersedia dan bandingkan satu sama lain.

Ini merupakan tips yang klise memang, namun tidak banyak orang yang bisa memilih unit apartemen yang punya harga miring.

Kalau memungkinkan juga lebih baik memilih apartemen bekas ketimbang baru, karena tentu saja harganya lebih murah.

Jangan terlalu banyak mengeluarkan uang muka, walaupun sobat bisa membayarnya. Menjaga investasi tetap kecil membantu supaya berada di zona yang aman dengan resiko yang lebih rendah

2. Membeli Secara Cash

Nah ketika kamu memutuskan untuk membeli satu atau beberapa unit apartemen, sebisa mungkin jangan membeli dengan cara menyicil tetapi langsung bayar secara cash atau kontan.

Karena ini akan lebih menguntungkan dibanding dengan cara mencicil yang akan memberikan harga total yang lebih mahal dibandingkan dengan harga total secara kontan.

Kalau kamu ingin beli apartemen namun belum memiliki dana, sobat ukmsumút bisa mendapatkan bantuan pembiayaan dari orang-orang terdekat atau menggadaikan sesuatu, dibanding meminta bantuan kredit dari bank atau lembaga pembiayaan.

3. Mempelajari Biaya Maintenance

Kamu harus tahu bahwa membeli apartemen tidak lantas menjadikan kamu bebas terhadap biaya perawatan nya ya. Karena ibarat kamu itu punya satu atau beberapa unit saja dalam satu bangunan besar, jadi harus tunduk terhadap kesekatan tertentu mengenai perawatan.

Ini juga penting untuk memilih apartemen yang memiliki biaya perawatan (maintenance) terjangkau. Perhatikan pula legalitas dan perizinan apartemen tersebut.

Perlu sobat ketahui ketika membeli satu unit apartemen, maka sobat ukmsumut akan mendapatkan hak guna bangunan (HGB) selama 20 tahun, atau sesuai kesepakatan.

4. Mempelajari Serfifikat Kepemilikan

Apakah sertifikat HGB ini murni atau HGB diatas HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Kalau HGB murni berarti tanah milik developer, jika HGB habis, maka dapat diperpanjang.

Jika HGB di atas HPL artinya tanah tersebut bukan milik developer, tetapi berupa kerjasama dengan pihak lain sebagai pemilik tanah.

Setelah kerjasama habis, maka hak bangunan dan tanah menjadi milik si pemilik tanah tersebut. Ini sangat penting untuk dikehui sebagi pembeli awam.

5. Mencari Lokasi Apartemen Strategis

Sebelum sobat ùkmsumut memutuskan untuk membeli unit apartemen untuk disewakan, penting untuk memilih lokasi yang strategis terlebih dahulu.

Banyak orang yang memutuskan untuk menyewa apartemen di Jakarta karena lokasinya yang dekat dengan tempat kerja, universitas, atau pusat perbelanjaan.

Lokasi dapat menjadi nilai jual utama dari suatu apartemen. Bahkan, apartemen yang fasilitasnya biasa saja sekalipun, harga sewanya bisa melambung tinggi jika terletak di pusat-pusat usaha.

Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi apartemen sobat ukmsumut yaitu:

  • Lingkungan yang aman
  • Pastikan apartemen mu tidak berada di wilayah yang sering konflik atau tingkat kriminalitasnya tinggi.
  • Tingkat Kebisingan yang Rendah

Apartemen yang lokasinya dekat dengan bandara atau jalan besar memang dapat menjadi nilai tambah. Akan tetapi, pastikan suara-suara bising dari tempat tersebut tidak terdengar sampai unit apartemen mu, karena tentu dapat menimbulkan ketidakpuasan penghuni.

Akses Mudah ke Perkantoran

Apartemen yang lokasinya dekat kantor seringkali laku lebih cepat ketimbang apartemen yang berada jauh dari perkantoran.

Apartemen Puri Orchard adalah contohnya. Karyawan perusahaan Orang Tua tidak jarang melirik tempat ini jika ingin menyewa apartemen di Jakarta, karena lokasinya di belakang kantor.

Kedekatan dengan Pusat Perbelanjaan. Pusat perbelanjaan dapat memudahkan penghuni apartemen dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Oleh karena itu lebih disukai.

6. Menentukan Target Pasar

Agar usaha sewa apartemen lebih terarah, sobat ukmsumut perlu menentukan siapa target pasar Kamu secara spesifik. Misalnya saja secara umum, Kamu menarget penyewa lokal atau ekspatriat?

Jika Kamu menargetkan penyewa ekspatriat, pertimbangan lokasi apartemen dekat tempat wisata dan kantor kedutaan besar mungkin perlu ditambahkan.

Sobat ukmsumut yang menargetkan penyewa lokal bisa memerincinya lagi hingga menjadi jelas. Contohnya untuk penyewa lajang atau sudah menikah?

Penyewa lajang biasanya tidak membutuhkan banyak ruang, jadi unit studio ataupun 1BR cocok untuk mereka. Sedangkan penyewa yang sudah menikah, apalagi telah memiliki anak, lebih cocok untuk tinggal di unit 2BR atau 3BR, lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang ramah anak di apartemen.

Baca juga : Coba Ide Bisnis di Musim Hujan ini

7. Merenovasi Apartemen

Apakah renovasi apartemen itu penting dalam usaha sewa properti? Tentu! Apartemen yang sudah direnovasi akan terlihat lebih menarik dibanding apartemen yang disewakan apa adanya.

Jika sobat ukmśumut membeli unit yang unfurnsihed, akan lebih baik jika Kamu melengkapinya dulu dengan furniture, sebelum disewakan.

Ini akan menarik perhatian penyewa yang menginginkan kepraktisan dan tidak mau direpotkan dengan pemindahan furniture lama mereka. Dan juga unit ini akan dilirik oleh orang yang butuh tempat tinggal sementara ketika bekerja.

Tidak hanya soal kelengkapan unit, desain unit apartemen sobat ukmsumut juga penting untuk diperhatikan. Mendekorasi unit dengan hiasan dinding yang cantik, karpet baru, spring bed berkualitas hingga tanaman hias yang anggun tentu akan membuat unit Kamu memiliki nilai lebih di mata penyewa.

8. Memasarkan Apartemen Secara Online

Mengutip dari Asosiasi Jasa Penyedia Internet Indonesia (APJII), ada sebanyak 171 juta orang Indonesia yang saat ini terhubung dengan internet. Artinya 64% populasi telah terhubung secara online. Sebagian orang tersebut tentu sedang mencari apartemen idaman mereka dan ini bisa menjadi peluang mu.

Kamu bisa mengiklankan unit apartemen mu secara online di mesin pencari seperti Google, Yahoo atau media sosial, misalnya Facebook, Youtube dan Instagram.

Mengiklankan apartemen di platform tersebut tentu prosesnya panjang dan tidak mudah. Kamu bisa mempercayakan tugas ini kepada website-website sewa apartemen. Selain di websitenya sendiri, Jendela360 juga akan mengiklankan unit apartemenmu di 8 marketplace premium

Kekurangan dan Kelebihan Sewa Apartemen Harian

Sebagai pebisnis dibidang apartemen, sobat ukmsumut wajib mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan orang orang menyewa apartemen untuk kebutuhan mereka. Berikut diantaranya :

Kelebihan sewa apartemen :

  • Menghemat Biaya Furniture dan Perabotan Lainnya
  • Langsung Siap Huni Tanpa Repot Lagi
  • Menghemat Tenaga untuk Pindahan
  • Memiliki Fasilitas yang Mencukupi
  • Memiliki Lokasi yang Strategis
  • Suasana yang Aman dan Nyaman

Adapun kekurangan nya adalah sebagai berikut :

  • Biaya Sewa yang Lebih Mahal
  • Nasib Furniture Di Tempat yang Sebelumnya
  • Tempat Tinggal Selanjutnya yang Tidak Pasti
  • Suasana yang Sempit dan Kurang Menyehatkan
  • Interaksi Sosial yang Kurang

Baca juga : Peluang Bisnis untuk Perempuan

Kesimpulan

Memulai investasi dan bisnis dibidang properti seperti apartemen memang selalu membutuhkan modal yang cukup besar.

Oleh karena itu, sebagai pemula sobat ukmsumut harus benar benar memperhatikan detail sebelum terjun langsung. Karena walaupun harga apartemen dari waktu ke waktu semakin mahal, namun apabila tidak dikelola dengan baik, tetap bisa mendatangkan kerugian.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat buat teman teman sekalian. Bagi yang tertarik memulai investasi dibidang ini, silahkan saja.

Namun alangkah lebih baiknya kalau kamu belajar terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman atau menyewa jasa konsultan. Like artikel ini dan jangan lupa share ke media sosial mu. Terimakasih!

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya