Tips Bisnis Usaha Pakaian di Medan

Diposting pada

Bisnis MedanTips Bisnis Usaha Pakaian di Medan dan Sumatera Utara kali ini akan membawa anda menjadi pengusaha atau enterpreneur sukses dibidang pakaian. Karena bisnis ini tidak ada matinya dan selalu dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat.

Tingginya minat masyarakat akan mode pakaian cenderung bersifat dinamis. Hal inilah yang mendorong munculnya peluang bisnis pakaian yang memiliki omset keuntungan  menggiurkan. Pada umumnya, bisnis pakaian ini dilakukan penjual dengan pembelian. Adanya sistem grosir yang memungkinkan anda mendapatkan harga yang lebih murah dan seterusnya dijual kembali.

Pemilihan grosir pakaian yang tepat dan terpercaya merupakan hal mutlak diperlukan. Hal ini untuk menghindarkan kita dari tindakan penipuan yang dapat merugikan bisnis. Sebelum memutuskan membeli pakaian dari penjual grosiran ada baiknya anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut yang telah dirangkum oleh ukmsumut :

Menentukan Skala Bisnis Pakaian

Skala bisnis tentunya selalu berdasarkan dengan jumlah modal yang anda miliki dan gunakan untuk membangun bisnis pakaian ini. Sebelum memulai bisnis ini, tentukan terlebih dahulu skala bisnis pakaian serta jenis produk seperti apa yang menjadi keunggulan toko anda nantinya. Sehingga anda bisa membuat rencana bisnis, target pasar dan segmentasi pasar demi menarik lapisan konsumen tertentu.

Seperti misalnya dengan cara memilih skala bisnis yang kecil, menengah hingga skala raksasa yang memainkan industri retail. Ada lagi dengan menentukan tipe pakaian tertentu seperti batik khas lamongan, atau kain ulos khas batak, atau khusus hanya kemeja pria saja. Semuanya tergantung kepada anda.

Menentukan  Tempat Usaha

Pemilihan lokasi usaha bisnis pakaian yang strategis dan mudah dikenali oleh pengunjung merupakan lokasi yang ideal untuk dipertimbangkan. Anda dapat memilih lokasi bisnis pakaian dengan cara menyewa ruko atau memanfaatkan lokasi sekitar tempat tinggal yang dekat dengan jalan besar atau fasilitas umum. Bila ingin menekan biaya sewa lagi, anda bisa berjualan nomaden alias berjualan di bak mobil pribadi milik anda.

Sebagai saran, anda bisa mendesain toko pakaian dengan pernak pernik yang unik seperti memasang lampu hias, spanduk dan banner yang menarik serta menggunakan boneka manekin dengan model pakaian terbaru di depan toko. Memperbaiki tampilan dinding toko, dan memperkejakan karyawan yang ramah dan cekatan untuk mendukung bisnis pakaian anda.

Lakukan Riset serta Pengenalan Pasar

Sebelum membeli atau menjual pakaian grosiran, anda disarankan untuk mengenali pasaran dengan melakukan riset harga pakaian sejenis yang telah dijual di pasaran. Kebutuhan masyarakat sekitar terhadap suatu jenis pakaian, daya beli masyarakat, situasi ekonomi pasar, serta selera umum calon konsumen.

Sebagai contoh apabila lingkungan sekitar berada di lingkungan pesantren atau masjid, anda bisa berjualan pakaian khas muslim seperti gamis dan baju koko dengan harga yang terjangkau. Juga apabila tempat usaha anda berada di sekitar lingkungan pendidikan, disarankan untuk menjual pakaian khas anak muda dengan mode terbaru, atau menjual pakaian seragam sekolah  yang mungkin belum dijual oleh pesaing bisnis pakaian lain.

Mencari Grosir Termurah dan Kredibel

Membeli pakaian di pusat penjualan grosir yang termurah dan kredibel menjadi penting supaya anda dapat menghindari hal-hal yang dapat merugikan bisnis anda. Sebelum melakukan transaksi, anda diharuskan mencari informasi mendetail mengenai partner bisnis anda yakni penjual grosir tersebut, tentang misalnya apakah harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan penjual grosir sejenis.

Kemudian apakah dapat potongan harga bila membeli dalam partai besar, apakah pelayanannya memuaskan, apakah jumlah pembeliannya lebih fleksibel dan mudah, apakah si penjual grosir memiliki reputasi yang baik, penjualnya dapat dihubungi bila sewaktu waktu mengalami kehabisan stok dan lain sebagainya. Intinya semakin jauh anda mengenal mitra bisnis anda maka semakin kecil resiko anda dirugikan.

Terapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Agar bisnis pakaian anda dapat dikenal masyarakat luas dan menarik calon pembeli, anda harus menggunakan strategi pemasaran dan promosi yang efektif. Beragam cara dapat anda lakukan untuk memperluas pemasaran dan promosi bisnis pakaian, seperti melalukan pemasaran secara online melalui jejaring sosial, mouth to mouth promotion, memasang iklan serta mencetak brosur untuk disebarkan ke masyarakat.

Disamping itu, anda dapat menggunakan strategi promosi dengan memberikan potongan harga, bonus hadiah dan product bundling agar lebih memikat calon konsumen. Sehingga penjualan akan meningkat dan profit juga bisa dihasilkan secara maksimal.

Demikian artikel mengenai Tips Bisnis Usaha Pakaian di Medan kali ini, semoga anda dapat terinspirasi dengan membuka bisnis pakaian di kota medan dan provinsi sumatera utara. Jangan lupa berkomentar setelah selesai membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *