Teknik Lobby dan Negosiasi dalam Bisnis beserta Contohnya

Apa yang dimaksud dengan teknik lobbying? Dan apa saja contohnya? kali ini UKMSUMUT akan membahas mengenai lobby atau negosiasi dalam kegiatan bisnis. Setiap pelaku bisnis pastinya pernah melakukan lobby, untuk kepentingan bisnis mereka. Dengan lobby yang baik, maka dihasilkan lah kesepakatan yang menguntungkan antara kedua belah pihak

Karena dalam bisnis setiap transaksi harus dilakukan dalam setiap kesempatan, maka baik dalam kehidupan dunia kerja, transaksi menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dalam komunikasi dibagi menjadi lobi dan negosiasi

Lobi bisnis atau nge lobby dalam tujuan berbisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis dalam mempengaruhi pihak lain supaya pihak tersebut memiliki kepentingan dan pendapat yang sama dengan kita, dalam hal ini tentunya yang berhubungan dengan bisnis.

Baca juga : Cara Komunikasi Bisnis yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha

Apakah lobbying melanggar etika bisnis? Kegiatan lobi bisnis adalah kegiatan yang sah dan legal, karena menjadi bagian dalam proses demokrasi dan kebebasan bisnis. Pelaku lobbying bisa mengembangkan bisnisnya dan mengkomunikasikan maksud dan tujuannya ke pihak yang di lobi.

Ada banyak pertanyaan tentang lobi dan negosiasi, seperti apakah lobi dan negosiasi itu sama? Terdapat sedikit perbedaan antara keduanya. Dalam negosiasi lebih kepada sebuah proses diskusi antar kedua belah pihak yang mencoba untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi, sementara lobi itu sarat akan kepentingan salah satu pihak yang ingin mempengaruhi pihak lain.

 

Contoh lobbying dalam kegiatan bisnis

lobby dan negosiasi bisnis

Contoh percakapan lobi bisnis antara pelaku bisnis perusahaan kelapa sawit dengan Tokoh masyarakat atau LSM yang sudah dikenal dalam hal upaya pembebasan lahan dengan masyarakat. Dalam hal ini perusahaan meloby tokoh masyarakat untuk dapat memberikan persetujuan hak guna tanah kepada mereka. Karena tokoh masyarat memegang peranan penting dalam setiap keputusan di suatu desa, misalnya.

Contoh lain adalah lobby pihak Humas perusahaan kepada Kalangan jurnalis (wartawan, reporter, redaktur) yang berpengaruh dan memiliki kekuatan untuk membentuk opini, dalam menghasilkan pemberitaan yang positif terhadap perusahaan, sehingga bisa meningkatkan brand dan menjadi promosi yang efektif untuk target konsumen.

 

Teknik lobby bisnis yang baik dan benar

Lobby dibagi 3, yaitu lebih tradisional yang menggunakan pelobi untuk mendekati pengambil keputusan, lobi akar rumput menggunakan masyarakat untuk mempengaruhi pengambilan keputusan, dan lebih political action committe, yaitu komite yang dibentuk perusahaan supaya wakilnya dapat duduk di parlemen atau pemerintah.

Beberapa teknik loby dalam bisnis antara lain adalah :

  • Menganalisis kondisi atau keadaan saat itu
  • Menentukan partnert dan kompetitor bisnis
  • Mengidentifikasi kelompok kecil yang akan menentukan iklim opini
  • Membentuk koalisi atau partner bisnis
  • Menetapkan tujuan bisnis
  • Menganalisis dan merumuskan penyebab masalah dalam bisnis
  • Menganalisis berbagai macam segmen pasar
  • Memperhitungkan media, termasuk media sosial dan media massa
  • Mengembangkan kasus
  • Menjaga fleksibilitas

Baca juga : 6 Tahapan Pertumbuhan Bisnis yang Harus diketahui Pengusaha

 

Teknik negosiasi bisnis yang baik dan benar

Dalam melaksanakan teknik negosiasi ada 4 pendekatan yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis yaitu bergaining, kompromi, win-lose dan win-win solution. Namun teknik yang paling efektif adalah win win Solution dimana kedua belah pihak memperoleh manfaat yang sama.

Dalam teknik win win Solution pihak lawan tidak dipandang sebagai kompetitor bisnis tetapi dipandang sebagai Mitra bisnis yang pada akhirnya akan memunculkan hubungan jangka panjang yang harmonis.

Namun teknik win win solution tidak akan tercapai apabila kedua belah pihak terjadi konflik kepentingan yang berupaya menggunakan pendekatan negosiasi Win lose. Terdapat empat pendekatan dan gaya negosiasi tergantung dari situasi yang dikelompokkan dalam kategori di bawah ini :

  • Kerja sama dengan kompetisi
  • Kekuasaan dengan kepercayaan
  • Distorsi komunikasi dengan keterbukaan
  • Egoisme dengan kepentingan bersama

Lalu Apa hubungan antara lobi dengan negosiasi dalam bisnis? Kedua konsep tersebut sangat erat hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya merupakan bagian dari konsep komunikasi secara umum yang bertujuan untuk mempengaruhi menarik perhatian dan simpati kepada pihak lain. Keberhasilan Keduanya dapat dicapai dari proses komunikasi yang baik.

 

BACA : 51 Contoh Kata Motivasi Bisnis Demi Mencapai Kesuksesan

Sekian uraian penjelasan materi mengenai teknik lobi dan negosiasi dalam bisnis yang dapat UKMSUMUT sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah sumber referensi bagi kalian yang membacanya. Jangan lupa tekan tombol share dibawah, dan bagikan artikel ini ke media sosial kalian. Terimakasih.