Rahasia Bisnis Usaha Sukses Orang Batak Medan Sumatera Utara

Diposting pada

Rahasia Bisnis Usaha Sukses Orang Batak Medan Sumatera Utara – Orang Batak Itu berdaya juang tinggi dan pantang menyerah (strugle). Maka tidak heran orang batak selalu sukses bila membuka bisnis dan usaha, di sumatera utara. Mereka rela menumpang di rumah kerabat dimana saja, rela kerja apa saja (sopir, kenek, tambal ban, warung makan, pengamen, kuli panggul, timer angkot dll) yang penting halal.

Prinsip orang batak tegas : “pantang pulang kampung sebelum menjadi orang (berhasil).” Contoh paling nyata, orang batak paling berhasil saat ini, Chairul Tanjung, dari anak singkong jadi anak kingkong (kerajaan bisnis dimana-mana).

Anda mungkin tertarik dengan memulai bisnis di sumatera utara, medan, dan kota kota besar lainnya. Anda bisa membaca kisah dan alasan kenapa orang batak umumnya selalu sukses dengan bisnis mereka.

Baca juga : Bisnis Usaha Bengkel Medan Sumatera Utara

Apa saja yang membuat suku batak selalu strugle dalam berbisnis dan berusaha? Beberapa faktor penyebab diantaranya yang patut ditiru adalah :

1. Orang batak itu Lugas dan Cepat

Tidak mau membebek, siapa bilang orang Batak saat ini tidak maju? Orang Batak masih tetap eksis. Memang hebat orang Batak mereka tidak hanya hebat dalam pembntukan RI dulu tapi sekarang juga mash hebat.

Suatu modal penting, lugas cepat memanfaatkan kesempatan untuk dijadikan usaha. Tidak mudah terikut arus bisnis yang tidak jelas. Orang batak punya konsistensi tinggi dan selfish positif yang membawanya dalam bisnis unik, tetapi tetap berkembang.

2. Orang Batak Itu Pintar Dan Banyak Taktik

Saat ini banyak orang Batak yg masih berperan penting. Contoh pengacara ternama si Poltak raja minyak dari medan, Hotman Paris dan Ruhut Sitompul dan banyak lagi. Haha banyak lagi si Banyak juga Kapolda dari Orang Batak. Orang batak selalu memulai bisnis dengan hobi dan sesuatu yang kecil.

Pada awalnya bisnis orang batak Kelihatan terpinggirkan. Apa sebabnya, karena mereka tidak ingin bisnis dari awal dengan modal besar. Cukup modal sedikit dengan dilakukan bersungguh sungguh dan giat. Nanti hasilnya akan mengalir sesuai usaha.

Dari dulu orang Batak banyak berperan , dari bidang sastra, politik, swasta dan bidang lainnya. Hingga sekarang pun kiprah orang Batak besar terutama dibidang lawyer maupun pemerintahan sangat mencolok.

3. Orang Batak Pemberani dan mengambil resiko.

Orang Batak itu memang pemberani dan ini menjadi suatu andalan mereka di dalam bekerja. Makanya ada lagu yang sangat popular yang berjudul “Anak Medan”.

Suku batak dalam berbisnis dan berusaha tidak akan takut dalam mengambil resiko. Sesuatu yang patut ditiru untuk calon pengusaha dan pebisnis ukm. Keberanian ini harus diikuti oleh kemampuan dan tekad kuat dalam membawa bisnis dan usaha kita menjadi besar.

4. Orang Batak Itu Punya Tujuan Hidup

Tujuan sekaligus pandangan hidup atau idealisme orang Batak ialah mencapai  HAMORAON, HAGABEON DAN HASANGAPON FILSAFAT BATAK DALAM TUJUAN HIDUP masyarakat Batak masa kini terkusus yang tinggal di kota bukan lagi soal jumlah anak yang banyak.

Baca juga : Jenis Usaha Bisnis Menguntungkan di Ibukota Medan Sumatera Utara

Jadi 3 hal ini sangat berpengaruh ke orang Batak .Orang Batak dituntut harus sukses di kemudian hari dan bisa membuat bangga keluarga dan marganya.

5. Rajin Doa dan tidak lupa akan kampung halaman jika sudah sukses

Tak jarang saya mendengar seorang istri berdoa untuk suami nya sebelum berangkat kerja dan saya sangat bangga akan hal ini. Banyak saya dengarkan pengakuan suami bahwa dirinya sukses karena ada wanita hebat di belakangnya. Doa sang isteri memang jadi awal langkah suami untuk menjadi lebih baik.

Orang batak sebagai suku asli yang mendiami sumatera utara memang sudah berkembang. Pola pikirnya juga sudah maju. Bisnis ukm sudah marak dan digalakkan oleh pemerintah daerah.

Seperti misalnya jenis usaha industri kreatif yang dikembangkan di daerah danau toba dan samosir untuk menarik kedatangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Berbagai pembangunan juga sudah dikembangkan, seperti pembangunan bandara silangit, bandara kualanamu dan fasilitas lain yang menunjang usaha dan bisnis di sumatera utara.

Demikian alasan dan faktor Rahasia Bisnis Usaha Sukses Orang Batak Medan Sumatera Utara membuka bisnis dan usaha dimulai dari kecil kecilan skala rumahan, hingga menjadi besar dan sukses.