Perbedaan dan Persamaan Proposal Bisnis dengan Laporan Bisnis

Apa perbedaan antara proposal dengan laporan bisnis? Bagi kalian yang pernah membuat laporan bisnis, dan juga proposal untuk memulai suatu usaha, tentunya mengetahui komponen-komponen apa saja pembentuk keduanya. Kali ini UKMSUMUT akan khusus membahasnya untuk kalian.

Pada dasarnya, laporan bisnis adalah suatu bentuk pertanggungjawaban bisnis yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan bisnis secara lebih efektif dan efisien. Sementara proposal adalah rencana yang sudah tersusun rapi yang memudahkan dalam menjalankan Setiap kegiatan bisnis yang akan dilakukan.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara antara proposal bisnis dengan proposal usaha. Hanya penggunaan istilah nya saja yang berbeda. Serta beberapa komponen ada dalam laporan kegiatan usaha diantaranya adalah pendahuluan seperti ruang lingkup, latar belakang, dan definisi istilah, isi laporan berisi hal-hal penting yang secara terperinci, dan penutup yang memberikan rekomendasi terhadap bisnis yang akan dijalankan.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Business Plan dari Usaha Sederhana

Penulisan laporan serta proposal dalam suatu bisnis memiliki konsep yang bervariasi tergantung dari pemahaman setiap pelaku bisnis dalam memanfaatkannya, kita akan bahas satu persatu di bawah ini

 

Pengertian Laporan Bisnis

Menurut ahli laporan bisnis adalah suatu pesan yang objektif disusun secara teratur dan digunakan untuk menyampaikan informasi berupa hasil evaluasi kegiatan bisnis ke perusahaan untuk membantu pengambilan keputusan atau pemecahan masalah.

 

Pengertian Proposal Bisnis

Kata proposal dalam bahasa Inggris artinya dalam mengusulkan mengemukakan atau menawarkan. Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia arti kata proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal bisnis biasanya dibuat sebelum bisnis dimulai atau dirintis, ini memungkinkan pemilik Hotel dapat melihat kegiatan bisnis secara terperinci termasuk biaya dan omset.

 

Perbedaan Laporan Bisnis dan Proposal Bisnis

Laporan bisnis dibuat setelah bisnis sudah dijalankan dalam beberapa rentang waktu, sementara proposal bisnis dibuat ketika pertama kali memulai bisnis. Apabila ditinjau dari tujuan penggunaannya laporan bisnis digunakan untuk memonitor atau mengawasi operasional kegiatan bisnis operasional dan personal untuk membantu mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.

Baca juga : Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Manfaat dan Tujuannya bagi Pelaku UMKM

Sementara proposal bisnis digunakan untuk perencanaan yang mengarahkan pelaku bisnis untuk melaksanakan kegiatan bisnis. Proposal ini digunakan untuk pegangan pelaksanaan sehingga kegiatan bisnis dapat berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan rencana dan supaya tujuan tersebut dapat diperoleh secara maksimal.

Proposal bisnis juga bermanfaat untuk penjelasan secara tidak langsung kepada pihak yang ingin mengetahui kegiatan bisnis seperti misalnya Para investor atau donatur.

 

Persamaan Laporan Bisnis dan Proposal Bisnis

Baik laporan bisnis maupun proposal bisnis sama-sama dibuat oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya serta memperoleh keuntungan yang maksimal. Walaupun keduanya berbeda secara struktural, sifatnya sama-sama penting dan dibutuhkan untuk kepentingan bisnis dalam jangka panjang.

Proposal bisnis yang baik tentunya akan menghasilkan laporan bisnis yang memuaskan. Begitu juga dengan laporan bisnis yang transparan dan akuntabel, haruslah diawali dengan proposal bisnis yang berkualitas, dan diterima oleh pihak yang terlibat dalam bisnis tersebut.

 

BACA : Hindari 7 Kesalahan Rencana Bisnis ini, Begini Cara Mengatasinya

Sekian materi mengenai perbedaan dan persamaan antara laporan bisnis dan proposal bisnis. Terima kasih sudah berkunjung di blog UKMSUMUT, jangan lupa tekan tombol share dibawah ini untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian. Salam sukses